Destinasi Wisata Dieng Terbaik

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 24 March 2022 ∙ 4 menit membaca

Dieng, salah satu desa yang berlokasi di Jawa Tengah ini menyimpan keindahan alam yang membuat banyak wisatawan tertarik. Wisata Dieng cocok untuk memberi nuansa ketenangan berkat pesona alamnya yang ada di dataran tinggi. Spot liburan ini jarang sepi dari pengunjung, terlebih dengan biaya yang relatif murah.

Spot andalan Dieng adalah sunrise (matahari terbit) dan masih banyak tempat dengan pemandangan eksotis lainnya. Untuk berlibur ke Dieng, budget minimal satu juta saja sudah cukup karena murahnya biaya hidup di sini. Penasaran apa saja destinasi unggulan Dieng? Simak ulasannya di sini:

1. Bukit Sikunir

Bila membahas destinasi favorit para wisatawan, Bukit Sikunir merupakan jawabannya. Daerah yang ketinggiannya 2.300 meter ini menyajikan pemandangan terbitnya matahari yang sangat menawan. Meski tinggi, sebenarnya tidak memerlukan waktu lama agar bisa mencapai puncaknya.

Umumnya waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam, tergantung kekuatan fisik wisatawan. Bagi wisatawan yang tertarik mengunjunginya, akan dikenakan retribusi sebesar 10 ribu per orang.

2. Goa Semar

Menyukai nuansa mistis dan hening? Goa Semar adalah destinasi wisata Dieng yang tepat. Menghadirkan suasana yang cukup misterius dengan banyaknya pepohonan, konon tempat ini pernah menjadi area bertapa raja zaman dahulu dan juga Presiden Soeharto.

Dengan rumah kecil serta patung Semar, tempat ini cocok untuk mencari ketenangan dan mengumpulkan kembali energi selepas lelah. Biaya untuk berkunjung ke area ini sangat terjangkau, yaitu 3 ribu saja tiap orangnya.

3. Telaga Warna

Berlibur di musim kemarau? Jangan lupa mengunjungi Telaga Warna. Pada musim seperti inilah telaga yang berada di Kejajar ini mengeluarkan warna berbeda-beda seperti hijau, merah, kuning, hingga biru. Mitos menyebutkan bahwa perubahan warna ini disebabkan oleh pusaka dari Cupu Manik Astagina yang terjatuh.

Namun berdasarkan penjelasan ilmiah, berubahnya warna air ini disebabkan kandungan belerang di dalamnya. Untuk menikmati keindahannya, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar 7.500 untuk akhir pekan dan 5.000 di hari biasa.

4. Bukit Skoter

Bagi yang masih pemula dalam bidang tracking namun ingin menikmati pemandangan yang artistik, wisata Dieng satu ini adalah pilihan tepat. Bukit Skoter mengusung pemandangan pedesaan serta gunung yang diliputi awan. Cukup tracking selama paling tidak 15 menit, pengunjung sudah dapat mencapai puncak bukit.

Tempat duduk yang nyaman serta alam terbuka yang sejuk membuatnya memiliki daya tarik tersendiri. Agar bisa menikmati cantiknya pemandangan Bukit Skoter, pengunjung cukup membayar retribusi sebesar 5 ribu tiap orang.

5. Kawah Sikidang

Walaupun Dieng identik dengan udara dingin, tidak dengan Kawah Sikidang. Berhubung desa Dieng masih ada di sekitar Gunung Prau, banyak wisatawan mengunjunginya untuk mencari sensasi berbeda. Kawah vulkanik ini masih aktif, sehingga mengeluarkan asap belerang dengan aroma tajam dan hawa panas yang cukup terasa.

Sebelum mengunjungi Kawah Sikidang, siapkan biaya sebesar 20 ribu untuk biaya masuk serta gunakan masker ganda. Hal ini penting karena aroma belerangnya tidak baik bagi tubuh apabila terlalu banyak dihirup langsung.

6. Lubang Sewu

Wisata Dieng yang satu ini memiliki pemandangan yang jarang ada. Pada saat musim kemarau, air mulai mengering dan akan menampilkan bebatuan yang unik layaknya di film petualangan. Dari sinilah pengunjung bisa melihat pemandangan layaknya di Grand Canyon Amerika Serikat pada Lubang Sewu.

Formasinya merupakan bebatuan putih yang teksturnya berlubang. Batu ini akan terendam air saat hujan, namun ketika surut pengunjung dapat menikmati pemandangan artistik bebatuan yang cocok untuk spot foto instagramable ini. Tidak heran jika Lubang Sewu dijuluki Grand Canyon mini.

7. D’Qiano

Ingin melepas penat dengan bermain air sepuasnya? Dieng juga memiliki area khusus untuk berenang, yaitu D’Qiano. Di sini pengunjung dapat menikmati wisata air sambil bermain sekaligus berolahraga. Dengan menyediakan 25 ribu saja sudah dapat berenang dan mencoba kolam dengan air panas yang menjadi ciri khasnya.

Apabila bingung mencari daerah untuk beristirahat selepas bepergian seharian, D’Qiano juga menyediakan fasilitas untuk menginap. Tersedia penginapan berkualitas mumpuni yang biayanya cukup terjangkau.

8. Curug Winong

Destinasi dengan air terjun ini nampak indah dengan kemiringan yang mencapai 70 derajat dan tingginya juga 70 meter. Keunikan tempat ini membuatnya menjadi favorit para wisatawan karena selain bermain air juga banyak spot menarik untuk berfoto.

Di Curug Winong, pengunjung akan disuguhi nuansa natural dengan warna hijau terang yang nyaman dipandang. Obyek wisata ini dapat dikunjungi dengan biaya 5 ribu tiap orang, dengan parkir 5 ribu untuk mobil dan 3 ribu bagi sepeda motor.

Demikian beberapa Wisata Dieng yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Sebenarnya masih banyak destinasi dengan pemandangan alam menakjubkan yang dapat dikunjungi. Terlebih sekarang banyak platform yang menyediakan promosi perjalanan dengan paket menarik dan tentunya harga bersahabat. Berlibur tetap bisa sesuai budget dan memorable.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia