Efek samping sabun Kojie San berbahaya / aman atau tidak?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 4 menit membaca

Apakah sabun Kojia San berbahaya? Adakah efek samping menggunakan sabun Kojie San? Apakah produk ini aman untuk wajah? Kenapa kulit mengelupas, terasa perih setelah menggunakan sabun ini? Apakah itu tandanya tidak cocok?

Sabun yang diklaim bisa memutihkan wajah memang banyak dijual di pasaran. Bahkan ada yang iklannya sekali pakai langsung putih. Bahkan yang lebih heboh lagi, katanya bisa memutihkan kulit secara permanen dalam waktu cepat. Bayangkan, hanya dengan sabun, kulit bisa lebih putih, dan hasilnya permanen. Gimana nggak tertarik?

Dari sekian banyak sabun pemutih di pasaran, salah satu merk sabun pemutih wajah yang populer adalah sabun Kojiesan. Kalau yang ini iklannya nggak heboh sih, biasa saja. Lagipula harganya juga murah, cuma belasan ribu rupih, bisa dibeli di supermarket maupun minimarket.

Sabun Kojie San merupakan sabun batang berwarna oranye yang biasa digunakan sebagai sabun wajah. Penamaan merk sabun ini kemungkinan dari salah satu bahan yang digunakan, yakni kojic acid.

Dilansir dari Wikipedia, kojic acid merupakan zat yang diproduksi oleh beberapa spesies jamur, terutama jamur Aspergillus oryzae, atau dalam bahasa Jepang disebut koji. Kojic acid dihasilkan dari proses fermentasi beras. Kojic acid biasa digunakan untuk mencegah buah yang sudah dipotong agar warnanya tidak berubah menjadi kecoklatan karena proses oksidasi. Dalam industri kosmetik, kojic acid digunakan sebagai bahan untuk mencerahkan kulit.

Apakah cuma pakai sabun Kojie San kulit bisa putih?
Secara umum, kegunaan sabun adalah untuk membersihkan kulit. Jadi, kalau cuma pakai Kojie San saja untuk memutihkan kulit, kurang efektif. Bahkan di kemasannya juga ada keterangan agar hasilny optimal, gunakan juga body lotion Kojie San dengan SPF 25.

Tidak ada sabun pemutih yang begitu dipakai, kulit langsung jadi putih, apalagi hasilnya permanen pula.

Warna kulit manusia dipengaruhi oleh pigmen melanin. Jika pigmen ini banyak, maka warna kulit gelap, begitu pun sebaliknya. Produk pemutih kulit biasanya bekerja dengan menghambat produksi melanin. Bagi yang punya kulit bawaan lahir putih, kemudian karena sering kena panas, kulit jadi gelap, maka warna kulit yang gelap tersebut bisa dikembalikan ke warna asal. Prosesnya juga tidak sebentar, bukan sekali pakai produk pemutih kulit langsung jadi putih.

Perubahan warna kulit seseorang tidak instan. Kulit memerlukan waktu untuk regenerasi, untuk memproduksi sel-sel kulit yang baru.

Jika ada produk pemutih yang sekali pakai bikin kulit langsung jadi putih, kemungkinan itu karena kandungan titanium dioxide. Zat ini berfungsi segabagai pelindung kulit dari bahaya sinar UV matahari. Tapi, efeknya kulit jadi putih. Sederhananya, seperi mengecat kulit. Kalau dibasuh, efek putihnya hilang.

Namun, lotion atau cream yang aman, yang benar-benar bisa mencerahkan kulit, mengembalikan warna putih kulit itu beneran ada. Tapi, untuk mendapatkan efek seperti itu, memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Adakah efek samping sabun Koje San? Apakah berbahaya?
Kojie San merupakan merk skincare asal Filipina. Produk-produk Kojie San diimpor ke Indonesia dan didaftarkan ke BPOM oleh PT UICCP Indonesia. Selain sabun, ada juga cream, toner, facial wash, body wash, body lotion, dan sunscreen.

Produk-produk Kojie San sudah terdaftar di BPOM sehingga secara kandungan bahan-bahannya, produk tersebut aman digunakan.

Dilansir dari healthline.com, kojic acid masih aman digunakan dalam kosmetik dengan kadar hingga 1%. Meskipun begitu, masih mungkin kalau timbul efek samping bagi orang-orang tertentu. Adapun efek samping yang umum terjadi pada penggunaan kojic acid ke kulit yaitu dermatitis kontak, berupa kulit kemerahan, iritasi, gatal, bengkak, ruam, sakit, dan rasa tidak nyaman di kulit. Efek ini adalah hal yang umum terjadi pada orang yang punya kulit sensitif. Efek ini juga bisa terjadi pada orang yang menggunakan produk yang mengandung kojic acid dengan kadar di atas 1%.

Jika kalian mau mencoba sabun Kojie San untuk wajh tapi takut tidak cocok, kalian bisa coba dulu di punggung tangan atau di belakang telinga selama beberapa hari, kemudian perhatikan apakah ada efek sampingnya atau tidak. Usahakan menggunakan sabun Kojie San yang asli.

Jadi, sabun Kojie San aman digunakan. Namun, jika setelah penggunaan sabun ini malah timbul efek yang tidak menyenangkan, sebaiknya hentikan penggunaan sabun ini. Bukan berarti sabunnya yang berbahaya, tapi kulit bisa saja tidak cocok dengan produk tertentu.

Demikian pembahasan tentang efek samping sabun Kojie San, sabun yang mengandung kojic acid. Jika kalian punya pengalaman menggunakan sabun ini, kalian bisa tuliskan review-nya via kolom komentar.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia