Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Saat Sakit, Jangan Lupa Baca Doa Minta Kesembuhan Ini

Lifestyle

Saat Sakit, Jangan Lupa Baca Doa Minta Kesembuhan Ini

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 21 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Sebagai seorang manusia pasti kamu pernah merasakan sakit. Baik sakit ringan maupun sakit berat. Dalam Islam, penyakit sejatinya adalah ujian kesabaran dari Allah SWT. Oleh sebab itu, kamu tak boleh menyerahkan dan tetap dianjurkan bertawakal. Ketika sakit, kamu dianjurkan untuk senantiasa melafalkan doa minta kesembuhan. Doa ketika sakit ini akan membawa pada kesembuhan yang dirahmati oleh Allah SWT. 

Pinhome – Berikut ini sejumlah doa kesembuhan yang bisa dipanjatkan kepada Allah SWT. Selain untuk diri sendiri, kamu pun dapat membacanya untuk meminta kesembuhan bagi orang lain. 

Membaca Al-Fatihah

(Depositphotos)

Al-Fatihah merupakan salah satu doa kesembuhan yang paling sederhana. Dengan membaca doa, Pins akan menjadi seorang hamba yang lebih dekat kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadis, bahkan disebutkan bahwa Al-Fatihah merupakan  ash-shalah, karena Al Fatihah merupakan syarat sah shalat. Selain itu, dalam hadis riwayat Ad Darimi dari Abu sa’id, Al-Fatihah pun dikatakan sebagai as syifa  atau penyembuh dari racun. 

Baca Juga: Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu Yang Wajib Diketahui

Doa Mohon Kesembuhan untuk Diri Sendiri

doa minta kesembuhan
(Detik News)

Terdapat satu surah di Al-Quran yang menceritakan Nabi Ayyub. Nabi Ayyub sendiri merupakan seorang hamba Allah SWT yang diberi ujian besar. Ia menderita penyakit yang tidak bisa sembuh selama bertahun-tahun. 

Walau didera derita tersebut, Nabi Ayyub tak pernah berpaling dari Allah. Ia justru giat berdoa dan memohon kesembuhan kepada-Nya. Ketakwaan Nabi Ayyub ini disebutkan dalam surah Al-Anbiya ayat 83. Berikut bacaannya: 

رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ الرّٰحِمِين 

Arab latin: Robbi annii massani yadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.”

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

Doa mohon kesembuhan dari Nabi Ayyub tersebut pun dapat dibaca ketika kamu sedang dilanda sakit. Selain doa tersebut, kamu pun dapat memanjatkan doa berikut: 

أَذْهِبْ الْبَاسَ رَبَّ النَّاسِ وَاشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Arab latin: Adzhibil ba’sa allahumma rabban naasi wasyfii anta syaafi laa syifaa a illa syifaa’uka syifaa an laa yughaadiru saqma.

Artinya: “Hilangkanlah rasa sakit Ya Allah Rabb manusia, sembuhkanlah, sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.”

Atau, Pins bisa melengkapi doa kesembuhan tersebut dengan membaca doa ini: 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ

Arab latin: Allahumma inni audzubika minal-barashi, wal-junooni, wal-judzami, wa min sayyiil-asqaam.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari segala penyakit buruk (mengerikan) lainnya.”

Baca Juga: 90+ Kata Ucapan Semoga Cepat Sembuh, Motivasi Melawan Penyakit

Doa Minta Kesembuhan untuk Orang Lain

doa minta kesembuhan
(Max Pixel)

Selain melafalkan doa untuk diri sendiri, Pins juga dapat memohon kesembuhan untuk orang lain. Hal ini sesuai dengan apa yang dilakukan Rasulullah SAW untuk para sahabatnya. 

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW juga membaca doa kesembuhan untuk Nabi Ayyub. Berikut bacaan doanya: 

“Allahumma rabbanas, adz-hibil ba’sa isyfi antasy-syafi laa syifa’a illa syifa’uka, syifaan la yughadiru saqaman”

Artinya: “Ya Allah Tuhan Manusia, musnahkanlah segala rasa sakit ini. Berikanlah kesembuhan, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari Mu. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan satu penyakit apapun.”

Lalu, Rasulullah SAW juga pernah membaca doa kesembuhan berikut saat ada kerabatnya yang sakit. 

“Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.”

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”

Tak hanya memohon kesembuhan, Rasulullah SAW juga mencontohkan doa untuk meminta ampunan serta perlindungan untuk orang yang sakit. Saat itu beliau membaca doa berikut: 

“Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika”

Artinya: “Wahai (sebut nama anak yang sakit), semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu, mengampuni segala dosamu dan mengafiatkanmu dalam segala hal agama dan fisik sepanjang hidupmu.”

Nabi Muhammad SAW juga membacakan doa kesembuhan ketika sedang merukiyah. Jika Pins belum tahu, ruqyah adalah proses penyembuhan melalui Al-quran. 

Berikut doa yang dibaca Rasulullah SAW ketika meruqyah: 

“Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifaa’u. La kasyifa lahu illa anta.”

Artinya, “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau.”

Sebagai tambahan, para ulama pun menganjurkan kita untuk membaca sholawat Tibbil Qulub sebanyak 10 kali sebagai rangkaian doa minta kesembuhan. Konon, sholawat ini dapat dibaca sambil menyentuh bagian tubuh orang yang sakit. Adapun bacaannya adalah seperti berikut:

“Allahumma Shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin Tibbil Qulubi Wadawaaihaa Wa’aafiyatil Abdaani Wasyifaaihaa Wanuuril Abshaari Wadiyaaihaa waala alihi washohbihi wabarik wasallim”

Artinya: “Ya Allah berikanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi besar Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhan. Penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinat mata serta cahayanya yang merupakan makanan utama jasmani dan rohani. Semoga shalawat dan salam tersampaikan pula kepada keluarga serta para sahabat beliau.”

Selain berdoa, hendaknya Pins juga terus bersabar dan berprasangka baik kepada Allah SWT. Dengan demikian, Allah SWT akan lebih mudah mengabulkan doamu dan segera meringankan sakitmu.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel