Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif Lengkap

Dipublikasikan oleh Cahyadi Nugraha ∙ 24 May 2016 ∙ 6 menit membaca

Contoh Paragraf Deduktif – Paragraf merupakan suatu bagian pada karangan atau artikel yang berisikan kumpulan kalimat-kalimat, dan setiap kalimat memiliki satu kalimat utama dan disertai juga beberapa kalimat penjelas.

Dalam paragraf juga terdapat dua jenis paragraf yang berdasarkan letak kalimat utama diantaranya paragraf deduktif dan satu laginya paragraf induktif.

Untuk pembahasan kali ini yaitu tentang paragraf deduktif, paragraf deduktif itu sendiri yaitu paragraf yang memiliki ciri yang menonjol.

Ciri tersebut dimana paragraf deduktif disusun dengan mengurutkan kalimat utama dengan memiliki isi kesimpulan pada awal paragraf, selanjutnya kalimat penjelas uraian dari kesimpulan tersebut yang berisi bukti, fakta, dan data sekaligus alasan dari kesimpulan.

Paragraf deduktif memiliki pola pengembangan paragraf diantaranya silogisme dan entimen. Pola silogisme merupakan suatu pola pengembangan suatu paragraf yang dimana proses penalarannya menghubungkan dua pernyataan yang memiliki fungsi untuk menurunkan kesimpulan yang dijadikan sebagai pernyataan ketiga.

Dua pernyataan ini disebut juga sebagai premis mayor (pernyataan yang bersifat umum) dan premis minor (pernyataan yang bersifat khusus). Sedangkan pola pengembangan entimen adalah memiliki pola pengembangan paragraf silogisme namun entimen merupakan versi pendek dari silogisme.

Contoh-contoh Paragraf Deduktif

Paragraf Deduktif
Paragraf Deduktif

1. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat bukan saja pola makan teratur saja akan tetapi olahraga juga termasuk kedalam pola hidup sehat yang intinya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Menurut seorang Guru besar, berkata bahwa seseorang yang jarang atau tidak melakukan aktivitas olahraga akan mengalami penurunan drastis kapasitas cadangan pada tubuhnya.

Sebenarnya, ketika kita beraktivitas berat kapasitas cadangan pada tubuh sangat dibutuhkan. Ia memberikan sebuah contoh seseorang yang pada waktu mudanya jarang melakukan olahraga, orang yang tidak melakukan olahraga pada usia 30 maka seseorang tersebut akan seperti orang yang berusia berusia 50 tahun.

Contohnya saja ketika seseorang tersebut menyusuri perjalanan jauh maka mereka akan sangat capek atau ngos-ngosan. Namun sebaliknya, jika orang yang rajin berolahraga walaupun telah berumur 50 tahun, orang tersebut layaknya seperti umur 30 an.

2. Contoh Paragraf Deduktif Masalah Kemacetan

Permasalahan di perkotaan salah satunya yaitu kemacetan yang disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama yaitu bertambah banyaknya kendaraan bermotor dijalan raya tiap tahunnya. Bertambahnya kendaraan bermotor tersebut disebabkan oleh mudahnya mendapatkan kendaraan tersebut, seperti dengan cara kredit.

Dengan kredit di leasing seseorang dapat mendapatkan kendaraan bermotor walaupun hanya kredit sebesar satu jutaan saja. Selain faktor bertambahnya kendaraan bermotor, juga faktor ketidak seimbangan lahan jalan raya yang ada. Hal ini sehingga menimbulkan kemacetan, karena tidak diikuti perluasan jalan raya tersebut.

Maka dari itu, dengan jalan yang sempit dan kendaraan yang membeludak menjadi tidak seimbang. Untuk faktor yang terakhir yaitu adanya penggunaan lahan seperti tortoar yang digunakan sebagai pasar ataupun banyaknya pedagang kaki lima sehingga membuat macetnya jalanan.

3. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan

Musim pancaroba atau disebut juga sebagai masa peralihan antara musim kemarau dengan musim penghujan merupakan suatu musim yang harus diwaspasai karena banyak penebaran bibit penyakit. Hujan turun tidak merata, dan masih ada daerah lain yang masih panas ini akan banyaknya debu yang berterbangan dimana-mana karean angin di kawasan hujan tidak merata.

Sehingga pada musim ini banyak yang mengalami sakit terutama bagi anak-anak dan lansia yang merupakan paling rentan terkena penyakit. biasanya penyakit yang sering menginfeksi pada musim ini yaitu batuk, pilek, bersin, sesak napas, dan ada juga penyakit lain yang berbahaya seperti demam berdarah dan diare.

4. Contoh Paragraf Deduktif Pengalaman Pribadi

Hari ini tepatnya hari senin, yang merupakan hari istimewa bagiku. Dimana pada hari ini kebahagiaan yang aku dapatkan banyak sekali. Mulai pada pagi hari tadi, kakakku tiba-tiba mengetuk pintu kamar dan memberikan surprise hadiah di pagi ini.

Dan bahagianya lagi hadiah tersebut merupakan barang yang aku impikan sejak dulu. Kebahagiaanku tidak hanya di rumah saja, namun kebahagianku terus berlanjut di sekolah. Pada hari ini juga hasil ulangan umum matematika sudaah keluar dan aku mendapatkan nilai 9, ini cukup memuaskan untukku.

Aku sungguh tak menyangka hingga bisa mendapatkan nilai sebagus itu, dan aku sangat bersyukur sekali. Ketika mau pulang sekolah Aku mendapat kejutan oleh teman-teman sekelas, dimana mereka membawakan kue ulang tahun dan masing-masing teman membawakan kado untukku, senangnya hari ini.

Tepat pukul 7 malam ayah dan ibu mengajakku makan malam ke luar, untuk merayakan ulang tahunku.

5. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sosial

Karang taruna Desa Bobos membuat aturan pada pemuda khususnya yang masih sekolah untuk melakukan jam belajar secara tertib.

Dengan diadakannya hal ini karena banyak anak sekolah yang berada di luar rumah, dan ada juga yang nongkrong di jembatan ataupun di pinggir jalan pada saat jam jam belajar.

Kelompok karang taruna satu per satu mendatangi rumah orang tua dengan memberikan arahan agar memperhatikan anak-anak mereka di saat jam-jam belajar.

Jika ada warga yang menemukan anak-anak nongkrong dijalan saat jam belajar, makan akan diperingatkan dan juga diajak untuk belajar bersama. Karang taruna memutuskan jam wajib belajar bagi pemuda yang masih sekolah antara lain pukul 18.00 sampai dengan pukul 20.00.

6. Contoh Paragraf Deduktif Petanian

Hama tikus merupakan hama yang paling merugikan petani. Dengan adanya tikus banyak sekali padi-padi di sawah yang mengalami gagal panen. Sebenarnya bukan hanya padi tanaman lain juga suka menjadi santapan tikus, seperti singkong ataupun tanaman lainnya.

Mangsanya sebenarnya bukan hanya padi dan singkong saja banyak sekali bahkan binatang ternak seperti ayam dan bebek menjadi santapan tikus.

7. Contoh Paragraf Deduktif Teknologi Informasi

Kini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat. Berbeda dengan jaman dulu orang-orang menyampaikan surat dengan menggunakan merpati atau denga kurir berkuda. Setelah mengalami perkembangan, manusia menemukan cara untuk mengirimkan surat dengan cepat dengan menggunakan kurir.

Namun, penggunaan surat bertahan cukup lama, setelah manusia menemukan teknologi komputer dan elektronik kini hanphone pun tercipta. Bukan hanya mengirimkan surat dengan cepat, handphone juga sebagai alat komunikasi paling murah.

8. Contoh Paragraf Deduktif Wisata

Pulau bali merupakan tempat berlibur yang paling menyenangkan. Dimana banyak sekali spot-spot yang indah dengan panorama yang memukau salah satunya spot tanah lot, pantai sanur, pantai lovina, tanjung benoa dan juga patung GWK.

Bukan hanya tempat wisata saja yang meyajikan keindahan, di Pulau Bali juga terdapat kebudayaan yang unik diantaranya tari barong, kecak dan juga tari pedet. Di sana juga terdapat desa-desa yang masih asri dan nampak masih tradisional. Dengan penduduk-penduduknya yang ramah membuat pengunjung semakin betah di desa tersebut.

9. Contoh Paragraf Deduktif  Budaya

Harus diketahui bangsa Indonesia merupakan sebuah bangsa yang besar. Kita bisa melihat dengan banyaknya jumlah suku-suku yang ada di Indonesia seperti suku batak, jawa, lampung dan bali.

Serta setiap suku memiliki bahasa daerah sendiri, sehingga kita memiliki kebudayaan yang beragam.

Dengan banyak suku diberbagai daerah keanekaragaman kebudayaan sangat beragam pula mulai terbentang dari sabang hingga merauke.

10. Contoh Paragraf Deduktif Kerja Bakti

Saya sangat setuju dengan diadakanya kegiatan kerja bakti setiap seminggu sekali. Sebab, dengan diadakannya kerja bakti maka lingkungan hidup disekitar kita menjadi bersih dan juga akan sehat. Oleh karena itu kerja bakti di desa ini harus dilakukan, minimal setiap jumat sekali.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Seng Gelombang Terbaru dan Terlengkap

Seng gelombang merupakan salah satu model atap yang umum digunakan di rumah Indonesia. Beberapa ora

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Triplek per Lembar Sesuai Jenis dan Ukurannya

Triplek merupakan bagian dari kayu. Lebih lengkapnya, triplek atau biasa disebut plywood adalah lem

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Semen Terbaru dan Terlengkap 2022

Ada banyak hal krusial yang perlu diperhatikan saat membangun rumah. Salah satunya memilih bahan ba

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia