Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Wajib Diketahui

Lifestyle

Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Wajib Diketahui

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 24 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Pins, apa yang biasa kamu lakukan setelah salam sholat? Apakah kamu membaca doa sesudah sholat, berdoa pendek saja, atau justru langsung beranjak dari sholat? Biasanya sesudah melaksanakan sholat, baik itu sholat fardhu maupun sunnah, kita disunnahkan melafalkan beberapa bacaan dzikir dan kemudian membaca doa kepada Allah SWT. 

Pinhome – Apapun kebiasaan Pins, memang tak ada salahnya jika hanya berdoa pendek atau langsung bergegas. Namun, memang salah satu waktu yang tepat untuk memanjatkan doa adalah sesudah melakukan sholat fardhu. Jadi, amat disayangkan jika Pins tidak memanfaatkannya untuk memanjatkan doa. 

Maka dari itu, ketika kita selesai mengerjakan sholat baik itu sholat wajib atau sholat sunnah seperti sholat dhuha, baiknya jangan langsung beranjak begitu saja. Baik itu dikerjakan  berjamaah maupun Munfarid (sendiri), alangkah baiknya untuk meluangkan waktu untuk berdoa walaupun sebentar. 

Dalam berdoa sesudah sholat fardhu, ada beberapa bacaan yang bisa dibacakan. Apakah Pins sudah tahu seperti apa bacaan doa sesudah sholat fardhu dan sunnah? Yuk simak ulasan di bawah ini. 

Keutamaan Membaca Doa Setelah Sholat

doa sesudah sholat fardhu
(Popbela)

Sebelum mengetahui bacaan doa sesudah sholat, baiknya kita pahami dulu seberapa besar keutamaan dan manfaat berdoa sehabis sholat. 

Rasulullah SAW mensunnahkan untuk berdoa dan berdzikir setelah sholat. Hal ini dilakukan sebagai cara berkomunikasi, mendekatkan diri, dan memohon dengan Sang Maha Pencipta Allah SWT. Hak ini sebagaimana tertera di hadits berikut. 

“Dikatakan kepada Rasulullah SAW, apakah doa yang paling didengarkan? Rasulullah menjawab: Doa di tengah malam dan doa di akhir sholat wajib.”

(HR. Tirmidzi)

Dari hadits ini, kita jadi tahu bahwa doa yang paling didengar oleh Allah salah satunya ialah di akhir sholat fardhu atau wajib. Ini artinya, waktu selepas sholat adalah waktu yang berharga dan jangan sampai kita melewatkan momen tersebut. Karenanya, amat bermanfaat dan berkah jika kita bisa memanfaatkan momen doa yang paling didengar Allah ini. 

Lalu, seperti apa doa yang bisa dipanjatkan ketika selepas sholat? Simak ulasan doanya di bawah ini. 

Baca Juga: Ikuti! Ini Dia Bacaan Doa Masuk Masjid Dan Artinya Yang Mudah Dipahami

Bacaan Doa Sesudah Sholat

(dream.co.id)

Pins, sudah paham tentang keutamaan doa sesudah sholat fardhu? Nah, berikut Ini adalah beberapa bacaan doa setelah mengerjakan sholat  yang bisa kamu terapkan. Ada pelafalan latin dan terjemahan lengkap agar kamu mudah membaca dan memahami doanya. 

Doa Versi 1

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahi rabbil ‘alamin. Hamdayyu-waafihi ni’amahu wayukaafi’u maziidah. Yaa rabbana lakal hamdu wa lakassyukruka-maa yambaghiilijalaali wajhika wa ‘azhiim sul-thanik.

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.”

Doa Versi 2

 Selain doa di atas, ada juga versi lainnya, yaitu doa di bawah ini. 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ

Allaahumma shalliwasallim ’ala sayyidinaa muhammadiw wa ‘ala aali sayyidinaa muhammad shalaatan tun jihnaa bihatsa min jamii’il ahwaali wal aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al hajaat. Wa tuthahhirunaa bihaa min jamits sayyi’aat. Wa atarfa ‘unaabihaa ‘indaka ‘aladdarajaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshal ghaayaati minjamii’il khairaatifil hayaati wa ba’dal mamaat. Innahu samii’un qariibum mujiibudda’awaat wayaa qaadhiyal hajaat

Artinya: “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan dapat menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati. Sesunggunya Dia (Allah) Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan segala doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya.”

Doa Versi 3

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allaahumma innaa nas’aluka salaamatan fiddiini waddun-yaa wa aakhirah. Wa ‘aafiyatan fil jasadi wa shihhatan fil badani wa ziyaadatan fil’ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qablal maut wa rahmatan ‘indalmaut wa maghfiratan ba’dal maut. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut wan najaata minannaari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

Artinya: “Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepadaMu, kesejahteraan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab.”

Baca Juga: Doa Bangun Tidur Dan Artinya, Super Lengkap!

Bacaan Doa Sesudah Sholat yang Lebih Singkat

Mungkin Pins cukup kesulitan membaca versi di atas karena panjang. Atau bisa jadi Pins tidak punya cukup waktu untuk membaca doa yang panjang. Ada doa sholat dengan versi yang lebih pendek. Jadi, kamu tidak perlu takut terlalu lama berdoa atau kerepotan membaca doa.  

Doa Pendek Versi 1

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ

Allaahumma innaa na ‘uudzubika minal‘ajzi wal kasali wal bukhli wal harami wa ‘adzaabil qabri

Doa Pendek Versi 2

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun dan dari azab kubur.”

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَيَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَيَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَتَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَيُسْتَجَابُ لَهَا

Allahummaa innaa na’uudzubika min’ilmin laa yanfa’u wa min qalbii laa yakhsya’u wa min nafsin laa tasyaba’u wa min da’watin laa yustajaabu lahaa

Artinya :

“Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari jiwa yang tidak kenal puas, dan dari doa yanag tak terkabul.”

Doa Pendek Versi 3

رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

Rabbanagh firlanaa dzunuubanaa wa liwaalidiinaa walimasyaayikhinaa wa limu’alli-miinaa wa liman lahuu haqqun ‘alainaa wa liman ahabba wa ahsana ilainaa wa likaaffatil mus limiin ajma’iin

Artinya : “Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam.”

Doa Pendek Versi 4

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Rabbanaa taqabbal minnaa innaka antas samii’ul ’aliim, wa tub’alainaa innaka antat tawwabur rahiim

Artinya : “Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Doa Pendek Versi 5

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiduunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar

Artinya : “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Doa Pendek Versi 6

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Washallallahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihiwa shahbihiiwa sallam, wal hamdu lillaahirabbil ‘aalamiin

Artinya : “Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam”

Pins, itu dia berbagai bacaan doa sesudah sholat. Kamu bisa juga menambahkan doa-doa lainnya yang kamu hafal atau ingin panjatkan. Semoga ulasan doa ini bermanfaat untuk Pins ya. Senoga Allah mengabulkan doa-doa kita di kala sholat dan kapanpun kita berdoa kepada-Nya. Aamiin. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel