Pinhome

Lifestyle

Konsep Desain Rumah Kayu Ramah Lingkungan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 24 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Kerusakan lingkungan yang semakin parah, yakni ditandai dengan meningkatnya pencemaran air, tanah, dan udara yang menyebabkan pemanasan global, akhirnya menyadarkan banyak pihak untuk menyelamatkan bumi ini dari kehancuran.

Kampanye go green atau back to nature pun, kian digencarkan untuk menggugah kepedulian masyarakat. Hasilnya cukup menggembirakan. Semakin hari, kian banyak masyarakat yang peduli dan turut aktif menyelamatkan lingkungan dari kerusakan.

Salah satunya adalah dengan meminimalir segala hal yang bisa menjadi sumber polutan bagi lingkungan. Alhasil, program ramah lingkungan menjadi isu penting yang terus didengung-dengungkan di setiap lini kehidupan. Tak terkecuali dalam konsep mendesain rumah.

Dalam rangka mendukung kampanye back to nature , desain rumah kayu ramah lingkungan hadir sebagai solusi rumah modern yang tetap mengedepankan aspek alami. Dengan demikian, desain rumah kayu diharapkan benar-benar berkontribusi mendukung program ramah lingkungan.

Konsep Desain Rumah Kayu

desain rumah kayu ramah lingkungan
(Shutterstock)

Ada dua jenis desain rumah kayu yang sekarang ini populer di tengah masyarakat. Yakni desain rumah kayu klasik dan rumah kayu modern. Desain rumah kayu klasik berbentuk sederhana seperti gazebo atau pondok. Umumnya terdiri dari satu lantai.

Sedangkan desain rumah kayu modern cenderung mengaplikasikan konsep rumah beton modern. Hanya saja material utama rumah diganti dengan kayu.

Meskipun desain rumah kayu ramah lingkungan dan mampu menghadirkan nilai estetika yang tinggi, namun banyak pihak yang khawatir dan ragu untuk mengadopsi konsep rumah tersebut.

Keraguan dan kekhawatiran itu wajar terjadi mengingat material kayu memang tidak tahan lama sebagaimana beton. Kayu mudah terkena rayap, lapuk, tidak tahan air serta mudah mengalami perubahan struktur ketika terkena sinar matahari maupun air hujan secara terus menerus.

Resiko inilah yang menyebabkan banyak orang enggan mengaplikasikan konsep desain rumah kayu ke dalam rumah tinggal mereka.

Jika kamu berminat mengaplikasikan desain rumah kayu untuk berpartisipasi dalam mendukung program ramah lingkungan, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan.

Agar material kayu bisa bertahan lama, pilihlah kayu yang benar-benar berkualitas. Kamu juga bisa menggunakan kayu besi yang terkenal tahan air dan anti rayap untuk bahan membuat kuda-kuda, kusen pintu, dan jendela. Sebaiknya gunakanlah kayu nyatoh untuk membuat plafond, daun pintu, dan jendela.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel