Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Termasuk Dosa Besar! Begini Ciri-Ciri dan Contoh Orang Musyrik

Termasuk Dosa Besar! Begini Ciri-Ciri dan Contoh Orang Musyrik

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 26 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Musyrik merupakan satu perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Umat muslim yang memiliki sifat ini akan ditempatkan di salah satu neraka-Nya. Untuk itu, kiranya penting bagi Pins mengetahui ciri-ciri orang yang menyekutukan Allah atau musyrik. Dengan demikian, Pins akan terhindar dari perbuatan tercela ini. 

Pinhome – Lebih jelasnya, Pins dapat mengetahui contoh orang musyrik dalam ulasan berikut. Selain contoh, ulasan ini juga menjelaskan pengertian serta firman Allah yang menjadi bukti bahwa perbuatan ini tidak disukai oleh-Nya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ya!

Apa Itu Musyrik?

(Pexels)

Baca Juga: Pengertian Pemaaf Serta Yuk Sebutkan Manfaat Dari Sikap Pemaaf Tersebut

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, musyrik diartikan sebagai berikut: 

  1. n orang yang menyekutukan (menyerikatkan) Allah SWT.
  2. n orang yang memuja berhala

Sementara, menurut syariat Islam, musyrik adalah perbuatan menyekutukan Allah SWT dengan apapun. Perbuatan ini bertentangan dengan ajaran tauhid yang memiliki arti mengesakan Allah SWT. 

Istilah musyrik kerap disangkutkan dengan kata syirik. Pasalnya, kata syirik sendiri berasal dari kata ‘syarikah’ yang artinya persekutuan.

Allah SWT melarang hamba-Nya melakukan tindakan musyrik atau syirik ini. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki sifat musyrik tidak akan diampuni dosanya. Kecuali jika ia melakukan pertobatan dan meninggalkan kemusyrikan. 

Dalam Surah Ar-Ruum 31-32 Allah SWT memerintah umatnya yang terjebak dalam kemusyrikan untuk segera kembali ke jalan-Nya. Allah SWT berfirman yang artinya:

“…dengan kembali bertaubat kepada-Nya dan bertakwalah kepada-Nya serta dirikanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah.”

Ciri-ciri Orang yang Menyekutukan Allah atau Musyrik

(Pexels)

Baca Juga: Cara Menghindari Sifat Sombong Yang Tidak Baik Untuk Diri Sendiri

Berikut beberapa ciri-ciri orang musyrik yang perlu Pins ketahui:

Menyekutukan Allah SWT

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa musyrik identik dengan syirik. Orang-orang syirik akan ditempatkan di neraka oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan bunyi surah Al-Maidah ayat 72 berikut:  

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ ۖ وَقَالَ الْمَسِيحُ يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اعْبُدُوا اللَّهَ رَبِّي وَرَبَّكُمْ ۖ إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ ۖ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ

Artinya: “Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah ialah Almasih putra Maryam”, padahal Al Masih (sendiri) berkata: “Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu”. Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya adalah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.”

Sebagai gambaran, contoh orang musyrik yakni mereka yang memohon pertolongan selain kepada Allah, misalnya meminta kepada patung atau orang meninggal.

Beramal tapi riya’

Orang musyrik umumnya mengerjakan amal ibadah dengan tujuan riya’ atau pamer. Dalam Islam perbuatan ini termasuk dalam syirik kecil sehingga amalannya tidak dihitung sebagai pahala. 

Dalam surah Al-Kahfi ayat 10, Allah SWT berfirman: 

إِذْ أَوَى ٱلْفِتْيَةُ إِلَى ٱلْكَهْفِ فَقَالُوا۟ رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya: “Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Rabbnya.”

Menggantungkan sesuatu tidak kepada Allah

Seorang umat muslim yang memiliki sifat musyrik umumnya kerap menggantukan segala urusan kepada selain Allah. Hal ini menjadikan mereka sebagai umat yang tercela dan tinggalkan oleh-Nya. 

Dalam surah Al-Israa’ ayat 22 Allah SWT berfirman seperti berikut: 

لَّا تَجْعَلْ مَعَ ٱللَّهِ إِلَٰهًا ءَاخَرَ فَتَقْعُدَ مَذْمُومًا مَّخْذُولًا

Artinya: “Janganlah kamu adakan ilah-ilah yang lain di samping Allah, agar kamu tidak menjadi tercela dan tidak ditinggalkan (Allah).”

Ibadah tapi tidak untuk Allah

Seseorang yang memiliki sifat musyrik bisa jadi rajin beribadah. Namun ibadah yang dilakukannya tak semata-mata untuk atau karena Allah. Dalam surah Hud ayat 15-16, Allah SWT berfirman yang artinya seperti berikut: .

“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali Neraka dan lenyaplah apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.”

Mencintai sesuatu melebihi cintanya kepada Allah 

Ciri-ciri orang yang menyekutu Allah juga dapat dilihat dari apa yang mereka cintai. Umumnya, seseorang yang memiliki sifat musyrik akan mencintai suatu hal melebihi cintanya kepada Allah SWT. Padahal, sejatinya cinta manusia hanya diperuntukan oleh Allah semata. 

Dalam surah Al-Baqarah ayat 165, Allah SWT bersabda: 

وَمِنَ ٱلنَّاسِ مَن يَتَّخِذُ مِن دُونِ ٱللَّهِ أَندَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ ٱللَّهِ ۖ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَشَدُّ حُبًّا لِّلَّهِ ۗ وَلَوْ يَرَى ٱلَّذِينَ ظَلَمُوٓا۟ إِذْ يَرَوْنَ ٱلْعَذَابَ أَنَّ ٱلْقُوَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا وَأَنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعَذَابِ

Artinya: “Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).”

Allah SWT tidak mengampuni orang yang musyrik dan syirik. Dalam surah An-Nisa ayat 48, Allah SWT berfirman: 

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَىٰ إِثْمًا عَظِيمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. 

Mengingat dosanya yang begitu besar, maka hendaknya kita menghindari sifat musyrik dan syirik. Dengan demikian, kita akan selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Damara Village Jimbaran dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel