Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Curug Leuwi Hejo | Wisata Bogor Ala Green Canyon

Lifestyle

Curug Leuwi Hejo | Wisata Bogor Ala Green Canyon

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 16 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Curug Leuwi Hejo bisa menjadi destinasi liburan pilihan yang menarik. Kita tahu bahwa kota Bogor merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Barat.

Bogor memiliki banyak destinasi wisata alam maupun buatan yang menarik perhatian para wisatawan. Destinasi wisata Bogor sangat beraneka macam, salah satunya adalah Curug Leuwi Hejo.

Curug ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah, saking indahnya tempat ini juga sering disebut-sebut sebagai Green Canyon nya kota Bogor.

Selain menjadi kota wisata, Bogor juga merupakan kota penunjang kegiatan perekonomian untuk ibu kota negara Indonesia yaitu Jakarta. Tak heran jika kota ini selalu dipadati oleh banyak orang yang sengaja datang untuk berwisata atau berkepentingan lain.

Bogor juga seringkali disebut sebagai kota hujan. Mengapa bisa begitu? Karena hampir setiap hari pada jam jam tertentu Bogor selalu diguyur hujan sedang hingga lebat.

Lokasi Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo berlokasi di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor. Untuk bisa mencapai destinasi wisata alam yang indah ini kamu harus menempuh perjalanan dengan jarak 10 kilometer dari pusat kota Bogor.

Jarak tersebut memakan waktu kurang lebih 20 sampai 45 menit. Namun jika kamu datang dari kota Jakarta, kamu harus menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 50 kilometer dengan waktu tempuh selam 2 sampai 3 jam perjalanan.

Karena kota Bogor termasuk salah satu kota metropolitan, jadi sepanjang jalan menuju Curug indah ini kamu jarang melihat pemandangan alam seperti sawah yang hijau. Terlebih jika kamu datang dari kota Jakarta, kamu tidak akan melihat area persawahan yang hijau.

Namun, kamu tidak perlu berkecil hati, karena seringkali jika cuaca kota Bogor sedang cerah kamu akan melihat gunung yang menjadi simbol kota Bogor yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Spot Foto Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo merupakan salah satu destinasi wisata alam air terjun terkenal yang ada di kota Bogor. Meskipun kota Bogor memiliki banyak sekali air terjun, namun keindahan air terjun Leuwi Hejo memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan datang ke air terjun ini.

Air terjun ini juga sering disebut sebagai “Green Canyon” nya kota Bogor. Hal ini dikarenakan air terjun leuwi hejo memiliki kolam berwarna hijau toska dibawah air terjunnya. Kolam berwarna hijau toska yang dimiliki Curug Leuwi Hejo ini menambah keindahannya.

curug leuwi hejo

Kolam yang berwarna hijau toska tersebut juga memiliki air yang sangat jernih dan dingin. Tak jarang para pengunjung yang berenang menggigil karena merasa kedinginan.

Saking jernihnya kolam dibawah Curug ini, kita bisa melihat dasar kolam yang berupa tanah dan bebatuan. Tidak hanya itu, air kolam yang ada di Curug ini jika terkena pancaran sinar matahari akan memantul dan membias. Indah sekali bukan?

curug leuwi hejo

Para pengunjung juga bisa berenang di kolam tersebut, namun perlu diingat kamu harus berhati hati pada saat berenang karena dasar kolam yang merupakan bebetauan sangatlah licin.

Bagi kamu yang tiddak bisa berenang juga tidak disarankan untuk berenang, hal ini mencegah terjadinya kecelakaan did dalam air karena kolam di bawah air terjun ini lumayan dalam yaitu 1,5 meter.

curug leuwi hejo

Curug ini tidak memiliki ketinggian air terjun yang seberapa. Tinggi air terjun di Curug ini hanya sekitar 2 meter saja. Curug indah ini juga dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi. Tebing tersebut tentunya menambah keindahan dari Curug atau air terjun leuwi hejo bukan?

Rute Menuju Curug Leuwi Hejo

Bagi kamu yang ada di Jakarta untuk mencapai ke air terjun Leuwi Hejo harus melewati Tol Jagorawi, setelah keluar dari tol tersebut kamu masuk di Tol Sentul City.

Jika sudah di Tol Sentul City, belok kiri menuju arah kiri menuju sentul city kemudian menuju rainbow hills golf dan polsek Babakan Madang. Setelah sampai di polsek Babakan Madang, kamu hanya perlu berjalan lurus terus sambil melihat kanan jalan.

Sedangkan jika berangkat dari Bogor, kamu harus pergi ke daerah Sentul City. Setelah melewati Giant Departemen Store, belok ke arah Rainbow Hills Golf dan polsek Babakan Madang. Setelah itu kamu hanya perlu berjalan lurus saja.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo

Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan, kamu harus membayar tiket masuk sebesar 15 ribu saja per orangnya. Tidak hanya itu, bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi berupa sepeda motor, kamu harus membayar biaya parkir sebesar 8000 rupiah saja.

Sedangkan untuk biaya parkir mobil dipatok biaya parkir sebesar 10.000. Dengan harga tiket yang murah meriah tersebut kamu sudah bisa menikmati keindahan alam dan fasilitas yang ada.

Kamu juga tidak perlu khawatir kendaraan pribadi akan hilang, karena petugas parkir di objek wisata ini sangat sigap dan amanah.

Akses Menuju Curug Leuwi Hejo

Curug leuwi hejo buka setiap hari pada pukul 08.00 sampai 17.00. Untuk bisa menuju ke lokasi utama bisa dibilang tidaklah mudah. Setelah kamu sampai di tempat parkir, kamu harus berjalan selama kurang lebih satu jam untuk mencapai salah satu destinasi indah ini.

Jalan yang kamu lewati adalah tanah basah, bebatuan dan sungai kecil. Pada waktu perjalananmu juga akan disuguhkan beberapa pemandangan sungai berbatu. Tak jarang para pengunjung yang menyempatkan berfoto di lokasi tersebut.

Fasilitas Curug Leuwi Hejo

Selain memiliki pemandangan yang indah, Curug indah ini juga memiliki fasilitas penunjang yang membuat para pengunjung betah berlama lama berada disana.

Fasilitas penunjangnya antara lain seperti area parkir yang luas dan amat, toilet, gazebo, dan masih banyak lagi. Di Curug ini juga sudah disediakan beberapa warung makan, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin membeli makanan dan minuman.

Penginapan Dekat Curug Leuwi Hejo

Untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan Curug indah dengan puas, kamu bisa menginap di beberapa penginapan yang ada di dekat objek wisata tersebut. Ada beberapa hotel dan homestay yang terletak dekat dengan air terjun Leuwi Hejo.

Harga yang ditawarkan pun juga tidak mahal, kamu hanya perlu menyiapkan dana sebesar 300 sampai 1 juta rupiah per malamnya. Dengan harga yang terjangkau tersebut kamu bisa menikmati beberapa fasilitas lengkap seperti kamar tidur, kolam renang, sarapan pagi dan masih banyak lainnya.

Objek wisata alam Curug Leuwi Hejo sangat cocok untukmu yang sedang memiliki beban pikiran. Hal ini dikarenakan pemandangan yang dimiliki Curug ini mampu menenangkan pikiranmu.

Tidak hanya itu, ojek wisata ini juga cocok dijadikan sebagai destinasi untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

Baca Juga: Curug Balong Endah Bogor


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel