Curug Ngebul, Surga Air Tersembunyi di Cianjur

Dipublikasikan oleh Nabila ∙ 12 January 2023 ∙ 5 menit membaca

Cianjur memang selalu menyuguhkan tempat wisata ciamik yang patut didatangi. Salah satu yang bisa jadi bahan pertimbangan Pins adalah Wisata Air Terjun, atau biasa disebut Curug. Nah, pesona keindahan alam air terjun ini memang cukup menarik dan salah satunya adalah Curug Ngebul.

Wisata Air Terjun Ngebul di Cianjur ini bisa kamu pilih sebagai destinasi petualangan kamu. Bagaimana tidak, panorama alam yang disuguhkan sangat menakjubkan, mulai dari keindahan air terjun, sungai mengalir, tebing yang kokoh, hingga pepohonan yang rindang. Penasaran bagaimana info lengkap seputar wisata di Cianjur ini? Simak artikel di bawah ini, yuk!

Keunikan Curug Ngebul

Curug Ngebul merupakan wisata air terjun yang berada di ketinggian sekitar 1000 Mdpl. Ketinggian tersebut ternyata membuat orang-orang yang datang menjadi nyaman berkat sensasi kesegaran air dan suasana pegunungan yang begitu kentara, mirip dengan Curug Cikondang. Ini dia deretan keunikan dari air terjun Ngebul yang bisa kamu nikmati di sana!

Baca juga: 10 Makanan Khas Cianjur yang Lezat dan Paling Banyak Dicari!

Destinasi ‘Tersembunyi’ di Cianjur

curug ngebul

curug ngebul

Curug di Cianjur ini memang disebut sebagai hidden gem. Pasalnya, kamu harus sedikit berjuang untuk mencapai air terjun satu ini, yaitu dengan berjalan kaki setapak demi setapak sampai tujuan. Namun, Pins tidak perlu khawatir karena panorama alam sekitar yang indah akan selalu mengiringi perjalanan.

Destinasi wisata di Jawa Barat ini cocok untuk didatangi bersama teman-teman dan keluarga. Semakin ramai kamu berpetualang, tentu lelah perjalanan tidak akan begitu terasa.

Perlu diingat ketika mendatangi lokasi ini untuk membawa bekal. Mengingat lokasi objek wisata air terjun ini tergolong jauh dari rumah warga, tentu kamu akan kesulitan mencari makan ketika lapar. Setelah menghabiskan bekal, jangan lupa bawa kembali sampah agar objek wisata tetap bersih dan nyaman didatangi.

Menawarkan Kegiatan Berenang, Berkemah, dan Mendaki

Bila sudah sampai, kamu bisa menikmati guyuran air terjun yang sangat deras. Bahkan, Pins bisa melihat pemandangan alam yang sangat mempesona dari kejauhan. Jangan lupa berswafoto dengan latar belakang Curug Ngebul, ya!

Hasil foto di wisata air terjun ini tentu akan menakjubkan, terlebih ketika kamera yang digunakan mendukung aktivitas foto. Mengignat air terjun ini mengalir dari ketinggian 100 meter, aliran yang dihasilkan tentu cukup deras hingga terlampau derah hingga mengeluarkan asap. Nah, efek apa ini disebut sebagai ‘Ngebul’ dalam bahasa Sunda. Maka dari itu, air terjun ini dinamakan Ngebul!

Jika Pins ingin berkemah di dekat sini, tak perlu khawatir. Kamu bisa mencari area di dekat air terjun Ngebul untuk mendirikan kemah, lho. Di samping itu, Pins bisa berenang dan berendam di dekat air terjun. Jangan lupa bawa baju ganti ketika ingin mandi di kolam curug.

Terlebih lagi, para pengunjung bisa mendaki wall climbing ke atas puncak curug. Kegiatan ini biasanya untuk mereka yang sudah punya kemampuan dasar dan nyali yang cukup. Cukup seru untuk sebuah objek wisata tersembunyi, ya!

Baca juga: 15 Rekomendasi Pantai di Cianjur yang Wajib Dikunjungi

Lokasi dan Rute Wisata Air Terjun Ngebul

(Instagram/@repostindonesian)

Bagi kamu yang penasaran tentu bisa langsung siap-siap pergi ke wisata air terjun ini, terutama ketika kamu berada di daerah Jawa Barat. Lokasi Curug Ngebul berada di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Jika memulai rutenya dari Cianjur Kota, kamu bisa langsung melewati Jalan Cianjur – Sukanegara. Jangan lupa cari daerah Cipari dan dari daerah tersebut tidak akan jauh untuk sampai ke desa Bunijaya. Bila sudah dekat dengan lokasi wisata, kamu akan melewati Desa Rawarso sebagai penanda jalan terakhir.

Wisata air terjun ini memang cenderung baru. Namun, banyak orang di sekitar daerah tersebut sudah mengetahui lokasi dari objek wisata air terjun ini. Jadi, kamu bisa bertanya-tanya kepada masyarakat sekitar ketika aplikasi pencari jalan tidak berfungsi atau tidak yakin, ya!

Harga Tiket Masuk Curug Ngebul Cianjur

curug ngebul
(Merdeka.com)

Bila ingin wisata murah meriah dan panoramanya tetap indah, wisata air terjun Ngebul bisa jadi alternatif. Ini karena harga tiket Curug Ngebul tergolong murah yaitu Rp10.000/orang. Bagi kamu yang membawa mobil atau motor, usahakan menyiapkan uang lagi untuk biaya parkir dengan kisaran Rp5.000 s.d Rp10.000. Cukup murah untuk ukuran objek wisata, bukan?

Jika memutuskan untuk pergi ke sini, sebaiknya pergi ketika pagi hari karena masih sepi dan waktu tempuh yang cukup lama. Jangan lupa menggunakan pakaian yang nyaman dan bawa baju ganti. Ini karena kamu akan banyak terpapar air sehingga rawan basah kuyup.

Nah, itu tadi sederet informasi lengkap seputar Curug Ngebul yang bisa jadi destinasi wisata Pins bersama teman-teman selanjutnya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu, ya!

Baca juga:

Source Featured Image: ANTARA News Jawa Barat


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Adhigriya Terrace dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.