Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Baca Ini saat Hujan! Doa Turun Hujan Beserta Arti Lengkapnya

Lifestyle

Baca Ini saat Hujan! Doa Turun Hujan Beserta Arti Lengkapnya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 22 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Siapa nih yang suka hujan? Atau Pins justru tidak suka ketika hujan turun? Tahukah kamu, hujan merupakan berkah yang Allah turunkan ke bumi kepada semua makhluk ciptaan-Nya. Tiap tetesan air yang jatuh dari langit ke muka bumi adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk di Bumi. 

Pinhome – Namun, mungkin sebagian dari kita sering mengeluh akan datang nya hujan. Mungkin ini karena hujan identik dengan banjir, hal yang merepotkan, atau hal yang sering datang di waktu yang tidak tepat. Walaupun begitu, jangan sampai kita membenci sesuatu yang Allah rahmatkan kepada kita. Baiknya kita bersyukur di kala hujan turun dan telah memberi sumber kehidupan bagi kehidupan ini. 

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Mendengar Adzan Serta Maknanya

Baca Ini saat Hujan! Doa Turun Hujan Beserta Arti Lengkapnya
(Kabar24)

Karena itulah, atas segala rahmat yang mengikuti turunnya hujan, ada juga doa turun hujan yang bisa kita panjatkan agar hujan tersebut senantiasa bermanfaat bagi kita semua. 

Baca Juga: Kumpulan Doa Keluar Rumah Dan Masuk Rumah Beserta Artinya

Bacaan Doa Ketika Turun Hujan 

Berikut ini adalah bacaan doa ketika hujan turun beserta tulisan latin dan terjemahannya.

Doa Ketika Turun Hujan

Baca Ini saat Hujan! Doa Turun Hujan Beserta Arti Lengkapnya
(Kabar Besuki)

اَللّٰهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban naafi ‘an

Artinya: “Ya Allah, semoga hujan yang Kau turunkan ini lebat dan membawa manfaat.”

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” 

(HR. Al-Bukhari)

Doa-doa ini bisa kamu panjatkan di kala hujan turun agar hujan yang datang senantiasa membawa rahmat-Nya. Selain itu, doa ini bisa dipanjatkan agar kita dilindungi dari marabahaya datangnya hujan, seperti banjir dan longsor. 

Selain itu, ada juga doa ketika hujan reda lengkap dengan pelafalan latin dan terjemahannya.

Doa Ketika Hujan Reda

(bebluelikeme)

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthina bifad lillaahi wa rahmatullah

Artinya:  “Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmat-Nya.”

Hikmah dari Hujan Turun 

Turunnya hujan ke bumi tak hanya sekadar rahmat yang Allah turunkan ke bumi. Ada juga hikmah-hikmah yang bisa kita pelajari bersama dari hujan. Apa saja hikmah-hikmahnya? 

  1. Hanya Allah Ta’ala yang Mampu Menurunkan Hujan

Allah Ta’ala berfirman:

مَا يَفْتَحِ اللَّهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۖ وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُ مِنْ بَعْدِهِ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Artinya: “Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat (rezeki dan hujan), maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya. Dan apa saja yang ditahan oleh Allah, maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” 

(QS. Fathir: 2). 

  1. Hanya Allah yang Tahu Kapan Turunnya Hujan

Walaupun sudah ada alat khusus untuk meramal cuaca, nyatanya tak ada yang bisa memastikan kapan datangnya hujan. Ini karena hujan sebenarnya ialah bagian dari rahasia Allah. Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Artinya: “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat, dan Dialah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” 

(QS. Luqman: 34)

  1. Turunnya Hujan telah Ditulis di Lauhul Mahfudz.

Tahukah kamu? Segala yang terjadi di semesta ini telah menjadi takdir dan kehendak Allah Ta’ala yang tertulis di Lauhul Mahfudz, termasuk kapan dan di mana hujan akan turun, serta seberapa besar hujan yang datang. 

Rasulullah SAW bersabda: 

“Allah telah mencatat takdir setiap makhluk sebelum 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.” (HR. Muslim)

  1. Ucapan Istighfar dapat Menyebabkan Turunnya Hujan

Allah Ta’ala Berfirman:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” 

(QS Nuh: 10-12)

  1. Hujan Bisa Tertahan di Langit karena Zakat yang Tak Ditunaikan

Ternyata jika kita enggan menunaikan zakat bisa menjadi penyebab hujan yang tak kunjung turun lho. 

Rasulullah SAW bersabda:

لَمْ يَمْنَعْ قَوْمٌ زَكَاةَ أَمْوَالِهِمْ إِلا مُنِعُوا الْقَطْرَ مِنَ السَّمَاءِ , وَلَوْلا الْبَهَائِمُ لَمْ يُمْطَرُوا.

Artinya: “Jika suatu kaum enggan mengeluarkan zakat dari harta-harta mereka, mereka akan dicegah dari mendapatkan hujan dari langit. Sekiranya jika bukan karena binatang-binatang ternak, niscaya mereka tidak diberi hujan.” 

(HR. Ath-Thabrani)

Itulah bacaan doa ketika hujan turun dengan latin dan terjemahannya, beserta peran penting dan hikmah-hikmah dari hujan. Sebagai hamba-Nya, sepatutnya kita mensyukuri apa yang telah Allah SWT berikan, termasuk turunnya hujan. Semoga hujan yang Dia berikan selalu merahmati kita semua. Aamiin. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel