Ditelepon 188 nomor apa? Penipuan bukan?

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 2 menit membaca

Pernah mendapatkn panggilan dari nomor 188? Nomor apa sih? Apakah itu penipuan atau bukan? Jika Anda pernah ditelepon 188, terutama pengguna Telkomsel, tidak usah khawatir. Memang kalau ada panggilan masuk, apalagi nomor tersebut tidak ada di daftar kontk, bisa bikin orang bertanya-tanya.

Sejujurnya, saya belum pernah mendapatkan telepon dari nomor 188. Namun, ternyata banyak yang mendapatkan panggilan dari nomor ini, dan bingung ini nomor telepon apa. Rasa khawatir memang wajar, khawatir pulsa tersedot kalau mengangkat panggilan tersebut misalnya.

Lalu kenapa sih ada panggilan dari nomor 188? Apa tujuan panggilan tersebut? Apakah tidak berbahaya kalau mengangkat panggilan tersebut?

Jadi, nomor 188 merupakan nomor call center Telkomsel. Adapun tujuannya adalah untuk menawarkan promo terkait dengan layanan Telkomsel. Ada juga orang yang melaporkan kalau dia mendapatkan penawaran promo Indihome Triple Play dari panggilan tersebut. Layanan Telkomsel dan Indihome masih di bawah naungan perusahaan yang sama, yaitu PT Telkom Indonesia Tbk.

Lalu apakah harus diangkat? Tidak ada keharusan bagi Anda untuk mengangkat panggilan dari nomor 188. Ada beberapa kemungkinan ketika seseorang mendapatan panggilan dari nomor 188, yaitu

Jika kalian merasa terganggu dengan panggilan 188 yang masuk berkali-kali, kalian bisa memblokir nomor tersebut di nomor HP kalian sehingga nomor tersebut tidak lagi menelepon ke nomor kalian.

Saya belum pernah mendapatkan panggilan dari nomor 188, karena bukan pengguna Telkomsel. Kalau Indihome pernah, beberapa kali ditelepon oleh pihak Indihome, ditawari upgrade layananan Indihome. Tapi, kalau dari Indihome nomornya bukan 188.

Sepertinya memang itu teknik marketing PT Telkom Indonesia, dengan menghubungi pelanggan untuk ditawari layanan tertentu dari perusahaan tersebut. Kalau saya sebagai pengguna Axis, tidak ada panggilan yang masuk cuma sekadar menawarkan paket internet. Penawaran promo paket internet biasanya lewat SMS.

Nah, jika kalian mendapatkan panggilan dari nomor 188, tak ada salahnya untuk mengangkat panggilan dari nomor tersebut. Telepon dari 188 bukan telepon penipuan, bukan juga panggilan yang menyedot pulsa.

Penipuan lewat panggilan telepon memang marak terjadi. Ada yang modusnya menang hadiah tertentu, tapi ujung-ujungnya, korban harus mentransfer sejumlah uang. Bukannya hadiah yang didapat, malah uang yang hilang. Dengan maraknya penipuan melalui telepon, maka sebaiknya tetap waspada. Jangan mudah percaya dengan iming-iming hadiah ataupun penipuan dengan modus lainnya, apalagi kalau yang menelepon menggunakan nomor HP.

Demikian pembahasan tentang nomor 188. Jadi, ini nomor call center Telkomsel yang mau menawarkan layanan tertentu dari Telkomsel. Atau bisa juga penawaran dari Indihome.

Bagi kalian yang pernah mendapatkan telepon dari 188, atau ada yang mau ditanyakan terkait hal ini, silakan sampaikan lewat kolom komentar.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Finansial
Finansial 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, Wajib Tahu!

Dalam berinvestasi saham selalu ada risiko yang mengikuti. Hal ini dikarenakan saham termasuk jenis

Finansial
Finansial 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun

#WaktunyaBeliRumah -Memiliki aset berupa tabungan atau barang bernilai ratusan juta di usia muda pa

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia