Pinhome

Lifestyle

Doa Iftitah dalam Bahasa Latin dan Juga Artinya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 17 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Ketika melakukan ibadah sholat, ada banyak bacaan yang harus kita lafalkan, salah satunya ialah doa iftitah. Doa ini adalah bacaan sholat yang dilafalkan setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca Al-Fatihah. Ada banyak ragam doa iftitah, dari yang panjang hingga yang pendek. 

Pinhome – Sepertinya banyak orang yang belum mengetahui bahwa bacaan iftitah bukanlah hal yang wajib dalam sholat lho. Jadi, tanpa membacanya, sholat kita tetap sah. Walaupun begitu doa iftitah bukanlah bacaan yang membatalkan sholat kita, sehingga tak masalah jika tetap dibaca. 

Baca Juga: Bacaan Doa Tidur Latin Lengkap Dengan Artinya

Mungkin Pins  ada yang sudah familiar dengan doa ini. Namun, mungkin juga kamu juga belum mengenal seperti apa bacaan iftitah itu. 

Jadi, Sebenarnya seperti apa sih doa iftitah itu? Apa maknanya dalam ibadah sholat? Yuk sama-sama belajar dan menyimak penjelasannya di bawah ini. 

(Unsplash) 

Hukum Membaca Doa Iftitah   

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa bacaan iftitah ternyata bukanlah rukun atau bagian wajib dari melaksanakan sholat. Ada mazhab yang menyatakan bahwa iftitah adalah akruh atau sebaiknya dihindari. Ini karena ada riwayat hadits yang menunjukkan bahwa Rasulullah langsung membaca Surah Al-Fatihah, tanpa membaca iftitah sama sekali. Hal ini ada di hadits berikut.

Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak Doa Untuk Orang Tua Yang Mudah Diingat

“Rasulullah Saw, Abu Bakar dan Umar mengawali shalat dengan Alhamdulillahi abbil’alamin”. (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Akan tetapi, membaca iftitah bagi sebagian mazhab juga hukumnya sunnah. Ini karena ada beberapa dalil yang menunjukkan bahwa Nabi Muhammad tidak melarang untuk membaca doa iftitah dan justru menganjurkannya. Hal ini bisa kita simak di hadits berikut ini. 

“Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam setelah bertakbir ketika shalat, ia diam sejenak sebelum membaca ayat. Maka aku pun bertanya kepada beliau, wahai Rasulullah, kutebus engkau dengan ayah dan ibuku, aku melihatmu berdiam antara takbir dan bacaan ayat. Apa yang engkau baca ketika itu adalah:.. (beliau menyebutkan doa iftiftah)” (HR. Muttafaqun ‘alaih)

Jadi, apa hukum bacaan doa iftitah? Bisa makruh dan juga sunnah, tergantung dengan yang kamu lebih cocok dan percayai. Jadi, jika kamu tidak membacanya pun tidak apa-apa. Kalaupun kamu membaca iftitah, insya Allah akan menjadi amalan sunnahmu. 

Lalu, seperti apa sih bacaan doa iftitah? Simak doanya di bawah ini yuk. 

Bacaan Doa Iftitah dan Artinya 

(Kompas TV)

Doa ini adalah bacaan sholat yang dilafalkan setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca Al-Fatihah. Selain itu, doa ini memiliki versi yang berbeda. Ada yang panjang dan pendek. Tidak ada yang lebih baik atau buruh di antara keduanya. Kamu tinggal pilih bacaan mana yang paling sesuai denganmu. 

Bacaan Doa Iftitah dan Artinya Versi 1 

Bacaan ini biasanya disebut bacaan kabira karena diawali dengan kata kabiira. Kamu bisa melafalkan bacaan versi ini

كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا اِنِّيْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمٰوَاتِ وَالْاَرْضَ حَنِيْفًا مُّسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ المُشْرِكِيْنَ اِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذٰلِكَ اُمِرْتُ وَاَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Kabiiraw wal hamdulillahi katsiraa wa subhanallahi bukrataw washiila innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardla haniifan muslimaw wa maa ana minal musyrikin, inna shalatii wa nusuki wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil ‘aalamiin, laa syariikalahu wabidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.

Artinya: “Dengan takbir, dan segala puji yang banyak hanya untuk Allah, maha suci Allah di pagi dan sore hari, sungguh aku menghadapkan wajahku (bermaksud untuk ibadah) kepada dzat yang telah menciptakan langit-langit dan bumi, dengan tegak dan pasrah, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik, sungguh shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku adalah hanya untuk Allah Tuhan semesta alam, tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan, dan aku adalah termasuk orang-orang yang Islam/pasrah.”

Selain bacaan di atas, ada juga versi lainnya yang lebih pendek, yaitu ada di bawah ini. 

Bacaan Doa Iftitah dan Artinya Versi 2

Jika bacaan sebelumnya terasa panjang, doa versi ini lebih cocok untuk Pins, apalagi jika kamu menyukai bacaan yang pendek dan singkat. Simak doanya di bawah ini ya. 

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ؛ اللَّهُمَّ نقِّنِي مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَلْجِ وَالْبَرَدِ

Allahumma baa’id bainii wa baina khtaayaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wal maghrib, Allahumma naqqinii minal khataayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadlu minad danas. Allahummaghsil khataayaaya bil maa’i wats tsalji wal barad.

Artinya: “Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau menjauhkan antara Timur dan Barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahan sebagaimana baju putih yang dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, bersihkanlah kesalahan-kesalahanku dengan air, es, dan embun.”

Jadi, sudah tahu kan apa saja bacaan iftitah dan latinnya beserta arti? Pins juga sudah paham tentang hukum dari membaca iftitah. Pilih yang mana? Bacaan versi panjang atau pendek? Lebih memilih membacanya atau tidak? Apapun pilihan Pins, insya Allah tetap sesuai dengan ajaran Islam. Selamat mencoba ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel