Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Dikira Sering Bawa Sial, Ternyata Arti Rumah Tusuk Sate Tak Selamanya Buruk

Tips Properti

Dikira Sering Bawa Sial, Ternyata Arti Rumah Tusuk Sate Tak Selamanya Buruk

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

“Hati-hati, nanti ketiban sial loh”, komentar seperti ini biasanya menjadi reaksi pertama orang – orang saat tahu kita akan membeli rumah tusuk sate. Meskipun biasa dibandrol dengan harga murah, rumah tusuk sate seringkali dihindari banyak orang saat hendak membeli rumah. Penyebabnya tak lain dan tak bukan karena mitos negatif yang beredar. Tapi.. benar tidak sih mitos – mitos itu?

Rumah tusuk sate adalah rumah yang posisinya berada tepat di tengah jalur pertigaan sebuah jalanan, karena posisinya inilah, posisi rumah tusuk sate terlihat seperti memotong salah satu jalur pertigaan sehingga sekilas seperti jalan buntu. Menurut mitos yang ramai beredar di masyarakat kita, posisi rumah tusuk sate ini akan membawa banyak kesialan bagi penghuninya. Tak main – main, masalah yang mulai timbul begitu beragam, dari mulai tertimpa masalah kesehatan hingga masalah perpecahan rumah tangga. Akibat mitos inilah, tak jarang rumah tusuk sate dibandrol dengan harga yang jauh lebih rendah dibanding rumah lain di sekitarnya.

Tapi.. apakah mitos ini betul adanya, Pins? Hmm.. yuk kita coba telaah mitos – mitos yang beredar dari sisi ilmiahnya dan bagaimana cara kita menghadapinya.

1. Mitosnya penghuni tusuk sate akan lebih sering bertengkar

Mereka bilang, rumah yang berlokasi tusuk sate biasanya jadi kurang harmonis. Penyebabnya tak lain dan tak bukan karena hawa panas yang terus – terusan muncul di rumah.

Padahal kalau dilihat secara ilmiah, hawa panas yang timbul dalam rumah bisa muncul karena posisi rumah tusuk sate sendiri langsung berhadapan dengan persimpangan jalan. Akibatnya, cahaya matahari lebih mudah masuk tanpa adanya penghalang. Menurut salah satu penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari University of California, cuaca panas membuat orang lebih mudah terpicu emosinya.

Jadi.. sebenarnya make sense sih. Tapi kita bisa mencegah hal ini terjadi dengan menambahkan kanopi agar cahaya matahari tak langsung menyentuh dinding rumah. Untuk menghindari hawa panas dari dalam, kita bisa menggunakan tirai tambahan agar suasana menjadi lebih sejuk Pins.

Terus, kita juga bisa membuat taman di depan rumah untuk menyiasati hal ini. Selain fungsi utamanya yang akan mempercantikan tampilan rumah, menurut beberapa ahli feng shui, keberadaan taman di depan rumah tusuk sate akan sangat berpengaruh dalam mengurangi energi negatif loh. Taman juga membantu mengalihkan tekanan angin dan debu berlebihan yang akan mengarah langsung ke rumah tusuk sate. Jadi, taman yang ada di rumah akan menjadi penyaring alami dari debu yang berterbangan di jalanan.

2. Lebih rawan tertimpa kecelakaan

Mitos rumah tusuk sate selanjutnya adalah kecelakaan yang lebih mudah menghampiri mereka yang tinggal di dalam rumah. Tapi.. coba kita telaah lagi deh, rumah tusuk sate terletak persis di hadapan jalan. Otomatis resiko kendaraan menabrak rumah memang menjadi lebih tinggi.

Lalu.. bagaimana cara mengatasinya? Cobalah membuat taman atau kolam kecil di depan rumah. Jadi, kalau suatu saat terjadi kecelakaan, dampaknya tidak sampai mengenai rumah.

Memeriksa keseluruhan keamanan lingkungan di rumah baru sangat penting. Apalagi untuk rumah yang terletak di daerah rawan seperti tusuk sate ini, keamanan lalu lintas menjadi parameter utama sebelum  membeli. Coba deh perhatikan apakah akses dari rumah tusuk sate menuju jalan utama berada dalam jarak aman? Beri perhatian khusus juga pada intensitas kendaraan yang lewat, karena arus lalu lintas yang cukup padat dapat menganggu waktu istirahat  selama berada di rumah. Arus lalu lintas yang padat juga meningkatkan persentase kemungkinan untuk terjadinya kecelakaan. Siapa juga yang mau, kalau rumah kita terkena dampak dari kecelakaan yang terjadi nantinya kan.

Selain itu, seperti biasa…kita juga wajib mempertimbangkan apakah lokasi rumah itu berdekatan dengan fasilitas umum seperti pertokoan, pusat perbelanjaan, mall, rumah sakit, sekolah dan berbagai area publik lainnya?

3. Para penghuni rumahnya jadi lebih rentan sakit

Menurut ilmu feng shui, rumah tusuk sate memiliki aliran Chi yang sangat kuat. Aliran Chi inilah yang memberi pengaruh buruk kepada penghuni rumah sehingga mereka jadi lebih mudah sakit. Lokasi yang langsung berhadapan dengan jalanan juga membuat rumah tusuk sate dilewati oleh aliran angin yang sangat kuat yang mengakibatkan debu serta kotoran jadi lebih cepat masuk.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk tidak menempatkan pintu ataupun jendela dengan posisi menghadap jalanan. Misal, pindahkan posisi pintu dan jendela di samping rumah. Sirkulasi udara yang berasal dari samping rumah akan membantu menghalang debu dan kotoran masuk ke dalam rumah.

Menurut beberapa ahli feng shui, peletakan jendela dan pintu di samping rumah juga dapat membantu si penghuni rumah terhindar dari aliran energi buruk yang besar. Jadi jika letak pintu dan jendela berada di samping rumah, pagar menjadi penangkal energi buruk yang akan masuk. Untuk jenis pagar yang digunakan, ahli feng shui menyarankan agar menggunakan pagar dorong dibanding pagar berpintu dua untuk menangkal energi negatif.

Hal ini juga berlaku dalam tata letak kamar ya, Pins! Sebaiknya posisi pintu kamar di rumah kamu diletakkan di sisi kanan atau kiri, sedangkan posisi ranjang kamu sebaiknya diberi jarak dengan pintu agar ia tidak berada di bagian paling depan. Tapi untuk posisi kasur, kita bisa bebas memilih posisi horizontal atau vertikal. Ada baiknya juga untuk kita menaruh pencahayaan lampu dengan intensitas sinar yang tepat untuk kamar yang akan ditempati.

4. Susah dapat rejeki

Menimbang berbagai resiko yang memang harus ditanggung saat membeli rumah tusuk sate, memang akan ada dana tambahan yang harus dikeluarkan demi memperbaiki kekurangan yang dimiliki oleh rumah tersebut. Tapi, coba deh dipikirkan kembali.

Rumah tusuk sate biasanya memiliki harga yang jauh lebih rendah. Nah, bisa dibilang kita untung, karena bisa memiliki rumah dengan luas dan fasilitas yang sama dengan harga yang lebih murah. Hal yang perlu kita lakukan juga sebelum membelinya adalah memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan untuk menutupi berbagai kekurangan dan resiko yang ada. Jangan lupa, pilihlah rumah yang memiliki kondisi lingkungan yang baik.

Baca juga Rumah Tusuk Sate Jaminan Bawa Sial? Cobain Cara Ini Dulu Deh Buat Menaklukannya

Bagaimana, Pins? Meskipun posisi rumah tusuk sate memiliki sisi negatif, sepertinya tidak ada masalah kok. Toh kita ternyata bisa mengubah nilainya menjadi positif dengan beberapa saran di atas. Apalagi Pins, kita juga bisa dibilang mendapat untung karena mendapatkan rumah fasilitas lengkap dengan harga yang jauh murah. Terlepas dari kita percaya akan mitos yang bertebaran di masyarakat, ternyata semuanya bisa dijelaskan dengan penjelasan ilmiah. Jadi.. tak ada alasan lagi untuk menghindari rumah tusuk sate dong, Pins?

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel