Daftar Lengkap Hotel Karantina di Jakarta dan Sekitarnya - Pinhome

Pinhome

Daftar Hotel untuk Karantina di Jakarta dan Sekitarnya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 1 December 2021 ∙ 6 menit membaca

Sejak Pemerintah membuka pintu penerbangan Internasional per 17 September 2021, masyarakat Indonesia perlahan mulai hilir mudik. Hal ini pun menjadi sebuah fenomena yang disorot, karena melancong di tengah pandemi tentu membutuhkan protokol kesehatan yang lebih ketat. 

Pinhome – Selama pandemi, setiap negara memberlakukan kebijakan keluar masuk dari dan ke negara lain. Tujuannya untuk meminimalisir penyebaran virus covid varian baru sehingga bisa menekan laju infeksi. Menurut media Kompas, saat ini hanya dibuka dua bandara yang melayani penerbangan Internasional yaitu Bandara Soekarno Hatta, Banten dan Bandara Sam Ratulangi, Manado.

Kebijakan ini ditempuh untuk menjaga ketertiban dan menghindari penyebarluasan virus covid di masyarakat. Selain itu, kebijakan bagi para Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru saja tiba ke tanah air adalah melakukan karantina. Seperti yang kita tahu masa inkubasi virus corona ini berkisar antara 5-6 hari dan bahkan ada yang mencapai 14 hari. Oleh karena itu periode karantina pun menyesuaikan dengan waktu inkubasi virus covid. 

Kegiatan karantina ini tentu wajib karena untuk menghindari penularan jika WNI yang datang bersifat Orang Tanpa Gejala (OTG). Isu yang santer baru saja ini adalah seorang influencer tanah air yang nekat tidak melakukan karantina setelah pulang dari Amerika Serikat. Kondisi ini tentu menuai banyak protes keras dari masyarakat. 

Lalu, kenapa sih harus karantina di hotel dan tidak boleh karantina di rumah?

Ada banyak alasan yang menjadikan kegiatan karantina ini harus dilakukan di hotel yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Berikut ini beberapa alasan yang perlu kamu tahu ya Pins.

Mencegah penularan ke keluarga

Kegiatan karantina pada dasarnya untuk mengisolasi sementara para WNI yang baru tiba dari luar negeri. Hal ini bertujuan untuk memastikan WNI tidak menjadi OTG bagi keluarga di rumah. Maka dari itu, lama karantina pun menyesuaikan dengan masa inkubasi virus covid. Jadi, asumsinya ketika masa karantina sudah melalui batas fase inkubasi virus, dan tidak terjadi gejala yang timbul atau terlihat maka seorang WNI tersebut bisa ditetapkan aman dari virus covid. 

Memastikan WNI benar-benar melakukan karantina

Pins, mungkin kebijakan seperti ini terlihat isolatif ya. Namun hal ini tentu baik untuk memastikan setiap WNI patuh karantina. Jika ada kebijakan yang memperbolehkan masyarakat melakukan karantina di rumah, wah tidak ada jaminan kegiatan karantina akan kondusif Pins. Alih-alih karantina, mungkin besoknya sudah langsung pergi ke swalayan untuk belanja, kan bahaya tuh! 

Mempermudah pendataan

Pendataan menjadi hal yang penting saat pandemi sedang terjadi. Pemerintah berupaya untuk memastikan setiap kepulangan WNI bisa dicek dan dilakukan tracking secara menyeluruh. Maka dari itu kehadiran aplikasi PeduliLindungi menjadi penting untuk membaca riwayat perjalanan masyarakat Indonesia.

Hotel apa saja yang menjadi partner pemerintah untuk Repatriasi?

Pemerintah bekerja sama dengan beberapa hotel yang terdiri dari penginapan bintang 3, 4 dan 5 untuk menyediakan kamar isolasi atau karantina. Umumnya kamar-kamar tersebut sudah mendapat alokasi di awal dan dihargai dengan biaya yang tidak murah. Jadi tips buat kamu yang ingin pergi liburan di tengah pandemi, siapkan dana lebih untuk karantina, tes PCR dan lain-lain ya Pins! 

Hotel Repatriasi Area Jakarta Pusat

Berikut ini adalah daftar hotel repatriasi di area Jakarta Pusat. Daftar hotel yang tertera terdiri dari penginapan bintang 3, 4 dan 5 yang memiliki fasilitas memadai untuk tinggal selama karantina. Harga dari paket karantina pun bervariasi mulai dari 4 jutaan hingga puluhan juta. Jadi pastikan kantung kamu menyediakan dana untuk karantina pasca pulang dari luar negeri. Berikut ini beberapa hotel yang tersedia di Jakarta Pusat,

(Pinhome)
(Pinhome)

Hotel Repatriasi Area Jakarta Selatan

Selain di Jakarta Pusat, ada juga daftar hotel repatriasi di area Jakarta Selatan. Daftar hotel ini juga masih sama dengan di area Pusat, yaitu terdiri dari hotel bintang 3,4 dan 5. 

(Pinhome)

Perihal tambahan mengenai karantina di hotel

Bagian ini sengaja dibuat untuk memberikan informasi tambahan mengenai karantina di hotel pasca pulang dari luar negeri. Yuk cek pembahasannya.

Apakah karantina boleh dilakukan di Wisma Atlet?

Apabila tujuan kamu ke luar negeri adalah business trip dan liburan, biasanya akan langsung diharuskan karantina di hotel yang telah ditunjuk pemerintah. Karantina di wisma atlet hanya diperbolehkan untuk pekerja, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan pelajar.

Apakah karantina hanya untuk orang yang pergi liburan?

Tidak! Karantina bersifat wajib bagi semua orang yang baru tiba di Indonesia dari luar negeri dengan berbagai alasan, baik itu liburan, perjalanan bisnis atau bahkan pulang dari menyelesaikan studi.

Bagaimana cara melakukan reservasi hotel karantina?

Umumnya setiap hotel akan menyediakan informasi untuk reservasi di website resmi mereka. Kamu juga bisa menghubungi bagian bandara untuk melakukan reservasi hotel. Namun, kamu bisa langsung menghubungi pihak hotel dengan melihat infografis di atas yang sudah Pinhome sediakan.

Apakah tersedia pilihan paket karantina lain di setiap hotel?

Ya tentu! Biasanya setiap hotel akan menyediakan lebih dari satu jenis paket karantina. Paket ini tergantung dari jumlah orang per kamar, lama karantina, fasilitas tambahan yang ingin diberikan dan lain-lain. Ada baiknya kamu melakukan konfirmasi ke pihak hotel untuk mendapatkan berita dan update terkini 5 sampai 3 hari sebelum kepulangan ke Indonesia.

Berapa lama paket karantina yang tersedia di setiap hotel?

Lama paket karantina di hotel umumnya bervariasi ya Pins. Ada hotel yang memberikan paket selama 4 hari, 5 hari atau 8 hari. Kamu perlu melakukan konfirmasi saat reservasi untuk mengetahui lama waktu untuk paket karantina yang tersedia.

Bagaimana jika paket karantina kurang dari waktu yang ditetapkan pemerintah atau masa inkubasi covid? 

Pemerintah mewajibkan untuk melakukan karantina 5 hari di hotel. Oleh karena itu, apabila paket yang tersedia hanya mengakomodasi 4 hari atau kurang dari masa karantina yang dianjurkan pemerintah, maka kamu perlu menambah hari isolasi di hotel.

Apakah saya boleh mengundang orang rumah atau anak yang tidak ikut ke luar negeri ke hotel?

Tentu tidak. Kamu tidak diperkankan untuk mengundang orang rumah atau keluarga yang tidak ikut ke luar negeri dengan menginap di hotel. Ingat ini adalah karantina dan masa isolasi mandiri, bukan bagian dari liburan ya.

Nah itu saja informasi mengenai daftar hotel karantina di Jakarta dan sekitarnya. Semoga informasi di atas berguna ya Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel