Dampak Industri eLearning Pada Kehidupan Kita

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ January 24, 2023 ∙ 4 menit membaca

Industri eLearning telah mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pada artikel ini, kita akan membahas evolusi eLearning sejak awal.

Pelajari Lebih Lanjut Tentang Industri eLearning

Industri eLearning telah mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dari tayangan slide hingga teknologi AR, telah banyak berkembang. Sebuah laporan Statista mengatakan, saat ini, lebih dari 3,8 miliar pengguna smartphone ada di pasar. Dan sekarang, dengan pengguna sebanyak itu, banyak pengembang mulai menawarkan layanan melalui aplikasi seluler untuk hampir semua hal, baik itu belajar, bepergian, atau bahkan makan, ada aplikasi seluler yang sudah ada.

Sekarang, dengan digitalisasi yang berkembang, terutama selama COVID-19, eLearning telah membuat siswa dan guru tetap terhubung. Meski perguruan tinggi dan universitas ditutup, eLearning memastikan proses pembelajaran tidak berhenti. Itu juga membantu siswa dan guru tetap terlindungi dari virus mematikan.

Budaya pembelajaran online dimulai pada tahun 1990 ketika Duke University dan Cornell University memprakarsai program sertifikasi online. Saat ini, kursus online memiliki lebih dari enam juta siswa di seluruh dunia.

Baca juga: 9 tool EdTech untuk membantu Guru sukses

Dampak Industri eLearning

Statistik Industri eLearning

Untuk memahami dampak nyata dari industri eLearning pada kehidupan kita, statistik dapat sangat membantu. Mari kita lihat yang paling penting:

  1. Sebuah laporan oleh GlobalNewswire menyatakan bahwa industri eLearning diperkirakan akan mencapai 305,3 miliar USD pada tahun 2025.
  2. Laporan BusinessWorld mengatakan di India, industri eLearning diperkirakan akan mencapai 1,96 miliar USD pada tahun 2021 dengan tingkat pertumbuhan 25% per tahun.
  3. Menurut Fortune Business Insights , Global Learning Management System (LMS) diperkirakan akan mencapai nilai 38,10 miliar USD pada tahun 2027.

Baca juga: Tren yang muncul dalam Pendidikan dan Teknologi masa depan

Peran Penting Industri eLearning Dalam Kehidupan Kita

Industri eLearning berkembang pesat. Selain itu, juga berkembang secara teknologi. Ambil AR dan VR misalnya. Sekarang, bidang-bidang seperti kedokteran, teknik, dan arsitektur, antara lain menggunakan AR dan VR untuk mengajar siswanya. Hal ini tidak hanya menghasilkan pengalaman belajar yang lebih baik tetapi juga membuat belajar menjadi menyenangkan dan menarik.

Mari kita lihat 6 manfaat industri eLearning:

1. Pembelajaran Lebih Mudah Diakses

Sekarang, dengan bantuan eLearning, semakin banyak siswa dapat memiliki sumber daya untuk belajar di mana saja dan kapan saja. Selain itu, eLearning juga membawa pendidikan ke tempat-tempat terpencil di mana sekolah tidak ada.

Selain itu, di banyak negara, anak-anak harus menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mencari nafkah. Dengan demikian, mereka membolos sekolah. eLearning dapat mengisi ruang itu jika mereka memiliki lebih banyak akses ke smartphone.

2. Pendidikan Semakin Murah

Dengan bantuan internet, tidak hanya dimungkinkan untuk belajar secara gratis tetapi juga untuk menerima bantuan dari orang-orang nyata yang tidak akan membebankan biaya kepada siswa sebanyak perguruan tinggi.

Misalnya, Khan Academy dan Udemy adalah contoh terbaik yang menawarkan pengajaran gratis untuk beberapa waktu. Dan, bagian terbaiknya adalah kurikulum yang dicakup oleh aplikasi pembelajaran tersebut cocok untuk siswa dari berbagai negara.

Apalagi barang-barang lain seperti buku catatan, buku, pulpen, dll., tidak diperlukan lagi. Ini menghentikan pengeluaran yang tidak perlu, dan siswa tidak perlu lagi membawa tas berat dengan banyak buku.

3. Bantuan Pembelajaran yang Dipersonalisasi

Banyak aplikasi eLearning menggunakan AI untuk melacak kinerja pengguna. Oleh karena itu, AI memberi mereka pengalaman belajar yang dipersonalisasi bersama dengan tips bermanfaat. Aplikasi seperti Embibe juga memiliki situs web.

Di portal, Anda dapat memilih kursus yang Anda sukai dan menguji pengetahuan Anda secara berkala. Setiap tes akan menghasilkan grafik yang dipersonalisasi di mana Anda dapat melihat kelemahan dan kekuatan Anda.

4. Platform Penghasilan Untuk Guru

Beberapa tahun yang lalu, guru bergantung pada perguruan tinggi atau biaya kuliah. Namun, perbedaan utama antara pembelajaran online versus pembelajaran di kelas adalah bahwa sekarang siapa pun dengan pengetahuan yang baik tentang mata pelajaran tertentu memiliki peluang untuk menghasilkan uang. Mendaftar untuk platform ini dan menjadi guru lebih mudah, bahkan untuk yang lebih baru.

5. Peluang Untuk Meningkatkan Keterampilan Bagi Karyawan

Banyak karyawan tumbuh dalam karir mereka dengan mendaftar untuk kursus peningkatan keterampilan. Seperti yang dikatakan, “Tidak ada usia yang tepat untuk belajar. ” Organisasi seperti Udemy menawarkan kursus pembelajaran berbasis keterampilan seperti Python, Java, ekonomi, dan lainnya bagi orang-orang untuk mengembangkan keterampilan mereka.

6. Belajar Menyenangkan

Seperti disebutkan di atas, teknologi AR dan VR digunakan untuk mengajar mahasiswa kedokteran. Selain itu, banyak sekolah telah mengadopsi teknologi untuk mendidik siswa tentang topik-topik seperti ruang angkasa, sains, teknologi, dan banyak lagi.

Teknologi AR saat ini cukup pintar untuk mendeteksi objek nyata dan mengintegrasikan elemen AR ke dalamnya. Selain itu, teknologi VR membawa siswa lebih dekat ke dunia nyata. Jadi, tidak hanya mudah dipahami tetapi juga cara yang menyenangkan untuk mengingat sesuatu.

Baca juga: 321 Tool Gratis untuk Guru, teknologi pendidikan pembelajaran online

Kesimpulan

Masa depan eLearning berkembang dan belum mencapai potensi penuhnya. Ada banyak negara di mana internet masih mahal. Jadi, untuk industri eLearning, menjangkau setiap pengguna di pasar masih merupakan tugas yang terdengar mustahil. Namun, ketika keadaan berbeda, seperti internet yang lebih murah untuk semua orang dan lebih banyak pengguna yang dapat menggunakan smartphone, industri eLearning juga akan menyaksikan dampak positifnya.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia