Kamus Istilah Properti

Decluttering

istilah properti

Decluttering

Saat ini, mungkin masih banyak dari kita yang menggunakan barang secara berlebihan. Sehingga tidak jarang banyak sekali barang yang jarang terpakai menumpuk di rumah dan membuat rumah menjadi terlihat lebih berantakan. Padahal dengan rumah yang berantakan bisa menimbulkan rasa risih atau tidak nyaman saat berada di rumah.

Bahkan buruknya bisa berpengaruh terhadap mood kamu saat menghabiskan waktu di rumah. Namun seiring berkembangnya zaman, telah banyak metode penyisihan barang. Iya, menurut Marie Kondo, metode decluttering adalah kuncinya.

Mungkin banyak dari kamu yang baru mendengar istilah decluttering ini. Padahal istilah ini telah lama digunakan terutama dalam topik-topik hidup minimalis. Nah, bagi Pins yang penasaran apa itu decluttering dan bagaimana aplikasinya, yuk simak informasi lengkapnya lewat ulasan di bawah ini!

Baca juga: Cara Membuat Rumah Bersih dan Rapi Setiap Saat

Mengenal Apa Itu Decluttering

(Pixabay)

Decluttering adalah istilah dari bahasa Inggris yang berasal dari kata declutter. Sedangkan declutter adalah menyisihkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, merapikan atau memilah barang. Decluttering dalam bahasa Inggris memiliki arti “remove unnecessary items from an untidy or overcrowded place”. Jadi decluttering artinya memang memilah dan menyisihkan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Berbeda dengan sistem beres-beres biasa, decluttering artinya memilah berbagai barang yang kamu miliki namun sudah tidak terpakai lagi. Hal ini dapat membuat ruang yang lebih luas pada rumah. Jadi dalam decluttering, Pins harus pandai-pandai dalam memilah mana saja barang yang tidak diperlukan. 

Karena decluttering ini sering gagal dilakukan oleh banyak orang. Hal ini karena rasa sayang berlebihan terhadap suatu barang yang akhirnya malah membuat barang-barang yang jarang terpakai ini tetap menumpuk di dalam rumah.

Baca juga: Tips dan Cara Menata Ruangan Sempit Agar Rapi

Tips Melakukan Decluttering

(Pixabay)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, meski terlihat sepele decluttering adalah hal tidak yang mudah dilakukan. Banyak orang gagal melakukan decluttering karena kecintaannya terhadap suatu barang secara berlebihan.

Sehingga orang tersebut kesulitan menyisihkan barang-barang yang sebenarnya sudah ia tidak gunakan. Tapi tenang! Pinhome akan membagikan tips melakukan decluttering, yuk simak caranya!

Mulai Decluttering dari Ruangan dengan Privasi Tinggi

Jika Pins kebingungan bagaimana cara memulai decluttering, kamu bisa memulainya dari ruangan dengan privasi tinggi seperti kamar, kamar mandi, ruang keluarga, baru ke ruangan-ruangan dengan aktivitas yang tinggi seperti dapur, ruang makan dan ruang tamu

Hal ini akan memberikan kamu kesempatan untuk lebih fokus dalam menyisihkan barang mulai dari ruangan yang paling privasi hingga ke ruangan-ruangan dengan traffic yang tinggi. Jadi barang yang kamu pilah akan lebih banyak dan terfokus sesuai kebutuhan.

Baca juga: Yuk Cari Tahu Tips Menata Rumah dengan Barang Bekas

Gunakan Metode-Metode dalam Decluttering

Jika ingin proses decluttering ini terasa lebih mudah, kamu bisa menggunakan beberapa metode decluttering. Metode decluttering ini adalah metode penyisihan barang yang telah dicetuskan oleh beberapa ahli dan telah terbukti berhasil pada banyak orang. Ini dia beberapa metode decluttering yang bisa kamu lakukan, yaitu:

Metode 4 Kotak

Metode ini dilakukan dengan menyiapkan 4 buah kotak atau kardus yang mana tiap kotak ini akan memiliki fungsi yang berbeda. Misalnya, pada kardus 1 kamu kategorikan sebagai “simpan” yang mana kamu akan memasukkan barang-barang yang akan kamu simpan pada kardus lainnya. 

Kemudian pada kardus 2 kamu kategorikan sebagai “buang” yang mana semua barang yang kamu letakkan pada kardus 2 adalah barang-barang tidak terpakai yang akan kamu buang karena tidak bisa digunakan kembali. 

Lalu pada kardus 3 kategorikan sebagai “pindahkan” yang mana semua barang yang masuk ke kardus 3 adalah barang-barang yang akan kamu pindahkan ke tempat atau ruangan lain. 

Terakhir, kategorikan kardus 4 sebagai “berikan” yang mana memudahkan kamu dalam memilah barang yang masih bisa dipakai namun sudah tidak kamu gunakan agar bisa diberikan kepada orang lain.

Baca juga: 15 Desain Rak Kayu Palet Unik untuk Furniture Rumah

Packing Party

Pada metode ini akan membuat decluttering menjadi terasa lebih sulit namun juga lebih sederhana. Karena pada metode ini, Pins diharuskan menyisakan barang yang benar-benar dibutuhkan saja layaknya orang yang akan bepergian. Sehingga packing party ini memang menjadi metode favorit pada orang dengan gaya minimalis.

Minimalist Game

Metode decluttering ini adalah metode yang mana membuat kamu menyisihkan barang tidak terpakai dengan jumlah sesuai tanggal. Misal, pada tanggal 1 setiap bulannya kamu harus menyisihkan 1 barang.

Lalu pada tanggal 2 kamu harus menyisihkan 2 barang dan seterusnya. Sehingga pada akhir bulan tidak terasa kamu sudah berhasil menyisihkan ratusan barang di rumah.

Rapikan Barang Secara Berkala

(Pixabay)

Penggunaan barang yang dilakukan setiap hari tentu tidak bisa menghindarkan kamu pada realita barang-barang yang tidak kembali ke tempatnya sehingga menghasilkan rumah yang berantakan. Hal ini juga bisa terjadi pada rumah dengan barang yang sedikit. 

Nah, setelah proses decluttering, kamu perlu melakukan perawatan dengan merapikan barang secara berkala. Hal ini untuk menjaga rumah tetap rapi sehingga mood penghuni rumah juga lebih baik ketika berada di rumah.

Itulah informasi mengenai apa itu decluttering serta tips dalam melakukan decluttering sendiri di rumah. Semoga dengan ulasan di atas membuat Pins semakin semangat dalam decluttering, karena decluttering adalah salah satu hal positif yang bisa membuat Pins memiliki gaya hidup minimalis.

Baca juga: 3 Tips Mempercantik Rumah dengan Barang Bekas

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.