BlogPemilik PropertiDesain Hunian27 Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Luas
0
0

27 Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Luas

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 24, 2023

20 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ruang tamu bagaikan muka atau tampilan pertama saat orang memasuki rumah. Untuk mendapatkan kesan yang membawa aura positif, ruang tamu didekorasi sedemikian rupa agar siapapun yang memasukinya merasa nyaman. Kira-kira bagaimana cara dekorasi ruang tamu yang pas untuk ruangan mungil? Simak rekomendasi dekorasi ruang tamu minimalis dari Pinhome di bawah ini!

Sebelum itu jangan lupa unduh aplikasi Pinhome yang menyediakan berbagai fitur properti termasuk Simulasi KPR. Selain itu ada pula fitur pencarian guna menemukan detail informasi seputar rumah bekas di Kota Mojokerto, rumah dijual di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa dan wilayah lainnya di Indonesia.

Tips Membuat Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Desain ruang tamu minimalis bisa diaplikasikan untuk ruang tamu berukuran kecil agar tetap terasa nyaman. Berikut beberapa tips membuat dekorasi ruang tamu kecil menjadi terlihat lebih luas:

1. Aplikasikan Furnitur Multifungsi

dekorasi ruang tamu minimalis
Source : Pinterest

Memanfaatkan furnitur multifungsi di ruang tamu kecil merupakan trik terbaik yang bisa Pins lakukan. Furnitur multifungsi adalah perabot rumah tangga yang bisa berguna sebagai dua atau lebih fungsi yang berbeda, misalnya dengan meletakkan rak yang bisa juga dijadikan sebagai partisi antara ruang tamu dan ruang keluarga.

Penggunaan coffee table yang bisa berguna untuk tempat penyimpanan di bawahnya pun bisa Pins aplikasikan. Dengan menggunakan furnitur multifungsi pada desain ruang tamu minimalis, Pins jadi lebih menghemat space yang ada. Ruang tamu terlihat tidak sumpek walaupun memang ukurannya mungil.

Karena desain ruang tamu kecil, pastikan untuk memilih dekorasi ruang tamu minimalis dengan ukuran yang sesuai. Jangan memaksakan menggunakan perabotan berukuran besar yang dapat membuat ruangan menjadi semakin sempit.

Pilih furnitur berukuran mungil agar dapat disesuaikan di dalam ruangan. Hindari juga penggunaan perabot yang fungsinya tidak terlalu penting untuk menghemat ruang yang ada.

Baca juga:

2. Pilih Ukuran Furnitur yang Tepat

Source : Elleindonesia

Memilih furnitur untuk ruang tamu harus dilakukan dengan bijak dan teliti. Pilihlah furniture yang tidak menghabiskan ruangan terlebih jika ruang tamu yang ada sudah cukup sempit. Untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas, pilihlah meja yang terbuat dari kaca sehingga tembus pandang.

Daripada memilih furniture yang terkesan besar dan menghabiskan ruangan. Akan lebih baik jika memilih furniture yang memiliki desain unik. Tamu akan lebih fokus pada keunikannya ketimbang dengan sempitnya ruangan.

3. Gunakan Sofa dengan Ukuran yang Sesuai

Source : The Evrygirl

Salah satu spot utama pada ruang ini adalah pada sofa. Menyesuaikan ukuran sofa dengan luasnya ruangan merupakan hal yang harus diterapkan. Hal ini akan membuat space yang ada di ruangan menjadi lebih luas. Jika ruang tamu tidak terlalu luas, janganlah memakai jenis sofa dengan bentuk letter L. Bentuk ini cukup memakan banyak ruang.

Pilihlah sofa yang sederhana dengan warna yang sesuai. Supaya desain ruang tamu minimalis lebih proposional, letakkan meja dan stand lamp dengan bentuk ringan yang akan memberikan kesan luas dan lapang pada ruang tamu.

Sofa adalah bagian penting dari komponen ruang tamu. Memang ada juga ruang tamu yang didesain tanpa sofa, hanya duduk secara natural atau melantai di ruang tamu. Namun bagi mereka pecinta interior ruang tamu makan sofa merupakan sesuatu yang wajib.

4. Pilih Warna Furnitur yang Sesuai

desain ruang tamu minimalis
Source : Arsitag

Untuk pemilihan warna bisa disesuaikan dengan mood rumah secara keseluruhan. Namun untuk menimbulkan kesan nyaman, sebaiknya hindari warna-warna gelap. Sebaliknya, pilihlah warna-warna cerah yang teduh seperti putih, hijau, pink, biru, dan lainnya.

5. Gunakan Warna Cat Ruang Tamu Netral

dekorasi ruang tamu minimalis
Source : Pinterest

Hack dalam memberikan kesan pada ruang tamu adalah menggunakan warna cerah untuk dinding. Tembok warna cerah seperti putih, abu-abu muda, kuning muda, krem ataupun warna pastel akan memberikan kesan lapang dan juga bersih pada ruang tamu Pins.

Warna-warna cerah ini juga lebih mudah dikombinasikan dengan warna pada furnitur di sekitarnya. Beragam kombinasi warna antara dinding dan furnitur membuat suasana ruangan menjadi tidak membosankan.

Dengan begitu Pins dapat menjamu para tamu yang datang dengan lebih nyaman. Untuk ruang tamu kecil, sebaiknya pilih cat berwarna terang. Gunakan cat dengan warna putih atau krem agar memberikan kesan luas pada ruangan.

Hindari menggunakan warna-warna gelap karena justru akan membuat ruang tamu tampak semakin sempit dan pengap. Penggunaan warna-warna terang juga bisa dikombinasikan, asalkan jangan terlalu banyak agar tidak terkesan ramai.

Baca juga:

6. Dekorasi Dinding Ruang Tamu dengan Maksimal

Source : Pinterest

Bagian penting lainnya dalam ruang tamu adalah pada bagian dinding. Dekorasi dinding ruang tamu bisa menjadi spot yang eye-catching bagi siapapun yang datang. Walaupun ruangan tidak terlalu besar, namun Pins tetap bisa maksimal dalam memanfaatkan dekorasi dinding ruang tamu loh. Banyak pilihan dekorasi dinding ruang tamu agar menciptakan suasana yang lebih hidup.

Pertama memanfaatkan dinding untuk tempat penyimpanan. Berikan rak, ambalan, atau kotak berkaca untuk penyimpanan barang seperti buku, pajangan, foto dengan bingkai ataupun barang yang Pins koleksi. Kedua, manfaatkan dinding sebagai identitas dari pemilik rumah dengan memajang berbagai jenis bingkai berisi foto-foto.

Pilihlah bingkai dengan desain frame yang simple. Jika tidak ingin memasang foto pribadi atau keluarga di ruang tamu, Pins bisa juga memajang lukisan maupun karya seni lainnya. Ketiga, letakkan cermin memanjang di dinding belakang sofa. Hal yang satu ini tentu akan membuat kesan ruang tamu menjadi lebih luas.

7. Dekorasi Ruang Tamu Kecil dengan Tanaman Hijau

Dekorasi ruang tamu minimalis
Source : myDomaine

Suasana ruang tamu akan lebih hidup jika ada yang hijau-hijau alias tanaman. Pins bisa memanfaatkan tanaman asli ataupun tanaman artificial. Tanaman asli mempunyai nilai plus dalam menjaga kualitas suhu dalam ruangan, sedangkan tanaman artificial nilai plusnya adalah tidak perlu adanya tindakan perawatan.

Letakkannlah pot tanaman pada sudut ruangan, meja samping ataupun meja tengah (coffee table). Kesan sejuk dan asri seketika akan tampak pada ruang tamu. Pilihlah warna natural untuk meningkatkan looks nyaman pada ruang tamu Pins.

8. Tambahkan Karpet dan Meja Minimalis

Source : Real Home

Dekorasi ruang tamu kecil sangat tertolong oleh adanya karpet. Karpet membuat ruangan mungil menjadi terlihat hangat. Tamu yang memasukinya pun merasa lebih nyaman. Karpet kini tidak melulu hanya tentang fungsinya sebagai alas tetapi juga sebagai nilai estetika.

Gelar karpet di bawah coffee table dan pastikan ukuran karpetnya lebih luas dari meja tersebut. Jangan lupa untuk memilih warna, tekstur dan pola yang sesuai. Pilihlah warna-warna yang sederhana. Memilih warna yang tepat akan menghindari ruangan dari kesan sesak dan sumpek.

Komponen utama lainnya dalam ruang tamu adalah meja. Umumnya, meja memang sudah sepaket dengan sofa yang kita beli. Untuk meja sudut sebagai tempat hiasan, kita bisa memilih warna turunan dari sofa.

Baca juga:

9. Tambahkan Pencahayaan yang Cukup

dekorasi ruang tamu minimalis
Source : Dekoruma

Pada umumnya, ruang tamu akan terasa semakin nyaman ketika mendapat pencahayaan terang dan cukup. Jika saat ini ruang tamu terasa sedikit muram, tak ada salahnya loh untuk menambah satu atau dua lampu, perbedaannya akan sangat terasa. Jangan lupa untuk memilih model lampu yang kira – kira cocok dengan furnitur dan warna cat ruang tamu kamu.

Pertimbangkan untuk mencampur jenis lampu, ambient dan fungsi antara satu lampu dengan lampu lainnya. Jangan ragu untuk mencampur lampu dinding, lampu meja dan lampu sorot agar pencahayaan di ruang tamu akan semakin elegan dan menarik.

10. Buatlah Poin Perhatian

Source : Detik.com

Poin perhatian ini menjadi penting karena hal itulah yang menjadi pusat perhatian setiap kali ada orang yang masuk ke dalam rumah. Apakah akan menentukannya dengan lukisan, lemari atau malah televisi. Jika televisi menjadi poin perhatian, ada baiknya untuk menambahkan detail menarik di bawah lemari tv.

Lalu kalau ada halaman indah yang terawat, tidak ada salahnya membuat jendela besar agar pemandangan ke taman tidak terganggu dan mampu memanjakan mata bagi siapapun yang melihatnya. Dekorasi sederhana seperti kaca oversized, lukisan besar nan indah ataupun piano juga bisa menjadi alternatif menarik. 

11. Tentukan Luas Ruang Tamu

desain ruang tamu minimalis
Source : Prospeku

Untuk luas ruang tamu bisa disesuaikan dengan luas rumah. Jika tidak memungkinkan untuk memiliki ruang tamu yang luas, maka ruang yang sempit pun masih bisa digunakan untuk ruang tamu. Semua tergantung dari bagaimana cara kamu menata dan mendekorasi ruang ya, Pins!

Sebaiknya ambil ruang paling depan untuk dijadikan ruang tamu. Selain lebih nyaman bagi tamu yang datang, hal ini juga memberikan kenyamanan bagi pemilik rumah untuk bisa lebih menjaga privasinya.

Baca juga:

12. Tambahkan Bantal Beragam Ukuran

Source : Pexels

Meskipun kesannya sederhana namun bantal mampu membuat ruangan terlihat cantik dan comfy. Fungsinya adalah memberikan kenyamanan ekstra bahkan alas duduk. Ukuran bantal beragam dan bisa menjadi dekorasi menarik dari pilihan sarung bantalnya maupun size dari cushion tersebut.

13. Letakan Cermin Bulat

Source : Pexels

Untuk membuat ruangan tampak lebih luas biasanya diletakan cermin bulat. Contoh dekorasi ruang tamu minimalis ini tidak membutuhkan pengeluaran besar namun efeknya langsung bisa dirasakan. Idealnya posisi cermin ditempatkan di bagian dinding yang langsung berhadapan dengan jendela agar pantulan cahaya yang masuk bisa maksimal.

14. Beri Alas Lantai yang Tepat

Source : Pexels

Kamu bisa pula menambahkan karpet untuk melapisi permukaan lantai dari gesekan. Fungsi lain dari alas lantai ini adalah memberi nuansa hangat, mencegah kerusakan ketika ada benda jatuh dari atas meja serta meningkatkan estetika ruangan. Letakan karpet pada sudut area yang ingin ditonjolkan.

15. Pajang Kolase Foto

Sempurnakan ruangan dengan kolase foto atau gambar yang kamu sukai. Bebaskan imajinasimu dengan membuat eksperimen dalam menyusun kolase foto tersebut. Jangan ragu untuk memakai beragam bingkai dengan bentuk, ukuran, tekstur dan warna yang berbeda. Tambahkan lampu agar pencahayaan cukup menerangi kolase tersebut.

Baca juga:

16. Menggunakan Sekat

Source : interiordesign.id

Pengaplikasian sekat pada ruang tamu dapat Pins gunakan dengan desain menarik yang sekaligus menjadi pembatas privasi dalam hunian. Cocok sekali Pins gunakan pada hunian dengan luas terbatas dan mengadaptasi ruang terbuka dalam rumah.

Desain sekat pun beragam bisa Pins sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari sekat berbentuk rak buku, sekat minimalis dekorasi, sampai sekat jenis portable yang dapat dipindahkan dengan mudah. 

17. Mencoba Konsep Zen

Source : Design Rumah

Jika ruang tamu kecil di dalam rumah cukup memiliki penerangan alami, konsep zen yang mendesain ruang tamu menjadi lesehan patut dicoba. Desain zen sangat mengedepankan unsur alam, maka dari itu tempatkan juga dekorasi tanaman hias di dalam ruang tamu. Gunakan alas yang sesuai dan tempatkan beberapa sofa di bagian yang terkena sinar matahari.

Baca juga:

18. Meniru Desain Tema Japandi

dekorasi ruang tamu minimalis
Source : Interior Design

Desain Japandi adalah gabungan dari desain tema Jepang dan Skandinavia. Pengaplikasian desain bertema Japandi menitikberatkan pada penataan ruangan dan penggunaan perabot praktis serta compact.

Dekorasi yang digunakan di dalam ruangan tidak terlalu berlebihan, tetapi tetap mengusung nuansa modern dan bergaya. Desain bertema Japandi cukup digandrungi karena cukup ringkas, tetapi dapat membuat tampilan ruang tamu menjadi terkesan luas dan mewah.

19. Kombinasi Warna Putih, Coklat, dan Emas

Source : Mustikaland

Desain bernuansa tropikal pada ruang tamu kecil sekali memakai unsur warna putih, cokelat, dan emas. Warna putih bisa menjadi warna dinding ruang tamu, warna cokelat bisa dipilih untuk warna furnitur, dan warna emas dapat diaplikasikan pada dekorasi lainnya. Manfaatkan sofa yang seukuran dinding agar ruangan dapat terkesan luas juga bergaya.

20. Manfaatkan Desain Ala Skandinavian

dekorasi ruang tamu minimalis
Source : Courtina

Ruang tamu ala skandinavia bisa kamu ciptakan di rumah dengan mudah, Pins. Walaupun ruangan berukuran kecil, konsep skandinavia bisa dibuat hanya dengan memanfaatkan berbagai barang yang ada.

Pertama, gunakan karpet bulu sebagai alas ruang tamu. Kedua, taruh sofa minimalis yang berisi 2 atau 3 dudukan. Terakhir, tambahkan dekorasi dengan perabot berbahan kayu agar ruangan tampil lebih elegan.

Baca juga:

21. Pakai Kursi Tatami

Source : Unsplash

Pins ingin membuat ruang tamu minimalis yang unik? Coba gaya Jepang, deh! Jepang adalah salah satu negara yang banyak menerapkan konsep minimalis dalam hidup. Buat ruang tamu dengan kursi tatami atau tatakan tempat duduk ala Jepang. Jangan ragu untuk menambahkan pohon atau tanaman yang senada, ya!

Baca juga:

22. Coba Ruang tamu Serba Putih

dekorasi ruang tamu minimalis
Source : Unsplash

Warna putih akan memberi kesan bersih, luas, dan ramah pada ruang tamu minimalis impianmu. Tambahkan satu atau dua lukisan untuk menambah kesan artistik. Penggunaan furnitur kaca dan batu juga dapat menambah kesan unik di desain ruang tamu seperti ini, Pins.

23. Gunakan Konsep Lesehan yang Nyaman

Source : fabelio

Inspirasi ruang tamu sederhana dengan desain tempat duduk lesehan juga menarik digunakan pada hunian yang menekankan kesederhanaan yang simpel lho Pins! Cocok sekali menjadi tempat berkumpul keluarga maupun teman yang sedang berkunjung.

Desain seperti ini mengutamakan kenyamanan dan juga kehangatan antar individu yang hadir. Kamu bisa menggunakan beberapa bantal menarik ukuran besar maupun kursi lipat sebagai elemen tambahan dalam ruang tamu jenis lesehan milikmu.

24. Pakai Warna Favorit

Source : instagram/ruangtamumungil

Dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik lainnya dapat Pins lakukan dengan perpaduan warna dominan di dalamnya. Pins hanya perlu memilih satu warna favorit, dan cobalah untuk menyesuaikan warna tersebut dengan ruangan. Contohnya seperti pengambilan warna coklat untuk ruang tamu di atas. Penghuni mencoba padukan warna coklat sofa dengan karpet yang senada.

25. Manfaatkan Tema Bohemian

Source : instagram/ruangtamumungil

Mengadaptasi desain ruang tamu dengan tema bohemian juga dapat menambah kesan menarik dalam ruang tamu. Inspirasi dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik satu ini cukup membuat para tamu betah berlama-lama di rumah. Cobalah untuk memadupadankan dengan perabot berbahan kayu atau rotan, tambahan dekorasi unik bohemian, agar tema ruang lebih terlihat.

Baca juga:

26. Mainkan Cahaya Dalam Ruang Tamu

dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik
Source : instagram/ruangtamuminimailis

Inspirasi dekorasi ruang tamu minimalis tapi menarik dapat Pins miliki dengan permainan pencahayaan di dalamnya. Tidak hanya dari penempatan jendela ruangan saja, lampu yang dipakai dalam ruangan juga mempengaruhi tema dari ruang tamu. Untuk suasana nyaman yang hangat, Pins bisa menggunakan lampu kecil dengan warna terang lampu kuning, seperti gambar di atas.

27. Pilih Perabot Unik

dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik
Source : instagram/ruangtamuminimailis

Penggunaan dekorasi ruang tamu minimalis sederhana ini dapat menarik perhatian tamu yang hadir lho! Selain dapat menjadi bahan pembicaraan, desain seperti ini membuat suasana rumah kian menyenangkan. Hal yang tidak biasa itu memang sesekali harus dilakukan agar tidak menimbulkan kebosanan. Lihat saja meja unik di atas, sangat menarik bukan?

Dengan mengikuti tips dekorasi di atas, Pins dapat menciptakan ruang tamu minimalis yang terlihat lebih luas dan terbuka. Ingatlah untuk memilih warna cerah, menggunakan cermin, dan memperhatikan tata letak serta perabotan yang tepat. Dengan sedikit kreativitas, ruang tamu Pins bisa menjadi tempat yang nyaman dan memikat.

Baca juga:

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Nismara Harapan Indah dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download