Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Baca Doa Ini Sebelum Bepergian Jauh Naik Kendaraan

Baca Doa Ini Sebelum Bepergian Jauh Naik Kendaraan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 28 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Pada masa modern ini kendaraan merupakan suatu alat krusial dalam melakukan perjalanan. Untuk itu, kita mesti mengucap syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan kendaraan yang mempermudah perjalanan. Di luar daripada itu, sebagai muslim yang beriman, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa saat bepergian. Khususnya ketika naik kendaraan tertentu. 

Pinhome – Terdapat beberapa doa naik kendaraan dan bepergian jauh yang bisa Pins lafalkan. Doa ini dapat membuat Pins dilindungi oleh Allah SWT. Sebab, kita tak tahu seperti apa bahaya yang menanti saat dalam perjalanan tersebut. Berikut doa ketika berpergian jauh naik kendaraan yang dapat dibaca. Ada doa bepergian jauh naik kendaraan darat, laut, dan udara juga lo!

Baca Juga: Bagaimana Cara Agar Doa Cepat Terkabul? Temukan Jawabannya Di Sini

Macam-macam bepergian menurut Islam

(Unsplash)

Dalam agama Islam, bepergian dikenal dengan istilah safar. Allah SWT menganjurkan umatNya untuk bepergian, sebab bumi memiliki banyak hal indah yang perlu diketahui. Hal tersebut sesuai dengan bacaan ayat berikut: 

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلًا فَامْشُوْا فِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلُوْا مِنْ رِّزْقِهٖۗ وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Artinya: “Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” – Surat Al-Mulk ayat 15.

Meski dianjurkan untuk bepergian, terdapat beberapa macam bepergian menurut Islam. Berikut safar dalam Islam dan sekilas uraiannya: 

  1. Safar haram adalah bepergian untuk melakukan dosa dan maksiat. Safar ini dilarang oleh Allah SWT dan Rasulnya. Contoh dari safar ini yakni bepergian untuk berzina atau mencuri. 
  2. Safar wajib adalah bepergian untuk memenuhi syariat umat Islam. Contoh dari safar ini adalah haji atau berjihad. 
  3. Safar sunnah adalah bepergian yang dianjurkan, sehingga yang melakukannya akan mendapat pahala. Contoh dari safar ini adalah umrah. 
  4. Safar mubah adalah safar yang diperbolehkan, tapi tidak tentu mendapat pahala. Contoh dari safar ini yaitu berdagang. 
  5. Safar Makruh adalah bepergian yang tidak dianjurkan. Jika ditinggalkan mendapat pahala tapi jika dilakukan tidak mendapat dosa. Contoh dari safar makruh adalah bepergian sendirian di malam hari.

Baca Juga: Doa Orang Sakit Untuk Diri Sendiri Agar Lekas Sembuh

Definisi jarak jauh menurut Islam

(Unsplash)

Penting untuk mengetahui berapa perhitungan jarak jauh, agar Pins bisa mengetahui lebih pasti kapan diperbolehkan mengqadha shalat. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: 

“Beliau berdua (Ibnu Umar dan Ibnu Abbas) shalat dua rakaat (qashar) dan tidak berpuasa dalam perjalanan empat barid atau lebih dari itu.” 

Secara gamblang, hitungan jarak jauh 4 barid sama dengan 16 farsakh atau 48 mil. Di Indonesia setara dengan 85 km, dan ini termasuk dalam safar.

Doa naik kendaraan dan bepergian jauh

(Unsplash)

Sebagai awalan, Pins dapat membaca doa keluar rumah terlebih dulu. Berikut bacaannya: 

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Arab latin: Bismillah, tawakkaltu ‘alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.” 

Tak lupa, baca pula doa memohon keselamatan selama dalam perjalanan. Berikut dalilnya: 

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

Allaahumma innii a’uudzu bika an adhilla au udholla, au azilla au uzala, au azhlima au uzhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu, jangan sampai aku sesat atau disesatkan (setan atau orang yang berwatak setan), berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya (orang), dan berbuat bodoh atau dibodohi.” 

Lalu, berikut doa ketika berpergian jauh naik kendaraan yang dapat dilafalkan:

Doa bepergian jauh naik kendaraan darat

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Arab latin: “Subhanallazi sakhara lana haza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.”

Artinya: “Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.”

Doa ketika berpergian jauh naik kendaraan laut dan udara

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Arab latin: “Bismillahi majreha wa mursaha inna robbii laghofuurur rohiim.”

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Setelah sampai di tempat tujuan, Pins juga harus membaca doa kembali sebagai wujud terima kasih karena telah diberi keselamatan. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى سَلَمَنِى وَالَّذِى اَوَنِى وَالَّذِى جَمَعَ الشَّمْلَ بِ

Arab latin: Alhamdulillahil ladzi sallamani wal ladzi awani wal ladzi jama’asy syamla bi.

Artinya: “Segala puji bagi Allah, yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan ku dengan keluargaku.”

Selain membaca doa, kita pun perlu memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi baik. Dengan demikian, perjalanan akan menyenangkan dan bebas dari hambatan. 

Semoga dengan persiapan yang matang dan doa yang dipanjat serta berpasrah diri kepada Allah SWT, perjalanan yang ditempuh akan menuai keberkahan dan dilimpahi lindungan-Nya. Amin ya Rabbal Alamin!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel