Dampak Negatif Ulat Hongkong Untuk Burung

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ February 7, 2022 ∙ 4 menit membaca

Memelihara burung harus memberikan beberapa perawatan optimal. Tanpa terkeculai untuk memperhatikan pemberian makanan tambahan atau EF nya. Salah satu EF yang sering diberikan untuk burung kicau yaitu ulat hongkong. Namun, terdapat juga dampak negatif ulat hongkong untuk burung yang sering ditemui.

Pinhome – Ulat Hongkong merupakan jenis EF yang juga banyak dimanfaatkan oleh pemelihara burung untuk diberikan pada burung-burungnya. Tak hanya pada burung-burung yang disiapkan untuk lomba, namun juga burung-burung yang sedang mabung pun juga dirasa perlu untuk diberikan Ulat Hongkong ini.

Baca Juga:

Dampak Negatif Ulat Hongkong Untuk Burung Kicau

dampak negatif ulat hongkong untuk burung
(Burungnya.com)

Ulat Hongkong ini juga sudah dikenal sebagai EF yang sangat baik untuk burung. Akan tetapin efeknya terlalu panas. Akibatnya, burung yang diberikan Ulat Hongkong terlalu sering juga bisa menyebabkan berbagai masalah lainnya. Diantaranya seperti burung bisa menjadi lebih galak, terlalu birahi, rontok bulu, katarak dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, pemberian Ulat Hongkong pada burung kicau ini sebaiknya diatur sedemikian rupa. Anda harus bisa meminimalisir dampak negatif Ulat Hongkong pada burung. Jangan terlalu banyak dalam memberikannya. Setidaknya anda bisa memberikannya 5—10 setiap seminggu sekali. Tujuannya tak lain untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti di atas.

Sebagian besar orang pastinya mengkhawatirkan efek dari pemberian Ulat Hongkong tersebut. Hal ini disebabkan karea ulat ini berpotensi merusak mata burung. Sudah banyak sekali yang mengetahui jika burung-burung yang memakan Ulat Hongkong terlalu sering dan berlebihan dapat menjadikan mata burung menjadi berair.

Selain itu efek pemberiannya juga bisa berdampak pada mata burng menjadi katarak. Ini semua bisa terjadi karena Ulat Hongkong memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kandungan lemak yang ada dalam Ulat Hongkong ini juga dinilai sangat tinggi. Maka dari itu, apabila dikonsumsi secara terus menerus maka tidak hanya kebutaan yang akan dialami oleh jenis burung tersebut.

Akan tetapi juga dapat menjadikan burung tersebut kegemukan. Bahkan, dampak negatif ulat hongkong yang diberikan pada keadaan hidup juga dapat mengganggu sistem pencernaannya. Lantas bagaimana cara mengurangi dampak negatif ulat hongkong pada burung kicau?

Baca juga:

Cara Meminimalisir Efek Ulat Hongkong Pada Burung

dampak negatif ulat hongkong untuk burung
(Bincangsyariah.com)

Ada sebuah tips bagaimana cara yang bisa dilakukan supaya Ulat Hongkong tidak terlalu panas. Dengan demikian, menjadikannya tidak terlalu berbahaya bagi burung. Paling utamanya karena ada kaitannya dengan kerusakan pada bagian mata burung.

Untuk meminimalisir efek Ulat Hongkong, maka sebelum Ulat Hongkong diberikan pada burung, sebaiknya anda memberikan wortel pada ulat itu. Caranya, anda bisa belah wortel sampai menjadi dua bagian. Setelah itu letakkan pada wadah Ulat Hongkong.

Kemudian biarkan wortel tersebut dimakan sampai besok harinya. Dan sesudah esok harinya, anda semua baru bisa memberikan Ulat Hongkong tersebut pada burung.

Wortel di sini diberikan karena bersifat dingin. Dan ini mungkin dipengaruhi oleh kandungan vitamin A yang sangat tinggi pada wortel. Yang mana apabila dikonsumsi oleh manusia pun juga akan sangat membantu mengurangi gangguan mata.

Maka dari itu, Ulat Hongkong yang sebelumnya memiliki potensi timbulnya gangguan pada mata burung, dengan meminimalisir efek Ulat Hongkong menggunakan wortel risiko itu bisa dikurangi.

Bahkan anda semua juga dapat memberikan Ulat Hongkong ini sesuai denganapa yang anda inginkan. Akan tetapi, sebab hal ini belum dibuktikan secara ilmiah, maka sebaiknya anda tetap harus membatasi pemberian Ulat Hongkong ini.

Baca Juga:

Kesimpulan

Meskipun ulang hongkong termasuk jenis pakan burung yang tergolong baik, hal yang perlu and perhatikan adalah dalam pemberiannya. Karena setiap jenis pakan yang diberikan memilki dampak negatif dan positif tak terkecuali ulat hongkong tersebut

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Dampak Negatif Ulat Hongkong Untuk Burung Kicau Anda.

Baca Juga:

Featured Image Source: Duniabinatang.net


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Uncategorized
Uncategorized 12 Aplikasi Ganti Wajah Terbaik 2023

Aplikasi ganti wajah semakin populer seiring dengan berkembangnya teknologi. Aplikasi ini digunakan

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik 2023

Pernahkah Pins kesulitan menemukan lagu? Misalnya, kamu sedang berada di sebuah kafe dan tiba-tiba

Berita Pinhome
Berita Pinhome Listing Properti Eksklusif Pinhome, Garansi Bebas Biaya Tersembunyi Sejak Awal

Memiliki rumah idaman adalah impian sejuta umat. Pinhome sebagai pioneer platform properti end-to-e

Finansial
Finansial Ini 6 Cara dan Tips Membuka Bisnis atau Usaha Sendiri di Rumah

Sekarang ini banyak cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa Pins coba. Membangun bisnis sekar

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ananta Homes Tenjo, Hunian Minimalis di Kawasan Strategis

Membeli rumah idaman memang bukan persoalan mudah. Pins harus menentukan apakah lokasi rumah terseb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia