Efek samping Gluta Collagen Soap aman? Bisa untuk wajah?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 4 menit membaca

Apa efek samping gluta collagen soap dari beautetox untuk wajah? Apakah sabun gluta collagen aman? Apakah beneran bisa memutihkan kulit? Sudah ber-BPOM atau belum? Apakah sabun ini boleh digunakan ke wajah?

Ada banyak sabun pemutih yang bisa dijadikan bahasan. Tapi, untuk kali ini saya mau bahas sabun yang viral di Tiktok. Katanya nih sabun ini bisa bikin kulit dalam waktu cepat. Bayangkan cuma pakai sabun saja bikin kulit putih, tidak perlu pakai cream, lotion, ataupun serum mahal-mahal. Pertanyaannya, apakah benar-benar bisa memutihkan kulit dalam waktu cepat, atau cuma iklan saja?

Adapun sabun viral yang saya maksud dalam postingan ini adalah sabun gluta collagen. Produk ini berupa sabun batang. Yang membedakan dari sabun pada umumnya yaitu kemasannya. Biasanya sabun batang dikemas dalam box yang dibuat dari kertas. Sedangkan gluta collagen soap dikemas dalam plastik.

Dengan harga Rp50.000 per batang, apakah benar-benar worth it untuk memutihkan kulit?

Belakangan ini marak sabun viral yang diklaim bisa memutihkan kulit dalam waktu cepat. Obsesi orang Indonesia yang pengen kulit putih dalam waktu cepat dimanfaatkan dengan baik oleh penjual produk pemutih kulit. Tak heran jika banyak iklan sabun yang menunjukkan kulit jadi putih dalam waktu cepat setelah pemakaian sabun tersebut.

Padahal untuk memutihkan kulit perlu waktu. Proses perubahan warna kulit tidak instan, ada prosesnya. Kalau ada produk yang menjanjikan bisa memutihkan kulit secara instan, aman, dan hasilnya permanen, sebaiknya tidak gampang percaya.

Ada banyak komentar negatif tentang gluta collagen soap. Ada yang mengeluh sudah beli mahal-mahal tapi tidak ada hasil, bahkan ada juga yang merasa tertipu karena tidak ada perubahan. Tapi tak sedikit juga yang memberikan review positif tentang sabun ini.

Ada yang bilang kalau mau kelihatan hasilnya harus rutin. Yang mengeluh karena tidak ada hasilnya juga karena tidak sesuai ekspektasi. Di iklan, sekali pakai langsung putih, sedangkan begitu dicoba, hasilnya tidak seperti di iklan.

Memang sih kalau cuma pakai sabun saja, itu tidak efektif untuk memutihkan kulit. Kalau kalian berharap cuma pakai sabun saja, kemudian kulit jadi putih dalam waktu cepat, dan hasilnya permanen, maka tidak ada produk seperti itu. Memang iklan seringkali berlebihan. Namun, kalian harus tetap logis, dan memahami bagaimana warna kulit bisa berubah. Jangan karena ingin hasil instan, kemudian asal beli produk tanpa cari tahu keamanan produk tersebut.

Kalau cuma pakai sabun, apalagi cuma dalam hitungan hari kemudian stop karena merasa tidak ada hasilnya, itu berarti tidak sabaran. Padahal proses regenerasi kulit itu bisa sampai 28 hari. Lagipula yang namanya perawatan itu berkelanjutan.

Bahan-bahan gluta collagen soap
Dari nama sabun ini, bisa ditebak kalau sabun ini mengandung bahan apa. Sabun ini mengaung glutathionie dan collagen, yang merupakan bahan yang umum digunakan dalam produk pemutih kulit. Selain itu, sabun ini juga mengandung niacinamide, yang juga merupakan bahan pemutih kulit.

Sabun gluta collagen hingga kini ada dua varian, yakni whitemilky dan cocowhite. Untuk varian whitemilky, aroma susu, sedangkan cocowhite aroma coklat.

Sabun gluta collagen whitemilky direkomendasikan untuk kulit kering, normal, dan berminyak. Sedangkan yang varian cocowhite direkomendasikan untuk kulit normal, berjerawat, dan berminyak.

Gluta collagen soap sudah terdaftar di BPOM atau belum?
Kalau soal keamanan, sabun ini sudah terdaftar di BPOM. Untuk yang varian milkywhite, nomor BPOM-nya NA18190505545. Sedangkan sabun gluta collagen varian cocowhite memiliki nomor BPOM NA18190505544. Jadi, sabun ini tidak berbahaya, aman digunakan.

Gluta collagen soap produk dari mana?
Sabun ini diproduksi oleh PT Unicare Beauty Kosmetindo yang beralamat di Kota Tangerang Selatan. Jadi, sabun ini adalah buatan perusahaan Indonesia, bukan produk impor, bukan produk dari Thailand.

Lalu adakah efek samping gluta collagen soap?
Meskipun sabun ini aman, sudah terdaftar di BPOM, maka bukan berarti cocok untuk semua orang. Jika setelah pakai sabun ini kemudian merasa tidak cocok, sebaiknya hentikan penggunaannya. Tanda tidak cocok itu bisa berupa alergi, kulit mengalami peradangan, kemerahan, panas, perih, gatal.

Demikian pembahasan tentang gluta collagen soap. Jangan berharap hasil instan dalam pemakaian sabun ini. Kalau baru beberapa hari belum ada hasilnya, apalagi cuma pakai sabun, itu adalah hal yang sangat-sangat wajar. Bahkan meski sudah rutin pakai sabun ini tetap kulit tidak tampak putih atau cerah, itu juga hal yang wajar.

Memutihkan kulit itu bukan sesimpel pakai sabun doang, kemudian tanpa melakukan perawatan lainnya. Memang banyak yang ingin hasil instan, karena memang di iklannya menunjukkan kalau pakai produk tersebut bisa langsung putih. Kalaupun ada produk yang sekali pakai langsung putih, itu efeknya cuma sementara, tidak permanen.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Finansial
Finansial 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, Wajib Tahu!

Dalam berinvestasi saham selalu ada risiko yang mengikuti. Hal ini dikarenakan saham termasuk jenis

Finansial
Finansial 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun

#WaktunyaBeliRumah -Memiliki aset berupa tabungan atau barang bernilai ratusan juta di usia muda pa

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia