Pinhome

Lifestyle

Ini Dia Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Benar

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 16 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins, pernahkah kamu mendengar istilah surat kuasa? Ya, surat kuasa adalah sebuah dokumen atau surat yang mempunyai fungsi untuk memberikan atau memindahtangankan kuasa dari pemilik utama ke pihak yang mewakili. Untuk informasi selengkapnya mari kita pahami contoh surat kuasa di artikel berikut.

Pinhome – Pemberian kuasa ini mempunyai tujuan dan keperluan yang beraneka ragam ya Pins. Skenarionya pun berbeda-beda sesuai dengan tujuan tadi dan kebutuhan. Misalnya kamu ingin mengambil uang tabungan di bank melalui teller, namun kamu berhalangan hadir. Agar proses transaksi tersebut bisa dilaksanakan dengan lancar kamu bisa mengutus pewakilan. Namun, si penerima kuasa harus membawa surat kuasa sebagai bukti resmi adanya pemindahan wewenang. 

Baca Juga: Contoh Surat Keterangan Domisili Dan Cara Untuk Mengurusnya

Fungsi Surat Kuasa

(Maxmanroe)

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Mudah Dan Lengkap

Di atas kita sudah sempat menyinggung fungsi dari surat kuasa ya Pins. Nah untuk selengkapnya berikut ini penjabaran mengenai surat kuasa yang perlu kamu tahu. Yuk disimak bersama!

  • Pertama sesuai dengan nama dari surat ini, surat kuasa mempunyai fungsi memberikan kuasa ke penerima kuasa.
  • Kedua surat ini menjadi bukti bahwa pihak pemberi kuasa secara sadar memberikan kuasanya ke penerima kuasa untuk kebutuhan tertentu yang bersifat pribadi seperti pencairan tabungan atau mencetak rekening koran dan lain-lain.

Persiapan Membuat Surat Kuasa

(Accurate)

Baca Juga: Ini Dia Contoh Surat Hibah Tanah Yang Baik Dan Benar

Pins, sebelum membuat surat kuasa ada baiknya kamu memperhatikan cara pembuatan dan persiapnnya dulu yuk. Di bawah ini ada penjelasan mengenai ciri dan unsur dalam surat yang harus kamu pahami.

Ciri-ciri surat kuasa

  • Surat kuasa menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami. Umumnya menggunakan bahasa baku yang memperhatikan ejaan sesuai standar bahasa Indonesia.
  • Surat kuasa menggunakan instruksi yang singkat, padat dan jelas.
  • Surat kuasa berisi pernyataan untuk penyerahan wewenang dari pemilik kuasa ke penerima kuasa.

Unsur-unsur surat kuasa

Pins, setelah kamu memahami ciri-ciri dari surat kuasa, berikut ini ada unsur-unsur yang biasanya muncul di dalam surat. Yuk cek informasi selengkapnya di bawah ini.

  • Data pribadi dari pihak pemberi kuasa
  • Dari pribadi dari pihak yang diberikan kuasa. Informasi pribadi mencakup Nama, NIK, pekerjaan, alamat.
  • Jenis wewenang dan kausa yang diberikan, berikut berbagai batasannya.
  • Untuk suatu surat dinas: Nama, NIP, pangkat/jabatan.

Syarat surat kuasa 

Setelah kamu mengetahui ciri dan unsur surat kuasa, berikut ini ada hal-hal berkaitan dengan surat kuasa.

  • Kedua pihak, baik itu pemberi dan penerima kuasa harus dalam keadaan sehat secara mental dan fisik dalam melakukan komunikasi. Artinya pihak pemberi kuasa harus berdasarkan kemauan sendiri dalam menulis surat kuasa. Sementara penerima kuasa harus dalam kondisi sadar untuk menjalankan amanah.
  • Pemberi kuasa harus memilih orang terpercaya dalam mendelegasikan kuasanya. Bisa bawahan di kantor, kakak, adik dan lain-lain.
  • Kedua pihak harus saling mempercayai dan mampu menjaga komitmen masing-masing.

Contoh Surat Kuasa

Pins, seperti yang sudah Pinhome informasikan di atas, berikut ini ada contoh surat kuasa yang bisa kamu gunakan sebagai panduan. Nah sebelum masuk kepada contoh, kamu harus tahu dulu beberapa jenis contoh surat kuasa ya Pins.

Pertama ada surat kuasa perorangan

Surat kuasa perorangan adalah surat yang digunakan untuk mewakili kebutuhan perorangan saja. Misalnya pihak pemberi kuasa ingin mengambil barang atau gaji. Nah, pihak pemberi kuasa jika berhalangan hadir bisa diwakili oleh penerima wewenang atau kuasa. Untuk melakukan kegiatan ini, pihak pertama harus memberikan wewenang kepada pihak penerima kuasa yang dibuktikan dengan surat. Umumnya untuk surat kuasa jenis ini hanya perlu ditanda tangani saja dan tidak perlu menggunakan materai. 

Kedua surat kuasa kedinasan

Sementara untuk surat kuasa kedinasan biasanya memerlukan kop surat. Tujuannya adalah agar memudahkan dalam mengindikasi bahwa surat kuasa tersebut berasal dari instansi tertentu. Biasanya surat kuasa kedinasan atau perusahaan ditujukan untuk keperluan pekerjaan dan perusahaan. Misalnya surat kuasa dari Rektor yang diberikan kepada Wakil Rektor untuk mewakili suatu acara atau kegiatan.

Ketiga surat kuasa istimewa

Surat kuasa istimewa ini pada dasarnya ditentukan berdasarkan tujuan dari acara tersebut. Surat kuasa ini umumnya perorangan. Namun, tujuan kegiatan yang perlu diwakili adalah kegiatan seperti menghadiri persidangan perceraian dan lain-lain. Contohnya pihak klien sebagai pemberi kuasa kepada pengacara untuk mewakili persidangan cerai tersebut.

Di bawah ini ada beberapa contoh surat kuasa yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk cek contohnya dan perhatikan bagian-bagian surat tersebut!

Contoh pertama

Contoh di atas adalah surat kuasa antar perorangan. Artinya pemberi kuasa dan penerima kuasa keduanya adalah individu. Mengapa ini disebut sebagai surat kuasa indivdu? Kamu bisa melihat dari kebutuhan yang akan dilakukan oleh kedua pihak. Pihak pemberi kuasa ingin mendelegasikan penerima kuasa untuk mengambil dana dari Bank. Pemakaian materai pada surat kuasa perorangan perlu memahami konteksnya ya Pins. Jika kuasa tersebut berupa pengambilan uang di Bank maka diperlukan materai.

Contoh kedua

Contoh kedua adalah surat kuasa instansi. Artinya surat kuasa ini dikeluarkan karena berkaitan dengan kegiatan perusahaan. Kamu bisa langsung mengetahui hal tersebut dari kop surat yang digunakan pada surat. Selain itu ada juga pencantuman materai yang melengkapi keutuhan surat kuasa ini.

Nah itu dia penjelasan mengenai surat kuasa yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel