BlogLifestyleTeknologiIni Dia Daftar Game Halal di Indonesia
0
0

Ini Dia Daftar Game Halal di Indonesia

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 7, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Game halaltop-right-banner

Siapa bilang ngabuburit di rumah bikin bosen? Sejak ada smartphone dan internet, kamu tak perlu lagi keluar rumah untuk menghibur diri. Tentunya segudang aktivitas bisa dilakukan sambil ngabuburit, seperti main game, akses sosial media, atau sekadar browsing. Seperti salah satunya memainkan game halal yang sedang tren saat ini.

Pinhome – Masih bingung, game halal apa saja yang bisa dimainkan saat ini? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

Baca Juga:

Daftar Game Halal Islami di Indonesia

Walaupun kebanyakan game yang ada di daftar ini merupakan game yang dirancang untuk anak, kamu tetap bisa memainkannya. Hitung-hitung untuk mengetes seberapa paham kamu tentang Islam. Penasaran apa saja gamenya?

Cerdas Cermat Islami

Source : APKpure.com

Game pertama ini memuat konten pendidikan yang sekaligus bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendalami agama Islam. Aplikasi bertajuk Cerdas Cermat Islami ini hadir dengan antarmuka interaktif yang siap mengasah otak kamu mengenai Islam melalui lebih dari 1.000 bank soal. Adapun fitur-fitur soal yang terdapat di game ini adalah bertemakan sholat, tauhid, wudu, puasa, sejarah, zakat, dan fikih.

Baca Juga:

Soleh Super Jump

Mau cari game yang berfaedah untuk dimainkan ketika ngabuburit? Coba deh 10 game Islami terbaik di Android yang Pinhome rekomendasikan ini, sangat berfaedah! Siapa bilang ngabuburit di rumah bikin bosen? Sejak ada smartphone dan internet, kamu tak perlu lagi keluar rumah untuk menunggu waktu buka puasa.

Tentunya segudang aktivitas bisa dilakukan sambil ngabuburit, seperti main game, akses sosial media, atau sekadar browsing.

Di bulan Ramadhan ini, kamu bisa memainkan game islami yang tentunya bisa membuat aktivitas puasa kamu tetap lancar karena tidak memuat konten negatif. Tertarik melakukannya? Berikut ini Pinhome rekomendasikan 9 game islami yang bisa kamu mainkan sembari menunggu waktu buka puasa!

Walaupun kebanyakan game yang ada di daftar ini merupakan game yang dirancang untuk anak, kamu tetap bisa memainkannya kok, geng! Hitung-hitung untuk mengetes seberapa paham kamu tentang Islam. Penasaran apa saja gamenya? Game pertama ini memuat konten pendidikan yang sekaligus bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendalami agama Islam.

Aplikasi bertajuk Cerdas Cermat Islami ini hadir dengan antarmuka interaktif yang siap mengasah otak kamu mengenai Islam melalui lebih dari 1.000 bank soal. Adapun fitur-fitur soal yang terdapat di game ini adalah bertemakan sholat, tauhid, wudu, puasa, sejarah, zakat, dan fikih.

Super Soleh Jump

Game halal
Source : Steprimo.com

Senang memainkan game Mario Bros? Jika bosan, kamu bisa mencoba aplikasi Soleh Super Jump yang memiliki konsep serupa. Game buatan Indonesia dengan genre platformer ini bisa kamu mainkan melalui karakter bernama Soleh.

Kamu harus bergerak secara lincah untuk lompat dari satu platform ke platform lain dan melewati sederet tantangan yang tersaji di sepanjang permainan.

Baca Juga:

Game Anak Sholeh

Sesuai namanya, aplikasi ini siap mengajak anak-anak untuk lebih mengenal Islam. Memuat hingga lebih dari 100 mini games, konten yang disajikan berisikan pelajaran Islam dasar seperti tata cara salat hingga pengenalan huruf hijaiyah.

Tidak itu saja, orang tua pun disediakan aplikasi pendamping untuk memonitor kegiatan anak saat memainkan game satu ini

Muslim Millionaire

Source : Play.google.com

Kamu ingat nggak, geng, kuis Who Wants to be a Millionaire yang dipandu oleh Tantowi Yahya? Nah, untuk kamu yang kangen, kamu bisa main game Muslim Millionaire yang satu ini!

Game ini berisikan tentang pertanyaan seputar Islam dan terbagi menjadi 5 level. Level 1 sampai 3 masing-masing berisi 15 pertanyaan.

Kalau kamu belum puas, masih ada level extreme yang terdiri dari 100 pertanyaan. Masih belum puas? Ada level 2 extreme yang memiliki 150 pertanyaan!

Baca Juga:

Game Halal Teka Teki Silang Islami

Terakhir, ada game TTS Islami 2019 yang akan cocok untuk penggemar Teka-Teki Silang. Game ini bisa dimainkan untuk semua kalangan usia.

Wawasanmu tentang Islam jelas mutlak dibutuhkan untuk bisa menyelesaikan soal-soal yang ada di game ini. Apalagi, game ini termasuk ringan sekali untuk kapasitas memori handphone kamu.

Lalu, Apakah Game Lainnya Haram?

Game halal
Source : Rumah Zakat

Sebelumnya sudah diberitakan mengenai fatwa haram game PUBG Mobile dan sejenisnya oleh MPU Aceh. Muncul pertanyaan, apa saja game sejenisnya yang juga difatwa haram oleh MPU Aceh?

Game memang menjadi salah satu sarana hiburan yang sering banget dimainkan oleh berbagai kalangan masyarakat. Apalagi, banyak banget genre game yang bisa kamu mainkan.

Namun sayangnya, ada beberapa game yang pernah diharamkan oleh MPU Aceh karena beberapa alasan.

ada dua kriteria yang menjadi faktor kenapa sebuah game bisa mendapat fatwa haram. Hal ini diutarakan sendiri oleh Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Niam Sholeh.

Dirinya mengatakan yang pertama, mengenai konten dan dampak dari game tersebut. Ia mengatakan, jika konten serta dampaknya baik, jelas itu tidak dikategorikan haram. Namun, hal yang berbeda ketika konten berdampak buruk.

Kekerasan bisa datang dari game online yang bertema kekerasan pula. Daftar game di atas memuat nilai-nilai Islam yang tentunya bisa menambah pengetahuan dan menjadikan kegiatan ngabuburit kamu semakin bermanfaat.

Baca Juga:

Featured Image Source: Kumparan.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download