Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat dan Artinya

Lifestyle

Jangan Lupa Membaca Ini! Doa Selamat Dunia Akhirat dan Artinya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 22 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat? Semua orang dan pastinya Pins juga menginginkan hal yang sama. Di dalam Islam ada juga lho doa keselamatan dunia akhirat. Lalu, bagaimana bunyi dari doa tersebut? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Pinhome – Mungkin Pins yang beragama Islam sudah tidak asing dengan doa satu ini karena doa keselamatan ini menjadi salah satu doa sehari-hari yang diajarkan di sekolah dasar atau TPQ (tempat pendidikan Quran). 

Namun, mungkin seiring berjalannya waktu doa ini jadi terlupa. Walaupun begitu, tidak apa-apa selama kita sebagai hamba-Nya masih berusaha kembali mengingatnya atau sekadar membacanya. Jika Pins lupa atau belum tahu doa keselamatan dunia dan akhirat, yuk simak doanya di bawah ini.

Bacaan Doa Keselamatan Dunia Akhirat

(IndianSpice)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mungkin doa ini sudah tidak asing lagi karena doa keselamatan dunia akhirat ini menjadi salah satu doa sehari-hari. layaknya doa tidur, yang diajarkan di sekolah dasar atau TPQ.

Namun, mungkin seiring berjalannya waktu doa ini jadi terlupa. Walaupun begitu, tidak apa-apa selama kita sebagai hamba-Nya masih berusaha kembali mengingatnya atau sekadar membacanya. Jika Pins ingin menyimak bacaan doanya, simak di bawah ini ya. 

Ada banyak versi doa keselamatan, dari yang paling panjang hingga yang paling singkat. Kamu bisa pilih doa mana yang cocok untukmu, dari segi bacaan, arti, atau panjang pendek bacaan doa. 

Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak Doa Untuk Orang Tua Yang Mudah Diingat

Doa 1

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan firrizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti.

Atinya: “Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati”

Doa 2

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allohumma hawwin ‘alaina fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal’afwa ‘indal hisaabi

Artinya : “Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan”

Doa 3

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa milladunka rahmata innaka antal wahhab

Artinya : “Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi”

Doa 4

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ أَنْتَ مَوْلٰنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Robbanaa laa tuakzidnaa in nasiinaa wa akhto’naa robbanaa wa laa tahmil ‘alainaa isron kama hamaltahu ‘alal ladzIina min qoblinaa. Robbanaa wa laa tuahamilnaa maa laa thooqoto lanaa bihi wa’fua ’anna waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin

Artinya: “Ya Allah, jangan siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Allah, jangan bebankan pada kami beban berat seperti Kau bebankan pada orang‐orang sebelum kami. Ya Allah, jangan Kau pikulkan pada kami apa yang tidak sanggup kami pikul. Ampunilah dan maafkan kami, serta rahmatilah kami. Kaulah Penolong kami, maka tolonglah kami untuk mengalahkan orang‐orang kafir.” (QS. Al‐Baqarah: 286).

Doa 5

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Pentingnya Membaca Doa Selamat Dunia Akhirat

(Risale English)

Seperti kita tahu, bahwa Allah yang memiliki bumi dan semesta ini, sehingga sudah sepatutnya kita harus selalu menyembah-Nya. Hanya kepada Allah kita memohon dan meminta perlindungan. 

Sementara itu, ada banyak hal dalam hidup yang harus kita jalani dan hadapi. Semuanya tidak melulu menyenangkan. Akan selalu ada rintangan dan ujian dalam hidup di dunia. 

Semua itu pada akhirnya akan mengarahkan nasib kita di akhirat nanti, apakah menjadi penghuni surga atau neraka. Oleh karenanya, sebagai manusia yang selalu ingin merasa aman, baiknya kita pun meminta kepada Allah agar diberikan keselamatan hidup di dunia, dan dijauhkan dari perbuatan yang mengarahkan kita menuju neraka. 

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Mendengar Adzan Serta Maknanya

Dengan membaca doa keselamatan, kita sudah memohon perlindungan-Nya dari keburukan dunia dan akhirat. 

Itu dia pembahasan tentang bacaan doa selamat dunia akhirat berserta pelafalan dan maknanya. Tak lupa juga ada pembahasan tentang pentingnya membaca doa satu ini. 

Pins, pada akhirnya, kita adalah manusia yang hanya bisa memohon perlindungan kepada-Nya. Semoga bacaan ini bisa membantumu untuk berdoa memohon keselamatan ya. Tidak perlu dihafal kok. Kamu bisa membacanya sehabis sholat atau kapan saja selama kamu ingin berdoa akan keselamatanmu.

Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT di dunia maupun di akhirat nanti. Aamiin.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel