BlogLifestyleEdukasiDoa Ketika Bepergian Jauh Agar Selamat
0
0

Doa Ketika Bepergian Jauh Agar Selamat

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
doa ketika bepergian jauhtop-right-banner

Allah SWT menyarankan umat-Nya yang hendak merantau untuk membaca doa ketika bepergian jauh. Dengan membaca doa pergi jauh tersebut, harapannya ia diberi perlindungan selama di perjalanan maupun ketika tinggal di satu wilayah baru. 

Pada pembahasan kali ini, Pinhome akan menguraikan bacaan doa ketika bepergian jauh agar selamat. Kamu dapat membaca doa pergi jauh tersebut selama di perjalanan atau ketika sampai tujuan. Berikut doa ketika bepergian jauh lengkap beserta artinya yang bisa Pins lafalkan. 

Doa Bepergian Jauh

doa ketika bepergian jauh
Source : Unsplash

Seorang muslim yang beriman hendaknya selalu membekali dirinya dengan berdoa. Terlebih jika hendak melakukan perjalan jauh dan tinggal di tempat baru. Berikut beberapa bacaan doa ketika bepergian jauh agar selamat. 

Doa Sebelum Bepergian Jauh

Sebelum berangkat merantau atau bepergian, Pins dapat membaca beberapa doa ketika bepergian jauh berikut ini:

Allahumma hawwin ‘alainaa safarnama hadza watwi ‘anna ba\\\’dahu. Allahumma antashookhibu fii safari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Dengan melafalkan doa pergi jauh tersebut, perjalananmu untuk merantau agar diberkahi dan dilindungi oleh Allah SWT. Jadi, perjalanan pun lebih tenang serta tidak penuh keragu-raguan. 

Kemudian, Pins juga harus membaca doa keluar rumah berikut ini: 

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismillah, tawakkaltu \\\’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: \\\”Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.\\\” 

Doa Memasuki Suatu Wilayah

Setelah meninggalkan kota atau wilayah tempat tinggal, Pins agaknya perlu membaca doa memasuki wilayah berikut ini:

Allahumma robbissamawaatis sab’i wa maa adhlalna, wa robbal arodhiinis sab’i wa maa aqlalna, warobbasy-syayaathiini, wa maa adhlalna warobbarriyaahi wa maa dharoy na fa inna nas-aluka khaira hadzihi qoryati wakhoyro ahliha, wana’uudzubika min syarrihaa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fii haa

Artinya: “Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syetan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepadaMu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.”

Jika kebetulan Pins singgah di suatu wilayah, baik berhenti sejenak atau beristirahat agak lama, kamu dapat membaca doa berikut: 

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَق

A\\\’uzu bikalimatillahit-tammati min syarri maa kholaq.

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhlukNya.” – HR Muslim.

Baca juga: Doa Mandi Wajib dan Tata Cara yang Benar

Doa Naik Kendaraan

Source : Unsplash

Perjalanan jarak jauh umumnya dengan menaiki kendaraan. Oleh karena itu, Pins juga harus membaca doa naik kendaraan berikut: 

Doa Pergi Jauh Naik Kendaraan Darat

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

“Subhanallazi sakhara lana haza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.”

Artinya: \\\”Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.\\\”

Doa Pergi Jauh Naik Kendaraan Laut dan Udara

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

“Bismillahi majreha wa mursaha inna robbii laghofuurur rohiim.”

Artinya: \\\”Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.\\\”

Setelah sampai di tempat tujuan, Pins juga harus membaca doa kembali sebagai wujud terima kasih karena telah diberi keselamatan. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى سَلَمَنِى وَالَّذِى اَوَنِى وَالَّذِى جَمَعَ الشَّمْلَ بِ

\\\”Alhamdulillahil ladzi sallamani wal ladzi awani wal ladzi jama’asy syamla bi.\\\”

Artinya: \\\”Segala puji bagi Allah, yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan ku dengan keluargaku.\\\”

Selain membaca doa, kita pun perlu memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi baik. Dengan demikian, perjalanan akan menyenangkan dan bebas dari hambatan. 

Baca juga: Doa Ketika Hujan Turun dan Maknanya

Doa untuk Orang yang Bepergian Jauh

mendoakan orang yang akan bepergian
Source : Pexels

Selain membaca doa bepergian jauh untuk diri sendiri, ada juga doa untuk orang yang sedang dalam perjalanan. Mendoakan orang bepergian merupakan salah satu anjuran dari Rasulullah SAW.

Berikut doa yang ajarkan Nabi Muhammad SAW ketika memanjatkan doa untuk orang yang sedang dalam perjalanan:

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُ مَا كُنْتَ

Astaudi’ullaha dinaka wa amanataka wa khowatima ‘amalika zawwadakallahut taqwa wa ghofaro dzanbaka wa yassaro lanal khaira haitsuma kunta.

Artinya: “Aku menitipkan kepada Allah agamamu, amanahmu dan penutup amalmu. Semoga Allah membekalimu ketakwaan, mengampuni dosa-dosamu, dan memudahkan kebaikan kepadamu di mana pun kamu berada.”

Anjuran doa untuk orang yang sedang dalam perjalanan berdasarkan hadist riwayat Imam Ad Darimi, Ibnu Khuzaimah dari Anas bin Malik. Kala itu, dia bercerita: 

جاء رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أُرِيدُ سَفَرًا فَزَوِّدْنِي قَالَ زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى قَالَ زِدْنِي قَالَ وَغَفَرَ ذَنْبَكَ قَالَ زِدْنِي بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي قَالَ وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Artinya: “Datang seorang pria kepada Nabi Saw. kemudian berkata, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku hendak bepergian, maka bekalilah aku.’ Maka, Nabi Saw. berdoa, ‘Zawwadakallahut taqwa (Semoga Allah membekalimu ketakwaan).’ Pria itu berkata lagi, ‘Tambahilah.’ Beliau berdoa, ‘Wa ghafara zanbaka (Dan semoga Allah mengampuni dosa-dosamu).’ Pria itu berkata lagi, ‘Tambahilah.’ Beliau berdoa, ‘Wa yassarallah lanal khaira haitsuma kunta (Dan semoga memudahkan kebaikan untukmu dimanapun kamu berada).’”

Walau nampak sepele, namun memanjatkan doa untuk orang yang sedang dalam perjalanan bisa menjadi satu bentuk kepedulian kita kepada saudara atau kerabat.

Dalam sebuah bacaan, seorang muslim pun dapat mengucapkan kalimat ‘fii amanillah’ jika ada keluarga atau kerabat yang hendak bepergian jauh. Kalimat tersebut artinya adalah kita juga sedang mendoakannya, agar ketika dalam perjalanan ia selalu dilindungi Allah SWT.

Baca juga: Jangan Lupa Baca Doa Saat Baru Pulang Dari Bepergian Ini

Doa Pulang Bepergian

Selain membaca doa ketika bepergian, Pins juga harus membaca doa pulang bepergian saat sudah kembali ke rumah. Sebenarnya, doa setelah pulang dari bepergian ini sama dengan doa sebelum bepergian. Hanya saja waktu membacanya yang berbeda.

Saat telah sampai ditujuan, Pins bisa membaca doa ketika sampai tujuan. Berikut bacaan doa yang dapat dilafalkan:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ سَلَّمَنِىْ وَالَّذِىْ آوَانِى وَالَّذِىْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِىْ

Artinya: “Segala puji milik Alloh yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

Setelah membaca doa pulang bepergian, Pins bisa melanjutkannya dengan membaca doa naik kendaraan, doa masuk rumah, dan tak lupa juga mengucap rasa syukur kepada Allah SWT karena telah diberikan keselamatan selama diperjalanan.

Pengertian Bepergian Menurut Islam

Source : Unsplash

Perjalanan dalam bahasa Arab disebut dengan ‘rihlah’ atau ‘safar’ yang artinya tampak atau terlihat. Disebut demikian karena sifat seseorang akan terlebih saat ia bepergian atau melakukan perjalanan. 

Sementara itu, menurut agama islam, definisi safar atau bepergian adalah perjalanan yang merupakan aktivitas seseorang saat keluar dan meninggalkan rumah. Bepergian bisa dilakukan dengan berjalan kaki atau naik kendaraan.

Namun jika merantau, umumnya seseorang akan naik kendaraan. Baik kendaraan darat, laut, maupun udara. Pada kondisi ini, kamu juga bisa membaca doa naik kendaraan agar perjalananmu lebih nyaman dan selamat sampai tujuan.

Baca juga: Doa Ketika Mimpi Buruk

Macam-macam Bepergian Menurut Islam

Source : Unsplash

Allah SWT menganjurkan umat-Nya untuk bepergian, sebab bumi memiliki banyak hal indah yang perlu diketahui. Hal tersebut sesuai dengan bacaan ayat berikut: 

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلًا فَامْشُوْا فِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلُوْا مِنْ رِّزْقِهٖۗ وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Artinya: “Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” – Surat Al-Mulk ayat 15.

Meski dianjurkan untuk bepergian, terdapat beberapa macam bepergian menurut Islam. Berikut safar dalam Islam dan sekilas uraiannya: 

  1. Safar haram adalah bepergian untuk melakukan dosa dan maksiat. Safar ini dilarang oleh Allah SWT dan Rasulnya. Contoh dari safar ini yakni bepergian untuk berzina atau mencuri. 
  2. Safar wajib adalah bepergian untuk memenuhi syariat umat Islam. Contoh dari safar ini adalah haji atau berjihad. 
  3. Safar sunnah adalah bepergian yang dianjurkan, sehingga yang melakukannya akan mendapat pahala. Contoh dari safar ini adalah umrah. 
  4. Safar mubah adalah safar yang diperbolehkan, tapi tidak tentu mendapat pahala. Contoh dari safar ini yaitu berdagang. 
  5. Safar Makruh adalah bepergian yang tidak dianjurkan. Jika ditinggalkan mendapat pahala tapi jika dilakukan tidak mendapat dosa. Contoh dari safar makruh adalah bepergian sendirian di malam hari.

Baca juga: Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Manfaat Bepergian Jauh dalam Islam

doa ketika bepergian jauh
Source : Unsplash

Dalam agama islam, ada beberapa manfaat merantau atau bepergian jarak jauh dan menetap di tempat lain. Berikut beberapa di antaranya: 

Mendapatkan Penghidupan

Terkadang ada beberapa beberapa yang mengharuskan seseorang untuk merantau. Misalnya ketika daerah tempat tinggalnya tidak dapat memberikan penghidupan yang layak. Jika demikian, maka merantau bisa jadi pilihan. Sebagaimana yang terlihat bahwa cukup banyak orang yang menuai kesuksesan setelah merantau. 

Menggali Potensi Diri

Merantau juga dapat menjadi jalan untuk mencari potensi diri. Sebab, saat merantau seseorang diharuskan untuk menjalani keadaan secara mandiri. Jadi, mau tak mau ia pun harus menggali potensi dan kemampuan agar dapat bertahan hidup. 

Menambah Ilmu dan Pengalaman

Merantau menjadi salah satu cara tepat untuk menambah ilmu dan pengalaman. Pasalnya selama merantau atau tinggal di kota lain, kamu dapat bertemu banyak orang dari berbagai wilayah dan bisa saling berbagi. 

Menambah Kerabat dan Saudara

Tinggal di suatu daerah yang baru, mengharuskanmu untuk menjalin relasi dengan orang lain. Baik dalam perjalanan karier atau proses mencari ilmu. Untuk itu, merantau dapat dikatakan sebagai cara untuk mencari relasi. Dari relasi inilah, kita bisa mendapatkan kebaikan-kebaikan yang tak terduga. 

Adab Bepergian Menurut Islam

mendoakan orang yang akan bepergian
Source : Pexels

Setelah mengetahui pengertian, macam-macam, dan doa bepergian jauh menurut Islam, Pins juga perlu memahami adab bepergian itu sendiri. Hal ini bisa menjadi pengingat jika suatu saat kita pun hendak bepergian jauh atau meninggalkan rumah. Berikut adab bepergian menurut Islam yang perlu Pins ketahui:

Tidak Bepergian Sendiri

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda seperti berikut:

لو يعلمُ الناسُ ما في الوَحْدَةِ ما أعلَمُ، ما سار راكبٌ بليلٍ وَحْدَه

Artinya: “Andaikan orang-orang mengetahui akibat dari bersafar sendirian sebagaimana yang aku ketahui, maka mereka tidak akan bersafar di malam hari sendirian.“ (HR Bukhari).

Baca juga: Baca Doa Ini Sebelum Bepergian Jauh Naik Kendaraan

Mencari Teman Bepergian yang Baik

Saat hendak bepergian, disunahkan untuk mencari teman bepergian yang baik, sebagaimana bacaan hadis berikut:

الرجل على دين خليله فلينظر أحدكم من يخالل

Artinya: “Keadaan agama seseorang dilihat dari keadaan agama teman dekatnya. Maka hendaklah kalian lihat siapa teman dekatnya.” (HR Tirmidzi).

Boleh Menjamak Sholat

Menjamak sholat wajib memang diperbolehkan, namun baiknya hanya dilakukan saat masyaqqah atau kesulitan. Dari Abdullah bin Abbas radiallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:

جمع رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ بين الظهرِ والعصرِ ، والمغربِ والعشاءِ بالمدينةِ من غيرِ خوفٍ ولا مطرٍ

Artinya: “Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menjamak sholat Zuhur dan sholat Asar, dan menjamak sholat Magrib dan Isya, di Madinah padahal tidak sedang dalam ketakutan dan tidak hujan” (HR Muslim).

Dianjurkan Mengqashar Sholat

Jika ingin bepergian dalam jarak yang jauh, maka seorang umat muslim dianjurkan untuk meringkas atau mengqasar sholat. Ibnu Umar radhiyallahu anhu mengatakan:

صَحِبْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانَ لَا يَزِيدُ فِي السَّفَرِ عَلَى رَكْعَتَيْنِ ، وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ كَذَلِكَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ

Artinya: “Aku biasa menemani Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan beliau tidak pernah menambah sholat lebih dari dua rakaat dalam safar. Demikian juga Abu Bakar, Umar dan Utsman, radhiallahu anhum.”

Demikian beberapa doa pergi jauh agar selamat yang umum dilafalkan. Mengingat bahwa berdoa merupakan salah satu anjuran dalam Islam, maka hendaknya kita terus mengutamakannya. Dengan demikian, Allah SWT pun tak segan memberikan limpahan berkah dan perlindungan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Syahya Rembulan

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download