Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Apa Itu Eform BRI dan Bagaimana Cara Cek Penerima BLT UMKM?

Apa Itu Eform BRI dan Bagaimana Cara Cek Penerima BLT UMKM?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 22 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Pemerintah Republik Indonesia mendukung pemerataan ekonomi dengan cara memberi bantuan kepada para pelaku usaha. Bantuan ini diberikan khusus kepada pelaku Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro atau UMKM yang mendapati kesulitan di masa pandemi Covid-19. Pengusaha UMKM bisa mendapatkan bantuan tersebut harus mendaftarkan diri dan mengecek bantuannya melalui eform BRI atau lembaga penyalur lainnya.

Pinhome – Bantuan untuk pelaku usaha yang termasuk dalam kategori UMKM diberikan secara bertahap oleh pemerintah. Rencananya, Bantuan Langsung Tunai (BLT) tersebut akan menyasar lebih dari 12 juta pengusaha yang terdampak Covid-19. Pelaku usaha yang dinyatakan berhak mendapat bantuan akan menerima BLT sebesar Rp1,2 juta yang akan ditransfer secara langsung ke rekening penerima tanpa pemotongan biaya apa pun.

Pengiriman bantuan akan dilakukan kepada pelaku UMKM yang memenuhi syarat dan mendaftarkan dirinya. Simak syarat, cara daftar, serta penjelasan lebih lanjut tentang eform BRI di bawah ini!

Baca Juga: Cara Transfer Uang Di ATM BRI Dan Cek Tabungan

UMKM dan Pandemi di Indonesia

(Detik)

Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro atau UMKM merupakan salah satu kategori usaha yang ada di Indonesia. Ada beberapa kriteria yang menjadikan sebuah usaha masuk ke kategori UMKM seperti jumlah pendapatan tahunan. Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut, ada banyak usaha yang disebut sebagai UMKM di Indonesia. Bahkan berdasarkan jumlah tersebut, UMKM disebut sebagai pendorong utama ekonomi Indonesia.

Bukan sebuah hal yang mengherankan jika pandemi Covid-19 mempengaruhi UMKM di Indonesia. Banyak usaha-usaha kecil yang terpaksa gulung tikar karena turunnya jumlah pemasukan secara drastis. Berdasarkan data dari Bank Indonesia, sekitar 93,2 persen UMKM mendapatkan pengaruh negatif di sisi penjualan akibat pandemi Covid-19.

Mengingat pentingnya keberadaan UMKM untuk ekonomi Indonesia, pemerintah kemudian membuat kebijakan pemberian bantuan kepada usaha terdampak Covid-19. Pemerintah menyediakan anggaran tertentu untuk bantuan ini dan akan diberikan kepada pengusaha yang memenuhi persyaratan. Harapannya, melalui suntikan dana tersebut, pelaku usaha bisa terus melanjutkan bisnisnya dan mengurangi perlambatan laju ekonomi yang terjadi akibat pandemi.

Pengertian Eform BRI

(Ayo Jakarta)

Baca Juga: Penggunaan Kode Bank BRI Dan Tahapan Membuat Tabungan BRI

Pemerintah menggandeng berbagai lembaga keuangan untuk membantu menyalurkan bantuan bagi pelaku UMKM terdampak Covid-19. Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan salah satu lembaga tersebut. Selain itu, pemerintah juga menunjuk Bank Negara Indonesia (BNI) dan juga PT Kantor Pos untuk menyalurkan bantuan.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah untuk penyaluran bantuan ini. Penerima bantuan bisa mengecek status usulannya melalui bank ini lewat eform BRI. Formulir elektronik tersebut disediakan khusus bagi penerima BLT UMKM. Keberadaan formulir tersebut memudahkan pengusaha untuk mendapatkan akses ke bantuan yang disediakan oleh pemerintah.

Bantuan dari pemerintah tersebut bisa dicairkan secara bertahap. Pelaku UMKM bisa mendapatkan informasi mengenai hal tersebut dengan mengecek secara mandiri melalui formulir elektronik BRI ketika mendaftarkan diri dalam program BLT.

Syarat Mengajukan Bantuan

(Media Indonesia)

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap perekonomian Indonesia tak terkecuali pelaku UMKM. Pemerintah ingin terus menggenjot UMKM di Indonesia dengan memberikan BLT mengingat usaha-usaha tersebut merupakan penunjang ekonomi yang penting.

Syarat bagi pelaku UMKM yang berhak menerima bantuan tersebut diatur dalam Permenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021. Salah satu syarat yang perlu diperhatikan yaitu penerima bantuan belum pernah mendapatkan pinjaman atau kredit dari bank mana pun baik pemerintah atau swasta. Kemudian, syarat lainnya yaitu:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP.
  • Memiliki usaha mikro dengan bukti surat usulan calon penerima bantuan dan menunjukkan lampiran yang diperlukan.
  • Pelaku usaha tidak terdaftar sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Prajurit TNI, Anggota Polri, dan pegawai Badan Usaha Milik Negara atau Daerah (BUMN/BUMD).

Cara Daftar Bantuan UMKM

(Faktual News)

Pelaku usaha yang ingin mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Setelah menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan, pendaftar bisa mengusulkan usaha miliknya ke dinas atau badan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (Dinas Koperasi dan UMKM)  tingkat provinsi di daerah masing-masing.

Ketika melakukan pengajuan, pendaftar diharuskan untuk memberikan data berupa:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nomor Kartu Keluarga (KK)
  • Nama Lengkap
  • Alamat Tempat Tinggal
  • Bidang Usaha
  • Nomor Telepon

Data yang telah diberikan kemudian akan direkam oleh badan yang berwenang. Kemudian, usulan tersebut akan diteruskan kepada kementerian yang bertanggung jawab atas BLT. Melalui data yang diberikan, petugas akan memeriksa kebenaran serta menyeleksi penerima yang berhak mendapatkan bantuan.

Pelaku usaha yang sudah mendaftarkan diri kemudian perlu untuk mengecek usulannya. Cara untuk memastikan status pengajuannya yaitu melalui lembaga yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.

Cek Daftar Penerima Bantuan UMKM

(Pikiran Rakyat)

Salah satu cara untuk mengecek penerima bantuan UMKM terdampak Covid-19 yaitu dengan mengunjungi laman resmi BRI khusus untuk periksa Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.

  • Membuka laman https://eform.bri.co.id/bpum.
  • Mengisikan nomor KTP dari pendaftar bantuan.
  • Memasukkan kode verifikasi atau captcha yang muncul di laman.
  • Klik ‘Proses Inquiry’.
  • Laman akan memberitahu apakah pemilik nomor KTP atau pendaftar masuk ke penerima bantuan.

Pemerintah memberikan bantuan kepada pelaku UMKM yang usahanya terdampak pandemi Covid-19. Jika Pins memenuhi syarat pengajuan bantuan, bisa mencoba untuk mendaftarkan diri. Kemudian, bisa mengunjungi laman eform BRI untuk mengecek status usulan milikmu Pins.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel