BlogLifestyleEdukasiContoh Teks MC Lamaran Pernikahan Beserta Tipsnya
0
0

Contoh Teks MC Lamaran Pernikahan Beserta Tipsnya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Okt 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
contoh teks mc acara lamaran pernikahantop-right-banner

Pins ingin atau diperlukan menjadi MC di acara lamaran pernikahan? Tentunya kamu akan membutuhkan contoh teks MC acara lamaran pernikahan. Membuat suatu teks MC acara tertentu tentu perlu dilakukan sebaik mungkin agar kamu bisa membawakan acara dengan khidmat. Suasana tempat pernikahan tentu akan mempengaruhi kondisi Pins sebagai MC untuk membawakan acara. Seperti ketika kamu membawakan acara di rumah yang nyaman dengan suasana yang menenangkan seperti Perumahan Intan Residence sebagai pilihan Perumahan di Kota Bogor dengan suasana terbaik untuk tinggal.

Pins juga dapat menemukan rumah dengan suasana yang nyaman dan menenangkan di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Bila Pins adalah tipikal pemilik rumah yang ingin menerapkan keseluruhan desain milik sendiri dari nol, maka Pins bisa memanfaatkan program Pengajuan KPR untuk membantu mewujudkan itu.

Suasana dan tempat acara pernikahan yang nyaman akan menjadikan seorang MC lebih siap untuk membawakan acara. Berikut contoh teks MC untuk lamaran pernikahan berikut dengan tipsnya!

Baca Juga: Contoh Teks MC Seminar yang Berkualitas dan Tipsnya

Contoh Teks MC Acara Lamaran Pernikahan

Contoh Teks MC Lamaran Pernikahan
Source : Organisasi.co.id

Selain memberikan kata ucapan kepada kedua mempelai, seorang MC juga harus memimpin acara dengan baik. Dengan tujuan agar terciptanya acara lamaran yang berjalan dengan baik dan lancar, tentunya harus ada seseorang yang dapat mengatur jalan-nya acara tersebut. Maka sebab itu dibutuhkanlah seorang MC atau seorang pembawa acara. Ketika Kamu ingin mencoba atau terpilih untuk membawakan jalannya acara di suatu pernikahan sanak saudara, maka Kamu memerlukan teks sebagai panduan dan pengingat Kamu dalam memimpin jalannya acara tersebut. Berikut contoh teks MC lamaran pernikahan yang dapat digunakan dalam mengatur jalannya suatu acara lamaran pernikahan:

Bila Kamu ingin atau terpilih menjadi seorang perwakilan yang memimpin jalannya acara perpisahan wisuda, Kamu harus mengenal teks MC perpisahan wisuda beserta contohnya.

Muqodimah

Bismillah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil alamin, washolatu wassalamu ‘ala asrofil ambiya iwal mursalin syaidina wa maulana Muhammadin wa’ala alihi wasohbihi aj ma’in. Amma ba’du.

  • Yang saya hormati kepada bapak ………. Selaku orang tua dari ……… (Perempuan)
  • Yang saya hormati kepada bapak ………. Selaku orang tua dari ……… (Laki-laki)
  • Dan yang saya hormati kepada keluarga besar bapak ……… (Keluarga perempun)
  • Serta yang saya hormati kepada keluarga besar bapak ……… (Kelurga Laki-laki) yang sudah bersedia hadir dalam acara sesi lamaran ……….

Segala puja dan puji syukur mari kita haturkan kapada Allah SWT. Yang selalu senantiasa melimpahkan rahmat, taufik serta hidayahNya kepada kita semua.

Sehingga pada hari yang bahagia ini, kita masih diberikan nikmat sehat, nikmat rizki sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk bersilaturahmi.

Dan semoga Allah SWT, senantiasa memberikan tempat yang istimewa yakni Surga firdauz bagi kita. Amin ya robbal ‘alamin.

Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Agung Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat-sahabat-nya. Allahuma sholi ala Muhammad wa’ala ali syaidina Muhammad. Semoga kita tergolong dengan orang-orang yang mendapatkan Syafaatnya di Yaumul Kiamat nanti. Amin, Amin Ya Robbal ‘Alamin.

Sebelum acara sesi lamaran atau sasarahan dimulai. Maka perkenankan saya sebagai pembawa acara untuk membacakan susunan-sunanan acara kali ini yakni Lamaran atau seserahan.

Susunan acara tersebut adalah:

  • Pembukaan
  • Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
  • Sambutan dari Pihak Keluarga laki–laki
  • Sambutan Penerimaan Lamaran
  • Acara Seserahan
  • Acara Perkenalan
  • Doa Penutup
  • Istirahat

Pembukaan

Untuk mempersingkat waktu marilah kita buka bersama sesi acara lamaran kali ini dengan membaca Basmallah dan dilanjutkan dengan membaca Surat Al-fatihah.

Baca Juga: Contoh Teks MC Ulang Tahun dan Panduan Lengkapnya!

Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

Acara selanjutnya yakni kita akan mendengarkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh saudara ……….. waktu dan tempat kami persilakan. Mudah-mudahan kita semua mendapat rahmat dan pahala dari hanya mendengarkan lantunan ayat suci tersebut.

Sambutan-Sambutan

  • Sambutan Lamaran

Acara selanjutnya yakni sambutan dari pihak keluarga laki-laki, yang akan di sampaikan oleh saudara ……… waktu dan tempat kami persilakan.

  • Sambutan Penerimaan

Kemudian acara berikutnya yakni sambutan penerima lamaran dari pihak perempuan, yang akan disampaikan oleh saudara ……….. waktu dan tempat kami persilakan.

Acara Inti Seserahan

Yang selanjutnya acara yang kita nanti-nantikan yakni acara seserahan atau tukar cincin. Kepada saudara ….. bersama saudari……. Mohon untuk mempersiapkan diri, serta dimohon untuk saling berhadapan. Waktu dan tempat kami persilakan.

Alhamdulillah acara seserahan telah dilalui, dan semoga dari acara seserahan ini bisa menjadikan hubungan saudara ………. bersama saudari …… jauh lebih mulia lagi. Seserahan ini sebagai tanda yang mengikat keduanya secara bersama-sama dan sebagai langkah dalam menuju ke jenjang yang lebih serius.

Jika Kamu ingin memimpin jalannya acara aktivitas keagamaan, ketahui contoh teks MC muhadhoroh yang praktis.

Perkenalan

  • Perkenalan dari Keluarga Laki-laki

 Memasuki acara selanjutnya yakni:

Acara perkenalan antara kedua pihak, baik laki-laki maupun perempuan. Kepada Bapak ……….. (Laki-laki), waktu dan tempat kami persilakan.

  • Perkenalan dari Keluarga Perempuan

Dan dilanjutkan dengan acara perkenalan dari pihak keluarga Bapak ………….. (Perempuan), waktu dan tempat kami persilakan.

Secara bergantian mengenalkan keluarganya, baik keluarga laki-laki kepada perempuan, dan juga sebaliknya.

Doa Penutup

Alhamdulillah, acara demi acara sudah kita lalui bersama, selanjutnya yakni doa penutup yang akan dipimpin oleh Bapak …………… waktu dan tempat kami persilakan.

Alhamdulillah, selesailah sudah acara kali ini yakni acara lamaran untuk pernikahan. Semoga doa kita bersama dapat memberikan kehidupan yang terbaik bagi saudara ………. serta bisa dijadikan calon pasangan istri dan suami yang penuh dengan keberkahan, Amiin, Amiin Ya Robbal Alamin.

Baca juga: 25 Contoh Mukadimah Ceramah Arab Beserta Artinya

Istirahat

Dan acara yang paling akhir yakni istirahat yang akan diisi dengan silaturahmi dengan makan-makan bersama.

Sebelum acara makan-makan bersama dimulai, saya selaku MC pembawa acara dalam hajat lamaran pernikahan, memohon undur diri mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila saya ada tutur kata yang tidak berkenan di hati Bapak/Ibu dan saudara-saudara sekalian.

Mari kita tutup bersama acara lamaran pernikahan kali ini dengan membaca Alhamdulillaahirobil \’alamin.

Sekian.

Billahittaufik wal hidayah wal innayah, waliraddah

Wassalamu\’alaikum Wr.Wb

Walaupun acara reuni tergolong acara yang santai, namun jika terdapat MC yang memimpin maka acara tersebut dapat lebih terstruktur. Berikut ini dapat Kamu ketahui contoh teks MC reuni yang formal, seru, dan up to date.

Tips Menjadi Seorang MC Lamaran Pernikahan

Source : SKM Training

Tidak hanya tips membeli rumah saja yang perlu Pins pelajari untuk memastikan proses pembelian hunian berjalan lancar, seperti menggunakan PinValue sebagai solusinya. Menjadi seorang MC juga tentunya membutuhkan persiapan yang tepat. Setelah mengetahui contoh teks MC acara lamaran pernikahan, untuk menjadi seorang MC atau seorang pembawa acara, maka Pins harus memiliki bekal yang cukup. Hal itu karena, ketika nanti dalam menyampaikan isi dari acara tersebut dapat dengan mudah dipahami oleh semua orang. Sebelum acara lamaran dimulai, maka alangkah baiknya seorang MC terlebih dahulu membuat catatan teks MC yang ingin disampaikannya nanti.

Pins perlu melakukannya agar nantinya Kamu tidak akan salah atau bahkan lupa dalam menyampaikan isi dari acara lamaran pernikahan tersebut. Biasanya sebuah susunan acara akan dibacakan terlebih dahulu sebelum acara dimulai. Kemudian, Kamu juga dapat menyesuaikan nada bicara dan penggunaan kata demi kata yang menjunjung etika. Ditambah lagi, acara lamaran pernikahan adalah acara yang sakral dan dihadiri oleh orang-orang dewasa. Oleh karena itu, bahasa menjadi penting untuk diperhatikan seorang MC lamaran pernikahan.

Baca Juga: Contoh Teks MC Muhadhoroh

Tips Menyampaikan Susunan Acara Lamaran Pernikahan

Contoh Teks MC Lamaran Pernikahan
Source : Socialbuzz

Berikut tips dalam menyampaikan acara susunan lamaran pernikahan, agar ketika menyampaikannya Pins tidak melakukan terlalu banyak kesalahan. Ini dia beberapa tipsnya:

  • Santai dan tetap tenang
  • Tidak usah kaku dalam menyampaikannya
  • Percaya diri selama membawakan acara
  • Baca atau hafalkan sebelum acara dimulai
  • Catat jika perlu

Itulah contoh teks MC acara lamaran pernikahan yang bisa Pins jadikan sebagai referensi terbaik untuk membawakan acara. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari beberapa tips terbaik untuk menjadi MC agar acara lebih lancar. Selamat mencoba!

Baca Juga: Simak, Contoh Teks MC Maulid Nabi

Featured Image Source: Kompas.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Elora Residence Pamulang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download