Pinhome

Tips Properti

Desain Garasi Rumah Minimalis yang Aman

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Desain garasi rumah minimalis cocok bagi hunian yang tidak memiliki ukuran yang luas atau besar. Garasi memang salah satu bagian rumah yang dirasa cukup penting untuk dimiliki. Ia memiliki fungsi yang esensi untuk menempatkan kendaraan dengan aman. Bukan hanya melindungi kendaraan dari pencuri saja, garasi dapat melindungi kendaraan dari cuaca.

Untuk membuat desain garasi rumah minimalis tidaklah sulit. Meskipun ukuran menjadi salah satu tantangan namun bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan. Mengingat betapa pentingnya garasi khususnya bagi keluarga yang memiliki kendaraan, maka menciptakan garasi yang aman dan nyaman dirasa perlu.

denah garasi

Desain Garasi Rumah Minimalis yang Aman

Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan desain garasi rumah minimalis yang aman.

– Posisi

Posisi garasi bisa diatur sesuai kondisi rumah. Beberapa orang membangun garasi didepan rumah dan beberapa membangunnya dibagian pinggir rumah. Semua kembali pada selera masing-masing. Jika masih ada lahan disamping rumah bisa dibangun garasi agar tampilan rumah depan tidak terganggu dengan adanya garasi.

– Ukuran

Karena konsep yang dipakai adalah minimalis, maka tidak diperlukan lahan yang terlalu luas untuk membangun garasi. Ukuran garasi bisa disesuaikan dengan kendaraan yang dimiliki. Namun pastikan agar tidak membuatnya terlalu sempit agar kendaraan masih bisa bergerak bebas.

– Desain

Desain garasi bisa disesuaikan dengan lahan serta selera pemilik rumah. Jika tidak ada cukup lahan untuk membuat garasi lengkap dengan rolling door maka bisa dibuat garasi model carport yang ridak memiliki ruang khusus namun dipasangkan kanopi untuk melindungi kendaraan dari hujan atau sinar matahari.

– Tipe pintu

Pintu garasi terbuat dari material yang bervariasi. Ada yang terbuat dari kayu ataupun besi. Untuk menciptakan kesan klasik yang elegan bisa digunakan pintu kayu. Namun untuk kesan futuristik dan modern bisa digunakan pintu besi. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

Sentuhan Akhir Desain Garasi Rumah Minimalis

Beberapa hal yang bisa mempercantik garasi rumah minimalis seperti:

  • Warna yang tidak terlalu mencolok namun juga tidak terlalu gelap.
  • Kanopi baja yang ringan bisa dijadikan pilihan untuk tipe garasi semi carport.
  • Kunci gembok dan hal-hal lainnya menyangkut keamanan penyimpanan kendaraan harus diperhatikan.

Meskipun fungsi garasi untuk menempatkan kendaraan dengan aman, bukan berarti nilai estetika dihilangkan. Garasi tetap harus terlihat indah agar bisa mengimbangi desain rumah yang ada sehingga keberadaan garasi bisa menambah keindahan bukan merusaknya. Jika sulit untuk membuat garasi, maka garasi semi carport pun tidak mengapa untuk melindungi kendaraan. Itulah beberapa tips untuk menciptakan desain garasi rumah minimalis yang diperuntukkan untuk rumah yang tidak memiliki space yang cukup luas.

Tags :

Bagikan Artikel