Curug Bidadari - Review, Tips, Penginapan

Pinhome

Curug Bidadari

Dipublikasikan oleh Fahima Inas Malaika ∙ 12 November 2020 ∙ 6 menit membaca

Berwisata alam kini menjadi salah satu liburan yang begitu menarik. Menikmati pemandangan yang masih asri yang dipadukan dengan udara yang masih sangat sejuk dan juga segar menjadi pilihan banyak orang.

Wisata alam juga dipercaya dapat menghilangkan rasa strees karena padatnya aktivitas setiap harinya. Ada banyak sekali destinasi wisata yang dibuat lebih terlihat trendi dan kekinian dengan berbagai spot foto yang menarik. Salah satu tempat wisata yang bisa anda coba adalah Curug Bidadari.

Curug Bidadari Review 2019

Curug Bidadari adalah salah satu destinasi wisata alam di Bogor yang kini sedang ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan baik lokal atau pun luar.

Dulunya tempat wisata Curug Bidadari ini kurang dikenal oleh para wisatawan karena tempatnya yang tersembunyi.

curug bidadari pekalongan

Sebelum di renovasi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti sekarang ini, Curug Bidadari dulunya tertutup oleh banyaknya pohon-pohon besar, sehingga terkesan angker.

Selain itu, untuk bisa menikmati kesegaran dan keindahan curug cidadari ini anda harus berjalan kaki.

Melewati area hutan dan sawah-sawah milik penduduk karena belum ada akses jalan raya menuju tempat wisata ini. Untuk bisa menikmati pesona alam yang indah di tempat ini anda harus berjalan kaki sekitar 2 km dengan menyusuri jalan setapak pinggiran sawah dan juga naik turun bukit.

Namun, semua rasa lelah yang anda rasakan akan terbayar dengan pemandangan di area Curug Bidadari yang masih asri dan masih memiliki udara yang segar.

Saat ini untuk dapat menikmati keindahan curug bidadari ini anda tidak perlu repot, karena saat ini pemerintah daerah tersebut sudah membangun sarana untuk menuju curug bidadari ini, selain itu ada banyak hal yang bisa anda lakukan, seperti beberapa wahana berikut ini :

1. Kolam Renang

Wahana pertama yang menjadi icon tempat ini adalah kolam renangnya. Bermain air dan berenang menjadi hal yang selalu di tunggu oleh para wisatawan ketika datang ke tempat ini.

Kolam renang ini berada persisi di bawah air terjun sehingga air yang ada di dalamnya akan terasa lebih segar dan juga bersih. Pihak pengelola Sentul Paradisk Park menyediakan dua kolam renang. Yaitu Wave Pool yang digunakan khusus untuk orang dewasa yang memiliki kedalaman kira-kira 1,5 meter.

curug bidadari jonggol

Dan Lazy Pool yang dikhususkan untuk anak-anak yang memiliki kedalaman sekitar 30 cm saja. Kolam renang ini memiliki luas sekitar 6400 meter persegi. Selain bisa berenang bersama keluarga atau sahabat di tempat yang masih asri, anda bisa mengambil foto dengan baground pemandangan alam yang indah.

2. Berkeliling dengan Perahu

Selain bisa berenang, permainan air lainnya yang bisa dinikmati oleh para wisatawan adalah berkeliling dikawasan wisata dengan menyewa perahu. Dengan menyewa perahu disini anda bisa menikmati seluruh pemandangan yang ada di area Curug Bidadari.

asal usul curug 7 bidadari

Harga untuk menyewa perahu disini juga cukup terjangkau, jadi jangan ragu untuk menyewa perahu disini.

3. Bermain Pasir

Umumnya kawasan wisata air terjun hanya dipenuhi dengan tebing dan bebatuan pada bagian bawah air terjunnya, namun di Curug Bidadari ini pihak pengelola mendesainnya menjadi lebih modern.

curug bidadari sukabumi

Di Curug Bidadari ini anda bisa bermain pasir putih layaknya di pantai. Pasir putih yang ada disini berasal dari pulau Bangka. Sehingga Curug Bidadari disini memberikan kesan lebih berbeda dan unik.

4. Flying Fox

Untuk para anak muda zaman now yang suka menguji adrenalin, tempat ini juga memfasilitasi wahana bermain yang lumayan menantang keberanian yaitu Flying Fox.

curug putri bidadari

Dengan membayar tarif bermain yang terjangkau anda bisa menikmati pemandangan area Curug dengan melalui permainan Flying Fox.

5. Gazebo

Untuk anda yang hanya ingin bersantai menikmati pemandangan sekitar Curug sambil berfoto-foto untuk melengkapi koleksi foto di akun sosial media yang anda miliki, tempat ini juga menyediakan Gazebo yang bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat para wisatawan.

curug bidadari jolotigo pekalongan

Untuk anda yang ingin makanan atau jajanan ketika bersantai tapi tidak membawa persediaan dari rumah anda juga bisa datang ke kantin yang sudah disediakan.

Disini anda bisa menikmati makanan khas Jawa Barat dengan harga yang relatif murah.

Itu dia beberapa wahana yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke tempat ini, selain itu tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya seperti :

Fasilitas di Curug Bidadari

No. Fasilitas
1. Pelampung Donat
2. Matras
3. Aula
4. Tempat Ibadah
5. Tempat Sampah
6. Area Parkir yang luas
7. Toilet.

 Harga Tiket Masuk Curug Bidadari

Untuk harga tiket masuk ke Curug Bidadari ini berbeda-beda, sesuai dengan hari apa anda datang ke tempat ini. Jika anda datang pada hari-hari biasa anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000 per orang.

Tiket Masuk Biaya
Senin – Jumat Rp. 25.000
Sabtu & Minggu Rp. 30.000
Sewa Pelampung Donat Single Rp. 15.000
Sewa Pelampung Donat Double Rp. 20.000
Sewa Perahu Tangan Rp. 20.000
Sewa Paranet Rp. 50.000 /2jam
Sewa Aula Rp. 750.000 /4jam
Sewa Gazebo (Pondok Bambu) Biasa Rp. 200.000 /2jam
Sewa Matras Rp. 15.000 /2jam
Sewa Gazebo (Pondok Bambu) VIP Rp. 300.000 /2jam
Terapi ikan Rp. 20.000
Flying Fox Rp. 50.000
Biaya Parkir Motor Rp. 3.000
Biaya Parkit Mobil Rp. 5.000

Untuk anda yang ingin menikmati wahana lainnya seperti Perahu, Flying Fox dan lain-lainnya anda harus menyiapkan budget tambahan untuk penyewaannya.

Lokasi Curug Bidadari

Bagi anda yang tertarik ingin menghabiskan liburan di Curug Bidadari ini, anda bisa langsung datang ke lokasi yang berada di sebelah tenggara sirkuit Sentul.

Curug Bidadari ini berada di tempat yang strategis, karena berlokasi di perbatasan tiga wilayah yaitu Bogor, Bekasi, dan juga Depok, Jakarta.

Untuk tepatnya Curug Bidadari ini ada di Desa Bojongkeneng, Sentul, Kabupaten Bogor.

Tips Berkunjung ke Curug Bidadari

  • Pastikan baterai HP full untuk berfoto-foto nantinya
  • Datang ketika hari biasa supaya lebih hemat
  • Jika membawa anak kecil, pastikan anak anda selalu berada di pengawasan anda, dan hindari anak-anak dari berbagai hal yang membahayakannya seperti kolam renang orang dewasa
  • Jangan datang pada waktu pagi-pagi sekali, karena biasanya loket belum dibuka
  • Hati-hati dengan pungli, pastikan membeli tiket masuk hanya di loket resmi
  • Bawa baju ganti dan baju hangat
  • Bawa uang lebih untuk berjaga-jaga (usahakan uang tunai, karena tempat ini jauh dari perkotaan)

Villa Dekat Curug Bidadari

Untuk anda dan keluarga yang ingin berlama-lama berlibur disekitar tempat ini anda bisa menyewa Villa yang dekat dengan tempat wisata Curug Bidadari.

Berikut ini beberapa pilihan Villa dan Hotel yang bisa anda sewa untuk menikmati liburan dengan waktu yang lebih lama.

Villa/Penginapan Alamat No.Telepon
Villa Rosomulyo Jl. Bojongkoneng, Cijayanti, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810 0857-8038-6979
Villa Bukit Hambalang Hambalang, Kec. Citeureup, Bogor, Jawa Barat 16810 0816-3225-9555
Villa Aman D’sini Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810 0815-8007-776
Resort Cinta Kasih Jalan Raya Puncak, Cipayung No.KM. 70, Cipayung Girang, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770 0813-1925-2627
Resort Prima Cipayung Jl. Raya Puncak No.KM. 20, Cipayung Girang, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770 (0251) 8255339
Aston Sentul Lake Resort & Conference Center Sentul, Jl. Pakuan No.3, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810 (021) 29098888
Athalia Resort Jl. Raya Puncak KM 65 No. 179, Cipayung Datar, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770 0817-0107-998
Hotel Grand Diara Jl. Raya Puncak No.Km. 77 No. 7, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 1675 (0251) 8259700

Itu dia beberapa tempat penginapan yang bisa anda tempati yang berada tak jauh dari Curug bidadari.

Sekedar informasi bahwa waktu buka Curug Bidadari di hari-hari biasa adalah pada jam 08.00 – 17.00. Sedangkan pada akhir pecan tempat ini buka lebih awal setengah jam yaitu pukul 07.30 – 18.30. Itulah informasi seputar Curug Bidadari yang semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Bagikan Artikel