Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Jangan Lupa Baca Doa Saat Baru Pulang dari Bepergian Ini

Jangan Lupa Baca Doa Saat Baru Pulang dari Bepergian Ini

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 28 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Bepergian merupakan satu kegiatan menyenangkan yang disukai banyak orang. Namun sebagai seorang muslim yang beriman disarankan untuk membaca doa bepergian agar selalu diberi perlindungan oleh Allah SWT. Hal ini perlu dilakukan sebab kita tak pernah tahu kapan bahaya atau maut mengancam. Namun demikian, Pins juga tetap harus membaca doa pulang dari bepergian jika sudah kembali ke rumah.

Pinhome – Dalam Al-Quran, hadits, maupun riwayat para sahabat, terdapat beberapa doa akan pulang dari bepergian yang dapat dibaca oleh Pins. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, doa ketika pulang dari bepergian dapat menjadi pelindung bagi umat muslim saat traveling. Berikut doa apabila pulang dari bepergian yang dapat dilafalkan. 

Adab bepergian dalam Islam

doa pulang dari bepergian
(Pexels)

Sebelum mengetahui doa akan pulang dari bepergian, Pins perlu mengetahui adab bepergian terlebih dulu. Berikut beberapa adab bepergian jarak jauh. 

  1. Seorang muslim makruh untuk bepergian sendirian. Oleh karena itu, dianjurkan untuk pergi bersama beberapa orang. Hal ini dilakukan supaya lebih aman dan bisa berjaga-jaga jika terjadi suatu hal yang tak diinginkan. 
  2. Walau disarankan untuk bepergian bersama-sama, tapi Pins juga harus bepergian dengan teman yang baik. 
  3. Saat bepergian Pins diperbolehkan untuk menjamak salat. Atau, dapat pula mengqasar salatnya. 
  4. Saa berpergian, dianjurkan untuk mengerjakan salat saat di darat. 
  5. Membaca doa keluar rumah pun disunahkan.
  6. Diwajibkan untuk berpamitan kepada keluarga dan tetangga dekat. 
  7. Tak lupa, disarankan pula membaca doa naik kendaraan. 
  8. Selama dalam perjalanan, dianjurkan untuk memperbanyak doa. 
  9. Segera pulang jika urusan sudah selesai. 
  10. Setelah bepergian, disunahkan untuk melakukan salat safar. 

Baca Juga: Doa Naik Kendaraan Agar Perjalanan Kita Selamat Sampai Tujuan

Doa apabila pulang dari bepergian

doa pulang dari bepergian
(Pexels)

Doa bepergian ini dapat dibaca sebelum traveling maupun setelah pulang dari bepergian. Berikut uraian doa bepergian jauh naik kendaran yang umum dibaca. 

Doa keluar rumah 

Pertama, Pins dapat membaca doa keluar rumah. Berikut bacaan doanya: 

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Arab latin: Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

Doa bepergian naik kendaraan darat

Jika Pins bepergian mengendarai kendaraan darat seperti kereta, mobil, atau sepeda motor, berikut bacaan doa yang dapat dibaca: 

الْحَمْدُ لِلَّهِ

{ سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ } { وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ }

(3x) الْحَمْدُ لِلَّهِ

(3x) اللَّهُ أَكْبَرُ

سُبْحَانَكَ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ.

Artinya: “Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Robb kami (di hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau Ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Bacaan doa tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah 

Doa naik kendaraan tersebut sesuai dengan firman Allah SWT berikut:

وَٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْأَزْوَٰجَ كُلَّهَا وَجَعَلَ لَكُم مِّنَ ٱلْفُلْكِ وَٱلْأَنْعَٰمِ مَا تَرْكَبُونَ

Artinya: “Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi.” – QS Az-Zukhruf ayat 12. 

لِتَسْتَوُوا عَلَىٰ ظُهُورِهِ ثُمَّ تَذْكُرُوا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ إِذَا اسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ وَتَقُولُوا سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ

Artinya: “Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan supaya kamu mengucapkan: “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.” – QS  Az-Zukhruf ayat 13.

وَإِنَّآ إِلَىٰ رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ

Artinya: “Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami”. QS Az-Zukhruf ayat 14.

Ayat tersebut menjelaskan hikmah dari membaca doa bepergian. Selain itu, doa ini juga menjadi bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmatnya yang telah memberi anugerah berupa kendaraan yang mumpuni. 

Baca Juga: Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Artinya

Doa naik kendaraan jarak jauh (safar)

Lalu, bila melakukan perjalanan jarak jauh baik melalui perjalan darat, udara, dan laut, Pins dapat melafalkan doa berikut: 

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Artinya: “Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga.” 

Doa ketika sampai tujuan 

Saat telah sampai ditujuan, berikut bacaan doa yang dapat dilafalkan. 

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ سَلَّمَنِىْ وَالَّذِىْ آوَانِى وَالَّذِىْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِىْ

Artinya: “Segala puji milik Alloh yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

Demikian doa bepergian yang dapat dibaca oleh Pins. Semoga ulasan bermanfaat dan dapat memenuhi keperluan Pins dalam mencari perlindungan Allah SWT selama bepergian.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel