Efek samping bibit cair infus berbahaya / aman?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 4 menit membaca

Adakah efek samping penggunaan bibit cair infus (BCI)? Apakah BCI aman digunakan untuk kulit atau justru malah berbahaya? Biasanya bibit cair infus dicampur dengan hand & body lotion sebelum diaplikasikan ke kulit. Selain itu, produk ini juga bisa dicampur dengan lulur dan sabun cair.

Banyak produk yang diklaim bisa memutihkan kulit dengan cepat. Namun, tak semua produk pemutih kulit yang dijual di pasaran aman untuk kulit. Banyak produk pemutih kulit yang terbukti berbahaya, entah itu lotion maupun cream. Sayangnya, produk-produk seperti ini masih dijual bebas di pasaran.

Untuk itu, sebagai konsumen, kita harus bisa memilih produk skincare yang aman. Jangan sampai hanya karena ingin hasil instan, malah pakai produk yang tidak aman bagi kulit.

Lalu bagaimana dengan bibit cair infus. Apakah termasuk produk yang aman atau berbahaya untuk kulit?

Bibit cair infus merupakan produk perawatan kulit berbentuk cair. Sebelum diaplikasikan ke kulit, bibit cair infus terlebih dahulu dicampurkan ke lotion, sabun mandi cair, atau lulur. Jadi, produk ini tidak langsung digunakan ke kulit, melainkan dicampurkan terlebih dahulu dengan skincare lain yang tadi saya sebutkan.

Adapun manfaat bibit cair infus adalah untuk memutihkan kulit. Banyak testimoni yang menunjukkan kalau bibit cair infus ini benar-benar efektif untuk memutihkan kulit. Namun, dalam menggunakan skincare, bukan cuma keefektifannya saja yang dipertimbangkan, tapi keamanan produk juga perlu dipertimbangkan.

Apakah bibit cair infus sudah terdaftar di BPOM?
Saya sudah mencoba mencari nomor BPOM produk ini, sayangnya tidak membuahkan hasil. Label kemasan produk ini juga tak sesuai standar BPOM, tidak ada keterangan tanggal kadaluwarsa, tidak ada informasi produsen, komposisi produk juga tidak dicantumkan. Ini untuk bibit cair infus yang di label kemasannya ada gambar tangan.

Setelah saya telusuri lagi, ternyata ada produk Bibit cair infus (BCI) yang sudah terdaftar di BPOM. Produk ini terdaftar di BPOM sebagai whitening body water, dengan nomor BPOM NA18190121227, pendaftarnya adalah CV R.D. Mutiara Abadi, sedangkan produsennya adalah UC. JJ Top Cosmindo Jaya.

Jadi, bibit cair infus aman digunakan, tidak berbahaya untuk kulit. Sebaiknya ikuti cara pakai sesuai yang tercantum di label kemasan. BCI digunakan sebagai campuran untuk skincare lain, bukan untuk diaplikasikan langsung ke kulit.

Apakah bibit cair infus bisa digunakan ke wajah?
Berdasarkan keterangan di kemasannya, produk ini digunakan ke badan, tangan, dan kaki. Produk ini bukan untuk wajah. Lagipula penggunaannya juga harus dicampur dengan produk lain seperti sabun mandi cair, lotion, dan lulur, yang bukan merupakan produk untuk wajah.

Tidak disebutkan kalau bibit cair infus ini boleh dicampur dengan cream wajah. Jadi, untuk amannya, sebaiknya tidak menggunakan BCI ke wajah.

Bagaimana perbedaan bibit cair infus asli dan palsu?
Supaya bisa membandingkan suatu produk antara yang asli dan palsu, maka pastikan dulu kalau produk itu ada yang palsu atau tidak. Kalau tidak ada, maka tak perlu diperbandingkan. Pertaannya, adakah bibit cair infus yang palsu?

Ada banyak gambar yang membandingkan antara bibit cair infus asli dan palsu. Banyak yang membandingkannya dari segi kemasan. Tapi, yang diperbandingkan yang BCI dengan kemasan bergambar tangan, yang belum ada nomor BPOM-nya.

Kalaupun benar-benar ada yang palsu, saya rasa yang jual bibit cair infus palsu pun nggak mau bilang kalau produknya palsu.

Untuk mendapatkan bibit cair infus yang asli, sebaiknya beli ke agen atau reseller resmi produk ini. Kalian bisa hubungi owner bibit cair infus untuk mendapatkan nomor kontak agen atau reseller BCI. Bibit cair infus KFS dimiliki oleh CV RD Mutiara Abadi.

Adakah efek samping bibit cair infus?
Meski aman, sudah terdaftar di BPOM, jika muncul tanda tidak cocok, sebaiknya hentikan pemakaian. Tanda tidak cocok itu bisa berupa alergi maupun iritasi (peradangan).

Demikian pembahasan tentang bibit cair infus. Bagi kalian yang mau koreksi barangkali apa yang saya bahas di sini ada yang salah, silakan sampaikan lewat kolom komentar.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia