BlogLifestyleEdukasi6 Contoh Surat Permohonan Narasumber Pembicara
0
0

6 Contoh Surat Permohonan Narasumber Pembicara

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Apr 13, 2023

10 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Menyelenggarakan suatu acara, baik berupa pelatihan, seminar, kegiatan lapangan, workshop maupun penyuluhan kesehatan, biasanya membutuhkan seorang ahli di bidangnya.  Narasumber biasanya adalah orang penting, sehingga dibutuhkan undangan berupa contoh surat permohonan narasumber agar dapat memenuhi undangan panitia penyelenggara. 

Selain itu, dengan adanya surat permohonan narasumber dapat menggunakan surat permohonan pembicara sebagai bukti resmi untuk mendapatkan persetujuan dari organisasi, lembaga, layanan atau lembaga terkait. Nah, berikut adalah contoh surat undangan narasumber yang membutuhkan berbagai acara yang lengkap dan up-to-date yang bisa dijadikan referensi.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Surat Lamaran Kerja

Apa Itu Surat Permohonan Narasumber

Surat permohonan narasumber adalah jenis surat resmi yang berisi himbauan seseorang kepada seorang ahli atau yang disebut narasumber untuk mengisi sebuah acara tertentu. Tujuan utama penulisan surat ini adalah untuk mengundang seorang ahli dalam bidang tertentu dan meminta izinnya untuk membagi ilmu dan keahliannya kepada hadirin dalam suatu seminar. 

Surat ini dapat dikatakan sebagai naskah resmi atau undangan bagi para ahli untuk berbicara dalam suatu acara. Surat permohonan pembicara ini harus dikirim jauh sebelum kegiatan yang diinginkan dilakukan, sehingga narasumber bisa menyempatkan waktunya untuk mengisi acara.

Cara Membuat Surat Permohonan Narasumber

Untuk cara menulis surat permohonan narasumber dengan benar, Pins harus memperhatikan hal-hal berikut. Sampaikan dengan jelas menunjukkan tempat dan waktu acara yang diselenggarakan. Sampaikan dengan sopan maksud dan tujuan kamu saat mengirim surat permintaan ke sumber. 

Cantumkan keterangan tentang sumber secara jelas dan lengkap sehingga pihak yang berwenang memahami siapa yang dirujuk oleh narasumber.  Setiap institusi dapat memiliki beberapa sumber. 

Tuliskan dengan jelas topik dan nama acara yang ingin diselenggarakan. Sehingga narasumber dapat menyiapkan materi yang sesuai. 

Permohonan narasumber direkomendasikan untuk disampaikan langsung kepada pemangku kepentingan paling lambat 2 minggu sebelum pelaksanaan kegiatan. Gunakan kop surat untuk mencetak surat lamaran agar narasumber mengetahui dengan pasti dari mana surat itu berasal. Surat pendirian harus ditandatangani sebagai akta legalitas. Akan lebih baik jika ditambahkan stempel instansi terkait.

Berikut adalah bagian-bagian yang harus ada di dalam surat undangan resmi :

  • KOP/Kepala Surat, mencakup nama instansi, alamat instansi, nomor telepon, kode pos, dan logo instansi)
  • Tanggal pembuatan surat
  • Nomor, lampiran dan perihal
  • Alamat tujuan surat
  • Salam pembuka, isi dan salam penutup
  • Pengirim surat (tanda tangan, nama dan jabatan)
  • Tembusan

Baca juga: 11 Contoh Surat Pribadi untuk Guru & Panduan Membuatnya

Contoh Surat Permohonan Narasumber

Ada banyak contoh surat permohonan tenaga penceramah yang bisa dijadikan template penulisan surat permohonan yang baik dan benar. Contoh berikut dapat digunakan untuk memeriksa apakah pengguna sendiri dapat dijadikan contoh dalam menulis surat lamaran yang baik dan benar.

Contoh Surat Permohonan Narasumber Pelatihan

Saat mengundang narasumber untuk pelatihan, kompetensi narasumber yang akan diundang harus diperhitungkan. Pastikan narasumber adalah orang yang ahli di bidangnya dan surat lamaran yang disusun harus jelas isi, maksud dan tujuannya.

PEMERINTAH KOTA JAKARTA SELATAN

DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI

Jalan Mahameru Mahmudi Hasan No. 17 Jakarta Selatan

Telp: 021 123 456 789

Jakarta, 12 November 2022

Nomor : 11/DTKT/X

Lampiran : – 

Perihal : Permohonan Untuk menjadi Narasumber

Kepada Yth, 

Bapak Syarifuddin

Penggerak Ekonomi Muda Kreatif

Di,

Tempat

Dengan Hormat, 

Bersama dengan datangnya surat ini kami dari pihak Panitia Pelatihan dan Pembinaan Masyarakat dalam Bidang Pencari Pekerjaan Umum ingin mengundang Bapak Syarifuddin selaku ketua Penggerak Ekonomi Muda Kreatif Jakarta Selatan agar sekiranya dapat menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan dan pembinaan yang akan kami adakan ini. Dimana kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

  • Hari/Tanggal : Senin, 28 November 2022
  • Pukul : 10.00 WIB – Selesai
  • Acara : Pelatihan dan Pembinaan Masyarakat dalam Bidang Pencari Pekerja Umum
  • Lokasi Pelaksanaan : Halaman Utama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Demikian Surat ini kami sampaikan, semoga Bapak dapat meluangkan waktu untuk menghadiri. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Kota Jakarta Selatan

Abdul Mutollib 

NIP. 1234212344412

Contoh Surat Permohonan Menjadi Narasumber

Contoh surat permohonan menjadi narasumber pada suatu acara yang diadakan oleh teman petani, karena contoh surat di bawah ini kop surat tertera dengan jelas kepada siapa surat ini ditujukan, dari badan surat sampai dengan isi surat. 

Susunan surat dapat digunakan agar maksud dan tujuan surat dapat diungkapkan dengan benar, sehingga diharapkan narasumber berminat dan siap untuk mengikuti acara yang diselenggarakan.

Sahabat Tani Jaya Way Halim

RT. 22 RW. 11 Desa Way Halim, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung

Telp:  021 098 233 445

Bandar Lampung. 1 Januari 2023

Nomor : 11/STJWH/XII

Lampiran : – 

Perihal : Permohonan Untuk Menjadi Narasumber

Kepada Yth, 

Kepala Desa Way Halim

Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung

Di,

Tempat

Dengan Hormat, 

Yang bertanda Tangan dibawah ini: 

  • Nama : Ikhwan Alfiansyah
  • Jabatan : Pimpinan Sahabat Tani Jaya Way Halim
  • Alamat : RT. 22 RW. 11 Desa Way Halim, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung

Mendengar akan diadakannya musyawarah bersama warga Desa Way Halim, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung pada tanggal 29 Januari 2023 kami dari pihak Sahabat Tani Jaya Way Halim ingin mengajukan diri menjadi salah satu narasumber pada acara tersebut. 

Dimana kami memiliki banyak hal yang akan kami sampaikan perihal pertanian desa agar dapat menjadi lebih maju dan tidak ada lagi yang namanya lahan kosong di desa kita ini. Mohon untuk Bapak Kepala Desa dapat mengabulkan permintaan kami ini. 

Sekian surat ini kami sampaikan apabila ada salah kata saya sampaikan maaf dan terima kasih untuk waktu yang telah bapak berikan kepada kami. 

Hormat kami,

Pimpinan Sahabat Tani Jaya 

Way Halim

Ikhwan Alfiansyah

Contoh Surat Permohonan Narasumber Webinar

Seminar dengan menggunakan sistem online saat ini sedang populer di kalangan masyarakat umum. Selain fleksibilitas, webinar dinilai lebih efektif dalam penyampaian materi karena dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Namun, mendapatkan sumber yang tepat tidaklah mudah. Pins harus meminta dan mengirimkan sumber daya webinar melalui email untuk mengonfirmasi. Ini contoh suratnya.

Source : scribd.com

Surat dinas permohonan yang dikirim langsung oleh lembaga dinas sosial kepada tenaga ahli yang dipercaya memiliki keahlian untuk menunjang kegiatan yang sedang berlangsung. Topik kegiatan tugas diuraikan dengan baik, sehingga narasumber dapat mempersiapkan materi yang akan disampaikan nanti. 

Waktu dan tempat kegiatan telah diumumkan seluruhnya. Surat tersebut harus dilengkapi dengan informasi lengkap dan ditandatangani untuk persetujuan oleh otoritas setempat.

Baca juga: 16 Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua dan Guru, Lengkap!

Contoh Surat Permohonan Narasumber Puskesmas

Puskesmas sering menyelenggarakan berbagai acara seperti seminar, workshop dan pelatihan. Materi yang dibahas pada acara tersebut juga sangat beragam. 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran yang lebih baik dan lengkap kepada masyarakat. Surat permohonan tenaga penceramah harus dibuat dengan format yang benar untuk mendapatkan persetujuan dari pihak terkait. Selanjutnya adalah struktur tulisan.

Source : scribd.com

Puskesmas menyurati surat resmi langsung kepada narasumber untuk kegiatan pendidikan, meminta kedatangan tenaga pembantu. Surat tersebut ditujukan langsung kepada narasumber yang diminta untuk melaksanakan acara tersebut, yaitu Kepala Sekolah SDN Guntung. 

Tanggal, waktu dan tempat acara diumumkan dengan jelas dan terperinci. Materi pelatihan yang akan dilaksanakan dijelaskan secara detail sehingga narasumber dapat memahami penyusunan materi yang tepat. Surat tersebut harus disetujui, ditandatangani dan dicap oleh pejabat tinggi Puskesmas.

Surat Permohonan Narasumber Workshop

Pada umumnya narasumber yang diundang dalam workshop baik online maupun offline biasanya menjadi narasumber dalam diskusi yang sedang berlangsung. Narasumber bisa dari dinas atau instansi yang terkait dengan tema acara agar relevan dan menarik bagi peserta. Untuk mengundang narasumber diperlukan surat permintaan resmi, yang terdiri dari kop surat, badan dan penutup di bawahnya.

PEMERINTAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 20 WATES

Jalan Diponegoro Nomor 78 Wates

Telepon : 0876854

Wates, 15 Maret 2021

Nomor : 76851/SIP/90

Lamp   : –

Hal  : Permohonan Untuk Menjadi Pemateri Workshop

Kepada Yth :

Kepala Dinas Pendidikan

Kabupaten Wates

Di

Tempat

Dengan Hormat,

Dengan datangnya surat ini kami ingin menyampaikan bahwa SMA Negeri 20 Wates ingin mengadakan Workshop Umum untuk Para Pengajar Tingkat Sekolah Menengah Atas untuk wilayah Kecamatan Wates dan Sekitarnya.

Sehubungan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut kami ingin memohon bantuan kerjasama pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Wates untuk bersedia mengirimkan para Pemateri Handal untuk melancarkan acara kami, dimana lokasi dan waktu pelaksanaannya adalah sebagai berikut :

  • Hari/Tanggal : Senin, 30 Maret 2020
  • Pukul : 08.00 WIB – Selesai
  • Tempat : SMA Negeri 20 Wates
  • Peserta : Para Guru SMA Kecamatan Wates dan Sekitarnya

Demikian surat permohonan ini kami buat,untuk perhatian dan waktunya kami ucapkan beribu-ribu terima kasih banyak.

Panitia Workshop

Nahidoh Solihun, S. Pd.

Contoh Surat Permohonan Narasumber Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berlaku pada sistem pendidikan di Indonesia, dimana saat ini banyak diadakan pelatihan-pelatihan, penyuluhan atau seminar yang  berkaitan dengan kurikulum. Untuk mengundang narasumber yang kompeten ke program studi, diperlukan surat undangan dengan isi dan tujuan tertulis yang jelas atas permintaan narasumber.

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA

PERKUMUPULAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

KECAMATAN SERANG-BANTEN

Serang, 15 Maret 2022

No   : KKM/1212/KUR13

Lampiran : –

Hal  : Permohonan Menjadi Narasumber

Kepada Yth,

Kepala Departemen Agama

Kabupaten Banten

Di Banten

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Kami dari Perkumpulan Guru Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Serang Kabupaten Banten ingin mengadakan “Rapat Koordinasi” mengenai pembaharuan pada Kurikulum 2013 sekaligus ingin belajar bersama apa saja ketentuan terbaru yang ada pada pembaharuan tersebut. Oleh karena itu untuk menunjang hal tersebut kami memohon bantuan dari pihak Departemen Kabupaten Banten dapat mengirimkan Narasumber yang dapat membantu kami dalam memahami Kurikulum 2013 Terbaru ini. Rapat yang kami akan adakan ini insya Allah dilaksanakan pada :

  • Hari/Tanggal : Senin, 30 april 2022
  • Pukul : 08.00 WIB – Selesai
  • Tempat : SMA Negeri 20 Wates
  • Alamat : Jl. Mangkubuwono No. 17 Kecamatan Sragen (Depan Pom Bensin Rungkut)

Demikian Surat ini kami sampaikan, atas waktu dan perhatiannya kami sampaikan beribu banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,

Ketua Perkumpulan Guru MI

Kecamatan Sragen

Indah Nur Aini

NIP. 1203753001

Surat Permohonan Pelatihan

Agar kegiatan pelatihan bisa berjalan dengan lancar, Anda membutuhkan narasumber yang sesuai. Untuk bisa menggunakan jasa narasumber, Anda perlu mengajukan surat permohonan kepada pihak tertentu.

Surat tersebut nantinya akan direview oleh pihak narasumber sebelum disepakati. Semua informasi yang dituliskan pada surat permohonan narasumber harus didefinisikan dengan jelas dan terperinci agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Berikut contohnya.

Source : scribd.com

Pada surat tersebut Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga mengajukan permintaan narasumber kepada pihak Bursa Efek Indonesia yang dianggap sebagai pembicara ahli untuk mengisi materi pembahasan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Tema serta judul workshop yang diadakan telah dijelaskan secara mendetail. Dengan begitu pihak narasumber akan lebih mudah untuk menyiapkan materi yang sesuai. Tempat, waktu serta tanggal penyelenggaraan telah diinformasikan pada surat permohonan tersebut. Surat telah disahkan oleh ketua pelaksana dan juga sekretaris.

Baca juga: Contoh Surat Resmi dan Cara Membuatnya

Permohonan Narasumber Bimtek

Sebuah kegiatan acara yang bersifat pelatihan atau bimbingan teknis untuk meningkatkan kemampuan (skill) para calon peserta yang ada maka diperlukan hadirnya seorang ahli dibidangnya.

Selain acara tersebut terkesan lebih menyakinkan juga bisa menarik minat para peserta untuk datang dan ikut pelatihan yang digelar tersebut.

Namun seorang narasumber bimtek bisa hadir apabila kita sebagai panita acara membuat surat permohonan narasumber secara resmi yang ditujukan pada instansi terkait sesuai dengan prosedur yang ada.

Nomor         : ESP/KKPS/2022

Lampiran     : 2 (dua) berkas

Hal              : Surat Permohonan Narasumber

Kepada

Yth. Kepala Polsek Sragen

Di Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Seluruh anggota terpilih KPPS Kecamatan Sragen akan mengadakan “BIMTEK Pemilihan Umum Tahun 2022” yang akan diselenggarakan pada :

  • Hari/Tanggal : Jum’at, 24 April 2022
  • Pukul : 19.00 – 21.00 WIB
  • Tempat : Aula Kecamatan Sragen
  • Alamat : Jalan Pangeran Diponegoro No 35 Sragen

Mohon untuk kesediaannya Bapak Kepala Polsek Sragen dapat mengirimkan bebrapa anggotanya untuk menghadiri acara tersebut sebagai narasumber bagi para anggota kami nantinya. Kami sangat berharap bapak dapat memberikan kabar baik secepatnya, untuk melancarkan acara kami nantinya.

Demikian surat ini kami sampaikan apabila ada kata maupun pengucapan yang salah kami mengucapkan mohon maaf yang sebesarnya-besarnya dan juga terima kasih untuk waktu yang Bapak berikan.

Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

Sragen, 01 April 2022

Hormat Kami, 

Panitia BIMTEK KPPS

Kecamatan Sragen

Indah Nuraini, S. I. Kom

Demikianlah kumpulan contoh surat permohonan narasumber untuk berbagai macam kegiatan dan acara lengkap, semoga bisa membantu dan menambah wawasan Pins semua!

Featured image: qubisa.com

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Sukasejati Garden City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download