BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Kamar Pembantu Nyaman untuk Lahan Terbatas
0
0

10 Desain Kamar Pembantu Nyaman untuk Lahan Terbatas

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 5, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
tips desain kamar pembantutop-right-banner

Seorang ibu yang bekerja di luar rumah biasanya tidak memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dan membersihkan rumah. Akhirnya mereka biasanya mengangkat pembantu untuk membantu menyelesaikan seluruh pekerjaan rumah tangga. Tentunya, akan membutuhkan tips desain kamar pembantu yang nyaman dan sesuai.

Kamar pembantu biasanya berukuran tidak terlalu besar karena memang hanya tempat beristirahat dan bersantai saja setelah pekerjaan selesai. Karena keterbatasan itulah Pins harus pintar mendesain kamar pembantu agar nyaman untuk ditinggali.

Pinhome punya 10 rekomendasi desain kamar pembantu nyaman dan cocok untuk lahan terbatas.

Baca Juga: 

Desain Kamar Pembantu dengan Penyimpanan Tersembunyi

Desain kamar pembantu
Source : ikea

Lahan kamar yang tidak terlalu luas akan menantang Pins untuk bisa mengisinya dengan sangat baik. Pins bisa membuat desain dengan penyimpanan tersembunyi agar pembantu tetap bisa menyimpan barang yang ia miliki tanpa harus memakan tempat tidur ataupun tempat bersantai lainnya.

Pins bisa membuat ruang lemari yang cukup besar namun bisa menempatkan banyak barang. Lemari multifungsi ini bisa dijadikan sebagai tempat menyimpan baju, sepatu dan barang berguna lainnya.

Desain Kamar Tidur Pembantu Fungsional

Desain kamar pembantu
Source : Farrow Ball

Lahan yang terbatas membuat Pins harus bisa memaksimalkan fugsi pada kamar. Pins bisa memanfaatkan setiap sudut pada ruangan seperti menggantung lampu, membuat rak buku dan menempatkan tempat tidur agar kamar bisa menyisakan space yang cukup luas.

Untuk mempercantik kamar, Pins bisa menggunakan warna-warna lembut seperti perpaduan cream dan biru. Pins bisa berkreasi dalam menata interior kamar.

Desain Kamar Pembantu dengan Rak Susun

Desain kamar pembantu
Source : Ikea

Memiliki rak susun di kamar akan memberikan ruang tambahan untuk menyimpan barang seperti buku, majalan hingga tanaman.      Dengan adanya rak susun kamar juga semakin rapih dan cantik. Dengan begitu Pembantu akan merasa nyaman ketika beristirahat setelah pekerjaan selesai.

Desain Kamar Pembantu Gaya Boho

Desain kamar pembantu
Source : Dunelm

Gaya boho sangat identik dengan warna-warna terang dan segar. Mendekorasi kamar dengan gaya ini akan membuat hari penghuninya menjadi lebih ceria. Untuk membuat gaya boho, Pins bisa menggunakan dinding putih yang dikombinasikan dengan kasur berwarna merah muda ataupun warna lembut lainnya.

Desain Kamar Pembantu Mezzanine

Desain kamar pembantu
Source : Ikea

Gaya mezzanine sangat cocok untuk mengakali ruangan yang terbatas. Pins bisa menempatkan kasur tingkat pada kamar sehingga pembantu bisa tidur di bagian atas. Sementara bagian bawah bisa digunakan untuk tempat bersantai seperti menempatkan sofa.

Dengan desain ini bagian kamar akan benar-benar luas dan bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan dan melakukan aktivitas lainnya. Sedangkan ketika tidur pembantu bisa naik ke atas kasur bertingkat.

Desain Kamar Pembantu dengan Kasur besar

Desain kamar pembantu
Source : Furnitur Village

Tidak perlu takut untuk menempatkan kasur besar pada kamar pembantu. Meskipun kamar pembantu tidak terlalu luas, Pins bisa mengakalinya dengan menempatkan furnitur kecil seperti laci dan kotak penyimpanan lainnya.

Dengan kasur besar Pins akan memastikan bahwa kualitas tidur pembantu akan benar-benar terjaga dengan baik. Tempat tidur besar juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai ketika belum tidur.

Desain Kamar Pembantu Furnitur Tanam

Desain kamar pembantu
Source : Ikea

Membuat furnitur tanam atau menyatu pada dinding akan membuat kamar menjadi luas. Pins bisa membuat lemari yang mengikuti bentuk dinding kamar. Sehingga hanya sisi ruangan saja yang terdapat furnitur, sehingga sisi lainnya bisa dimanfaatkan sebagai tempat istirahat.

Desain Kamar Pembantu Scandinavian

Desain kamar pembantu
Source : Argos

Meskipun membuat kamar menjadi lebih indah, menggunakan https://www.pinhome.id/blog/motif-terbaik-untuk-wallpaper-lantai-kayu/secara menyeluruh pada kamar akan memberikan kesan sempit. Nah, Pins bisa mengakalinya dengan menggunakan wallpaper hanya pada satu dinding saja untuk membuatnya lebih menonjol.

Padukan kamar dengan warna cerah agar wallpaper kayu menjadi semakin menarik perhatian dan indah. Dengan begitu Pins bisa menciptakan gaya Scandinavian pada kamar.

Desain Kamar Pembantu Tempat Tidur Sofa

Desain kamar pembantu
Source : DFS

Menggunakan tempat tidur yang sekaligus bisa menjadi sofa akan sangat berguna untuk ruangan yang sempit. Selain memberikan kenyamanan, Pins bisa menghemat ruangan menjadi lebih luas ketika ingin bersantai di dalam kamar.

Desain Kamar Pembantu Jendela Multifungsi

Desain kamar pembantu
Source : Hillary

Menghemat ruangan tidak berarti menghilangkan kenyamanan. Jika Pins memiliki lahan terbatas, Pins bisa memanfaatkan jendela sebagai tempat bersantai. Pins bisa mendesain jendela sekaligus sebagai meja yang bisa digunakan untuk membaca buku dan aktivitas lainnya. Selain itu pembantu juga bisa menikmati pemandangan luar sembari bersantai.

Tips Desain Kamar Pembantu yang Nyaman

Bila Anda termasuk keluarga yang menggantungkan jasa pembantu, marilah mencoba memberikan penghargaan yang lebih atas kerja keras mereka dengan membuatkan kamar tidur yang layak dan nyaman bagi mereka. Tips desain kamar berikut ini bisa Anda pertimbangkan:

Buatlah Planning Jangka Panjang

Seiring dengan berjalannya waktu, pertambahan jumlah keluarga pasti akan terjadi. Oleh karena itu Anda pun perlu bersiap dan memikirkan rencana untuk membuatkan ruang privasi bagi mereka, yakni kebutuhan kamar tidur.

Tips Desain Kamar Pembantu Perhatikan Letaknya

Letak kamar pembantu biasanya disesuaikan dengan lingkup kerjanya. Bila pekerjaan utama pembantu berhubungan dengan area dapur dan kamar mandi, biasanya letak kamar yang ideal bagi mereka adalah berdekatan dengan area tersebut. Begitu pula bila pekerjaan mereka berhubungan dengan perawatan taman serta membuka dan menutup pintu gerbang.

Umumnya kamar mereka diletakkan di bagian depan rumah. Ada baiknya Anda memang memiliki ruangan tersisa di dalam rumah sehingga sewaktu-waktu bisa didesain ulang agar layak digunakan sebagai kamar.

Baca Juga: 

Gunakan Desain yang Nyaman

Pastikan kamar pembantu menyatu dengan bagian ruangan lainnya dan memiliki ventilasi yang memadai agar sirkulasi udara dan cahaya matahari bisa terpenuhi dengan optimal.

Dengan menggunakan beberapa tips dan desain diatas tentunya, ruangan kamar pembantu akan menjadi lebih nyaman. Selain itu, privasi untuk mereka juga selalu terjaga.

Baca Juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Al Marina Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download