Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Persiapan Data Untuk Membuat Desain Taman Rumah

Persiapan Data Untuk Membuat Desain Taman Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 15 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah sehat dengan taman rumah yang sejuk dan indah merupakan sebagian dari faktor pendukung kenyamanan dalam menghuni tempat tinggal, taman perlu didesain sedemikian rupa agar menarik sekaligus sesuai dengan harapan para penghuni rumah.

Untuk itu diperlukan persiapan berupa pengumpulan data untuk membuat desain taman rumah, data-data tersebut akan sangat mendukung dalam mendesain sendiri atau bekerja sama dengan arsitek landscape untuk mewujudkan bentuk taman nan indah.

Pada artikel kali ini, kamu akan menjabarkan poin-poin penting dalam mempersiapkan data untuk membuat desain taman rumah.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman di Dalam Rumah

Data Untuk Membuat Desain Taman Rumah

data untuk membuat desain taman

Data Untuk Konsep Taman

  1. Bentuk dan ukuran tanah di halaman rumah.
  2. Rencana mau dipakai untuk apa saja, misalnya ingin ada carport sebagai tempat parkir mobil lengkap dengan area untuk mencuci kendaraan, jalan, kolam ikan, tempat tumbuh tanaman, dan beberapa fungsi lain yang direncanakan.
  3. Tanaman yang saat ini sudah ada dan diharapkan akan tetap ada pada desain taman nantinya.
  4. Tanaman yang disukai dan diharapkan akan ada di halaman rumah.
  5. Warna tanaman yang disukai, sehingga bisa menyesuaikan jenis tanaman yang akan di tanam di halaman rumah.
  6. Jenis lampu atau penerangan yang disukai, kita bisa menggunakan teknologi listrik tenaga matahari agar instalasi kabel di halaman rumah tetap rapi sekaligus menghemat biaya tagihan listrik PLN.

Data Kondisi Rumah

  1. Tingkat keamanan lingkungan dimana rumah berada, contohnya untuk tipe cluster dengan pagar bersama maka masing-masing rumah tidak memerlukan pagar dan gerbang pribadi, sedangkan untuk rumah yang membutuhkan pengamanan ekstra maka bisa dibuatkan pagar secara khusus.
  2. Kebutuhan jalan, misalnya akan ada mobil, sepeda motor, dan pejalan kaki yang akan keluar masuk pagar rumah, jadi ketiganya perlu disiapkan gerbang pagar sedemikian rupa agar lancar dan tidak saling mengganggu, contohnya pada perumahan tipe 21 atau rumah tipe 36 di perumahan bukanlah hal baik jika ketika hendak memasukan sepeda motor tapi harus mengeluarkan mobil terlebih dahulu karena area parkirnya menghalangi jalan.
  3. Rencana pengembangan rumah masa depan, apakah akan mengorbankan sebagian halaman untuk tempat mendirikan bangunan baru, sehingga taman perlu dipersiapkan dari awal agar tidak terganggu dan tetap berfungsi dengan baik ketika bangunan baru telah berdiri.

Data-data lain juga perlu dipersiapkan dengan baik demi kelancaran dalam membuat desain taman. Selain itu, kreatifitas dalam berimajinasi juga sangat diperlukan untuk merencanakan dan membangun taman terbaik. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel