BlogLifestyleEdukasi14 Contoh Teks Eksplanasi dengan Penjelasannya
0
0

14 Contoh Teks Eksplanasi dengan Penjelasannya

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Sep 25, 2023

15 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Di Sekolah dalam pelajar bahasa Indonesia kita pasti pernah mempelajari mengenai teks yang menggambarkan atau menjelaskan tentang peristiwa yang terjadi di muka bumi ini, Ya! teks yang dipelajari tersebut merupakan teks eksplanasi.

Nah di artikel kali ini juga akan membagikan materi tentang Teks Eksplanasi, di dalam artikel ini Pinhome akan membagikan mengenai struktur teks eksplanasi, beserta ciri-ciri, kaidah, dan contohnya berikut ini!

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi adalah suatu bacaan yang dapat berupa paragraf yang memuat mengenai informasi.

Informasi tersebut dapat berupa proses tentang bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi di dan dan apa yang membuat hal tersebut terjadi. Di dalam teks eksplanasi juga terdapat hubungan sebab akibat dan juga proses suatu kejadian.

Terjadinya suatu peristiwa yang ada di sekitar kita tentunya tidak hanya cukup diamati dan dirasakan saja, akan tetapi suatu peristiwa yang terjadi seharusnya dapat dijadikan sebagai pembelajaran agar kita dapat lebih baik lagi kedepannya dan tidak mengulang kejadian yang sama.

Tujuan dari dibuatnya teks eksplanasi Salah satunya yaitu untuk menjelaskan adanya sebab akibat yang dapat terjadi di dalam suatu peristiwa.

Baca juga:

Struktur Teks Eksplanasi

Di dalam teks eksplanasi ini terdiri dari 3 struktur pembangun yaitu dimulai dari Pernyataan Umum, kemudian ada Sebab Akibat, dan yang terakhir adalah Interpretasi berikut di bawah ini Pinhome berikan pembahasannya. Struktur teks eksplanasi :

Pernyataan Umum

Di bagian yang pertama ini berisi mengenai pernyataan secara umum tentang topik atau masalah yang akan di bahas pada teks eksplanasi yang dibuat tersebut.

Urutan Sebab Akibat

Setelah bagian pernyataan umum ada bagian urutan sebab akibat, di bagian urutan sebab akibat ini berisi tentang detail penjelasan mengenai proses terjadinya peristiwa yang di tuliskan dari awal hingga akhir.

Interpretasi

Dan bagian struktur yang terakhir adalah interpretasi, di bagian ini berisi tentang kesimpulan mengenai topik yang telah di jelaskan dan di bahas pada teks eksplanasi tersebut.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Agar kita lebih mudah untuk mengenali teks eksplanasi kita bisa melihat ciri ciri dari teks eksplanasi, berikut di bawah ini adalah beberapa ciri ciri teks eksplanasi :

  • Terdiri dari 3 Struktur yaitu pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi.
  • Teks eksplanasi ini bersifat informatif.
  • Bersifat faktual, di dalam teks eksplanasi ini seluruh isinya tidak boleh ada yang fiktif atau tidak nyata.
  • Terdapat informasi yang bersifat keilmuan atau ilmiah.

Baca juga: Mengenal Teks Anekdot dan Contohnya yang Bisa Bikin Kamu Ketawa!

Kaidah Teks Eksplanasi

Dalam pembuatan teks eksplanasi agar lebih elok dan mudah dicerna oleh seluruh pemahaman pembaca, alangkah baiknya teks eksplanasi yang dibuat terdapat beberapa kaidah kaidah yang ada. Berikut di bawah ini adalah beberapa Kaidah Teks Eksplanasi :

  • Kalimat yang digunakan pasif.
  • Diusahakan istilah yang digunakan merupakan istilah ilmiah.
  • Terfokus pada hal yang bersifat umum pada manusia.
  • Banyak menggunakan kata material dan kata relasional.
  • Biasa menggunakan konjungsi kausal dan waktu.

Baca juga: Teks Eksposisi

Jenis-jenis Teks Eksplanasi

Menurut NSW Department School and Education (2012), terdapat empat jenis teks eksplanasi.

  • Eksplanasi Sequential, yaitu jenis eksplanasi yang menjelaskan rincian tahapan suatu fenomena. Misalnya; urutan siklus kehidupan rantai makanan.
  • Eksplanasi Kausal, yaitu jenis eksplanasi yang menjelaskan mengenai asal-muasal atau penyebab terjadinya perubahan pada suatu hal secara bertahap. Misalnya; proses terjadinya tanah longsor.
  • Eksplanasi Teoritis, yaitu jenis eksplanasi yang berisi spekulasi kemungkinan yang bisa terjadi di balik suatu fenomena alam. Misalnya; letusan gunung merapi mungkin memicu terjadinya bencana alam lain yang dahsyat.
  • Eksplanasi Faktorial, yaitu jenis eksplanasi yang menjelaskan tentang efek serta hasil dari suatu proses. Misalnya; efek terjadinya kolonialisasi.

Contoh Teks Eksplanasi

Agar kamu dapat lebih memahami penjelasan tentang struktur teks eksplanasi tidak lengkap rasanya jika tidak di berikan contoh teks eksplanasi. Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi beserta struktur teks eksplanasi.

Conton Teks Eksplanasi tentang Gunung Meletus

Source : Getty Images

Pernyataan Umum

Gunung meletus adalah fenomena alam yang sering terjadi di Indonesia. Peristiwa tersebut dapat terjadi karena adanya endapan magma yang ada di dalam perut bumi bersama dengan gas panas yang disemburkan karena adanya kekuatan besar dari dalam. Letusan dari gunung berapi salah satu bencana alam yang akan berdampak kepada lingkungan alam di sekitarnya.

Di Indonesia sendiri terdapat gunung berapi yang masih sangat aktif dan dapat meletus kapan saja. Gunung berapi tersebut antara lain yaitu gunung Krakatau (Lampung), gunung Merapi (Jawa Tengah), gunung kerinci (Sumatera Barat) dan lain sebagainya.

Urutan Sebab dan Akibat

Terjadinya gunung meletus karena adanya hubungan secara langsung antara lempeng bumi dengan gunung berapi, sehingga sebagian besar gunung berapi memiliki hubungan dengan zona kegempaan aktif, yang mana hal tersebut menjadikan adanya kenaikan suhu secara signifikan pada batas lempeng bumi sebelum terjadinya gempa. Adanya suhu yang tinggi tersebut lah yang dapat melelehkan batuan atau berbagai material menjadi cairan panas yang disebut dengan nama magma.

Material yang ada di dekatnya juga akan di instruksi oleh magma melalui rekahan rekahan yang mendekati permukaan bumi. Adanya magma dapat terbentuk karena suhu yang sangat panas yang ada di dalam perut bumi.

Dan kemudian gas-gas akan dikirimkan oleh material sehingga gas tersebut akan tercampur dengan magma. Magma dapat terbentuk pada kedalaman kurang lebih 60-160 km di bawah permukaan bumi. gas yang berada di bawah tekanan batuan keras nantinya akan menekan ke atas yang kemudian dapat terjadilah penyemburan magma dari dalam.

Interpretasi

Sampai saat ini, peristiwa gunung meletus menjadi salah satu hal yang paling ditakuti oleh masyarakat Indonesia. Karena letusan dari gunung berapi dapat Path menyebabkan terciptanya danau bahkan dapat pula sampai memecahkan suatu pulau.

Conton Teks Eksplanasi tentang Kriminalitas

Source : Medium

Kriminalitas adalah sebuah tindakan kejahatan yang seseorang lakukan agar bisa mencapai tujuan tertentu. “Kriminal” merupakan sebutan bagi seseorang yang melakukan tindakan kriminalitas. Kegiatan kriminalitas ini jenisnya cukup beragam, contohnya adalah pencurian, pembunuhan, penculikan, perampokan, dan hal sejenisnya.

Masalah ekonomi merupakan alasan umum bagi para seorang kriminal. Dimana mereka kesulitan untuk mendapatkan kerja dan juga kebutuhan yang tidak sebanding dengan pendapatan, dengan hal tersebut tentu saja bisa mendorong keinginan seseorang sehingga melakukan tindakan kriminalitas. Apalagi di Indonesia ini angka pengangguran yang cukup tinggi sehingga berbanding lurus dengan angka kriminalitas juga.

Untuk melindungi agar kita tidak melakukan hal kriminalitas, kita harus melakukan penanaman agama yang benar sejak dini. Sehingga dari sedini mungkin masyarakat terutama kalangan anak anak sudah bisa paham bahwa kriminalitas merupakan tindakan yang harus dihindari dan bertentangan dengan agama.

Selain bertentangan dengan agama, tindakan kriminalitas juga bertentangan dengan norma dan juga hukum yang ada di masyarakat. Orang yang melakukan kriminalitas selain mendapat dosa juga akan mendapatkan sanksi entah itu hukuman dari penegak ataupun sanksi sosial dari masyarakat.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Gerhana Bulan

Source : Time and Date

Pernyataan Umum (Pembuka)
Gerhana bulan adalah salah satu fenomena alam yang sering terjadi, maka tidaklah heran fenomena ini kerap kita jumpai. 

Gerhana bulan dapat terjadi apabila bulan dan matahari berposisi sama, sehingga sinar matahari yang seharusnya sampai ke bumi terhalang oleh bulan. Hal tersebut menyebabkan bumi menjadi gelap untuk beberapa waktu.

Meskipun begitu, posisi bulan dan matahari tidak selamanya akan menghasilkan gerhana. Mengapa demikian?
Sebab kemiringan orbit bulan dan ekliptika, yang menyebabkan perpotongan di antara keduanya yang disebut dengan node.

Jadi gerhana bulan baru akan terjadi apabila bulan berposisi dengan potongan garis atau yang disebut dengan titik nude. Setidaknya dibutuhkan 29 hari hingga 30 hari bulan berpindah posisi dari satu titik ke titik lainnya.

Deretan Penjelas (Isi)
Gerhana bulan yang terjadi pada faktanya tidak selalu tidak terlihat, sebab dalam beberapa kejadian bulan masih nampak, hal ini terjadi karena sinar matahari masih tersisa, yang menyebabkan sinar tersebut berbelok menuju arah bulan oleh atmosfer.

Sinar hasil pantulan dari atmosfer tersebut biasanya memiliki warna kemerahan yang menyebabkan bulan tampak berwarna merah gelap saat sedang terjadi gerhana matahari.

Gerhana bulan dapat kita amati secara langsung dengan mata telanjang, hal ini tidak akan membahayakan diri kita sama sekali.

Penutup (Interpretasi)
Gerhana bulan terjadi apabila sebagian atau seluruh bayangan bumi menutupi penampakan bulan. Terutama apabila posisi bumi sedang berada diantara bulan dan matahari, sehingga sinar matahari tidak dapat sampai pada bulan karena terhalang oleh bumi.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Source : Forbes

Banjir merupakan bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia. Bahkan dapat dikatakan telah menjadi langganan pada tiap tahunnya. Penyebabnya beragam mulai dari faktor alam itu sendiri hingga tangan manusia.

Apabila diartikan, banjir ialah ketidakmampuan sungai, danau, drainase atau aliran air lainnya untuk menampung volume air yang ada, sehingga air meluap dan menggenang tempat yang tidak seharusnya. Banjir pada umumnya terjadi di daerah rendah, seperti bantaran sungai, tempat yang tidak memiliki drainase atau resapan air yang baik.

Banjir kerap kali terjadi saat musim hujan datang, hal ini karena air dengan debit tinggi biasanya tidak mampu ditampung oleh sungai.

Seperti yang telah disinggung pada bagian awal, penyebabnya dapat terjadi murni faktor alam dan tangan manusia. Banjir yang diakibatkan oleh faktor alam terjadi karena hujan yang cukup deras dengan durasi lama. Pada akhirnya mengakibatkan sungai tidak mampu menampung debit air yang tinggi. Terjadinya erosi atau pendangkalan di area sungai dan lain sebagainya.

Sedangkan banjir yang diakibatkan oleh faktor manusia ialah membuang sampah ke sungai, sehingga air yang seharusnya mengalir ke hilir terhalang, dan akhirnya meluap.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwasanya banjir adalah bencana alam yang terjadi akibat dua faktor, yaitu alam dan manusia itu sendiri.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Source : BPBD NTB

Tsunami berasal dari bahasa jepang yaitu “Tsu” dan “Nami” yang berarti gelombang. Bencana ini kerap kali terjadi di Jepang dan Indonesia. Barangkali kalian masih ingat dengan apa yang terjadi di tahun 2004, bagaimana tsunami meluluhlantakkan tanah rencong Aceh.

Tsunami merupakan perpindahan badan air secara tiba-tiba yang diakibatkan oleh perubahan air laut secara vertikal. Daerah-daerah yang berpotensi tsunami adalah daerah yang berbatasan dengan laut atau pantai.

Terjadinya tsunami biasanya diakibatkan adanya gerakan bumi secara vertikal, sehingga mengganggu keseimbangan air laut. hal tersebut dapat terjadi dengan adanya gempa, tanah longsong, gunung meletus dan meteor yang jatuh ke laut. Ketidakseimbangan air laut tersebut pada akhirnya akan membentuk gelombang besar yang kita kenal sebagai tsunami.

Gelombang tsunami yang dihasilkan sangat bervariatif, tergantung gerakan bumi yang terjadi. Berdasarkan penelitian, kecepatan tsunami dapat mencapai 100 km/jam ketika di laut, dan mengalami penurunan menjadi 30 km/jam saat mencapai daratan. Sedangkan untuk ketinggiannya dapat mencapai puluhan meter.

Tsunami akan menggusur dan melalap apa saja yang dilewatinya. Gelombang tinggi ini sangat berbahaya, berdasarkan kasus-kasus yang pernah terjadi, tsunami selalu berhasil menghancurkan lingkungan dengan sempurna.

Sejauh ini tsunami termasuk bencana alam paling berbahaya. Tidak hanya fasilitas serta bangunan yang tergusur oleh tsunami, tapi manusia juga.

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Source : IFRC

Gempa bumi adalah bencana alam yang disebabkan oleh bergeraknya lempengan bumi sehingga terjadi getaran ke permukaan. Indonesia dan Jepang merupakan dua negara yang sangat sering mengalami bencana ini. Tentu tidaklah heran, sebab Indonesia dan Jepang berada pada daerah dengan patahan yang banyak.

Sama halnya dengan kejadian lain, kebanyakan gempa bumi terjadi secara tiba-tiba. Salah satu pemicu dari gempa ialah adanya aktivitas di dalam bumi, terutama yang berhubungan dengan meletusnya gunung.

Indonesia dapat dikatakan sebuah negara langganan gempa. Salah satu kejadian yang paling besar adalah gempa bumi yang mengguncang jogja pada 2007.

Kemudian baru-baru kemarin gempa menghancurkan sebagian besar daerah di Nusa tenggara Barat dan Palu. Dua kejadian tersebut banyak merenggut nyawa.

Berdasarkan uraian di atas, gempa bumi terjadi diakibatkan adanya pergerakan bawah bumi sehingga terjadi getaran ke-permukaannya. Sejauh ini yang paling sering menjadi pemicu gempa ialah meletusnya sebuah gunung.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Longsor

Source : Phys

Tanah longsor merupakan sebuah peristiwa yang terjadi akibat adanya pergerakan tanah atau batuan. Penyebabnya dibedakan menjadi dua bagian, yaitu faktor pemicu dan faktor pendorong. Faktor pemicu ialah yang menyebabkan batuan atau tanah bergerak, sedangkan faktor pendorong dipengaruhi oleh kondisi material.

Di Indonesia sendiri tanah longsor bukanlah fenomena yang baru, bahkan beberapa daerah telah menjadi langganan. Bencana alam tanah longsor terjadi oleh dua faktor, yaitu sosial dan alam.

Tanah longsor yang disebabkan oleh sosial atau ulah manusia sia sendiri seperti pembabatan atau penebangan hutan. Hutan yang gundul menjadi salah satu pemicu terjadinya tanah longsor, sebab air hujan yang turun tidak dapat diserap oleh akar yang pada akhirnya air menggerus material tanah.

Sedangkan faktor alam yang memicu terjadi longsor ialah gempa dan erosi yang diakibatkan oleh hujan yang deras.

Tanah longsor dapat ditanggulangi dengan cara menanam pohon di tempat yang curam, tujuannya agar tanah terikat dan menjadi kuat disangga oleh akar.

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Source : Britannica

Kebakaran hutan adalah kategori bencana alam yang sebagian besarnya disebabkan ulah tangan manusia. Sudah sangat sering kita menyaksikan setiap tahunnya hutan-hutan di Indonesia mengalami kebakaran yang sangat parah.

Tentu saja hal ini menjadi sebuah catatan buruk bagi pemerintahan, sebab sebagian besar kejadian tersebut disebabkan oleh manusia.

Kebakaran hutan terjadi saat musim kemarau, biasanya orang-orang yang memiliki kepentingan membakar lahan dengan sengaja. Padahal sadar atau tidak, tindakan tersebut merugikan banyak pihak, mulai dari masyarakat, pemerintah hingga pengusaha.

Mengapa demikian?

Bayangkan ketika terjadi kebakaran hutan. Asam yang pekat biasanya menyebabkan penyakit ISPA di kalangan masyarakat, mengganggu penerbangan, serta mendatangkan kerugian yang tak terkira untuk negara.

Sedang kebakaran hutan yang disebabkan oleh alam secara murni presentasinya sangat minim sekali. Kondisinya juga  tidak separah kebakaran hutan yang diakibatkan oleh tangan manusia.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Pelangi

Source : Time and Date

Pelangi atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama rainbow adalah fenomena alam yang sering terjadi di seluruh belahan dunia. Ini adalah peristiwa optik dan meteorologi dimana disusun oleh cahaya warna-warni yang muncul di langit atau media lainnya.

Pelangi dapat dilihat ketika hujan ringan turun. Bentuknya mirip busur menembus cakrawala. Selain itu pelangi juga dapat dilihat di air terjun yang tinggi. Fenomena ini setidaknya dibentuk oleh 4 siklus. Terdiri dari pembiasan sinar matahari, sinar matahari yang melewati tetesan air, pembelokan cahaya dan terbentuknya warna pelangi.

Pelangi hanya dapat kita jumpai saat sedang hujan ringan dengan sinar matahari berada tepat pada posisi kita, sehingga kita akan dapat melihat pelangi yang indah membentuk busur.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Paling Menarik Di Bangka Belitung

Contoh Teks Eksplanasi Aurora

Source : IDN Times

Aurora merupakan sebuah fenomena alam yang mirip dengan pancaran cahaya. Sinar cahaya yang dipancarkan menyala-nyala pada lapisan ionosfer sebuah planet.

Sinar cahaya tersebut dihasilkan oleh interaksi medan magnet planet dengan partikel yang dipancarkan oleh cahaya matahari.

Pada umumnya aurora hanya dapat terjadi di daerah kutub utara dan kutub selatan. Aurora yang terjadi di utara disebut dengan aurora borealis. Sedangkan untuk aurora yang berada di daerah selatan dikenal dengan nama aurora australis.

Terdapat tiga proses terjadinya aurora. Diantaranya medan magnet, angin matahari, interaksi partikel atmosfer bumi dengan partikel bermuatan matahari.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan, bahwa aurora hanya terjadi di kutub utara maupun selatan. Fenomena tersebut diakibatkan dari interaksi medan magnet bumi dengan matahari.

Baca juga: Contoh Teks Anekdot

Contoh Teks Eksplanasi Wayang

Source : Volkpop

Wayang adalah sebuah seni pertunjukan asli Indonesia. Telah ada dan dinikmati sejak berpuluh abad yang lalu. Wayang memiliki perkembangan yang begitu pesat, terutama di Pulau Jawa dan Bali. Seni ini juga dikenal oleh sebagian masyarakat Melayu yang dipengaruhi oleh budaya Jawa dan Hindu.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui UNESCO menetapkan wayang sebagai seni pertunjukan boneka terkenal asal Indonesia. Ditetapkan pada tanggal 07 November 2003. Wayang adalah warisan dunia yang harus dijaga dan dipertahankan oleh masyarakat Indonesia.

Berdasarkan sejarah, wayang digunakan sebagai media menyebarkan agama, terutama Islam dan Hindu.

Maka dari itu wayang sudah seharusnya kita lestarikan. Sebab mengandung banyak nilai filosofi yang mengarahkan manusia untuk senantiasa berbuat baik serta menghindari perbuatan buruk.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Kemiskinan

Source : iStock

Kemiskinan adalah sebuah kondisi sosial dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok hidup. Hal tersebut disebabkan daya beli mereka yang sangat rendah.

Masalah sosial ini menjadi sebuah momok yang sangat menakutkan di berbagai negara. Selain itu tingkat kemiskinan juga menjadi patokan kesejahteraan. Suatu negara akan dianggap sejahtera apabila memiliki tingkat kemiskinan yang rendah, begitupun sebaliknya.

Isu kemiskinan sendiri tidak lagi menjadi isu nasional, namun telah menjadi isu Internasional. Sebab hampir setiap negara di dunia membahas dan mencari penyelesaian untuk hal ini. Banyak faktor yang menyebabkan terjadi kemiskinan, sedang menurut ahli ekonomi dan filsafat kemiskinan adalah bentuk yang relatif.

Relatif disini memiliki arti bahwa kemiskinan dapat ditafsirkan secara berbeda tergantung siapa dan darimana yang melihatnya.

Setiap kelompok menafsirkan kemiskinan dengan cara masing-masing, misal liberalis menganggap kemiskinan muncul akibat kurangnya usaha.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Pengangguran

Pengangguran atau tuna karya adalah sebuah kondisi seseorang yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan atau bekerja kurang dari 2 hari dalam seminggu.

Banyak faktor yang menyebabkan pengangguran. Faktor yang paling umum ialah jumlah angkatan kerja lebih banyak dibandingkan dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Pengangguran tidak hanya menjadi masalah pribadi saja, namun juga masalah negara. Ketika suatu negara memiliki tingkat pengangguran yang banyak, maka dapat dipastikan penghasilan negara berkurang.

Pengangguran sangat berkaitan erat dengan tingkat kesejahteraan dan kemiskinan suatu negara. Maka tidak heran apabila negara berupaya keras untuk mengurangi pengangguran yang ada.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Tawuran

Tawuran adalah bentuk kekerasan yang dapat dilakukan oleh para pelajar maupun masyarakat. Kondisinya, terdapat dua kubu berhadapan yang memperselisihkan suatu hal. Masalah yang diperselisihkan bisa apa saja yang akhirnya dapat memicu tawuran terjadi.

Dalam beberapa tahun terakhir, tawuran sangat sering terjadi, terutama antar pelajar dan geng motor. Kejadian tersebut mengakibatkan banyaknya korban yang berjatuhan.

Tawuran di kalangan pelajar dan anak muda dikategorikan sebagai kenakalan remaja,. Bagaimana tidak? Anak muda atau pelajar yang seharusnya menyiapkan diri untuk masa depan justru merusak dirinya sendiri dengan tawuran.

Untuk mengurangi terjadinya tindak kekerasan ini, pemerintah melalui aparat telah berusaha meminimalisirnya. Contohnya dengan senantiasa melakukan patroli, melakukan himbauan di setiap sekolah dan lingkungan masyarakat.

Baik itulah artikel dari Pinhome kali ini mengenai materi Teks Eksplanasi mulai dari pengertian teks eksplanasi, struktur, kaidah sampai contoh teks eksplanasi, mudah bisa berguna dan bermanfaat untuk teman teman.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download