Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 7 Contoh Limbah Keras Organik yang Dapat Kamu Olah Kembali

Hobi

7 Contoh Limbah Keras Organik yang Dapat Kamu Olah Kembali

Dipublikasikan oleh Febrina Putri ∙ 3 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Sampah organik merupakan sampah yang mudah terurai dengan sendirinya tanpa bantuan dari tangan manusia. Mayoritas berasal dari limbah pasar maupun pemukiman masyarakat, sampah organik dapat diolah kembali menjadi sampah yang berguna. Sampah organik pun terbagi atas dua jenis, yaitu sampah organik basah/ lunak dan kering/ keras. Apa Pins tahu apa saja contoh limbah keras organik dan mana limbah organik basah?

Untuk sampah organik basah tentu Pins sudah banyak mengetahui dari ciri khas tekstur yang ada. Seperti sayur mayur, sisa buah, hingga sisa makanan yang berasal dari rumah tangga. Semua sampah yang cenderung basah dan memiliki kandungan air yang cukup tinggi dikategorikan sebagai sampah organik basah. Kotoran manusia dan hewan pun termasuk di dalamnya. Namun, untuk sampah kering, apa saja contoh limbah keras organik?

Dalam artikel di bawah ini, Pinhome akan menjabarkan lebih detail mengenai sampah yang merupakan limbah keras organik adalah sampah yang tingkat terurainya lebih lama dibandingkan limbah organik basah. Apa saja jenisnya? Simak yuk dalam ulasan di bawah ini!

Daun-Daun Kering

(kibrispdr)

Pertama hadir dari varian dedaunan. Bagian yang merupakan limbah keras organik adalah daun kering yang biasanya jatuh dari pepohonan. Daun kering tersebut sebenarnya tidak hanya dibuang begitu saja ke sampah, Pins bisa memilih yang terbaik untuk dapat dijadikan barang berguna di kemudian hari. Penasaran bisa menjadi apa?

Daun kering yang gugur dari pepohonan sekitar rumah, dapat kamu manfaatkan sebagai hiasan dekorasi di rumah dengan teknik kolase. Kolase yang merupakan seni dua dimensi penggabungan bahan-bahan menjadi satu karya ini, dapat menambah estetika dalam hunian. Apalagi bila dikerjakan bersama dengan buah hati, pasti akan semakin menyenangkan.

Ranting Pohon / Kayu

(aliexpress)

Selain daun-daun kering, ada ranting pohon pula yang dapat Pins daur ulang menjadi barang yang berguna. Contoh dari limbah keras organik adalah sampah organik yang bertekstur kering dan minim kandungan air di dalamnya. Ranting pohon bisa menjadi barang yang berguna di rumah seperti gantungan baju maupun jaket. Lihat penggunaannya di atas, sangat menarik bukan? Apa Pins tertarik membuatnya?

(bramblefurnture)

Selain gantungan, kayu pun dapat dibuat kembali menjadi furniture yang menarik yang terkesan artistik. Cocok sekali menghiasi hunian industrial mu dengan dinding semen yang tidak di finishing menggunakan cat tembok. Walau terkesan sederhana, dan untuk sebagian orang tidak terlihat seperti layaknya furniture pada umumnya, namun banyak pula yang mencintainya. Contoh dari limbah keras organik adalah limbah dari batang kayu, ranting dan segala jenis kayu yang bermanfaat untuk keberlangsungan hidup manusia kedepannya.

Kulit Biji-Bijian

(shopee)

Selanjutnya ada kulit biji-bijian. Kacang kulit yang biasa Pins konsumsi sambil menonton tayangan favorit, bisa Pins gunakan kembali. Contoh dari limbah keras organik adalah limbah yang berasal dari biji-bijian, bisa dari kacang tanah, kacang almond maupun jenis kacang-kacangan lainnya. Kini pun sudah mulai banyak ide bisnis menarik yang menjual dari limbah organik keras. Seperti aksesoris perhiasan. Kalung, geang, cincin yang menarik dari kulit kacang akan menambah kelengkapan fashion harian mu. Tunggu apalagi?

Kertas

(greeners.co)

Kertas pun masuk dalam kategori sampah organik kering yang merupakan bagian dari kayu sebagai bahan pembuatan. Kertas dapat terurai dengan sendirinya, seperti layaknya sifat limbah organik pada umumnya. Namun, di beberapa tempat, kertas dimasukan pula pada sampah anorganik dikarenakan prosesnya yang menggunakan bahan kimia. 

Nah, mana pendapat yang Pins setujui? Walaupun banyak perbedaan pendapat, tetapi kertas dapat diolah kembali menjadi hal yang berguna. Seperti tempat pensil serbaguna, dekorasi, hingga kerajinan tangan lainnya yang unik.

Tempurung Kelapa

(rumahmesin)

Jenis sampah yang merupakan limbah keras organik adalah sampah yang proses terurainya alami. Tempurung kelapa pun menjadi salah satu diantaranya. Air kelapa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh tersebut memang banyak dibuang bagian tempurungnya. Padahal sebenarnya tempurung kelapa dapat diolah kembali menjadi bahan yang sangat berguna. 

Seperti peralatan rumah tangga yang unik dan terlihat tradisional, yaitu piring, gelas maupun teko minuman. Tidak hanya sampai disitu, tempurung kelapa juga bisa menjadi pot tanaman bunga yang artistik lho!

Kulit Telur

(nusabali)

Kulit telur? Ya, benar sekali, kulit telur juga termasuk dalam varian sampah organik keras yang juga dapat terurai secara alami. Kulit telur yang merupakan limbah keras organik adalah kulit yang dihasilkan dari telur ayam maupun bebek yang terjadi dengan proses alami. Kerajinan yang dibuat bisa bermacam-macam dan menarik. Mulai dari tempat tissue, lampu kamar, gelas dan masih banyak lagi. Tertarik mengadopsinya? Kamu akan memiliki peralatan unik dan menarik tidak ada duanya, bila kamu memilikinya. 

Limbah Pesisir Laut

(entrepreneur.bisnis)

Contoh limbah keras organik adalah kulit hewan laut keras, termasuk diantaranya sisik ikan, tulang ikan, kerang, hingga cangkang kepiting laut. Limbah bagian pesisir pantai ini memang menarik dan bisa dibuat kerajinan tangan juga lho! Namun, untuk dijadikan kerajinan tangan Pins harus mengerti bagaimana cara mengolahnya.

Pengolahan bisa dilakukan dengan cara membersihkan secara alami maupun menggunakan cairan kimia. Membersihkannya bertujuan untuk menghilangkan bau, kotoran hingga lapisan kulit yang mengganggu estetika dari kulit kerang itu sendiri.

Bagaimana Pins, cukup menarik bukan? Contoh dari limbah keras organik adalah sampah yang dibuang oleh masyarakat tanpa berpikir terlebih dahulu kegunaan selanjutnya. Bila Pins sudah mengetahuinya, tidak ada salahnya untuk lebih memperhatikan dan memilahnya. Namun, jika Pins tidak ingin menggunakannya, salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan atau lembaga yang bisa menangani.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Salsa

Editor: Febrina

Tags :

Bagikan Artikel