BlogLifestyleEdukasiHindari Syirik dengan Doa Tolak Bala Ini!
0
0

Hindari Syirik dengan Doa Tolak Bala Ini!

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
kid, praying, muslim-1077793.jpgtop-right-banner

Setiap orang pasti tidak menginginkan musibah datang menimpa dirinya. Musibah bisa datang kapan pun dan dimana pun tanpa bisa kita duga. Jika Allah sudah berkehendak semuanya pasti akan terjadi. Namun, sebagai umat muslim Pins bisa mencegah musibah dengan membaca do\’a tolak bala kepada Allah Swt.

Doa tolak bala ini bertujuan untuk memohon keselamatan dari segala musibah yang sedang terjadi maupun yang akan datang. Mungkin beberapa orang sudah sering mendengar mengenai doa ini. Doa tolak bala biasanya dilafalkan agar terhindar dari segala macam bencana, musibah, malapetaka, maupun hal-hal buruk lainnya.

Baca juga: Kumpulan Doa Setelah Sholat Wajib

Bacaan Do\’a Tolak Bala Lengkap dengan Artinya

Doa Tolak Bala
Source : Merdeka.com

Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengajarkan umat untuk memperbanyak doa ketika bertemu dengan orang yang sedang terkena bala atau musibah. Berikut bacaan do\’a tolak bala yang bisa Pins lafalkan:

اَلْـحَمْدُ لل الَّذِي عَافَانِي مِـمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِـمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً 

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberikan keselamatan kepadaku dari bala’ yang telah menimpamu serta Ia telah memberikan anugerah kepadaku atas kebanyakan makhluk yang telah Ia ciptakan”. Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqqash.

Rasulullah Saw bersabda tentang doa tolak bala yang dipanjatkan Nabi Yunus As saat berada di dalam perut ikan besar. Doa tersebut berbunyi:

 لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِـمِينَ 

Artinya: “Ya Allah,Tiada yang berhak disembah selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya saya adalah termasuk orang-orang yang zalim”.

Baca juga: Bacaan Adzan, Iqomah dan Doanya

Bacaan Do\’a Tolak Bala Versi Panjang

Doa Tolak Bala
Source : Correcto

Selain doa tolak bala di atas, doa berikut ini juga bisa Pins bacakan untuk menolak bala:

Allahumma bihaqqil fatihah wa sirril faatihah ya farijal hammi wa yaa kaasyifal ghammi ya malli ibaadihii yaghfiru wayarham yaa daafi\’al bala\’i. yaa Allah wa yaa daafi\’al bala\’i yaa rahmaan wa yaa daafi\’al balaa\’i yaa rahiim idfa\’ annal ghalaa\’a wal balaa\’a wal wabaa\’a wal fahsyaa\’a wal mungkara was suyuu fal mukhtalifata wasy syada-ida wal mihana maa dhahara minhaa wamaa bathana fii baladinaa hadzaa khash shataw wamibbul daanil muslimiina \’ aammatan innaka\’ alaama tasyaa\’u qadiir.

Artinya: \”Ya Allah, dengan kebenaran fatihah dan dengan rahasia yang terkandung dalam fatihah, ya Allah Tuhan Yang melapangkan kedudukan dan Yang menghilangkan kesedihan, Ya Allah Tuhan Yang Maha kasih sayang kepada hambanya, Ya Allah, Tuhan Yang menghindarkan bala, Ya Allah Tuhan Pengasih Yang menolakkan bala, Ya Allah Tuhan Yang Maha Penyayang Yang menjauhkan bala, tolakanlah dari kami malapetaka, bala, bencana, kekejian dan kemungkaran, sengketa yang beraneka, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan yang tersembunyi, dalam negara kami khususnya dan dalam negara kaum muslimin pada umumnya, sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.\”

Ada juga versi lainnya: 

Allaahumma fa\’ \’annal-gholaa\’a wal-wabaa\’a wal-fahsyaa\’a wal-munkara was-suyuufal-mukhtalifata wasy-syadaa\’ida wal-mihana maadhohara minhaa wa maabaathana mim balaadinaa khaassataw wa min buldaanil-muslimiina \’aammatan. innaka \’alaa kulli syai\’in qodiir. 

Artinya : \”Ya Allah, hindarkanlah kami dari resesi ekonomi, musibah penyakit, kekejian, kemungkaran dan bencana yang timbul karena perang, kesulitan-kesulitan dan berbagai petaka baik yang lahir maupun yang batin dari negeri kami khususnya atau dari negeri kaum muslim pada umumnya, sesungguhnya Engkau Maha atas segala sesuatu.

Baca juga: Catat! Doa di Pagi Hari Islami untuk Memulai Aktivitas

Kapan Kita Harus Membaca Doa Tolak Bala?

Source : Bincang Syariah

Doa tolak bala sendiri umumnya dibaca saat seseorang memanjatkan doa qunut ketika sholat dhuha maupun sholat fardhu. Pasalnya doa qunut, atau khususnya doa qunut nazilah merupakan nama lain dari doa tolak bala yang kerap dipanjatkan oleh Rasulullah SAW dalam sholat.

Dikutip berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Fiqh Islam (2019:97) oleh Sulaiman Rasjid, doa qunut nazilah atau doa tolak bala pernah dibacakan oleh Rasulullah setiap rakaat akhir sholat wajib. Berikut bunyi hadist tersebut:

Rasulullah SAW melaksanakan qunut nazilah selama sebulan secara berturut-turut di dalam Shalat Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya\’ dan Shubuh. Setiap kali usai mengucapkan: \”Sami\’allahu liman hamidah\” dari raka\’at terakhir, mendo\’akan kejelekan atas mereka, yaitu perkampungan Ri\’il, Dzakwan dan \’Ushayyah dari Bani Sulaim. Sedangkan orang-orang di belakangnya mengucapkan \”Aamiin\”. (HR. Ahmad).

Akan tetapi, tidak ada ketentuan mutlak tentang kapan harus membaca doa ini. Pins bisa membacanya kapan saja dan di mana saja, bahkan ketika sedang terancam dalam bahaya. 

Baca juga: Doa Mandi Wajib dan Tata Cara yang Benar

Keutamaan Doa Tolak Bala

Doa Tolak Bala
Source : ILuvIslam

Sebagai manusia, tidak ada satu pun orang yang tahu kejadian apa yang akan menimpa kita besok. Bisa saja musibah menghampiri kita. Sehingga membaca doa tolak bala bisa kita panjatkan di Hari Santri ataupun setiap hari agar terhindar dari musibah buruk. Rasulullah Saw bersabda:

“Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari).

Allah SWT berfirman dalam Surat Shaf ayat 143:

 فَلَوْلَا أَنَّهُ كَانَ مِنَ الْمُسَبِّحِينَ لَلَبِثَ فِي بَطْنِهِ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ 

Artinya: “Maka jika sekiranya dia (Nabi Yunus) tidak termasuk orang-orang yang banyak berdzikir (bertasbih) kepada Allah, niscaya dia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit.” (QS. Saf: 143). 

Baca juga: Bacaan Doa Ketika Ada Orang Meninggal

Amalan Lain untuk Menolak Bala

Source : Pinterest

Di antara jalan tolak bala bencana yang Allah tunjukkan kepada selain berdoa ialah kesungguhan takwa. Keterjagaan terhadap amalan takwa pada akhirnya menutup hal terburuk dan apa pun yang tidak dikehendaki olehnya. “Barang siapa yang bertakwa, maka Allah jadikan ada jalan keluar baginya.” (QS at-Thalaq [65]: 2-3).

Amalan lainnya yang bisa menolak bala ialah dengan berbakti kepada orang tua hingga mendapatkan restu dari mereka. Tidaklah setiap kejadian dan peristiwa yang dialami oleh seseorang kecuali atas izin Allah SWT. Izin atau restu Allah bersama dengan restu orang tua. 

Selain itu, kamu bisa juga melakukan sedekah sebagai amalan penolak bala. Orang-orang yang beriman sangat sadar terhadap ke kuatan sedekah sebagai ikhtiar me nolak bala, kesulitan, dan berbagai macam penyakit. Rasulullah SAW bersabda:

”Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Dan obatilah penyakitmu dengan sedekah.”

Kemudian, kamu juga bisa beramal membaca istigfar agar tertolak dari marabahaya. Hal ini ada di dalam sebuah hadits yang berbunyi:

“Kami tidak akan menurunkan azab bencana selama mereka masih beristighfar.\” (QS al-Anfal [8]: 33).

Itulah bacaan doa tolak bala beserta artinya, Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Swt dan dijauhkan dari segala macam keburukan. Aamiin.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download