Apa itu Cup and Handle Pattern dalam Trading?

Diperbarui oleh Yurinda Dini ∙ January 5, 2023 ∙ 5 menit membaca

Ada banyak sekali istilah dalam investasi yang mungkin masih asing terdengar, terutama kalau kamu merupakan investor baru dalam saham. Salah satunya adalah cup and handle pattern, suatu bentuk pola yang bisa membantu para investor melihat potensi keuntungan saat berinvestasi. 

Lalu, sebenarnya apa itu cup and handle pattern dan mengapa penting untuk para investor mengetahui pola satu ini dalam melakukan kegiatan investasinya? Supaya kamu tidak bingung lagi, yuk, cari tahu jawaban lengkapnya pada ulasan berikut ini!

Baca juga: Apa itu Expert Advisor dalam Trading?

Mengenal Cup and Handle Pattern

(Freepik)

Cup and handle adalah suatu bentuk indikator teknis yang mempunyai pola atau pattern yang mirip seperti cangkir lengkap dengan pegangannya. Cangkir ini memiliki bentuk seperti huruf U dengan bagian pegangannya membentuk pola yang agak menyimpang ke arah bawah. 

William O’Neil dalam bukunya yang berjudul How to Make Money in Stock mengenalkan cup and handle pattern untuk pertama kali pada tahun 1988. Secara umum, pola cup and handle ini menjadi suatu pola yang masuk dalam penerusan trend kenaikan atau bullish continuation. 

Pola tersebut memberi sinyal kalau harga memiliki potensi untuk meneruskan trend bullish. Meski begitu, ada pula periode ketika pola ini menunjukkan sinyal bearish apabila polanya membentuk cangkir dengan lengkungan ke arah bawah. Pola ini juga memiliki nama lain reverse cup and handle pattern. Ciri khas dari pola cup and handle ini adalah harga yang naik selama beberapa waktu.

Selanjutnya, harga akan berkonsolidasi dan kembali mengalami kenaikan sampai membentuk pola seperti cangkir. Setelah itu, harga akan mengalami penurunan sebentar, lalu kembali baik sampai membentuk gambar yang mirip dengan pegangan cangkir. Proses munculnya grafik ini umumnya berlangsung antara 7 hingga 64 minggu.

Cara Mudah Mengidentifikasi Pola Cup and Handle Pattern

(Pixabay)

Supaya kamu bisa lebih mudah dalam mengidentifikasi bentuk dari cup and handle pattern ini, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu pertimbangkan, antara lain: 

  • Kedalaman cangkir. Penurunan harga yang muncul dalam pola ini maksimal hanya mencapai 50%. Selain itu, penurunan biasanya juga tidak terlalu ekstrem. Sebab, penurunan harga yang drastis akan membuatnya sulit untuk kembali naik. 
  • Posisi pegangan cangkirnya. Bentuk dari pegangan umumnya ada pada bagian atas cangkir. Minimal, bentuknya akan ada pada sisi atas, bukan pada bagian tengah atau bawah.
  • Volume. Seharusnya, volume perdagangan pada pola tersebut akan menurun seiring dengan harga yang turut mengalami penurunan. Lalu, harga akan menguat lagi seiring dengan terjadinya kenaikan. Selain itu, volume yang tergambar pada cup bagian bawah juga relatif lebih rendah daripada volume rata-ratanya.
  • Bentuknya. Cup tersebut harus memiliki bentuk yang mirip dengan huruf U dan bukan huruf V. 

Baca juga: Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tips Melakukan Trading dengan Pola Cup and Handle

(Pixabay)

Ketika melakukan trading dengan cup and handle pattern, para investor sebaiknya menunggu hingga harga membentuk pegangan cangkir atau handle-nya. Lalu, trader dapat membeli ketika masuk pada fase breakout, karena harga yang menembus pegangan ini cenderung lebih kuat.

Selain itu, potensi kenaikan harga akan sama seperti kedalaman cangkir. Sementara itu, sambil menanti harga pada breakout, para trader bisa mencoba strategi lainnya, yaitu menunggu sampai harga membentuk Higher High ath HH dan Higher Low atau HL. 

Hal ini akan memberikan indikasi bahwa ada permintaan yang tinggi atau cenderung cukup kuat. Cirinya yaitu munculnya HH maupun HL. Para investor juga bisa mempertimbangkan tips berikut ini.

Menunggu konfirmasi sampai pegangan terbentuk dengan sempurna

Ini akan menjadi tanda konfirmasi yang kuat kalah pola yang muncul memang berupa cup and handle pattern dan ada kecenderungan untuk kembali mengalami kenaikan atau bullish continuation.

Menentukan tingkat resistance pada sisi atas cangkir dan pegangannya

Hal ini bertujuan agar para investor dapat mengenali sinyal yang muncul saat harga berada pada fase breakout resistance, sehingga para investor bisa membuat keputusan untuk segera melakukan pembelian. 

Menentukan stop loss pada titik pegangan paling rendah

Stop loss memiliki fungsi utama untuk menunjukkan tingkat aman. Alhasil, saat para investor mengalami potensi paling buruk, misalnya harga yang menurun, kerugian yang muncul tidak terlalu besar. Selain itu, para investor juga bisa menekan potensi kerugian yang besar. 

Menghindari sifat serakah

Para investor sebaiknya selalu memanfaatkan semua level analisis teknis. Tujuannya supaya mereka bisa menggambarkan potensi kenaikan maupun penurunan harga. 

Baca juga: Mudah! Ini 7 Cara Menggunakan Tradingview

Demikian tadi informasi seputar cup and handle pattern dan bagaimana strategi yang bisa kamu gunakan. Tentunya akan sangat bermanfaat untuk kamu yang memilih investasi saham, ya, Pins? Namun, tetap berhati-hati ya, karena saham menjadi bentuk investasi dengan risiko yang tinggi, meski keuntungan yang kamu dapatkan juga tidak sedikit. Semoga bermanfaat!

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan Sentra Hills Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Program dari BJB KPR Gaul untuk Para Millenial

Kabar gembira untuk para milenial dengan gaji minimal Rp3 juta, sekarang bisa banget untuk punya ru

Finansial
Finansial Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rumah KPR non subsidi boleh direnovasi? Apakah jika melakukanny

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia