Ingin Tahu Mengenai Limbah Anorganik? Ini Dia Contohnya!

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari dan Diperbarui oleh Achlisia Putri ∙ February 21, 2022 ∙ 5 menit membaca


Contoh limbah anorganik beberapa di antaranya yaitu botol plastik, kaleng bekas minuman hingga wadah makanan dari styrofoam yang sudah tidak digunakan lagi. Tidak dipungkiri kalau limbah atau sampah memang seolah berdampingan dengan kehidupan sehari-hari.

Bagaimana tidak, pada sampah rumah tangga atau sampah domestik saja Pins sudah bisa menemukan beragam contoh limbah lunak anorganik. Sebelum itu, sebaiknya kamu mengetahui apa itu limbah anorganik.

Apa itu limbah anorganik?

Limbah anorganik merupakan sampah yang bersumber atau berasal dari produk non-hayati, entah itu sintetis atau hasil dari produksi yang melewati pengolahan bahan sebelumnya. Contoh limbah anorganik adalah botol plastik. Ya, botol plastik merupakan produk non-hayati yang sudah melewati beragam proses sebelum berbentuk wadah.

Setelah mengetahui apa itu limbah anorganik, Pins bisa saja mulai dari sekarang mengajak dan mengedukasi keluarga untuk peka terhadap pemilahan jenis sampah. Sederhananya, Pins bisa memulai dari langkah kecil dengan menyediakan tempat sampah khusus untuk membuang limbah anorganik dan limbah organik.

Supaya seisi rumah paham, pastikan memberi label khusus pada bagian depan tempat sampah layaknya yang sering ditemukan di tempat umum. Limbah anorganik rumah tangga biasanya akan berkisar pada plastik bekas bungkus bumbu penyedap, kertas karton bekas wadah susu kemasan, atau jenis sampah lain yang tergolong limbah anorganik.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa dampak besar mengetahui contoh limbah anorganik dan dampaknya untuk kehidupan sehari-hari? Nah, belum banyak yang menyadari jika kebanyakan sampah jenis ini sangat sulit untuk terurai, Pins.

Dengan begitu, yang rugi bukan hanya generasi mendatang tapi juga makhluk hidup lain yang ekosistemnya ikut terdampak dan tercemar. Pins pasti sudah sering melihat mirisnya ikan terkapar di pinggir pantai bersama sampah atau penyu yang terlilit limbah.

Tentu sangat menyayat hati tapi begitulah kenyataannya. Jika Pins ingin berkontribusi untuk membuat bumi lebih terasa nyaman ditinggali, mengetahui contoh limbah anorganik bisa jadi langkah awal yang paling mudah untuk dicoba dan dimulai dari sekarang.

Manfaat mengenalkan pemilahan sampah untuk si Kecil

(Freepik)

Selain bermanfaat bagi orang dewasa, memberi pengertian mengenai beberapa contoh limbah anorganik juga memiliki dampak positif bagi si kecil di rumah, lho.

Pasalnya, ada beberapa efek positif yang bisa ditimbulkan ketika kamu sudah mengenalkan pemilahan sampah anorganik dan organik kepada si Kecil sejak dini. Salah satunya, pola pikir yang bijak dan kepekaannya terhadap lingkungan sekitar yang semakin tajam.

Misalnya saja, si Kecil sedang makan permen dan menyisakan bungkusnya. Pins bisa mengarahkan agar ia membuang sampah bungkus permen ke tempat sampah dengan label atau warna khusus.

Dengan memberikan contoh kasus masalah lingkungan yang disebabkan karena limbah, naluri si kecil akan terasah sehingga lebih bijak dan sadar atas keputusannya ketika membeli sebuah produk.

Selain itu, jika sedang berada di tempat umum, anjurkan si Kecil untuk menyimpan sampah tersebut terlebih dahulu sampai akhirnya menemukan tempat pembuangan terakhir.  Manfaat berikutnya yang didapat si Kecil yaitu kreativitas yang semakin terasah.

Pins dapat mengajak anak melakukan kegiatan menyenangkan seperti melibatkan si Kecil mendirikan bank sampah di rumah hingga membuat kreasi dari daur ulang sampah khususnya limbah anorganik. Untuk mengawalinya, Mom bisa mengajak si Kecil berkenalan dengan limbah lunak anorganik dan beberapa contohnya.

Contoh limbah anorganik

(Freepik)

Berikut beberapa contoh limbah anorganik:

  • Botol plastik sekali minum.
  • Styrofoam beka makanan cepat saji.
  • Kaleng minuman.
  • Kemasan kaca bekas selai.
  • Wadah plastik bekas skincare.
  • Mika atau kertas kaca.
  • Bekas sisa potongan keramik.

Cara mengelola limbah anorganik

contoh limbah anorganik
(Freepik)

Pengelolaan limbah memang berpegang teguh pada prinsip 3R (reuse, reduce, recycle). Artinya, Pins bisa menggunakan berulang limbah dengan berkala, mengurangi penggunaan untuk menekan volume sampah, dan mendaur ulang limbah yang ada di lingkungan sekitar.

Selama ini Pins tentu sudah tak asing dengan pengelolaan limbah organik, ya? Sampah yang bersumber dari produk hayati ini memang tergolong mudah terurai sehingga bisa didaur ulang menjadi pupuk atau produk lainnya.

Tak kalah dari limbah organik, limbah anorganik juga bisa didaur ulang menjadi barang atau benda yang bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Apa saja kira-kira?

Kreasi limbah anorganik

contoh limbah anorganik
(Bukalapak)

Contoh limbah anorganik yang bisa didaur ulang yaitu plastik bekas bungkus bumbu atau bekas kemasan susu saset dan kertas kaca. Pertama hal yang harus dilakukan yaitu memilah limbah, jika sudah sortir dan cuci bersih sampah yang terkumpul.

Jemur limbah anorganik yang sudah dicuci di bawah terik matahari hingga benar-benar kering, kemudian Pins bisa menggunting tipis dan halus bungkus plastik tersebut hingga terkumpul banyak.

Buat pola pada kertas mika membentuk dompet mini, sisakan rongga diisi potongan plastik yang sudah dipotong tadi. Jika sudah, jahit sisi sampingnya sehingga limbah plastik terkunci dengan rapi dan tampak warna-warni transparan. Setelah itu, kamu bisa menambahkan resleting atau kancing.

Ada pilihan kreasi limbah lain yang bisa dijajal yaitu dengan membuat tas belanja dari limbah anorganik. Bahannya juga sangat mudah ditemukan dan tidak memakan waktu lama.

Dari beberapa contoh lunak limbah anorganik, Pins bisa memilih salah satu jenis sampah. Misalnya saja, sampah plastik bekas deterjen. Kamu dapat mengumpulkan terlebih dahulu sampah yang memiliki warna senada.

Jika sudah, cuci bersih dan keringkan di bawah sinar matahari, kemudian buat pola dan jahit kumpulan bekas limbah anorganik tersebut menjadi tas belanja dengan ukuran sesuai kebutuhan.

Mudah, murah, praktis, dan ramah lingkungan, Pins. Dengan memanfaatkan limbah anorganik menjadi tas belanja berarti Pins  tidak perlu meminta plastik lagi untuk wadah barang belanjaan, ya!

Baca juga: Ini Dia Manfaat Sampah Anorganik untuk Lingkungan


Temukan beragam pilihan rumah atau apartemen terlengkap seperti Apartemen Aspena Residence di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Annisa Hapsari

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Membuat Komik Terbaik dan Terlengkap

Terinspirasi menjadi seorang penulis komik? Atau sekedar iseng-iseng mengisi waktu luang dengan mem

Gadget
Gadget 12 Cara Cek HP Xiaomi Asli dan Palsu Paling Akurat

Xiaomi memang sudah dikenal oleh publik sebagai brand smartphone berkualitas yang dibanderol dengan

Gadget
Gadget Cara Buat Akun Gmail di HP, Praktis dan Cepat

Memiliki akun Gmail sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh pengguna gawai pintar di dunia. Ini

Gadget
Gadget 13 Cara Mengatasi Memori HP Penuh yang Efisien

Memiliki smartphone dengan kapasitas internal memori yang besar memang ada banyak benefitnya. Tapi,

Properti
Properti Mending Mana Beli Rumah Tanpa Perantara vs Melalui Agen

Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk membeli rumah impian. Mulai dari survei langsung ke peru

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia