Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Daftar Lengkap Gambar Rumah Adat dan Asalnya dari Seluruh Indonesia

Lifestyle

Daftar Lengkap Gambar Rumah Adat dan Asalnya dari Seluruh Indonesia

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 21 May 2021 ∙ 4 menit membaca

Indonesia terdiri dari ribuan pulau dengan ribuan suku mulai dari Sabang sampai Merauke. Tidak heran, selain kaya akan hasil alamnya, Indonesia juga dikenal kaya akan budaya. Mulai dari bahasa daerah hingga hingga rumah adat dan asalnya dari berbagai daerah.

Pinhome – Ya, rumah adat sangat beragam tersebar di seluruh Indonesia menyesuaikan suku dan daerah masing-masing. Bahkan masih banyak orang yang menggunakan rumah adat sebagai tempat tinggal. Selain ciri khas pada rumah adat, bangunan-bangunan rumah adat dikenal kokoh dan sangat kuat. 

Nah, bagi Anda yang penasaran tentang bentuk rumah-rumah adat, yuk simak daftar gambar rumah adat dan asalnya dari berbagai daerah di Indonesia pada ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Ciri Dan Macam-Macam Rumah Adat Jawa Barat

Rumah Gadang

rumah adat dan asalnya
(Pinterest)

Rumah gadang adalah salah satu rumah adat Indonesia yang cukup terkenal. Bagi Pins yang penasaran akan daerah asalnya gambar rumah adat ini, rumah gadang adalah rumah adat yang berasal dari Sumatera Barat. 

Baca Juga: Ini Dia Nama Dan Gambar Rumah Adat Suku Betawi Dan Filosofinya

Setiap bagian rumah ini memiliki makna tersendiri, misalnya saja gonjong (atap) yang berbentuk seperti tanduk yang bermakna seperti harapan untuk mencapai Tuhan. 

Kemudian pada dindiang (dinding) yang terbuat dari anyaman bambu melambangkan masyarakat Minangkabau yang mana merupakan bagian dari masyarakat yang besar atau tidak individualis.

Baca Juga: Nama Dan Keunikan Rumah Adat Bali

Rumah Kebaya

rumah adat dan asalnya
(Pinterest)

Jika mendengar kebaya, tentu Pins akan terbayang baju adat khas Indonesia yang sering digunakan oleh wanita. Namun tidak hanya pada baju, kebaya juga digunakan sebagai nama dari sebuah rumah adat, yaitu Rumah Kebaya. Gambar rumah adat kebaya ini berasal dari suku Betawi. 

Disebut kebaya karena atap pada rumah adat ini mirip dengan lipatan kebaya. Rumah adat ini masih banyak digunakan hingga saat ini. Bahkan bagian list runcing pada bagian atap rumah ini juga banyak digunakan pada rumah-rumah modern.

Rumah Joglo

(Pinterest)

Jika melihat gambar rumah adat yang satu ini mungkin sebagian dari Pins sudah sangat familiar dengan nama dan asalnya. Ya, rumah joglo ini adalah rumah adat yang berasal dari daerah Jawa Tengah. 

Rumah adat yang satu ini memiliki empat bagian, yaitu pendopo (ruang tamu), pringgitan (ruang samping), ruang dalem (ruang utama( dan sentong (tempat penyimpanan). Rumah joglo memiliki dibangun dengan bahan kayu namun kekuatannya tidak perlu diragukan lagi.

Rumah Baduy

(Pinterest)

Rumah Baduy merupakan salah satu rumah adat yang berasal dari daerah Banten. Rumah adat yang satu ini banyak digunakan oleh suku Baduy, yaitu salah satu suku yang berada di Banten. Rumah adat yang satu ini berbentuk rumah panggung dengan bahan bambu. 

Pada bagian atap terdiri dari daun yang disebut juga dengan sulah nyanda. Kemudian pada bagian pintu dan dinding rumah dibuat dari anyaman bambu yang disebut dengan sarigsig.

Rumah Sasak

(Pinterest)

Rumah adat selanjutnya adalah rumah adat yang berasal dari Lombok. Rumah sasak merupakan rumah yang terbuat dari anyaman dan atapnya terbuat dari jerami atau akar rumput alang-alang. Bahkan pada lantai rumah sasak terbuat dari campuran batu bata, abu jerami dan getah pohon.

Rumah Krong Bade

(Pinterest)

Kembali ke Pulau Sumatera, gambar rumah adat yang satu ini asalnya dari Aceh. Rumah Krong Bade memiliki ciri khas anak tangga yang berjumlah ganjil pada bagian depan rumah yang digunakan sebagai jalan masuk ke dalam rumah.

Dinding dari rumah ini terbuat dari kayu yang kokoh dan tahan lama. Pada atap rumah Krong Bade dibuat dari daun rumbia, sedangkan pada lantainya dibuat dari bambu.

Rumah Honai

rumah adat dan asalnya
(Pinterest)

Mungkin sudah banyak dari Pins yang tidak asing dengan gambar rumah adat yang satu ini dan asal daerahnya. Rumah adat ini bernama Honai dan berasal dari Papua. Rumah adat ini terbuat dari kayu dan pada bagian atapnya terbuat dari ilalang kering. 

Rumah adat honai biasanya minim akan ventilasi atau jendela karena rumah adat ini difungsikan untuk menghangatkan penghuninya, akibat masyarakat Papua yang banyak tinggal di pegunungan.

Rumah Sunda

rumah adat dan asalnya
(Pinterest)

Jika berbicara tentang Sunda, tentu Pins sudah tidak asing dengan gambar rumah adat dan asalnya. Ya, rumah adat yang satu ini adalah rumah Sunda yang berasal dari daerah Jawa Barat. Rumah adat ini berbentuk panggung hanya saja dengan kaki-kaki yang lebih pendek. Ciri khas dari rumah sunda adalah atapnya yang sangat bervariasi sesuai dengan daerah rumah adat tersebut seperti Jolopong, Badak Heuay dan Perahu Kemurep.

Itulah beberapa gambar rumah adat dan asalnya yang perlu Pins ketahui. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel