Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Daftar Film Terbaik Sepanjang Masa Kategori Dokumenter yang Sayang Untuk Dilewatkan

Lifestyle

Daftar Film Terbaik Sepanjang Masa Kategori Dokumenter yang Sayang Untuk Dilewatkan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 25 March 2021 ∙ 7 menit membaca

Film terbaik sepanjang masa kategori dokumenter merupakan salah satu jenis genre dalam istilah perfilman. Film yang mengisahkan sebuah kenyataan dan fakta dikemas menarik layaknya penonton sedang merasakan suasana yang sebenarnya. Pins akan diajak untuk ikut merasakan kesedihan, kegembiraan dan juga perasaan lainnya saat pemain tersebut berada dalam adegan demi adegan.

Pinhome – Di dunia, banyak sekali film terbaik sepanjang masa kategori dokumenter yang telah dibuat dari adaptasi kisah nyata cerita kehidupan dan tidak sedikit juga yang berhasil memenangkan banyak penghargaan bergengsi. Nah, untuk Pins yang senang dengan film bergenre dokumenter, di bawah ini tersaji ragam jenis film dokumenter beserta list judul film terbaik sepanjang masa yang sayang untuk Pins lewatkan.

Ragam Jenis Film Dokumenter

Sebelum Pins diajak untuk melihat apa saja judul film dokumenter terbaik sepanjang masa, Pins harus ketahui terlebih dahulu nih! Film dokumenter itu ada beragam jenisnya, yuk kita cari tahu di penjelasan berikut!

  • Film Dokumenter Biography

Film ini sebagian besar menceritakan salah satu tokoh ternama yang menjadi penggerak dalam suatu wilayah, negara maupun daerah. Bisa seperti cerita ulama/ guru terbaik, pahlawan, dokter, atau profesi apapun dengan kontribusinya yang berpengaruh di masyarakat.

  • Film Dokumenter Investigasi

Untuk film terbaik sepanjang masa dengan jenis investigasi pasti Pins sudah tahu apa maksudnya. Film ini biasanya berbumbu horor, cerita pembunuhan, maupun teka teki akan suatu barang atau tempat yang lama hilang. Jenis film dokumenter investigasi seperti ini kental akan unsur rasa ingin tahu yang tinggi dan juga informasi baru yang sebelumnya tidak diketahui banyak orang.

  • Film Dokumenter Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan memang selalu berevolusi sesuai dengan perkembangan zaman. Film ilmu pengetahuan memberikan banyak pelajaran dan juga pengetahuan baru untuk ragam situasi di dunia. Seperti contohnya film mengenai terjadinya suatu iklim atau suatu kehidupan hewan laut yang jarang manusia ketahui.

  • Film Dokumenter Mengenai Sejarah

Sejarah dan segala keterkaitan dari suatu tempat maupun masa lampau memang layak untuk dijadikan dokumentasi. Hal tersebut berguna bagi manusia di kehidupan selanjutnya. Dari film dokumenter sejarah, Pins akan mengetahui ragam hal mengenai kehidupan sebelum Pins lahir.

  • Film Dokumenter Travelling

Terakhir ada film dokumenter travelling. Film terbaik sepanjang masa berjenis travelling memang menampilkan hal menarik dan menyenangkan untuk ditonton. Film jenis ini sangat ringan dan tidak perlu banyak berpikir saat menonton.

The Act of Killing/Jagal (2012)

Film Terbaik Sepanjang Masa
(Theactofkilling.com)

Pertama ada film yang beradaptasi dari cerita sejarah negara Indonesia dalam masa komunis yang disutradarai oleh Joshua Oppenheimer asal Amerika Serikat. Film terbaik sepanjang masa ini merupakan film dokumenter yang menceritakan kekejaman pembantaian orang-orang yang dituduh sebagai para antek komunis, intelektual dan etnis Tionghoa. 

Film ini memperoleh penghargaan sebagai pemenang pada British Academy Film and Television Arts Awards 2013 dalam kategori film dokumenter terbaik. Mengangkat kisah seorang algojo bernama Anwar yang telah berhasil menghilangkan nyawa ratusan orang dengan tangannya sendiri dan berhasil menjadi salah satu tokoh politik yang terkenal.

Dalam rangkaian perjalannya Anwar dan kawan-kawan juga menemukan sisi lain dari pengadaptasian kisah asli mereka dalam film. Ada yang menyatakan bersalah karena rangkaian cerita pembunuhan ada pula yang bangga. Saat hati nurani Anwar kian terdesak dengan ragam cerita moral, Anwar juga tetap ingin bertahan dikenal sebagai seorang pahlawan. Sungguh cerita miris yang menegangkan bukan Pins?

History of World War II – Hiroshima (2005)

Film Terbaik Sepanjang Masa
(Amazon.com)

Melirik film dokumenter lainnya yang berjenis sejarah, ada History of World War II – Hiroshima yang bercerita mengenai tragedi bersejarah dalam masa kelam negara Jepang. Film ini dikeluarkan pada tahun 2005 sekaligus memperingati 60 tahun jatuhnya bom atom di kota Hiroshima oleh tentara Amerika. Ditayangkan di dua channel dunia yaitu Discovery Channel dan BBC Amerika Serikat, film ini memenangkan penghargaan bergengsi seperti Emmy Award dan tiga penghargaan BAFTA pada tahun 2006.

Dokumenter film Hiroshima ini menampilkan kisah reka ulang sejarah yang berasal dari saksi mata tangan pertama yang menjadi korban selamat dalam tragedi tersebut. Cocok untuk Pins yang ingin mengetahui apa saja yang terjadi pada masa tersebut dan bagaimana semua korban bisa bertahan.

Searching for Sugar Man (2012)

Film Terbaik Sepanjang Masa
(Fontinuse.com)

Selanjutnya ada film mengenai cerita musisi dunia yang tak kalah menarik yang berasal dari Afrika Selatan yaitu Searching For Sugar Man. 

Sixto Rodriguez menjadi salah satu musisi misterius yang keberadaannya tidak bisa ditemukan tetapi karyanya menjadi inspirasi banyak orang khususnya warga Afrika. 

Film dokumenter ini memenangkan beberapa penghargaan dunia seperti BAFTA Award sebagai film dokumenter terbaik di tahun 2013 yang diselenggarakan di London dan juga menjadi film dokumenter terbaik ditahun yang sama pada ajang Academy Award ke-85 di Hollywood.

Film terbaik sepanjang masa untuk kategori dokumenter ini akan membawa Pins menyelam ke dalam setiap adegan yang ada dan merasakan perasaan-perasaan dramatis dalam sebuah karya. Bagaimana tidak? Sosok yang hampir tidak dikenal di dunia namun mampu menciptakan suatu fenomena yang menginspirasi dunia lewat karyanya adalah hal yang luar biasa. Dijamin Pins akan download atau mencari lagu-lagu karya Sixto setelah menontonya. Mau coba?

Memories of Murder (2020)

Film Terbaik Sepanjang Masa
(Cinemagz.co.id)

Untuk Pins yang menyukai jenis dokumenter investigasi, Pins dapat melihat film Memories of Murder karya Bong Joon Ho. Sutradara asal Korea Selatan yang telah mendunia ini membuat film dokumenter yang diadaptasi dari kisah nyata, kelamnya salah satu misteri pembunuhan berantai di Korea Selatan. 

Pada kisaran tahun 1986-1992 terjadi pembunuhan berantai yang tak ditemukan pelakunya dikarenakan politik kepolisian Korea dan kebrutalan penyidikan. Pada tahun 2020 film ini di-remaster secara digital dengan format 4K dari filmnya terdahulu pada tahun 2003. Jadi Pins akan disuguhkan cerita masa lalu dengan gambar yang bagus dan nyata. Apa Pins sudah siap menonton sebuah kisah yang dapat membuat bulu kuduk Pins berdiri?

The Overnighters (2014)

Film Terbaik Sepanjang Masa
(Brettmilam.com)

Di posisi ke-5 ada film berjudul The Overnighters yang menceritakan mengenai seorang Pendeta melakukan tindakan kontroversi di daerah kota Dakota Utara. Pendeta tersebut membukakan pintu gereja untuk semua pekerja tunawisma yang mencari pekerjaan di daerah kilang minyak dekat dari kota tersebut. Padahal para pekerja tersebut dibenci dan ditolak oleh penduduk lokal sekitar. Pendeta tersebut mengetahui bahwa pada masa itu sedang terjadi penurunan ekonomi secara besar-besaran di kota Amerika Serikat.

Karya Jesse Moss ini memiliki nilai yang cukup tinggi di salah satu web review film dunia yaitu rottentomatoes.com dan memenangkan banyak penghargaan bergengsi salah satunya adalah Sundance Film Festival. Intinya Pins akan dibawa ke perjuangan pemberontakan yang sangat menyentuh hati. Pins wajib tonton!

Into The Wilds (2007)

(Imdb.com)

Into The Wild masuk dalam salah satu jajaran film terbaik sepanjang masa yang menceritakan mengenai kisah tragis salah satu petualang muda yang egois. Film dokumenter mengenai drama petualangan ini dapat membantu Pins melihat petualangan perjalanan Christopher sampai ke Alaska dan bagaimana Christ bertahan hidup dari segala pilihan yang telah ia ambil.

Film Into The Wild menjadi film dokumenter perjalanan yang menarik menceritakan biografi dari Christopher yang diadaptasi dari novel karya John Krakauer yang berjudul sama. Pins pun akan melihat bus ikonik berwarna hijau yang dipakai Christ sebagai tempat ia berjuang bertahan hidup, dan pada tahun 2020 kemarin bis bersejarah itu sudah diambil dari hutan belantara Alaska ke tempat yang lebih aman lho Pins!

A Plastic Ocean (2016)

(Plasticocean.org)

Terakhir ada film dokumenter terbaik sepanjang masa berjudul A Plastic Ocean yang dirilis pada tahun 2016. Film ini memberi banyak pengetahuan berharga dunia laut yang sebelumnya tidak pernah diketahui. Seperti bagaimana material plastik yang tahan lama sangat berbahaya bagi ekosistem laut. Film ini cocok ditonton bersama keluarga dengan informasi yang cenderung ringan tapi kaya akan manfaat. 

Detik-detik terakhir dalam film ini, Sutradara Craig Leeson berkata ‘Maafkan saya, saya menyesal atas nama umat manusia, untuk memasukan plastik ke rumahmu.’ Film ini juga menjadi refleksi diri akan kesalahan umat manusia yang menyumbangkan sampah terbanyak berbahan plastik ke laut. Jangan lagi ya Pins!

Itulah ke tujuh film dokumenter terbaik sepanjang masa yang sayang untuk Pins lewatkan. Mulai dari jenis biografi hingga investigasi dapat Pins nikmati sesuai dengan selera. Semoga artikel diatas bermanfaat dan membantu Pins mencari tontonan yang tidak hanya menghibur tetapi juga kaya akan manfaat ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel