Pinhome

Contoh Panduan Teks Mc pernikahan

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 16 June 2021 ∙ 11 menit membaca

Contoh naskah mc pernikahan – MC (Master of Ceremony) di dalam sebuah acara pernikahan memiliki peran yang tidak kalah penting.

Agar pelaksanaan pesta pernikahan dapat berjalan sesuai dengan skenario hingga dapat menjadi momen yang berkesan, maka dengan demikianlah dibutuhkanlah seorang MC pernikahan.

Karena pada dasarnya, dalam sebuah acara pernikahan, sangat dibutuhkan seorang yang dapat memandu dalam berlangsungnya acara pesta pernikahan agar nantinya dapat menciptakan suasana yang rapi, indah, elegan dan dapat membawa nuansa yang berbeda.

Nah, Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan contoh naskah teks MC dalam acara pernikahan, khususnya kepada kalian yang akan menjadi seorang pembawa acara di dalam sebuah pesta pernikahan.

Contoh Teks MC Pernikahan Mudah dan Sederhana

Dalam setiap acara tentu kita memerlukan seorang MC yang memiliki peran untuk mengatur jalanya suatu acara, seperti halnya dengan mc pernikahan.

Agar acara pernikahan dapat berjalan dengan lancar atau agar acara pernikahan dapat menjadi ramai maka kita memerlukan MC pernikahan yang handal dan profesioanl.

Bagi kalian yang belum pernah manjadi seorang MC, maka berikut saya berikan referensi Teks MC pernikahan yang dapat kalian gunakan untuk mengatur jalanya acara pernikahan.

Adapun contoh teks MC pernikahan yang mudah dan sederhana ini, berikut ulasanya.

Contoh Susunan MC untuk Acara Pernikahan

Berikut contoh teks susunan acara pernikahan tersebut.

  1. Salam pembukaan
  2. Pembacaan Ayat – Ayat Suci Al – Quran ( untuk muslim)
  3. Melakukan penyerahan dari keluarga mempelai wanita
  4. Melakukan penerimaan keluarga pria
  5. Tausyiah nasehat pernikahan
  6. Penutup dan doa

Rincian Poin Penting dalam Teks MC Pernikahan

Tips Menyampaikan Susunan Acara Lamaran Pernikahan

Contoh teks MC pernikahan yang pertama:


1. Salam Pembuka

بسـم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Alhamdulillahi Robbil’alamin Wash shalatu was salamu alaa asyrafil anbiyai war musalin, wa’alaa aalihi  wa ash-habihi ajmain, amma ba’du.

Kepada yang terhormat Kepada Bapak___________, dan tidak lupa hadirin hadirat para tamu undangan yang kami hormati.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke Hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Karena atas semua karunia, limpahan rahmat, taufik serta hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat yang Insya Allah di mulyakan ini, dalam keadaan sehat walafiat guna untuk menghadiri undangan Keluarga Besar Bapak­­­­___________ dan Ibu_________ dalam  acara resepsi pernikahan atau walimatul ‘ursy putrinya yang bernama __________ dengan saudara ___________ dari keluarga Besar Bapak_________.

Dan tidak lupa shalawat serta salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan Nabi besar, Nabi kita  Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya. Yang telah memberikan petunjuk, jalan kebenaran, serta memberikan cahaya yakni agama Islam.

  • Hadirin dan hadirat yang berbahagia

Hari ini kita semua hadir atas undangan Bapak__________ guna untuk menyaksikan acara walimatul ‘ursy atau resepsi pernikahan putrinya sekaligus memberikan doa restu bagi kedua mempelai yang inya allah akan menjalani kehidupan baru yakni sebagai sepasang suami istri.

Semoga setelah berjalanya akad nikah yang telah dilaksanakan kemarin bisa mendapatkan ridho dan berkah dari Allah SWT, sehingga sepasang suami istri ini kelak dapat membina dan dapat menciptakan rumah tangga yang harmonis, yang penuh cinta, dan penuh kasih sayang yang sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Selaku pembawa acara, perlu saya sampaikan susunan acara resepsi pernikahan atau walimatul ursy. Yang pertama yakni acara :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an
  3. Penyerahan dari keluarga wanita
  4. Penerimaan dari keluarga pria
  5. Nasehat pernikahan
  6. Penutup dan Doa
  • Hadirin dan hadirat yang berbahagia

Menginjak pada acara pembukaan , sebelum acara demi acara kita laksanakan, marilah kita buka acara ini dengan bacaan Basmallah dan Surat Al – Fatihah, agar kita semua bisa mendapatkan barokah dan petujuk dari Ummul Qur’an.

Bismillahirrahmanirrahim

Ila hadroti nabbiyil mustofa sayyidina muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallam. Al Fatihah …………………………….. ( Pembacaan surat Al Fatihah bersama-sama).

Semoga acara kali ini dapat berjalan dengan lancer tanpa ada halangan sedeikitpun, Amiin, Amiin, Yaa Rabbal’Alamiin.

2. Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Quran

Acara yang kedua yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran yang akan dibacakan oleh saudara_________, kepadanya, tempat dan waktu saya persilakan.

(Setelah Qari’ selesei membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, MC kembali melanjutkan acara).

Kepada saudara________ kami sampaikan banyak-banyak terima kasih, atas lantuntan-lantuan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran yang sangat menyetuh hati, semoga dari pembacaan Ayat-ayat Suci Al-Qur’an tadi, kita semua bisa mendapatkan syafaat bagi kehidupan terutama bagi kedua mempelai.

3. Penyerahan dari Keluarga Mempelai Wanita

Memasuki pada acara ketiga, yaitu sambutan penyerahan dari pihak keluaga mempelai wanita kepada mempelai keluarga pria, yang akan disampaikan oleh, yang terhormat Bapak_______________, kepadanya, kamu dipersilahkan.

(Setelah sambutan penyerahan selesei disampaikan, MC kembali melanjutkan acara).

Demikianlah sambutan penyerahan yang telah disampaikan oleh Bapak___________. Kepadanya, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Tentulah dengan sekiranya mempelai Pria dan segenap Keluarga besar yang dapat mengerti dan dapat menerimanya dengan sepenuh hati tanpa kekurangan dan kelebihan apapun.

4. Penerimaan dari Keluarga Mempelai Pria

Acara selanjutnya yaitu sambutan penerimaan dari pihak mempelai pria, sambutan akan disampaikan oleh yang terhormat Bapak___________ , kepadanya kami persilahkan

(Setelah sambutan penerimaan selesei disampaikan, MC kembali melanjutkan acara).

Kepada Bapak____________, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Demikianlah tadi telah kita saksikan bersama acara serah terima dari kedua mempelai, marilah bersama kita iringi do’a, semoga kedua mempelai senantiasa mendapatkan limpahan rahmat dan berkah dari Allah SWT, sehingga Insya Allah akan dapat membina mahligai rumah tangga yang bahagia fiddunya wal akhirah, Amiin, Amiin Yaa Robbal Alamiiin.

5. Nasehat Pernikahan (Siraman Rohani)

Sekarang sampailah kita melangkah pada acara kelima, yaitu Siraman rohani atau mauidhatul hasanah nasehat pernikahan yang akan disampaikan oleh Bapak _________________. Kepada beliau kami persilahkan.

(Setelah siraman rohani atau mauidhatul hasanah selesei disampaikan, MC kembali memimpin acara lagi).

Kepada yang terhormat Bapak_________, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas siraman rohani yang telah disampaikan.

Semoga nasehat dan siraman rohani tadi, dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi kedua mempelai semoga dapat menjadi pedoman hidup dan dapat membina rumah tangga, sehingga rumah tangga menjadi keluarga yang harmanois, bahagia tentram, dan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

6. Penutup dan Doa

Bapak, Ibu, saudara, hadirin dan hadirat serta undangan sekalian yang berbahagia. Acara demi acara telah kita lalui bersama, dan kini tibalah kita pada penghujung acara yaitu, penutup dan pembacaan doa yang akan dipimpin oleh yang terhormat Bapak____________.

Kepada yang terhormat Bapak___________, kami mohon untuk menutup acara ini dengan pembacaan do’a. Kepada beliau dipersilakan.

(Setelah pembacaan doa selesei, MC menutup acara)

Terima kasih kepada Bapak___________, semoga doa yang telah kita panjatkan diijabahi oleh Allah SWT. Amiin Ya Robbal Alamiin.

  • Hadirin yang berbahagia

Sebelum acara resepsi pernikahan atau walimatul ursy kami tutup, saya selaku pembawa acara resepsi pernikahan, mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya bila pada kesempatan kali ini ada tutur kata yang kurang berkenan di hati maupun tingkah laku yang kurang sopan.

  • Dan perlu hadirin perhatikan

Sesudah acara ini hadirin, dan hadirat serta seluruh tamu undangan dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang telah kami disajikan.

Akhir kata, pada kesemparaan acara resepsi pernikahan atau walimatul ursy. Marilah kita tutup bersama dengan bacaan “Hamdalah”.

“Alhamdulillahirobbil ‘Alamiin”

يمكين إلى ھذا منى، إن وجدتم منى الاخطأت أرجومنكم العف

.فا لستبق الخيرات ثم السلام عليكم ورحمةاللهوبراكته


Contoh Souvenir Pernikahan

Contoh Teks MC Pernikahan Bahasa Indonesia

Adapaun contoh teks mc pernikahan dengan bahasa indonesia adalah sebagi berikut ini:


  1. Salam Pembuka

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  • Yang terhormat kepada bapak ________ Selaku _____
  • Yang terhormat kepad Ibu ______ Selaku____
  • Dan tidak lupa kepada para tamu undangan yang kami hormati

Yang pertama marilah kita panjatkan rasa syukur kita terhadap Allah Swt, yang telah memberikan segala nikmat, taufik dan hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul di dalam acara pernikahan ini dengan keadaan sehat.

Dan sholawat salam kepada nabi kita nabi Muhammad Saw, yang sebagaimana telah membawa umatnya dari jaman kebodohan ke jaman yang Insya Allah penuh kemuliyaan ini.

“Selanjutnya kalian bisa lanjutkan ke sesi acara selanjutnya, yakni pembacaan Ayat suci Al-qur’an”

  1. Pembacaan Ayat Suci Al – Quran

Teks MC pernikahan yang kedua pembacaan Ayat Suci Al-qur’an.

Kalian dapat melanjutkann ke sesi berikutnya yakni sesi pembacaan ayat suci Al-qur’an yang akan dibawakan oleh Ananda ________ kepada Ananda ______ waktu dan tempat dipersilahkan.

Sungguh indah lantunan ayat suci Al-qur’an yang dibacakan oleh ananda _____ semoga dari apa yang sudah dibacakan dapat memberikan berkah terhadap kita semua.

“Selanjutnya lenjut ke sesi acara pernikahan yakni peyerahan dari keluarga mempelai”

  1. Penyerahan dari Keluarga Mempelai Wanita

Tek MC pernikahan yang ketiga penyerahan dari keluarga mempelai wanita.

Memasuki acara selanjutnya yakni acara penyerahan yang akan dilakukan oleh pihak keluarga mempelai wanita terhadap mempelai pria. Kepada bapak _____ dimohon untuk mempandu jalanya acara penyerahan kedua mempelai.

Kepada bapak _____ waktu dan tempat, di persilahkan.

“Jika acara diatas sudah selasai, maka selanjutnya seorang MC pernikahan dapat menyampaikan seperti dibawah ini”

Terima kasih kepada bapak _____ atas panduanya dalam acara pernikah dengan sesi penyerahan untuk mempelai wanita kepada mempelai pria.

  1. Penerimaan Keluarga Mempelai Pria

Teks MC pernikahan yang ke-empat yakni penerimaan kelurga mempelai pria.

Memasuki acara selanjutnya yakni sesi penerimaan keluarga mempelai pria yang akan dipandu oleh bapak ________ kepada _____ waktu dan tempat dipersilahkan.

“Jika sesi acara tersebut selesai, maka seorang MC dapat melanjutkan sesi acara seperti dibawah ini”

Kepada bapak ______ kami ucapkan banyak terima kasih karena sudah berkenan memandu jalanya sesi acara pernikahan yakni penerimaan mempelai.

Dan mari kita bersama haturkan doa kepada kedua mempelai tersebut supaya keduanya dijadikan pasangan keluarga yang Sakinah, Mawadah, dan Warahmah.

  1. Tausyiah Nasihat Pernikahan

Teks MC pernikahan yang kelima sirahaman rohani untuk sesi pernikahan.

Memasuki acara selanjutnya yakni siraman rohani sekaligus nasihat untuk pernikahan yang akan disampaikan oleh Ustadz ______ kepadanya waktu dan tempat dipersilahkan.

“Jika sesi acara siraman rohani pernikahan telah selesai, maka selanjutnya kalian ucapkan seperti dibawah ini”

Terima Kasih, kepada Ustadz ______ atas tausyiahnya. Semoga dari apa yang telah disampaikanya dapat menjadikan kedua mempelai pernikahan bisa menjadi pasangan yang Sakinah, Mawadah, Warahmah. Amiin Yaa Robbal Alamin.

  1. Penutup dan Doa

Teks MC pernikahan yang ke-enam penutup berserta Doa.

Memasuki acara di penghujung penantian pernikahan yakni penutup dan doa, yang akan di pandu oleh ustadz _______ kepadanya waktu dan tempat dipersilahkan.

“Jika sesi doa selesai, maka seorang mc pernikahan dapat melanjutkan seperti dibawah ini”

Terima kasih kepad Ustadz _______ atas doa sekaliagus penutup, semoga dari doa tersebut dapat menjadikan keluaraga mempelai ________ dan keluarga mempelai ______ dijadikan kelurga besar yang penuh kebahagiaan, Amiin Amiin Yaa Robbal Alamin.

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Contoh Susunan Acara Pernikahan

Contoh MC Pembawa Acara Pernikahan Walimatu ‘Ursy

Untuk sesi acara pernikahan Walimatu ‘Ursy berikut susunananya. Dan jangan lupa awali dengan salam yang baik. Contoh seperti dibawah ini.


السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

“Untuk susunanya seperti dibawah ini”

  1. Salam pembukaan
  2. Pembacaan Ayat – Ayat Suci Al – Quran ( untuk muslim)
  3. Melakukan penyerahan dari keluarga mempelai wanita
  4. Melakukan penerimaan keluarga pria
  5. Nasehat pernikahan
  6. Penutup dan doa

“Jika acara demi acara telah selesai jangan lupa tutup dengan bacaan salam yang baik, contoh seperti dibawah ini”

يمكين إلى ھذا منى، إن وجدتم منى الاخطأت أرجومنكم العفو.. فا لستبق الخيرات ثم السلام عليكم ورحمةاللهوبراكته


Teks MC Pernikahan Islami

Contoh teks MC pernikahan islami, untuk seorang mc kalian dapat menggunakan Bahasa seperti dibawah ini. Namun untuk isinya sama saja dengan teks mc lainya, kita hanya ketambahan moqodimmah dengan Bahasa arab.

Apapun contohnya dan susunanya adalah sebagai berikut ini:


السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

بسـم الله الرحمن الرحيم

الحمدُ للهِ القائل : ومِنْ اياتِهِ انْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ اَنفُسِكُمْ اَزْوَاجَا ٍلِتَسْكُنُوْااِلَيْهَا وَجَعَل بَيْنَكُمْ مَوَدَّة وَّرَحْمَه اِنَّ فِى ذَالِكَ لايتِ لِّقَوْم يَّتَفَكَّرُوْن

اشهداَنْ لااله الاّاللهُ وَحْدَه لاشَرِيْكَ لَه وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُولُه لا نَبِيَّ وَرَسُلَ بَعْدَه. اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِك عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى الِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْن

ُامّابَعْد

Diatas merupakan muqodimah pembukaan sesi acara pernikahan yang dapat kalian gunakan untuk pengawali suatu acara mc pernikahan. Untuk susunanya adalah sebagai berikut ini:

  1. Salam pembukaan
  2. Pembacaan Ayat – Ayat Suci Al – Quran ( untuk muslim)
  3. Melakukan penyerahan dari keluarga mempelai wanita
  4. Melakukan penerimaan keluarga pria
  5. Nasehat pernikahan
  6. Penutup dan doa

“Jika acara demi acara telah selesai selanjutnya kalian bisa menggunakan penutupan seperti dibawah ini”

يمكين إلى ھذا منى، إن وجدتم منى الاخطأت أرجومنكم العفو.. فا لستبق الخيرات ثم السلام عليكم ورحمةاللهوبراكته


Contoh Ucapan Pernikahan Islami

Tambahan

(Bila Pelaksanaan Resepsi Bareng Dengan Akad Nikah)

Biasanya tidak sedikit dari beberapa daerah, akad nikah dan resepsi pernikahan dilangsungkan secara bersamaan dengan waktu itu juga.

Nah, jika demikianlah, ada acara resepsi pernikahan dibarengkan dengan akad nikah secara waktu yang sama, maka berikut adalah penjelasannya :

Pada umumnya akad nikah dilaksanakan di tengah-tengah acara, tepatnya yaitu setelah Pembacaan Ayat-ayat suci AL-Quran. Baiklah langsung saja, masuk ke contoh naskah MC pernikahan pada pelaksanaan akad nikah.

Pelaksanaan Akad Nikah

  • Hadirin hadirat yang berbahagia

Selanjutnya marilah kita ikuti acara yang sangat sakral ini, yaitu akad nikah antara Saudari___________ dengan saudara______________. Dalam akad nikah yang akan dipimpin oleh Bapak_____________ selaku petugas dari Kantor Urusan Agama Kecamatan_____________ Kab/kota____________ .

Kepada Bapak ___________. Kami persilakan.

(Seusai akad nikah dilangsung oleh Bapak penghulu, maka MC kembali melanjutkan acara kembali)

  • Hadirin hadirat yang dirahmati Allah SWT

Alhamdulilllahirabbil ‘Alamin, baru saja kita saksikan bersama dalam pelaksanaan akad nikah secara khidmat antara saudari__________ dengan saudara____________

Mudah-mudahan dari berlangsungnya akad nikah ini akan menjadi tali pengikat cinta suci dan kasih sayang abadi bagi mempelai berdua.

Semoga mempelai berdua selalu istiqomah dalam membina dan membentuk rumah tangga yang harmonis, rukun, sakinah maa’waddah waa’rahmah.

“Amiiin Yaa Robbal Alamiin”.

Demikianlah contoh naskah MC pernikahan kali ini yang dapat saya sampaikan . Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian.

Khususnya bagi yang sedang membutuhkan dan mencari referensi mengenai naskah pembawa acara pernikahan. Sekian semoga bermanfaat, Terima Kasih.

Tags :

Bagikan Artikel