Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Desain Kolam Ikan Mini di Teras Rumah

Hobi

Desain Kolam Ikan Mini di Teras Rumah

Dipublikasikan oleh Bekti ∙ 10 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Tahukah kamu, Pins jika memelihara ikan dapat membantu mengurangi stres dan kejenuhan pikiran. Selain akuarium, kamu bisa membangun kolam ikan mini di teras rumah untuk mempercantik dan menambah keasrian rumah. Meskipun kecil, kolam ikan dapat dikreasikan sedemikian rupa agar terkesan mewah dan terlihat lebih elok.

Pinhome – Melihat ikan yang berenang dengan lincah di dalam kolam adalah salah satu pemandangan yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Bagi kamu para pencinta ikan hias, memiliki kolam ikan mini di teras rumah adalah suatu keharusan. Hal ini agar lebih memudahkanmu dalam menikmati keindahan ikan-ikan yang bergerak bebas sepanjang hari. Berikut beberapa inspirasi desain kolam ikan mini yang dapat diaplikasikan di rumahmu, Pins.

Kolam Ikan Kaca Minimalis

(Gila Koi)

Bahan kaca tidak hanya untuk akuarium saja, tetapi bisa dijadikan untuk kolam ikan kecil di teras rumah. Kolam ikan minimalis ini tentunya akan menambah cantik halaman depan rumahmu. Buatlah kolam ikan dengan model seperti akuarium rendah yang bisa ditaruh di lantai dan menggantikan fungsi dinding pembatas. Sisakan sedikit ruang pada kolam kaca agar tampilannya seperti televisi berisi ikan-ikan hidup yang berenang dengan elok.

Kolam Ikan Hijau dan Asri

(Shutterstock)

Untuk menambah kesan sejuk dan segar, kolam ikan mini di teras rumah bisa juga ditambahkan beberapa tanaman hijau di area kolam agar suasana bertambah asri. Buat area tersendiri di tepi atau pojokan kolam yang dapat ditanami berbagai macam tumbuhan. Selain tanaman hias, dapat pula ditambahkan hiasan batu-batu alam dan air mancur mini di tengah kolam.

Baca Juga : Contoh Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

Padukan dengan Platform Kayu

(Mamikos)

Memang banyak model desain kolam mini yang bisa dipilih untuk mempercantik halaman depan rumahmu. Kolam mini juga dapat dibangun dengan memadukannya dengan beberapa bahan lain, seperti platform kayu. Penambahan platform ini bisa membuat tampilan kolam ikanmu semakin cantik dan elegan.

Jika kamu menginginkan tampilan kolam yang sederhana, model seperti ini bisa diaplikasikan di rumah. Dekorasi yang simpel, tidak terlalu banyak pernak-pernik dapat membuat tampilan kolam terlihat sangat estetis. Agar tidak terkesan sepi, bisa juga tambahkan beberapa perabot lain.

Jadikan Tempat Beristirahat

(Shutterstock)

Kolam ikan kecil di teras rumah juga bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat dan bersantai, lho. Jika kolam ikanmu memiliki ukuran yang cukup luas, coba tambahkan dek kayu di atasnya. Pilih bahan kayu yang kuat dan memiliki kualitas tinggi. Setelah terpasang, tambahkan sofa atau kursi malas di atasnya lengkap dengan meja.

Tambahkan beberapa dekorasi tambahan, seperti tanaman hijau, guci, kendi, atau perabot lainnya. Sekarang, kamu bisa melihat ikan-ikan cantik yang berenang dengan lincah sambil bersantai bersama orang-orang terdekat. Sungguh sangat menyenangkan ya, Pins.

Manfaatkan Ruang Sempit

(IDN Times)

Tidak tersisa cukup ruang di rumah untuk membuat kolam ikan seperti di atas? Tenang saja, Pins, kamu masih bisa memanfaatkan sedikit ruang yang tersisa di halaman rumah. Pasanglah sekat ala kadarnya menggunakan keramik dinding serta pembatas berbahan kaca. Ukurannya kurang lebih di bawah 1 meter saja, tetapi bisa menjadi salah satu dekorasi cantik untuk teras depan rumahmu.

Bentuk Klasik yang Menarik

(Dengarden)

Umumnya, kolam ikan mini di teras rumah memiliki bentuk persegi, persegi panjang, atau mengikuti bentuk taman. Jika kamu menginginkan desain lain, cobalah untuk membangun kolam mini menggunakan desain klasik, seperti lingkaran atau elips. Bentuk klasik ini tidak hanya menarik, tetapi juga sangat cantik untuk diaplikasikan pada taman di teras rumah. Agar lebih manis, jangan lupa tambahkan beberapa dekorasi lain yang sesuai, seperti batu-batuan alam dan tanaman penyegar pemandangan.

Tambahkan Mini Air Terjun

(Shutterstock)

Suara gemercik air yang mengalir juga dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Tidak heran bila beberapa orang membangun kolam ikannya lengkap dengan mini air terjun. Tampilan kolam pastinya menjadi semakin elok dengan adanya air terjun buatan di tengah tengah kolam. Ikan-ikan juga dapat berenang dengan lebih gesit.

Selain diletakkan di tengah kolam, air terjun mini juga dapat dibuat di dinding rumah sehingga menyerupai tebing. Desain kolam ikan mini seperti ini juga jamak ditemui di berbagai rumah. Model ini terinspirasi dari habitat alami ikan-ikan yang ada di alam bebas sehingga kesan menyatu dengan alam bisa ditampilkan pada kolam.

Manfaatkan Bathtub Bekas

(Pinterest)

Alternatif lain yang lebih mudah dan murah untuk membuat kolam ikan mini di teras rumah adalah dengan memanfaatkan bathtub bekas yang bisa ditanam di lahan depan rumah. Dengan menggunakan bahan tersebut, bujet yang dikeluarkan tentu lebih sedikit dibandingkan dengan membangun kolam ikan pada umumnya. Tenang saja, hasil akhirnya masih dapat tampil secara estetis.

Untuk mempercantik kolam, jangan lupa menambahkan berbagai dekorasi yang sesuai. Selain tanaman dan batuan alam, kolam dari bathtub ini juga bisa dihias dengan berbagai figur unik, seperti patung ikan, kura-kura, malaikat kecil, dan lain-lainnya. Oh iya, usahakan ikan yang dipelihara tidak memiliki ukuran yang terlalu besar agar mereka tetap dapat berenang bebas tanpa perlu berdesakan.

Bagaimana, Pins? Siap untuk mengubah teras rumahmu menjadi kolam ikan yang cantik dan minimalis? Semoga inspirasi desain di atas bermanfaat ya!

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.


Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.


Tags :

Bagikan Artikel