Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Baca Doa Ketika Menghadapi Kesusahan Agar Tidak Galau Yuk!

Baca Doa Ketika Menghadapi Kesusahan Agar Tidak Galau Yuk!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 28 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Sebagai seorang muslim yang beriman, mestinya tidak putus asa ketika mendapatkan ujian dari Allah SWT. Sebab, Allah SWT akan memberikan segala kemudahan bagi umat-Nya yang mampu menghadapi ujian tersebut. Namun perlu diketahui bahwa ujian yang diberi Allah SWT sebetul datang bersama solusinya. Selain itu, Allah SWT pun tak pernah memberikan ujian melebihi batas kemampuan umat-Nya. 

Pinhome – Jika saat ini Pins tengah menghadapi ujian dari Allah SWT, berikut ini ada beberapa doa ketika dalam kesusahan yang dapat dibaca. Dengan membaca doa berikut, harapannya Pins segera dipertemukan dengan kemudahan. Selengkapnya, berikut doa ketika mengalami kesusahan yang dapat dilafalkan. 

Baca Juga: Baca Doa Mau Ujian, Insya Allah Lancar Ujiannya

Ayat Al-quran mengenai ujian dan cobaan Allah SWT

(Tafsiq Alquran)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Allah SWT tak akan memberikan ujian yang melebihi batas kemampuan umat-Nya. Dalam ini sesuai dengan bacaan dalam surah Al-Baqarah ayat 286.

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Artinya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Lalu, dalam surah lainnya Allah SWT turut menjelaskan bahwa ujian tersebut datangnya dari-Nya, jadi Dia pula yang dapat meringankannya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-Mulk ayat 2 berikut: 

ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْمَوْتَ وَٱلْحَيَوٰةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْغَفُورُ

Artinya: “Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”

Baca Juga: Doa Sholat Tasbih Yang Harus Kamu Ketahui

Doa ketika mengalami kesusahan

(Muslim Okezone)

Berikut beberapa doa ketika dalam kesusahan yang dapat dibaca oleh Pins. 

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو ، فَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ ، أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Arab latin: Allahumma rahmataka arjuu fala takilnii ilaa nafsii tharfata ‘aynin, ashlih lii sya’nii kullahu, laa ilaaha illaa anta.

Artinya: “Ya Allah, saya hanya mengharap rahmat-Mu, maka jangan Engkau lepas saya dalam sekejap pun. Perbaikilah segala tingkah laku saya, tiada tuhan selain Engkau.” – HR Abu Daud.

Lalu, Pins juga dapat melafalkan doa berikut: 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِأَنَّ لَكَ الْحَمْدُ ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ الْمَنَّانُ ، بَدِيعُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ ، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ

Arab latin: Allahumma inni as’aluka bianna lakalhamdu, laa ilaaha illa antalmaanu, badius samawati wal ardi, yaa dzal jalaali wal ikraami yaa hayyu ya qayyum. 

Artinya: “Ya Allah, saya meminta kepada-Mu, Engkau yang memiliki segala pujian, tiada tuhan selain Engkau yang esa tanpa sekutu, maha pemberi anugerah, yang menciptakan langit dan bumi, yang maha agung dan mulia, yang maha hidup dan mengurus segala sesuatu.” – HR Abu Dawud.

Sebagai seorang yang beriman, Pins pun mesti meyakini bahwa dirinya ialah orang yang lemah. Untuk itu, disarankan memohon kepada Allah SWT saat mengalami kesusahan. 

Selain dua doa sebelumnya, Sobar Hijrah juga dapat membaca doa berikut: 

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً، وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Arab latin: Allahumma La sahla illaa maa ja’altahu sahlan, wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahla.

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” – HR Ibnu Hibban, Ibnu Sunni.

Doa tersebut dapat juga dilengkapi dengan bacaan berikut: 

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Arab latin: Robbisyrahli shodri wa yassirli amri wahlul ‘uqdatam mil lisani yafqahu qauli.

Artinya: “Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka bisa mengerti perkataanku.”

Pada waktu doa mustajab, lafalkan doa berikut agar segala urusan dipermudah. 

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Arab latin: Robbana atina milladunka Rohmah wa hayyi lana min amrina rosyada.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”. – QS Al-Kahfi ayat 10.

Walau rasanya sulit, tapi musibah bisa membawa seorang muslim pada hikmah yang tersirat. Sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al-Insyirah ayat 5 dan 6 berikut.

فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۙ

Artinya: “Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan,”

اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۗ

Artinya: “Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan.”

Demikian bacaan doa ketika mengalami musibah yang dapat dilafalkan. Semoga bisa menjadi penolong untuk Pins yang mengamalkannya. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel