7 Contoh Modal Sosial dalam Masyarakat Indonesia

Dipublikasikan oleh Ani Ramdhani ∙ 17 December 2021 ∙ 3 menit membaca

contoh modal sosial di Masyarakat

Modal sosial pada hakikatnya menjadi salah satu element penting dalam pengertian pemberdayaan masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari fungsinya yang mempu mengakomodir beragam potensi serta merdam berbagai permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat.

Bahkan dalam berbagai hal modal sosial ini bisa berkorelasi dengan sekolah, pedesaan, ataupun dalam sektor-sektor lainnya. Sebagai penjelasan lebih lanjut artikel ini akan mengulas tentang contoh modal sosial dalam kehidupan masyarakat,

Modal Sosial

Modal sosial pada dasarnya berasal dari Bahasa Inggris “social capital” yang diartikan sebagai kekuatan dalam masyarakat yang tidak terlihat secara zhohir akan tetapi memiliki fungsi yang sangat lengkap dalam kehidupan kehidupan bermasyarakat. Dalam kondisi ini tentusaja setiap manusia pasti memiliki modal sosial. Lantaran setiap orang diberikan kelebihan dan kekurangan antara satu dengan yang lainnya.

Pengertian Modal Sosial

Definisi modal sosial adalah salah satu faktor penting yang menentukan pertumbuhan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat. Faktor-faktor ini bisa tersusun dengan sendirinya akan tetapi bisa juga dilakukan dengan proses pembentukan, asalkan ada komitemen bersama-sama.

Contoh Modal Sosial

Adapun sebagai penjelasan lebih lanjutnya, berikut ini beberapa contoh yang bisa disebut sebagai bagian daripada modal sosial dalam bermasyarakat. Antara lain;

  1. Kejujuran

Sikap jujur yang dimiliki oleh seseorang bisa dikatakan sebagai bagian daripada modal sosial. Tentusaja hal ini mendorong adanya peningkatan kepercayaan yang dimilikinya, sehingga memberikan stimulus pada penghargaan yang diberikan oleh orang lain.

Dalam unsur-unsur desa misalnya, masyarakat yang jujur akan diberikan tugas sebagai pionir dalam pembangunan. Kondisi seperti inilah kerapkali memberikan dampak yang beraarti bagi setiap orang yang memiliki modal sosial.

  1. Tidak Pantang Menyerah

Karakteristik seseorang yang memiliki sikap tidak pantang menyerah dengan permasalahan apapun bisa disebut sebagai bagian daripada modal sosial. Hal ini juga mendorongnya untuk mencapai kesuksesan, atas prakasa tersebut setidaknya modal sosial akan menjadikannya sebagai insan yang berguna.

  1. Perjanjian

Perjanjian juga menjadi bagian daripada modal modal sosial, dalam wacana sosiologi perjanjian ini akan memberikan ikatan antara satu masyarakat dengan masyarakat yang lainnya. Keadaan seperti inilah setidaknya memberikan dorongan kepada seseorang atau lembaga untuk melakukan perjanjian.

  1. Potensi Alam

Potensi yang dimiliki oleh seseorang tentusaja berbeda daripada yang lainnya, potensi ini jika diasah menjadi salah satu bagian daripada modal sosial. Misalnya dalam sehari-hari melihat kehidupan masyarakat yang berada di pegunanan, secara tidak langsung pada era modern seperti ini bisa dikembangkan sebagai salah satu dinasti wisata alam.

  1. Gotong Royong

Contoh lainnya yang bisa disebut sebagai bagian daripada modal sosial ini misalnya dalam sikap gotong royong yang seringkali dilakukan masayarakt di pengertian desa. Masyarakat desa sudah memiliki kebiasaan untuk melakukan hal-hal secara bersama-sama dalam menjaga lingkungan.

Jika dikembangkan kondisi ini bisa memunculkan adanya modal sosial bagi para pendatang untuk dapat menarik garis besar bahwa setiap desa dalam diberikan pelatihan untuk memajukan dirinya serta memajukan kelompoknya.

  1. Eksistensi

Eksistensi yang dimiliki seseorang bisa disebut sebagai bagian daripada modal sosial, diakui ataupun tidak eksistensi ini menjadikan para artis misalnya dalam mencalonkan diri sebagai anggota dewan meskipun ia tidak memiliki latar belakang politik. Dengan ketenaran ia mencolonkan diri sebagai anggota dewan.

  1. Ramah Tamah

Bagian pentingnya lagi sebagai salah satu modal sosial adalah ramah tamah yang dimikili masyarakat Indonesia ketika melewati atau menyapa orang baru. Keramahtamahan inilah menjadi negara kita termasuk berhasil dalam menjaga toleransi diatas perbedaan dalam suku, agama, ataupun budaya.

Nah, itulah tadi tulisan yang mengulas secara lengkapnya mengenai contoh-contoh modal sosial dalam masyarakat. Semoga artikel ini memberikan kepahaman serta deskripsi mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mencari materinya.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Model Keramik Motif Paving Terbaru

Paving sudah tidak asing lagi sebagai bagian dari lantai atau area jalan yang biasa dipasang di dep

Lifestyle
Lifestyle 10 Cara Restart Laptop yang Cepat di Windows & Mac OS

Saat laptop tiba-tiba macet dan not responding ketika dioperasikan, banyak yang memilih cara restar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Backsplash Dapur yang Cantik

Keramik backsplash adalah salah satu solusi dapur tetap bersih dan estetik dipandang. Hal tersebut

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia