BlogLifestyleEdukasiBacaan Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur
0
0

Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
doa sebelum tidurtop-right-banner

Tidur merupakan sebuah anugerah yang Tuhan berikan kepada setiap makhluk hidup, termasuk manusia. Selama ini ada sunnah dalam islam untuk selalu memanjatkan doa sebelum tidur dan doa bangun tidur. Apakah kamu sudah hafal doa sebelum tidur dan bangun tidur?

Membaca doa sebelum tidur merupakan bentuk meminta perlindungan kepada Allah. Sedangkan membaca doa sesudah tidur bentuk rasa syukur akan kehidupan yang masih diberikan oleh Allah. Kedua doa ini sebenarnya biasa dipelajari sejak di bangku taman kanak-kanak (TK).

Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui atau bahkan melupakan doa sebelum tidur dan bangun tidur. Oleh karenanya, di sini Pinhome akan memberikan bacaan doa sebelum tidur dan bangun tidur lengkap beserta artinya!

Baca juga:

Doa Sebelum Tidur Bahasa dan Artinya

doa sebelum tidur dan bangun tidur
(

Seperti yang telah dijelaskan pada prolog di atas, doa sebelum tidur biasanya telah dipelajari dari masa kanak-kanak. Akan tetapi, tentu saja tidak ada salahnya apabila kita mempelajari atau mengingat kembali doa ini. Doa sebelum tidur sendiri lazimnya memang dibaca dalam bahasa Arab, berikut bentuk bacaannya:

بِسْمِكَاَللّٰهُمَّاَحْيَاوَبِسْمِكَاَمُوْتُ

Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut

Artinya: Dengan nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati

Doa di atas seharusnya akan sangat mudah dihafalkan dan dipahami, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Seperti yang bisa kamu lihat, doa ini terbilang pendek. Namun meskipun pendek memiliki manfaat yang begitu besar. Sehingga jangan lupa ya untuk membaca doa ini setiap kali hendak tidur.

Bacaan Dzikir Sebelum Tidur

Source : Pinterest

Sebelum membaca doa sebelum tidur yang dianjurkan, alangkah baiknya Pins juga membaca dzikir sebelum tidur yang telah dianjurkan oleh Nabi. Berikut ini merupakan contoh bacaan dzikir yang bisa kamu lakukan sebelum tidur:

Bacaan Surat Al-Falaq

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Qul Auudzu Birobbil Falaq. Min Syarri Maa Kholaq. Wa Min Syarri Ghoosiqin Idzaa Waqob. Wa Min Syarrin Naffaatsati Fil\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’Uqod. Wa Min Syarri Haasidin Idzaa hasad.\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”

Artinya: \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Aku berlindung kepada Allah yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”

Bacaan Surat An-Naas

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ . مَلِكِ النَّاسِ . إِلَهِ النَّاسِ . مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ . الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ . مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

“Qul Auudzu Birobbinnaas. Malikin Naas. Ilaahin Naas. Min Syarril Waswaasil Khonnaas. Alladzii Yuwaswisu Fii Shuduurin Naas, Minal Jinnati Wan Naas\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

Bacaan Ayat Kursi

اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Alloohu Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayuul Qoyyuum, Lama Ta\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’khudzuhuu Sinatuw Walaa Naum. Lahuu Mas Fissamaawaati Wa Mas Fill Ardhli Man Dzal Ladzii Yasyfa\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’u Indahuu Illaa Biidznih, Ya\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’lamu Mas Baina Aidiihim Wamaa Kholfahum Wa Las Yuhiithuuna Bisyai\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’im Min Ilmihi Illaa Bimas Syaa Wasi\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’a Kursiyyuhus Samaawaati Wal Ardlo Walaa Ya\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’uuduhuu Hifdhuhumaa Wahuwal Aliyyul Adzdhim.\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”

Artinya: \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), malainkan dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada dilangit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”

Bacaan Surat Al-Kaafirun

قُلۡ يٰۤاَيُّهَا الۡكٰفِرُوۡنَۙ‏. لَاۤ اَعۡبُدُ مَا تَعۡبُدُوۡنَۙ. وَلَاۤ اَنۡـتُمۡ عٰبِدُوۡنَ مَاۤ اَعۡبُدُ‌ ۚ‏. وَلَاۤ اَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدۡتُّمۡۙ.‏ وَ لَاۤ اَنۡـتُمۡ عٰبِدُوۡنَ مَاۤ اَعۡبُدُ ؕ‏. لَـكُمۡ دِيۡنُكُمۡ وَلِىَ دِيۡنِ

“Qul Yaa Ayyuhaa Alkaafiruuna. Laa A’budu Maa Ta’buduuna. Walaa Antum ‘Aabiduuna Maa A’budu. Walaa Anaa ‘Aabidun Maa ‘Abadtum. Walaa Antum ‘Aabiduuna Maa A’budu. Lakum Siinukum Waliya Diini.”

Artinya:\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”Hai orang-orang kafir, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu dan untukkulah, agamaku.\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”

Setelah membaca rangkaian dari surat-surat di atas, selanjutnya ditiupkan ke kedua telapak tangan, kemudian diusapkan ke sekujur tubuh. Dengan begitu Insha Allah kita akan senantiasa dijaga oleh Allah sepanjang tidur.

Baca juga:

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur adalah amalan yang tidak sulit untuk dilaksanakan. Namun terkadang, amalan ini terlupakan karena memang benar-benar lupa atau bahkan belum terbiasa dengan hal ini. Doa dengan kalimat pendek serta mudah dihafalkan ini memiliki keutamaan seperti doa-doa yang lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa keutamaan membaca doa sebelum tidur.

  1. Menghindarkan dari mimpi buruk
  2. Membuat tidur lebih tenang dan lebih baik
  3. Tubuh tidak akan terpisah dengan ruh
  4. Sebagai pengingat kebesaran oleh Allah

Bagaimana, sangat banyak keutamaan dari membaca doa ini, bukan? Maka dari itu, jangan lupa tetap istiqomah dalam membaca doa sebelum tidur.

Baca juga: Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Doa Bangun Tidur dan Artinya

doa sebelum tidur dan bangun tidur
Source : iStock

Ketika kita bangun dari tidur, jangan serta merta langsung beranjak dari tempat tidur. Namun alangkah baiknya, Pins panjatkan doa bangun tidur terlebih dahulu. Sebenarnya doa ini tidak jauh berbeda dengan doa sebelum tidur. Keduanya sama-sama terbilang pendek sehingga sangat mudah dihafalkan.

Berikut doa bangun tidur dalam bahasa arab yang dapat Pins baca:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

ALHAMDULILLAAHILLADZII AHYAANAA BA’DA MAA AMAA TANAA WA ILAIHIN NUSYUUR

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati (membangunkan kami dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan.

Hikmah dari Bangun Tidur di Pagi Hari

doa bangun tidur dan artinya
Source : Inlife Healthcare

Manfaat bangun pagi akan terasa untuk kesehatan. Sebab, hal tersebut akan berhubungan dengan aktivitas yang akan dilakukan sepanjang hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat bangun pagi yang harus kamu ketahui:

Lebih Mudah Fokus dan Konsentrasi

Salah satu manfaat bangun pagi adalah akan meningkatkan daya konsentrasi. Selain dapat fokus pada tujuan dan daftar aktivitas, bangun pagi dapat berarti bahwa Pins memiliki lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan baik di hari itu.

Meningkatkan Produktivitas Sehari-hari

Manfaat bangun pagi juga dapat meningkatkan produktivitas. Kamu jadi punya lebih banyak waktu untuk lebih fokus pada tugas-tugas penting saat orang lain tertidur dan memiliki sedikit gangguan. Otak cenderung paling waspada di pagi hari. Jika bisa fokus tanpa gangguan di pagi hari, kamu akan menyelesaikan lebih banyak hal.

Ada kecenderungan yang lebih baik saat membuat keputusan di pagi hari daripada di sore dan malam hari, sebab pikiran masih jernih dan segar. Manfaat bangun pagi lainnya adalah akan memiliki lebih banyak energi sepanjang hari. 

Membuka Pintu Rezeki

Manfaat bangun pagi dapat membuka pintu rejeki. Ketika Rasulullah SAW pulang dari shalat Shubuh dari Masjid Nabawi, beliau mendapati putrinya Fatimah masih dalam kondisi tidur.

Nabi bersabda: “Wahai anakku, bangunlah, Saksikan rezeki Tuhan-mu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai, Karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari.” (HR Ahmad dan Al-Baihaqi).

Rasulullah SAW bersabda: “Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan.\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” (HR Ath-Thabrani dan Al-Bazzar).

Malaikat Mendoakan Kita

Manfaat bangun pagi juga dapat didoakan malaikat. Nabi SAW bersabda: “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR Bukhari no 137 dan Muslim no 632).

Jauh dari Rasa Malas

Tentunya ketika mulai beraktivitas di pagi hari, menandakan Moms dapat melalui rasa malas. Ini dapat menjadi manfaat bangun pagi lainnya dalam Islam.

Rasul bersabda: “Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!”. Jika dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan.

Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR Bukhari no 1142 dan Muslim no 776).

Amalan Sunah Setelah Bangun Tidur

Source : iStock

Terdapat beberapa amalan sunnah yang dapat kamu lakukan setelah bangun tidur. Artinya dengan melakukan amalan-amalan tersebut, insyaAllah kamu termasuk dalam orang yang beruntung dan mendapatkan pahala.

Berikut amalan sunnah yang dapat kalian kerjakan setelah bangun tidur:

  1. Mengusap wajah. Bertujuan untuk menghapus rasa kantuk yang ada karena terkadang ketika baru bangun kita masih merasa ngantuk.
  2. Membaca doa bangun tidur dengan diawali bacaan basmallah.
  3. Membaca 10 ayat terakhir dari Al-Imran.
  4. Menggosok gigi atau bersiwak.
  5. Membersihkan hidung.
  6. Mencuci tangan sebanyak tiga kali, sebab kita tidak tahu saat tidur, tangan kita main kemana-mana.
  7. Mengambil air wudhu.

Setiap sunnah di atas tercantum dalam hadits. Kadang kelihatannya begitu tampak sepele, namun hal ini mendatangkan manfaat serta menjadi amalan yang baik bagi diri kita.

Baca juga:

Keutamaan Membaca Doa Bangun Tidur

Beberapa keutamaan membaca doa bangun tidur adalah sebagai berikut:

  1. Sarana melepaskan diri dari belenggu setan
  2. Bentuk dari rasa syukur kepada Allah
  3. Pujian kepada Allah
  4. Sebuah pengingat bahwa kita akan dibangkitkan kelak pada hari kiamat
  5. Melapangkan serta meringankan pekerjaan
  6. Sebagai pengingat untuk hari akhir, bahwa akan dibangkitkan kembali

Keenam hal tersebut tentu adalah sebuah kebaikan bagi kita semua yang mampu mengerjakannya. Sehingga sudah sepatutnya kita tidak pernah melupakan hal ini. Meskipun terasa kecil, insyaAllah hal ini akan sangat berharga di sisi Allah.

Tata Cara Tidur yang Benar dan Sehat

Berikut tata cara tidur benar dan sehat yang perlu kamu ketahui:

  • Mengambil air wudhu sebelum tidur
  • Menggosok gigi atau bersiwak
  • Membersihkan tempat tidur
  • Menentukan waktu yang tepat untuk tidur
  • Tidur dengan teratur secara sehat
  • Jangan lupa membaca doa dan dzikir sebelum tidur
  • Posisi tidur diusahakan sesuai dengan sunnah

Demikian ulasan yang dapat kami berikan mengenai doa ketika hendak tidur dan bangun tidur. Semoga pembahasan sederhana ini dapat mendatangkan banyak manfaat untuk Pins semua!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Syahya Rembulan

Source Feature Image: Unsplash

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download