Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Doa Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Serta Keutamaannya

Lifestyle

Doa Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Serta Keutamaannya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 22 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Tahukah kamu, Pins? Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang istimewa lho. Ketika memasuki awal bulan ini, ada begitu banyak keutamaan-keutamaan dan amalan baik yang dianjurkan untuk kita sebagai umat muslim. Salah satu amalan yang dianjurkan di awal bulan Dzulhijjah ialah Puasa Arafah. Nah, berikut ini adalah bacaan doa dan niat puasa arafah yang lengkap. Simak, yuk!

Pinhome – Untuk memulai berpuasa, perlu niat yang kuat dari hati karena tindakan tidak terlaksana jika tidak diawali dengan niat. Kamu bisa bisa membaca niat puasa Arafah sebelum kamu memulai ibadah. Seperti apa bacaan doa niat puasa Arafah? Sebelum itu yuk kita ketahui dulu lebih lanjut tentang puasa Arafah dan keutamaannya terutama di bulan Dzulhijjah.

Apa Itu Puasa Arafah?

(Freepik)

Bagi Pins yang belum tahu, puasa Arafah adalah puasa dikerjakan pada Hari Arafa? Kapankah itu? Hari Arafah jatuh pada hari ke-9 bulan Dzulhijah jika merujuk dari kalender Hijriah. Hari tersebut bertepatan dengan hari ke-2 dalam rangkaian pelaksanaan ibadah haji.

Lebih tepatnya, puasa Arafah bertepatan dengan jemaah haji ketika tahap melaksanakan wukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi. Hari inilah yang menjadi hari ke-2 dalam rangkaian ibadah haji. Selain itu, puasa ini disebut puasa Arafah karena bertepatan dengan tahap rangkaian ibadah haji di Padang Arafah.

Ada banyak keutamaan puasa Arafah yang sayang sekali jika dilewatkan. Apa sajakah itu?

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Dan Manfaat Puasa Senin Kamis

Keutamaan Puasa Arafah  

Puasa Arafah dikenal sebagai puasa yang bisa menghapus dosa tahun sebelumnya dan dosa tahun sesudahnya atau dosa selama 2 tahun sekaligus. 

Hal ini ada di dalam hadist Rasulullah SAW, yaitu:

“Puasa pada hari Arafah dapat menghapus dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang berlalu dan tahun yang akan datang. dan puasa pada hari Asyura menghapuskan dosa tahun yang lalu.” 

(HR. Bukhari dan Tirmidzi)

Selain itu, hal tersebut juga dijelaskan pada hadits berikut ini.

“Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

Selain itu, ada keutamaan laiin dari menjalankan puasa Arafah. Amalan ini biasanya dikerjakan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah merupakan hari yang istimewa bagi umat muslim, di mana pada hari itu, amal-amal sholeh yang dikerjakan sangat dicintai oleh Allah SWT.

Jadi, keutamaan lain dari berpuasa Arafah ialah sebagai pintu amal sholah kita di hadapan Allah SWT. Hal ini ada di dalam hadits di bawah ini 

“Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu: Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah.

Mereka bertanya: Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah? Beliau menjawab: Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun.” 

(HR. Imam Bukhari)

Dari hadits yang telah dijelaskan di atas, kita jadi tahu bahwa melakukan puasa Arafah memiliki beberapa keutamaan, yaitu sebagai penghapus dosa selama 2 tahun berturut-turut dan menjadi gerbang untuk beramal sholeh di hadapan Rabb kita, Allah Azza wa Jalla. 

Jika sudah paham tentang keutamaannya, yuk kita simak bacaan doa niat puasa Arafah di bawah ini. 

Baca Juga: Bacaan Lengkap Niat Puasa Rajab Dalam Latin Serta Artinya

Bacaan Niat Puasa Arafah 

Pins, sudah paham kan tentang aoa itu puasa Arafah dan keutamaannya? Nah buat Pins yang ingin memulai puasa Arafah, kamu bisa membaca bacaan niat puasanya. Seperti apa doa niat puasa Arafah? Kamu bisa baca niat berikut ini. 

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shauma ‘arofata sunnatan lillaahi ta’aala

Artinya: “Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta’ala”

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah

Selain Arafah, ada juga lho puasa sunnah yang dilaksanakan di bulan Dzulhijah, yaitu puasa tarwiyah. Bagi kamu yang belum tahu, puasa tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari tarwiyah. Kapankah itu?

Puasa Tarwiyah jatuh pada 8 Dzulhijjah yang jatuh pada sehari sebelum hari wukuf atau puasa Arafah. Kamu bisa melaksanakan puasa ini berdampingan dengan puasa Arafah. Berikut bacaan niatnya yang bisa kamu lafalkan. 

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shaumat tarwiyata sunnatan lillaahi ta’aala

Artinya : “Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta’ala”

Tata Cara Puasa Arafah

Untuk Pins yang ingin tahu tata cara puasanya, langkah-langkahnya sama kok dengan puasa Ramadhan. Jadi, Cara melakukan puasa Arafah sama seperti menjalani puasa wajib.

Yang membedakan hanyalah niatnya dan tanggal untuk melakukan puasa, yaitu pada 9 Dzulhijjah. Caranya adalah awali dengan niat. Kemudian, mulailah untuk menahan hawa nafsu, seperti makan dll, hingga tenggelam matahari yang ditandai dengan waktu Magrib.

Nah, niat puasa Arafah tidak harus kamu ucapkan di waktu sahur kok. Kamu boleh kamu mengucapkan niat baik pada malam hari maupun pagi hari. Yang penting adalah kamu belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.  

Hikmah dari Menjalankan Puasa Arafah 

(Suara.com)

Seperti yang sudah kita bahas bersama sebelumnya bahwa Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang begitu penuh dengan keistimewaan. Begitu pula dengan puasa Arafah di bulan Dzulhijjah yang juga istimewa. Bukan hanya itu, ada begitu banyak hikmah yang bisa kita dapatkan dengan menjalankan puasa ini. Apa saja hikmah-hikmahnya? 

  • Merupakan masa ketika musim haji berlangsung
  • Menjadi amalan penggugur dosa
  • Menjauhkan diri dari siksa api neraka
  • Amalan sunnah Rasulullah SAW

Itu dia niat puasa Arafah dan Tarwiyah yang bisa kamu baca dan hafalkan. Cukup pendek bukan? Jadi, kamu lebih mudah mengingat bacaannya. Semoga bermanfaat. Semoga juga kita bisa mendapatkan keutamaan dan pahala dari puasa yang kita jalankan. Aamiin.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel