Pinhome

Lifestyle

Bacaan Doa Setelah Hajat yang Mustajab

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 23 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Setiap manusia pasti memiliki hajat atau kebutuhan baik yang bersifat khusus pribadi maupun yang bersifat umum. Namun terkadang hajat kita susah untuk terlaksana oleh karena itu kita dianjurkan untuk mengerjakan sholat hajat agar Allah Swt segera mengabulkan apa yang menjadi hajat kita.

Pinhome – Sholat Hajat ialah sholat sunnah yang dikerjakan untuk meminta kepada Allah SWT supaya yang menjadi hajat kita cepat dikabulkan oleh Allah. waktu mengerjakanya yang baik menurut para ulama yaitu setelah mengerjakan sholat Isya sampai menjelang sholat subuh.

Baca Juga: Panduan Serta Doa Sholat Tahajud Dan Dzikir

Keutamaan Sholat Hajat

(Deposit Photo)

Manfaat sholat Hajat yang pertama yaitu untuk memperlancar doa dan keinginan agar lekas terkabul. Hajat (keinginan/kebutuhan) di sini bisa dalam hal apa pun mulai dari pendidikan, karir, jodoh, hingga berbagai masalah yang tengah dihadapi.

Baca Juga: Lengkap! Doa Sholat Dhuha Arab Dan Latin Beserta Artinya

Hal ini pun sesuai dengan bunyi salah satu hadis mengenai keutamaan sholat hajat.

“Barangsiapa yang mempunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak-cucu adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian shalat dua rakaat (shalat hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan shalawat kepada Nabi saw Setelah itu, mengucapkan “Laa illah illallohul haliimul kariimu, subhanallahi rabbil ‘arsyil ‘azhiim…” 

(HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Selain ketika memiliki hajat, kamu juga bisa melaksanakan sholat Hajat ketika tengah menghadapi kesulitan.

Allah SWT telah menjanjikan siapa pun manusia yang berwudhu, sholat dua rakaat, dan kemudian memohon dengan sungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkan pertolongan.

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

“Dan mintalah pertolongan kepada Tuhanmu dengan melaksanakan shalat dan dengan sikap sabar,” 

(QS Al-Baqarah: 45).

Maka, ketika kamu tengah menghadapi kesulitan, segeralah melakukan salat Hajat dan memohon pertolongan kepada Allah

Menjalankan sholat sunnah Hajat tidak hanya bermanfaat untuk urusan dunia, tetapi juga urusan akhirat.

Seorang muslim yang menjalankan salat Hajat dengan khusyuk akan ditinggikan derajat serta diampuni dosanya.

Semakin banyak dan semakin khusyuk sujudnya, serta dibarengi dengan memohon ampun setulus-tulusnya, semakin Allah Swt akan meninggikan derajatnya.

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak sholat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosa.” 

(HR Muslim).

Bacaan Doa Sesudah Sholat Hajat

(Solopos)

Jumlah rakaat sholat Hajat dikerjakan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak tidak terbatas sesuai dengan kemampuan, dengan masing-masing dua rakaat dan satu salam. Untuk suratan yang dibaca Bisa saja setelah membaca surat Al-Fatihah kemudian membaca surat Al-Falaq, surat An-Nas. dan pada rakaat yang kedua setelah membaca surat Al-fatihah membaca surat Al-Ikhlas.

Setelah selesai mengerjakan sholat hajat alangkah baiknya membaca dzikir dan wirid terlebih dahulu sebelum membaca doa sholat hajat , Seperti membaca Istighfar 32 – 100  kali, membaca sholat nabi 32-100 kali, membaca tasbih 21-32 kali, membaca tahlil 21-32 kali. Barulah setelah membaca wirid dan dzikir membaca doa sholat hajat.

Berikut adalah doa sholat hajat lengkap dengan latin dan terjemahnya.

اَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhanallahi rabbil arsyil-‘adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-‘alamin. As’aluka mujibati rahmatika wa ‘azaaima maghfiratika wal -‘ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriwas-salaamata min kulli ismin, laa tada’ lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

Artinya: “Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Kau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Kau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhoi oleh-Mu melainkan Kau memastikan untukku, wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang.”

Hikmah dari Melaksanakan Sholat Hajat 

(Pop bella)

Sehubungan dengan sholat hajat, Rasulullah SAW pernah bersabda sebagai berikut:

“Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang dia pinta cepat atau lambat.” (HR.Ahmad)

Berdasarkan hadits tersebut, Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar umatnya untuk menjalankan sholat hajat jika berharap keinginannya dikabulkan Allah SWT

Keutamaan sholat hajat adalah keinginan dikabulkan oleh Allah SWT dengan jalan terbaik menurut-Nya.

Selain itu, sholat hajat juga mendatangkan berbagai kebaikan lain. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan pahala dari Allah SWT
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Mendapatkan perasaan yang tenang
  • Rasa tawakal yang lebih kuat

Tata Cara Melaksanakan Sholat Hajat 

Sholat hajat hendaknya dilakukan sebanyak 2 hingga 12 rakaat. Setiap 2 rakaat harus disertai dengan salam.

Pengerjaannya bisa dilakukan kapan saja, kecuali di waktu-waktu yang dilarang melakukan ibadah sholat. Waktu yang dimaksud adalah:

  • Selepas sholat subuh hingga matahari terbit
  • Selepas waktu ashar hingga matahari terbenam
  • Waktu terbaik untuk melakukan sholat hajat adalah malam hari, terutama di sepertiga bagian terakhir malam.

Itulah bacaan doa setelah sholat hajat lengkap dengan latin dan terjemahnya dan sedikit pembahasan mengenai sholat hajat, semoga dengan sholat hajat apa yang menjadi hajat, keperluan, keinginan kita cepat di kabulkan oleh Allah SWT, dan sebagai tambahan sebaiknya sholat hajat tidak hanya di kerjakan dalam semalam saja tapi berulang-ulang agar hajat kita cepat terkabul. Aamiin.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel