Efek samping sabun Tzuki apakah berbahaya? Aman atau tidak?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 18, 2022 ∙ 3 menit membaca

Adakah efek samping sabun Tzuki? Apakah sabun Tzuki berbahaya atau aman digunakan? Apakah produk ini sudah terdaftar di BPOM?

Sabun Tzuki merupakan sabun transparan berwarna hijau yang bisa digunakan untuk perawatan kulit. Selain sabun, ada pula cream Tzuki yang bisa digunakan supaya hasilnya lebih maksimal. Untuk postingan kali ini saya mencoba membahas tentang keamanan sabun Tzuki. Aman nggak sih untuk kulit?

Untuk menentukan aman tidaknya suatu skincare, kita bisa mengetahuinya dengan mencari tahu apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM atau belum. Lebih praktisnya begitu. Indonesia punya BPOM yang tak cuma mengurusi perizinan makanan dan obat-obatan, tetapi juga mengurusi legalitas kosmetik.

Nah, untuk sabun Tzuki ini saya menemukan kejanggalan. Secara administrasi, keterangan di kemasan sabun Tzuki cukup jelas. Ada deskripsi produk, komposisi, produsen, dan juga nomor BPOM. Tapi, begitu nomor BPOM tersebut dicek di website cek BPOM, tidak sesuai dengan produk yang terdaftar.

Adapun nomor BPOM sabun Tzuki sesuai yang tertera di kemasan adalah NA18200500252.

Dari hasil pengecekan nomor BPOM tersebut di website cekbpom.pom.go.id, terdapat keterangan produk yang yang dengan nomor BPOM tersebut. Pendaftarnya adalah PT Triple Ace, sekaligus produsen sabun Tzuki. Yang janggal adalah nomor BPOM tersebut adalah nomor BPOM untuk produk sabun transparant hijau dengan merk SR, bukan Tzuki.

Saya coba cari informasi sabun dengan merk SR di Google, tapi yang muncul malah sabun SR12. Saya yakin bukan SR12 produk yang dimaksud, karena beda produsen. Sabun SR12 diproduksi oleh PT Adev Natural Indonesia, bukan PT Triple Ace.

Lalu apakah nomor BPOM sabun Tzuki palsu?
Ada kemungkinan kalau sabun ini awalnya diberi merk SR, yang didaftarkan adalah sabun dengan merk SR, namun kemudian merk sabun ini diganti Tzuki.

Lagipula sudah ada skincare yang menggunakan merk SR, sehingga kalau pakai merk SR, malah bisa membingungkan konsumen.

Namun, pendaftaran produk ke BPOM terkait merk. Jika merknya ganti, meskipun produknya sama, produk yang merknya telah diganti tersebut perlu didaftarkan ulang ke BPOM.

efek samping sabun tzuki

Lalu apakah sabun Tzuki tidak terdaftar di BPOM?
Di database web BPOM terdaftar produk yang terdaftar dengan merk Tzuki, salah satunya adalah transparant soap green dengan nomor BPOM NA18200500321, pendaftar dan produsennya adalah PT Triple Ace.

Dengan begitu, sebenarnya sabun Tzuki sudah terdaftar di BPOM. Jika Anda membeli sabun Tzuki kemudian di kemasannya nomor BPOM-nya adalah NA18200500252, mungkin itu kemasan lama, bukan berarti produk palsu.

Karena sudah terdaftar di BPOM, sabun Tzuki adalah produk yang aman digunakan, tidak berbahaya.

Lalu adakah efek samping menggunakan sabun Tzuki?
Sabun Tzuki merupakan sabun yang mengandung ekstrak mentimun. Berdasarkan informasi komposisi di kemasannya, sabun ini tidak mengandung ekstrak bunga sakura. Dan sabun ini juga bukan sabun impor dari Jepang, karena produsennya adalah perusahaan di Indonesia.

Adapun penggunaan skincare merk manapun termasuk sabun Tzuki, ada potensi timbulnya efek samping. Jika setelah menggunakan sabun Tzuki malah kulit memerah, timbul peradangan, jerawat, alergi, maka sebaiknya hentikan penggunaannya. Bisa jadi kulit tidak cocok dengan kandungan bahan-bahan dalam sabun Tzuki.

Tapi, jika yang muncul beruntusan kecil-kecil, itu masih wajar. Dalam penggunaan skincare ada proses purging, yang menandakan produk skincare bekerja. Bukan detoks yah.

Intinya, kalau setelah pemakaian sabun Tzuki timbul reaksi yang kurang nyaman, atau malah menimbulkan alergi yang menimbulkan ketidakcocokan, sebaiknya hentikan pemakaiannya. Itu bukan berarti sabunnya jelek, atau sabunnya berbahaya. Sabun Tzuki adalah produk yang aman, sudah terdaftar di BPOM.

Demikian pembahasan tentang efek samping sabun Tzuki. Jadi, sabun Tzuki adalah produk yang aman digunakan, tidak berbahaya. Namun, jika setelah pakai sabun Tzuki malah timbul alergi, sebaiknya hentikan penggunaannya.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia