10 Drama Korea Tentang Bullying Yang Menguras Emosi

Dipublikasikan oleh I Made Suastika ∙ 30 April 2022 ∙ 11 menit membaca

BlogUnik.com – Drama Korea tak selalu menyajikan cerita tentang percintaan yang romantis saja. Ada kalanya juga drama Korea mengangkat kisah tentang kehidupan yang related dengan kehidupan masyarakat disana yang terkesan gelap, salah satunya yaitu kasus bullying.

Bukan rahasia lagi jika kasus bullying di Korea Selatan masih sangat tinggi. Kasus bullying ini tidak hanya menyeret masyarakat biasa saja, beberapa pekerja industri Korea seperti idol hingga artis pun juga pernah terlibat di dalamnya.

Dalam drama Korea mengenai bullying, banyak sekali menceritakan tentang sisi gelap yang masih terjadi masyarakat. Tidak hanya pada jenjang sekolah, kasus bullying di negeri ginseng ini juga kerap terjadi di lingkungan kerja. Salah satu faktor utama terjadinya tindakan perundungan ini yaitu karena standar hidup yang cukup tinggi di Korea Selatan termasuk standar fisik atau kecantikan.

Kasus perundungan ini pun kerap diangkat menjadi sebuah isu cerita disebuah drama atau film. Didalamnya tak jarang juga menyisipkan pesan moral yang sangat berarti untuk para penontonnya. Nah, berikut ini beberapa drama Korea mengangkat isu bullying yang menguras emosi dan penuh pesan moral yang wajib kamu simak

1. School 2013 (2012)

Drama Korea Angkat Isu Bullying
photo via mydramalist.com

School 2013 merupakan drama Korea yang mengangkat tentang perjuangan dan dilema yang dihadapi oleh siswa remaja di masa modern. Seperti bunuh diri, pembulian, hubungan guru-siswa, les privat dan kehidupan nyata siswa di Seungri High School.

Go Nam Soon (Lee Jong Suk) adalah siswa peringkat terendah di sekolahnya, ia sering di bully oleh Oh Jung Ho (Kwak Jung Wook). Dua guru wali kelas mereka Jung In Jae (Jang Na Ra) dan Kang Sae Chan (Choi Daniel) berjuang untuk membantu para siswa dan menghadapi politik sekolah.

Seorang siswa baru pindah ke Seungri High School bernama Park Heung Soo (Kim Woo Bin) yang mengganggu keseimbangan hubungan antar siswa. Ia diketahui memiliki masa lalu yang rumit dengan Nam Soon (Lee Jong Suk).

Di drama School 2013 ini kita bisa melihat betapa pentingnya seorang guru untuk mengenal karakter muridnya dan mengetahui apa cita-cita serta motivasi siswanya. Selain itu, setiap siswa hendaknya diberikan kebebasan untuk memilih apa yang mereka inginkan dalam hidup, apakah itu cita-cita, jurusan kuliah ataupun karir. Orang tua dan guru hanya perlu mengawasi perjalannya.

2. Angry Mom (2015)

Drama Korea Angkat Isu Bullying
photo via mydramalist.com

Drama Korea ini bercerita tentang kekerasan dalam sekolah dan akhirnya seorang ibu menyamar menjadi seorang siswa bertujuan untuk melindungi putrinya. Seorang ibu berusia 34 tahun bernama Jo Kang Ja (Kim Hee Sun) menyamar menjadi siswi SMA dengan mengandalkan wajah awet mudanya setelah mengetahui jika anaknya yaitu Oh Ah Ran (Kim Yoo Jung) selalu di bully di sekolahnya.

Park No Ah (Ji Hyun Woo) guru Ah Ran mengetahui jika Bangwool adalah ibunya Ah Ran setelah menyadari sikapnya yang mirip dan kedekatan Ah Ran dan Bang Wool padahal mereka baru saja bertemu di sekolah. Kang Ja membantu memecahkan kematian sahabat Ah Ran yaitu Jin Yi Kyeong (Yoo Ye Joo) dengan bantuan Park No Ah (Ji Hyun Woo), Ko Bok Dong (Ji Soo) yang selalu membully Ah Ran dan sahabat Kang Ja, Han Gong Jo (Go Su Hee).

Awalnya Yee Kyeong dinyatakan meninggal akibat bunuh diri karena selalu dibully oleh teman-temannya untuk melindungi Ah Ran. Namun setelah penyelidikan yang dilakukan Gong Jo dan No Ah dalam kasus kematian Yi Kyeong, terungkap bahwa Yi Kyeong dibunuh oleh seorang guru bernama Do Jeong Woo (Kim Tae-hoon) setelah menghamilinya dan membunuhnya akibat dia menolak aborsi pada kehamilannya di bulan ke-3, ditambah dengan kesaksian Bok Dong yang menyembunyikannya diam-diam.

3. Who Are You: School 2015 (2015)

Drama Korea Angkat Isu Bullying
photo via mydramalist.com

Ini adalah angsuran keenam seri KBS School yang disiarkan dari tahun 1999 hingga tahun 2002, kemudian dilanjutkan pada tahun 2013. Drakor ini menggambarkan perjuangan dan dilema yang saat ini sedang dihadapi oleh para pemuda Korea Selatan. Who Are You: School 2015 ini dibintangi oleh Kim So Hyun, Nam Joo Hyuk dan Yook Sung Jae.

Di ceritakan sepasang anak kembar bernama Go Eun Byul dan Lee Eun Bi (Keduanya diperankan Kim So Hyun), keduanya terpisah sejak kecil karena tinggal di panti asuhan berbeda. Eun Bi tinggal dan besar di panti asuhan Love House di Tongyeong, Provinsi Gyeongsang Selatan. Di Panti Eun Bi dikenal sebagai sosok ibu oleh anak panti lainnya. Namun di sekolah Eun Bi menjadi korban bully Kang So Young (Jo Soo Hyang) dan kawan-kawannya, tapi Eun Bi menyembunyikan hal itu.

Di ceritakan Eun Byul telah diadopsi oleh Song Mi Gyeong (Jeon Mi Sun) dan tumbuh di Seoul. Ia juga bersekolah di SMA Sekang, salah satu sekolah bergengsi di Gangnam. Eun Byul dikelilingi teman yang baik dan berprestasi.

Pada suatu hari SMA Sekang melakukan karyawisata ke Tongyeong, disini sebuah insiden terjadi membuat Eun Byul dan Eun Bi bertukar nasib. Eun Byul menghilang secara misterius sedangkan Eun Bi amnesia. Tanpa disadari Eun Bi menjalani hidup sebagai Eun Byul. Dari sini Eun Bi juga bertemu dengan teman-teman Eun Byul yaitu Han Yi An (Nam Joo Hyuk) dan Gong Tae Kwang (Yook Sung Jae).

4. Solomon’s Prejury (2016)

Drama Korea Angkat Isu Bullying
photo via mydramalist.com

Serial drama Solomon’s Prejury ini dibintangi oleh Kim Hyun Soo dan Jang Dong Yoon. Solomon’s Prejury ini menceritakan tentang misteri pembunuhan yang digali kembali karena ingin mengetahui apa yang sebenarnya terjadi mengenai kematian seorang siswa dan rasa sakit yang tumbuh dari remaja.

Pada malam Natal, seorang siswa jatuh dari atap sekolah dan meninggal. Polisi menyimpulkan bahwa dia melakukan bunuh diri dan sekolah mencoba mengadakan upacara peringatan agar cepat selesai. Beberapa hari kemudian pernyataan misterius dari seseorang saksi yang melihat siswa itu dibunuh disampaikan ke Seo Yeon (Kim Hyun Soo), teman sekelas murid yang meninggal itu.

Sementara sekolah, polisi dan pers memperebutkan siapa yang benar, banyak siswa terluka. Satu-satunya hal yang dipedulikan orang dewasa adalah menutup kasusnya. Seo Yeon dan beberapa temannya menyatakan bahwa mereka tidak dapat berdiam diri dan membiarkan proses yang tidak adil ini berlanjut, jadi mereka memutuskan untuk mengadakan sidang sekolah untuk mengungkap kebenaran dan mengatakan “Kami tidak akan membiarkan ini berlalu begitu saja”.

Siswa berperan sebagai konselor, hakim dan juri dalam sidang sekolah. Persidangan mengungkapkan rahasia buruk tentang kasus pembunuhan dan kemunafikan orang dewasa yang terlibat dalam perjuangan siswa untuk kebenaran.

5. Save Me (2017)

Drama Korea Angkat Isu Bullying
photo via mydramalist.com

Drama Korea yang mengangkat isu bullying ini diadaptasi dari web-comic berjudul Out of The World karya dari Jo Geum San. Save Me menceritakan tentang Im Sang Mi (Seo Yea Ji) yang memutuskan pindah dari Seoul ke desa terpencil bernama Muji-gun. Ia dan keluarganya memutuskan pindah ke desa karena keadaan ekonomi. Selain itu, sang adik Im Sang Jin (Jang Yoo Sang) menderita gangguan mental karena kerap di bully hingga mengakhiri hidupnya.

Di tengah kesulitan itu, seorang pastor bernama Baek Jung Ki (Jo Sung Ha) membawa mereka untuk bergabung dengan gerejanya. Mengambil keuntungan dari keadaan mereka yang sedang rapuh, pemimpin gereja memikat orang tua Sang Mi ke dalam satu kultus.

Walaupun Sang Mi terus mengatakan bahwa ada yang salah dengan kultus tersebut. Ayahnya seperti tidak menghiraukan itu karena sudah tercuci otaknya. Keadaan ayahnya dan kondisi ibunya yang tidak stabil secara mental membuat Sang Mi terjebak dan tidak dapat melarikan diri.

Tiga tahun berlalu, Sang Mi bertemu dengan temannya yang juga putra dair gubernur Muji bernama Han Sang Hwan (Ok Taec Yeon) beserta sahabatnya Dong Chul (Woo Do Hwan). Ketika Sang Mi bertemu dengan Sang Hwan dan Dong Chul, ia membisikan kata “Selamatkan Aku”.

6. Beautiful Word (2019)

Drama Korea Angkat Isu Bullying
photo via mydramalist.com

Dibintangi Park Hee Soon, Choo Ja Hyun, Nam Da Reum, Oh Man Suk dan Cho Yeo Jung. Beautiful Word ini menceritakan tentang keluarga sederhana dari pasangan Park Moo Jin (Park Hee Soon) dan Kang In Ha (Choo Ja Hyun).
Moo Jin berkerja sebagai guru SMA dan istrinya mengelola sebuah toko roti. Mereka memiliki dua orang anak bernama Park Seon Ho (Nam Da Reum) dan Park Soo Ho (Kim Kwan Hee). Saat ini Seon Ho duduk di kelas 3 SMP swasta yang cukup terkenal sedangkan Soo Ho duduk dibangku kelas 2 di sekolah yang sama.

Kejadian naas pun menimpa Seon Ho, dimana ia ditemukan jatuh dari atap sekolah dan hal ini membuatnya mengalami pendarahan hebat di kepalanya hingga tak sadarkan diri. Setelah dilakukan pemeriksaan, Seon Ho mengalami mati otak. Pihak sekolah pun mengatakan jika insiden ini adalah peristiwa bunuh diri.

Tapi Moo Jin dan In Ha tidak percaya karena tahu betul bagaimana karakter anak mereka. Terlebih lagi mereka menemukan hal janggal dalam peristiwa itu, termasuk hilangnya dua barang pribadi Seon Ho yaitu buku harian dan ponsel. Moo Jin dan In Ha percaya jika putranya menjadi korban kekerasan di sekolah dan mencoba untuk mengungkap kebenaran dengan cara mereka sendiri.

7. Class of Lies (2019)

Drama Korea Angkat Isu Bullying
photo via mydramalist.com

Drakor ini bercerita tentang pengacara bernama Kim Moon Hyeok (Yoon Kyung San) yang mendapat tugas untuk mengungkap kasus pembunuhan disebuah sekolah elit.

Tugas ini diberikan oleh pimpinan sekolah untuk memperbaiki citra sekolah di mata publik. Bisa dikatakan Moon Hyeok hampir tidak pernah kalah dalam persidangan dan ia akan melakukan berbagai cara demi kemenangan serta uang. Tapi ketika menangani kasus ini, karirnya justru tercoreng. Maka dari itu ia bertekad untuk mengungkap kasus ini dengan berpura-pura menjadi guru disana.

Selain pembunuhan, rahasia laon tentang sekolah justru terkuak mulai dari jual beli nilai, perundungan hingga prostitusi dikalangan pelajar. Di sekolah ini Moon Hyeok bertemu dengan Ha So Hyun (Keum Sae Rok) seorang guru wanita yang peduli dengan muridnya. Mereka berdua pun bekerja sama untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi di sekolah ini.

8. The Uncanny Counter (2020)

Drama Korea Angkat Isu Bullying
photo via mydramalist.com

Di waktu penayangannya, drakor ini sempat menjadi banyak perbincangan karena meraih rating tertinggi. The Uncanny Counter ini diadaptasi dari webtoon berjudul sama karya dari Jang Yi.

Sekelompok orang yang tergabung dalam sebuah grup bernama Counter ini bertugas untuk memburu roh jahat yang berniat hidup kekal di bumi. Ketika menjalankan misinya, mereka menyamar sebagai karyawan di restoran mi. Anggota Counter ini memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

So Moon (Cho Byeong Kyu) adalah siswa SMA dan anggota termuda dari Counter. Ia dikenal memiliki kekuatan khusus pada fisiknya. Ia pernah mengalami kecelakaan mobil misterius dan orang tuanya meninggal. Akibat dari kecelakaan itu kaki kirinya pincang. Di sekolah, So Mon dan kedua teman lainnya kerap di bully oleh sekelompok anak-anak yang berkuasa sekaligus kebal hukum karena profesi orang tua mereka.

Ga Mo Tak ( Yu Jun Sang) dulunya bekerja sebagai petugas kepolisian, ia juga pernah terlibat kecelakaan fatal yang membuatnya hilang ingatan. Do Ha Na (Kim Se Jeong) memiliki kekuatan bisa merasakan roh jahat dari jarak ratusan kilometer. Ketika menyentuh seseorang, ia juga bisa membaca ingatan mereka.

Chu Mae Ok (Yum Hye Ran) bertugas sebagai penyembuh dan Choi Jang Mool (Ahn Suk Hwan) dijuluki sebagai legenda hidup yang bertanggung jawab mengatur pengeluaran anggota Counter.

9. How To Buy A Friend (2020)

Drama Korea Angkat Isu Bullying
photo via mydramalist.com

Drama Korea angkat isu bullying ini mengisahkan dua murid SMA yang membuat surat perjanjian yang memungkinkan mereka mengambil keuntungan satu sama lain. Seperti remaja seusianya, Park Chan Hong (Lee Shin Young) menghabiskan hari-hari dengan berbagai kegiatan di sekolah. Ia dikenal memiliki bakat sebagai penulis dan inilah yang membuatnya bermimpi untuk meniti karir dibidang tersebut.

Di sekolah, Chan Hong kerap bersama sahabatnya yaitu Eom Se Yoon (Kim So Hye) yang dikenal sebagai murid populer. Disisi lain diceritakan juga Heo Don Hyeok (Shin Seung Ho) yang tidak peduli dengan pelajaran. Ia lebih sibuk memikirkan bagaimana cara bertahan hidup dengan pendapatan yang tak seberapa.

Pada suatu hari ia berkenalan dengan Chan Hong yang membawa peluang besar untuknya. Saat itu ia menyelamatkan Chan Hong dari anak-anak yang kerap merundungnya. Reputasinya sebagai jagoan membuatnya ditakuti disekolah. Disinilah, keduanya mulai sering menghabiskan waktu bersama.

10. The Penthouse (2020 – 2021)

Drama Korea Angkat Isu Bullying
photo via mydramalist.com

Siapa yang tidak mengenal drama Korea satu ini yaitu The Penthouse, drama Korea ini diwaktu tayangnya sering menjadi topic hangat dan memiliki rating tertinggi. Drama ini tidak hanya mengangkat kisah tentang perebutan harta dan perselingkuhan saja, tapi juga mengangkat isu bullying.

Bae Ro Na (Kim Hyun Soo) merupakan siswa biasa yang berusaha keras agar bisa masuk ke sekolah bergengsi Cheong Ah. Ia lahir dari keluarga sederhana yang miskin. Tapi ibunya Oh Yoon Hee bekerja keras agar anaknya sukses dan bahagia. Ro Na memiliki bakat menyanyi yang sangat baik dan ini ternyata turunan dari sang ibu yang juga ternyata mantan penyanyi.

Kehidupan Ro Na setelah memasuki sekolah elit tidak berjalan lancar karena ia sering di bully oleh siswa-siswa disana yang tergolong dari kalangan atas. Tak hanya siswa-siswa, para orang tua dari siswa tersebut juga ikut melakukan kejahatan yang hampir membuat Ro Na meninggal dunia.

Itulah beberapa rekomendasi drama Korea angkat isu bullying. Tak hanya menguras emosi para penonton, drama-drama diatas juga mampu menggambarkan sisi gelap kehidupan sekolah di sana. Tak lupa drama-drama diatas juga memiliki banyak pesan moral yang sangat berarti dalam kehidupan kita.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas. Khususnya pada dapur yang memiliki

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mam

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Ide Desain Dapur Kering & Tips Penataannya

Dapur kering secara perawatannya tidak perlu dibersihkan setiap hari. Pins hanya butuh mengelapnya

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur 7 Peralatan Elektronik Yang Sebaiknya Ada Di Dapur Kantor

Banyak perusahaan saat ini menyediakan dapur kantor untuk karyawan. Dapur ini lebih sering disebut

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Tips Memilih Gorden Dapur Estetik & Berkualitas

Gorden dapur sering digunakan untuk menutupi kolong kabinet. Tujuannya menutupi ruang penyimpanan y

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia