Efek samping cream zam zam biru pink berbahaya / aman?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 4 menit membaca

Adakah efek samping cream zam zam baik yang biru maupun yang pink? Apakah cream ini berbahaya? Sudah terdaftar di BPOM atau belum? Kenapa setelah pakai cream zam zam kulit terkelupas dan merah? Kenapa wajah jadi perih, kering, gatal, iritasi setelah menggunakan cream ini?

Memutihkan atau mencerahkan wajah seharusnya menggunakan cara-cara yang aman. Bukan cuma sekedar mencerahkan saja, tetapi bahan-bahan yang digunakan untuk merawat wajah juga harus yang aman, yang tidak berdampak buruk pada wajah.

Jangan sampai kepengen punya kulit putih, kemudian asal pakai produk, tak memperhatikan keamanannya. Produk perawatan wajah harusnya merawat, bukan merusak wajah. Yang namanya merawat berarti menjadikan lebih baik atau mempertahankannya. Untuk itu, sangat penting untuk memperhatikan keamanan suatu produk, entah itu cream, lotion, serum, sabun, maupun toner sebelum digunakan ke kulit.

Salah satu merk cream perawatan wajah yang cukup populer adalah cream zam zam. Kalau dengar merk cream ini, jadi ingat dengan sumber air yang ada di Timur Tengah sana. Saya tidak tahu kenapa dinamakan cream zam zam, entah apa filosofi di balik penamaan ini. Saya juga tidak perlu membahas itu. Poin pentingnya adalah tentang keamanannya. Mau sebagus apapun namanya, kalau produknya tidak aman juga percuma.

Ada dua varian
Sebetulnya produk skincare dengan merk zam zam ini produknya bukan cuma cream, tetapi juga ada sabun dan toner. Jadi, dalam sepaket skincare merk zam zam terdiri dari krim siang, krim malam, facial wash, dan toner. Ada dua varian paket skincare zam zam, yakni yang biru dan pink. Paket zam zam pink ini tanpa pengelupasan, ditujukan untuk tipe kulit normal. Sedangkan yang biru ini ditujukan untuk kulit wajah berjerawat dan terdapat flek hitam. Kalau paket yang biru ini bisa menyebabkan pengelupasan.

Belum terdaftar di BPOM
Hingga postingan ini dibuat, cream zam zam belum terdaftar di BPOM, sehingga keamanannya masih tanda tanya. Dari kemasannya juga jauh dari standar kemasan kosmetik yang aman, tidak ada komposisi, produsen, tanggal kadaluwarsa, dan tentu saja tidak mencantumkan nomor BPOM, sehingga sangat mudah dipalsukan.

Pencantuman tanggal kadaluwarsa tentu sangat penting. Dengan adanya keterangan tentang kadaluwarsa di kemasan, maka kita bisa tahu sampai kapan produk tersebut masih aman digunakan.

Apakah cream zam zam mengandung merkuri dan hidrokuinon?
Saya tidak bisa menuduh kalau cream zam zam mengandung merkuri atau hidrokuinon. Karena untuk meneliti apakah cream tersebut mengandung merkuri atau hidrokuinon, atau tidak, maka perlu uji laboratorium. Memang benar hingga postingan ini dibuat, cream zam zam belum terdaftar di BPOM sehingga keamanannya diragukan. Tapi bukan berarti saya bisa seenaknya bilang kalau produk ini bermerkuri atau mengandung hidrokuinon.

Adakah efek samping cream zam zam?
Penggunaan cream wajah sekalipun yang aman, yang sudah terdaftar di BPOM pun sangat mungkin bisa menimbulkan efek samping, apalagi kalau cream abal abal. Nah untuk cream zamzam ini ada yang wajahnya kering, terkelupas, gatal, merah, ada juga yang jerawatnya tambah besar. Jika terjadi hal seperti itu, sebaiknya hentikan penggunaannya.

Jadi, kalau ada yang sudah memakai cream zam zam, kemudian malah timbul efek negatif, bukan berarti dia pakai produk palsu. Lagipula produk yang aslinya pun belum terdaftar di BPOM.

Untuk menjawab pertanyaan apakah cream zam zam sudah terdaftar di BPOM atau belum, itu harus bisa dibuktikan. Kalau memang benar sudah terdaftar di BPOM, berarti ada nomor BPOM-nya, yang bisa digunakan untuk mengecek di web BPOM apakah benar-benar terdaftar atau tidak.

Hologram maupun tulisan original tidak membuktikan kelegalan produk. Di Indonesia, produk kosmetik dikatakan legal jika sudah punya izin edar. Untuk mendapatkan izin edar tidaklah susah jika produknya memang benar-benar aman digunakan, tidak mengandung bahan-bahan yang dilarang dalam pembuatan skincare seperti merkuri dan hidrokuinon.

Jadi, kalau ada yang mengklaim kalau cream zam zam sudah ada izin edarnya, tanyakan berapa nomor BPOM-nya. Atau bagi kalian yang baca postingan ini, yang tahu nomor izin edar cream zamzam, silakan kasih tahu lewat kolom komentar.

Sebaiknya gunakan produk yang jelas-jelas aman, yang sudah terdaftar di BPOM. Kalau memakai produk yang tidak jelas keamanannya, tidak jelas apa bahan-bahannya, efeknya sampingnya tidak muncul dalam sekejap, tapi dalam jangka panjang, bisa merusak kulit.

Tapi, kalau kalian tidak mau ikuti saran saya, tetap penasaran ingin mencoba cream zam zam, itu hak kalian. Kalau ada apa-apa juga bukan saya yang rugi.

Saya luruskan, di sini saya bukan berniat untuk menjatuhkan suatu produk, tetapi mencoba memberikan ulasan. Yang namanya ulasan itu bisa positif, bisa pula negatif. Ada berbagai merk skincare yang sudah saya bahas di web ini. Kalau aman, saya katakan aman. Kalau saya belum yakin tentang keamanannya, masa saya harus bilang kalau produk itu aman?

Maka dari itu, berhubung saya tidak punya bukti berupa hasil uji lab atau pernyataan dokter yang mengatakan bahwa cream zam zam bermerkuri, atau mengandung zat berbahaya lainnya, saya tidak bilang kalau produk itu mengandung bahan tersebut.

Bagi kalian yang sudah pernah menggunakan cream zam zam, silakan berikan ulasan kalian mengenai produk ini lewat kolom komentar.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia