Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Doa Dijauhkan dari Masalah, Yuk Baca Supaya Kamu Terhindari dari Musibah.

Doa Dijauhkan dari Masalah, Yuk Baca Supaya Kamu Terhindari dari Musibah.

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 27 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Doa yang dipanjatkan setiap umat sejatinya merupakan bentuk harapan dan permohonan kepada Allah SWT. Terdapat beragam permohonan yang umum diminta oleh seorang muslim kepada-Nya. Salah satunya yakni perasaan aman dan nyaman berkat terhindar dari masalah. Meski hidup tak pernah luput dari masalah, namun sejatinya Allah SWT akan selalu memberi kelapangan hati pada umat muslim yang berdoa kepada-Nya. Oleh karenanya, Pins sebaiknya lebih giat memanjatkan doa dijauhkan dari masalah.  

Pinhome – Dalam ulasan ini dibagikan beberapa doa terhindar dari masalah yang dapat Pins baca dengan rutin. Doa ini dapat dibaca setelah salat, sebelum tidur, atau di waktu mustajab. Berikut doa terhindar dari masalah tersebut. 

Baca Juga: Ini Dia, 7 Waktu Yang Mustajab Untuk Berdoa!

Doa dijauhkan dari masalah dan musibah 

(Jateng NU)

Dalam hadis Abu Dawud dan Tirmidzi dari Utsman bin Affan, beliau pernah mendengar Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk membaca doa berikut agar terhindar dari musibah. Berikut bacaannya: 

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Arab latin: “Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Dalam hadis disebutkan diuraikan bahwa barangsiapa yang membaca doa tersebut sebanyak tiga kali saat pagi dan petang, maka tidak ada sesuatu pun yang dapat membahayakan dirinya. 

Selain itu, Pins dapat membaca doa berikut agar dihindarkan dari musibah, masalah, atau bahaya lainnya.

Arab latin: Allahummadfa’ ‘ann al ghalaa’a wal walbalaa-a walwabaa-a walfahsyaa-a walmunkara was suyu fal mukhtalifata easy syada-ida wal mihana maa zhahara minhaa wamaa baathana mim baladinaa khaashshataw wamim buldaanil muslimiina ‘aam-mah. Innaka ‘alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya: “Ya Allah, hindarkanlah kami dari kesulitan ekonomi, musibah, penyakit, kekejian, kemungkaran, bencana peperangan, kesulitan-kesulitan, dan berbagai petaka, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, khususnya dari negeri kami ini dan dari negeri-negeri kaum muslim pada umumnya; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Pins pun dapat membaca doa terhindar dari masalah untuk diri dan keluarga dengan melafalkan: 

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ

Artinya : “Ya Allah, sehatkanlah badan ku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau.”

Sebagai pelengkap dari doa sebelumnya, terdapat satu memohon perlindungan dari Allah SWT yang turut dapat dibaca. Adapun doanya adalah sebagaimana berikut: 

Arab latin: Allahumma inna nas alukal afwa wal adiyata wal mu’aafaatad daa’imata fiid dunyaa wal ‘aakhirati wal fauza bil jannati wan najaata minan naari.

Artinya: “Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka.”

Baca Juga: Jangan Lupa Baca Doa Sebelum Membaca Al-Quran. Begini Doanya!

Doa tolak bala dan memohon perlindungan 

(Wartanews Indonesia)

Doa tolak bala ini dapat menjadi penguat doa dijauhkan dari masalah yang telah disebutkan di atas. Doa ini bisa dipanjatkan ketika selesai shalat guna meminta perlindungan dari segala keburukan, kejahatan, serta bencana di dunia dan akhirat.

Berikut bacaannya doanya: 

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَاوَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Arab latin: “Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni’mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bihaqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiyyikal karīm starred duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.”

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al Quran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

Doa di atas terasa kurang, jika Pins juga tak membaca doa memohon kesehatan. Sebab, sehat merupakan salah satu berkah yang sangatlah besar. Untuk itu, maka Pins dapat membaca doa berikut: 

Arab latin: Allaahumma innii as-alukal ‘aafiyata fiddunyaa wal aakhirati. Allaahumma as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fii diinii wa dunyaa wa ahli wa maali.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya saya meminta kepada-Mu sehal wal‘afiyat di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya saya meminta kepada-Mu maaf dan sehat wal ‘afiat pada agamaku, dan duniaku, dan keluargaku dan harta bendaku.”

Demikian beberapa doa agar terhindari dari musibah yang dapat Pins panjatkan. Sebaiknya bacalah sesering mungkin, supaya Allah SWT tak ragu untuk senantiasa berada di dekatmu. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel