Contoh Laporan Magang dengan Teknis Penulisan dan Struktur yang Benar

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ April 13, 2023 ∙ 14 menit membaca

Contoh laporan magang – Sudah banyak universitas di Indonesia yang menjadikan program magang sebagai salah satu syarat kelulusan. Biasanya, proses magang itu sendiri berlangsung di untuk mengerjakan antara semester 5 sampai semester 7. 

Menentukan tempat magang itu sendiri sebaiknya disesuaikan dengan jurusan Anda. Misalnya, jika Anda masuk dalam jurusan Teknik Informatika di kampus, maka Anda bisa mencari lowongan magang yang sesuai dengan bidang Anda.

Nah biasanya, setelah Anda menyelesaikan masa kerja Anda sebagai pemagang, Anda diminta untuk membuat laporan magang untuk diserahkan ke pihak kampus. Itu sebabnya, di artikel ini kami akan memberikan beberapa tips membuat laporan magang, struktur penulisan dan contohnya secara lengkap.

Baca juga: Contoh Laporan Prakerin (Praktek Kerja Industri)

Hal Penting Dalam Laporan Magang Mahasiswa

laporan
Sumber: Freepik

Laporan magang biasanya bisa berbentuk persis seperti karya tulis ilmiah. Masing-masing kampus biasanya memiliki format dan standarnya sendiri dalam pembuatan laporan magang.

Nah, berikut ini ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam membuat laporan magang:

  • Sesuaikanlah laporan magang kalian dengan format yang telah disediakan oleh kampus atau fakultas masing-masing.
  • Pelajari terlebih dahulu pedoman atau panduan magang, agar kalian paham alurnya.
  • Cover laporan magang berisi identitas kampus dan pribadi.
  • Buatlah daftar isi dengan rapih, sebab daftar isi merupakan navigasi dari laporan yang kalian buat.
  • Isi laporan harus sesuai dengan fakta dan data di lapangan. Jangan pernah mengada-ngada. Jika bisa dapat dilengkapi dengan gambar atau infografi sebagai penunjang.
  • Lampiran adalah bagian penunjang dari isi, maka lengkapi lampiran sebagai bentuk penunjang isi laporan.

Proses magang umumnya berlangsung minimal satu bulan, tergantung dari ketentuan masing-masing perusahaan tempat Anda bekerja.  

Untuk memudahkan pembuatan laporan magang, biasanya mahasiswa dapat berkonsultasi ke dosen pembimbing. Atau bisa juga berkonsultasi dengan senior atau kakak tingkat Anda yang bekerja di tempat kerja yang sama. 

Baca juga: Bagaimana Tips dan Trik Mencari Kerja di Jakarta?

Teknis Penulisan Laporan Magang

Anda juga perlu tahu bagaimana teknik penulisan laporang magang yang tepat. Sebenarnya, teknik di sini tak jauh berbeda dengan bentuk laporan pada umumnya. Anda pun bisa menyesuaikan instruksi dari pembimbing Anda. 

Biasanya, teknis penulisan laporan magang bisa mengacu pada beberapa poin berikut:

  • Laporan magang menggunakan kertas ukuran A4 yang mana menggunakan jarak spasi 1,5.
  • Font yang digunakan untuk menulis laporan magang adalah Times New Roman dengan ukuran font 12.
  • Judul bab menggunakan huruf kapital.
  • Setiap halaman bab menggunakan bilangan cacah yang berurutan.

Baca juga: Cara Menulis Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber

Contoh Laporan Magang Mahasiswa

Setelah Anda sudah tahu apa saja hal penting sekaligus teknis penulisan yang tepat, berikut ini ada contoh laporan magang mahasiswa yang bisa Anda ikuti sebagai referensi.

1. Halaman Sampul / Cover


SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA GANGGUAN PELANGGAN
DI PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK (TELKOM) WITEL TASIKMALAYA UNIT CCAN FULLFILMENT & ASSURANCE

KERJA PRAKTEK

Oleh :
Nama : Hasanudin
NPM : 1470062xx

logo unsil universitas siliwangi

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SILIWANGI
TASIKMALAYA
2018


Cover laporan magang memiliki kesamaan dengan karya tulis lain, misal makalah. Kalian coba perhatikan pada contoh cover laporan magang di atas. Adapun urutan dari cover adalah sebagai berikut.

  1. Judul
  2. Identitas Laporan (Magang/Kerja Praktek)
  3. Identitas Penulis
  4. Logo Perguruan Tinggi
  5. Identitas Perguruan Tinggi

2. Kata Pengantar


Assalaamu’alaikum Wr.Wb.

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada ALLAH SWT yang telah memberikan berupa kesehatan, kesempatan kepada penulis sehingga mampu menyelesaikan Laporan Kerja Praktek ini.

Laporan Kerja Praktek ini berjudul ”Sistem Informasi Pengolahan Data Gangguan Pelanggab”. Kerja praktek ini telah penulis laksanakan dengan baik di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) Witel Tasikmalaya Unit CCAN Fullfilment & Assurance, yang berlokasi di jalan Otto Iskandar Dinata No.5 Tasikmalaya.

Kerja praktek ini merupakan salah satu syarat akademik bagi seluruh mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Siliwangi.

Dalam penyusunan kerja praktek ini penulis banyak di bantu oleh berbagai pihak, baik langsung maupun tidak langsung. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada:

  1. Bapak H.Asep Kurnia Hidayat, Ir., M.T., selaku Dekan Falkutas Teknik Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
  2. Bapak R.Reza El Akbar, S.Si., M.T., M.Kom., selaku Ketua Jurusan Teknik Informatika Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
  3. Bapak Aldy Putra Aldya, ST.,MT. selaku dosen pembimbing kerja praktek yang telah memberikan bimbingan, pengarahan dan sarannya kepada penulis.
  4. Seluru staf dosen pengajar serta segenap karyawan di lingkungan Falkutas Teknik Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
  5. Bapak Agus Gunawan selaku pembimbing lapangan penulis selama kerja praktek.
  6. Bapak Naryoko selaku Manager unit CCAN Fulfillment & Assurance.
  7. Kedua orang tua yang selalu menjadi motivasi terbesar penulis selama ini.
  8. Rekan-rekan mahasiswa Teknik Informatika Universitas Siliwangi.
  9. Dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan dan dorongan baik moril maupun materil.

Penulis sadar laporan kerja praktek ini masih banyak kekurangannya jauh dari kata sempurna. Untuk itu dengan senang hati penulis akan menerima kritik dan saran untuk perbaikannya.

Akhirnya penulis dapat menyelesaikan laporan kerja praktek ini yang tentunya tidak terlepas dari bantuan semua pihak. Terima kasih atas bantuannya dan semoga Allah SWT membalasnya. Aamiin

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Tidaklah ada aturan khusus dalam pembuatan sebuah kata pengantar, yang terpenting ialah bahasa disampaikan dengan baik dan sesuai EYD.

Pada dasarnya setiap kata pengantar karya tulis hampir sama, begitupun dengan kata pengantar laporan magang.

3. Daftar Isi


LEMBAR PENGESAHAN

LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI

LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING LAPANGAN

LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN

RINGKASAN B.INGGRIS

RINGKASAN B.INDONESIA

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR GAMBAR DAN TABEL

DAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Kerja Praktek

1.2 Tujuan Pelaksanaan Kerja Praktek

1.3 Sasaran Kompetensi Yang Ditargetkan

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Pengolahan Data Gangguan

2.2 PHP MySQL

2.3 Visual Studio Code

BAB III METODE PELAKSANAAN

3.1. Waktu dan Tempat

3.2. Prosedur Pelaksanaan

BAB IV KONDISI LOKASI KERJA PRAKTEK / PROFIL LOKASI KERJA PRAKTEK

4.1 Profil Lokasi Kerja Praktek

4.2 Struktur Organisasi Lokasi Kerja Praktek

4.3 Unit dan Bidang Kerja

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN

5.1 Hasil Magang

5.2 Analisis dan Pembahasan 

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN

6.1 Kesimpulan 

6.2 Saran 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN


Membuat daftar isi sangat penting, mengingat merupakan sebuah navigasi bagi pembacanya. Maka itu pastikan daftar isi yang Anda buat disertai dengan nomor halaman. 

Baca juga: Daftar Pustaka: Pengertian, Tata Cara Penulisan, Dan 9 Contohnya

#4. Bab I Pendahuluan


A. Latar Belakang

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk yang selanjutnya disingkat TELKOM merupakan sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki cakupan yang luas. Mulai dari melakukan penilitian, pembelajaran, pengembangan dan pembuatan perangkat hingga memberikan jasa pelayanan telekomunikasi.

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk telah melakukan perubahan yang besar terutama dalam penanganan gangguan. Terbukti dengan ada banyaknya sistem informasi untuk penanganan gangguan pelanggan. Seperti sistem informasi pencatatan gangguan, sistem informasi data pelanggan dan sistem informasi klasifikasi pelanggan. Dengan begitu penanganan gangguan jauh lebih mudah dan efesien.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk witel Tasikmalaya tidak memungkiri masih memiliki kekurangan dalam penanganan gangguan khusunya untuk pelaporan dan evaluasi. Sebab selama ini pelaporan di buat dalam bentuk excel. Sedangkan untuk data gangguan pelanggan setiap minggu cukup banyak.

Sehingga diperlukan proses yang lebih mudah dan efisien dalam menyajikan pelaporan. Sebagai solusi permsalahan tersebut, maka dirancang dan dibangun sistem informasi pengolahan data gangguan gangguan pelanggan.

Dengan dirancang dan dibangun sistem informasi pengolah data gangguan pelanggan di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Tasikmalaya, diharapkan dapat mempermudah proses dalam pengolahan data gannguan serta memberikan hasil yang lebih akurat yang selanjutnya laporan tersebut dijadikan bahan dalam mengambil keputusan. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan.

B. Tujuan Pelaksanaan Kerja Praktik

Tujuan pelaksanaan kerja praktik diantaranya yaitu:

  1. Menganalisa proses bisnis yang sedang berjalan berkenaan dengan pengolahan data gangguan pelanggan.
  2. Membuat rancangan sistem informasi pengolahan data gangguan pelanggan yang memungkinkan diterapkan.
  3. Membangun sistem informasi pengolahan data gangguan pelanggan menggunakan bahasa pemograman php termasuk library php (PHP Excel, ppdf, chartjs) serata menjadikan pelaporan data gangguan pelanggan yang lebih akurat,efesien dan efektif dalam pengolahannya.

C. Kompetensi yang Ditargetkan

Kompetensi yang ditargetkan dalam proses kerja praktik diantaranya :

  1. Mengetahui sistem informasi secara luas.
  2. Mampu membuat perancangan dan pemodelan perangkat lunak.
  3. Memahami serta dapat mengimplementasikan bahasa pemograman php termasuk penggunaan library php seperti, PHPExcel untuk membuat laporan dalam bentuk excel dengan php , ppdf untuk membuat laporan dalam bentuk pdf serta chartjs untuk membuat grafik.
  4. Mengetahui lebih banyak fungsi Query di basis data.
  5. Dapat merancang basis data menggunakan DBMS mysql dengan baik.
  6. Meningkatnya kemampuan dalam pembuatan perangkat lunak.

D. Materi Kerja Praktik

Materi kerja praktik diantaranya yaitu :

  1. Pengenalan sistem informasi yang digunakan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.
  2. Menganalisis sistem pengolahan data gangguan pelanggan yang sedang berjalan di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Tasikmalaya unit CCAN Fullfilment & Assurance.
  3. Membuat perancangan sistem baru yang memungkinkan untuk diterapkan dalam pengolahan data gangguan pelanggan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Tasikmalaya unit CCAN Fullfilment & Assurance.

Selama proses magang berjalan, kebetulan saya mendapatkan persoalan untuk diangkat dan dijadikan seuah karya tulis.

Sehingga di dalam latar belakang laporan magang, saya membahas permasalahan yang mucul, buka latar belakang dari magang itu sendiri, Nah apabila hal yang sama terjadi kepada kalian, latar bbelakang di atas bisa dijadikan contoh.

Baca juga: 4 Software Manajemen Dokumen Terbaik 2021

5. Bab II Tinjauan Pustaka


A. Sistem

Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur – prosedur yang saling berhubungan , berkumpul bersama – sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu (Jogiyanto,2005,1).

Penjelasan di atas menjelaskan bahwa sistem bekerja dalam suatu jaringan kerja dari suatu prosedur nyang saling berhubungan satu sama lain untuk menyelesainkan tujuan dan sasaran yang dimaksud.

Definisi sistem juga dapat dijelaskan oleh Jogiyanto dalam bukunya Analisia dan Desain sistem informasi, menerangkan: “Sistem adalah kumpulan dari elemen – elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu”.(Jogiyanto, 2005,2).

B. Informasi

Informasi merupakan data yang telahdiproses sehingga mempunyai arti tertentu bagi penerimanya. Sumber dari informasi adalah data, sedangkan Data itu sendiri adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian, sedangkan kejadian itu merupakan suatu peristiwa yang terjadi pada waktu tertentu.

Dalam hal ini informasi dan data saling berkaitan. Pengertian informasi dalam bukunya Sutanta yang berjudul Sistem informasi Manajemen informasi diartikan sebagai berikut:

Informasi merupakan hasil pengolahan data sehingga menjadi bentuk yang penting bagi penerimanya dan mempunyai kegunaan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang dapat dirasakan akibatnya secara langsung saaat itu juga atau secara tidak langsung pada saat mendatang.”(Sutana, 2003:10).

C. Aplikasi

Aplikasi adalah sekumpulan program yang ditulis oleh programer yang memiliki tujuan untuk memecahkan masalah tertentu dan menggunakan bahasa tertentu.

D. Data

Data merupakan sekumpulan suatu informasi atau nilai yang diperoleh dari pengamatan (obsevasi) suatu objek. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

Berdasarkan jenisnya, data inventaris barang ini termasuk dalam jenis data berdasarkan cara memperolehnya yaitu jenis data primer dan sekunder.

Dimana data primer adalah data yang dikumpulkan sendiri oleh perorangan/suatu organisasi secara langsung dari objek yang diteliti dan untuk kepentingan studi yang bersangkutan yang dapat berupa interview, observasi.

Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh/ dikumpulkan dan disatukan oleh studi-studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain. Biasanya sumber tidak langsung berupa data dokumentasi dan arsip-arsip resmi.

E. Pengolahan Data

Pengolahan data merupakan waktu yang digunakan untuk menggambarkan sebuah bentuk perubahan data menjadi sebuah informasi yang memiliki kegunaan. Semakin banyak data serta kompleknya aktivitas dalam pengolahan data maka metode dalam pengolahan sebuah data sangat dibutuhkan.

F. Basis Data dan Sistem Basis Data

Menurut Connolly dan Begg (2010:65), basis data adalah sebuah kumpulan data yang secara logis terkait dan dirancang untuk memenuhi suatu kebutuhan informasi dari sebuah organisasi.

Menurut Indrajani (2015:70), basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan secara logis dan didesain untuk mendapatkan data yang dibutuhkan oleh suatu organisasi.

Menurut Connolly dan Begg (2010:54), sistem basis data adalah kumpulan dari program aplikasi yang berinteraksi dengan basis data bersama dengan Database Management System (DBMS) dan basis data itu sendiri.

G. Database Managament System (DBMS)

DBMS adalah sebuah sistem perangkat lunak yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan, membuat, memelihara, dan mengontrol akses ke dalam basis data. (Connoly dan Begg, 2010 :66).

Fasilitas yang disediakan oleh DBMS

  1. Mengizinkan pengguna untuk mendfinisikan basis data, dengan melalui Data Definition Language (DDL). DDL mengizinkan pengguna untuk menentukan tipe,struktur, serta kendala data yang nantinya akan disimpan ke dalam basis data.
  2. Mengizinkan pengguna untuk melakukan menambah, mengubah, menghapus dan mengambil data dari basis data tersebut, dengan menggunakan Data Manipulation Language (DML). Standard bahasa dari DBM Sialah Structured Query Language (SQL).

H. PHP dan MySQL

PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.

Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana – mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.

Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia.

MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.


Dapat disimpulkan bahwa bab dua ini berisi mengenai landasan teori yang berhungan dengan laporan yang kita buat.

Akan tetapi dalam bebrapa kasus laporan magang tidak perlu mencantumkan mengenai landasan teori, sebagai contoh Jurusan Ekonomi Syariah di kampus saya.

Baca juga: Tips Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Yang Tidak Diketahui Penulisnya

6. Bab III Metode Pelaksanaan


Waktu dan Tempat

Pelaksanaan kerja praktek di PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk Kota Tasikmalaya (TELKOM) yang beralamat di Jl. RAA Wiratuningrat, Empangsari, Tasikmalaya, Jawa Barat . Dengan lama waktu 40 hari kerja (8 minggu). Masuk hari Senin s/d Jumat pukul 08.00 pagi dan pulang jam 17.00 sore.

Awal magang dimulai pada tanggal 20 Oktober 2017 dan berakhir tanggal 10 Desember 2017. Hasil Diskusi dengan HR & CDC WITEL Telkom Tasikmalaya. Mahasiswa ditempatkan di unit CCAN Fulfillment & Assurance untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Tahapan Pelaksanaan Kerja Praktik

  1. Mahasiswa mengontrak KRS di Sistem Akademik Universitas SIliwangi (simak.unsil.ac.id).
  2. Mahasiswa diharuskan mengisi form kerja praktek beserta persyaratan yang harus dilengkapi untuk memperoleh persetujuan Dosen Wali.
  3. Mengajukan permohona ke SBAP Fakultas Teknik untuk membuat SK (surat keputusan ) dan surat pengantar ke Perusahaan atau Instansi.
  4. Setelah Perusahaan atau Instansi bersedia menerima dan SK terbit maka diperbolehkan memulai kerja praktik.
  5. Apabila Kerja Praktik telah selesai dilaksanakan wajib membuat laporan yang selanjutnya disidangkan dengan dosen wali.

#7. Bab IV Tempat dan Lokasi Kerja

Dalam bab IV ini, Anda perlu membahas mengenai tempat dan kondisi lokasi magang. Pembahasannya meliputi profil perusahaan, unit kerja hingga struktur organisasi.

Untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan, Anda bisa mencari tahu melalui website perusahaan atau menanyakan langsung ke pihak perusahaan tempat Anda bekerja.

#8. Bab V Hasil dan Pembahasan

Ringkasan Logbook atau Jurnal

Hari, TanggalUrutan Kegiatan
Senin, 16 Oktober 2017Melengkapi administras dan pengarahan tata tertib.
Selasa, 17 Oktober 2017Penempatana magang di Unit CCAN Fulfillment & Assurance.
Rabu, 18 Oktober 2017Memonitoring jaringan.
Kamis, 19 Oktober 2017Analisis Masalah yang dapat diselesaikan oleh keilmuan mahasiswa magang.
Jumat, 20 Oktober 2017Senam Pagi, dan mengolah data gangguan pelanggan.
Tabel contoh ringkasan log book

#9. Bab VI Kesimpulan & Saran


A. Kesimpulan

Pembuatan aplikasi Sistem Informasi Pengolahan Data Gangguan Pelanggan di PT Telekomunikasi Tbk Witel Tasikmlaya Unit CCAN Fullfilment & Assurance bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam menangani data gangguan pelanggan

Berdasarkan hasil perancangan dan pembuatan Sistem Informasi Pengolah Data Gangguan Pelanggan di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang telah dilakukan, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Proses bisnis yang diterapkan dalam sistem ini lebih baik dari pada proses bisnis sebelumnya.
  2. Dengan menggunakan sistem ini, maka proses pengolahan data gangguan pelanggan lebih efesien serta memiliki tingkat akurasi yang lebih baik.
  3. Sistem memberikan kemudahan dalam membuat pelaporan data gangguan pelanggan .

B. Saran

Saran yang dapat diberkan untuk pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Gangguan Pelanggan pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk adalah :

  1. Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Gangguan Pelanggan diharapkan lebih komplek mencakup penjadwalan penanganan gangguan.
  2. Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Gangguan Pelanggan diharapkan menerapkan sistem cloud sehingga dapat di akses dimana saja.

Demikian contoh laporan magang yang bisa Anda jadikan acuan. Namun, perlu diingat bahwa setiap universitas biasanya memiliki standarisasi dan struktur penulisan yang berbeda-beda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Panduan KPR/KPA
Panduan KPR/KPA KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Pemilik Properti
Pemilik Properti 6 Cara Tingkatkan Kualitas Listing Properti dan Dapatkan Lebih Banyak Leads

Memasarkan dan menjual rumah tanpa perantara memang bisa jadi pilihan menguntungkan bagi Pins. Hal

Panduan Beli Properti
Panduan Beli Properti Nabung Buat Beli Rumah atau Travelling? Ini Jawabannya!

#MulaidariSekarang - Punya rumah sendiri dan travelling menjelajahi tempat yang menarik adalah dua

Finansial
Finansial 7 Jurus Jitu Generasi Sandwich Agar Tetap Bisa Berinvestasi Untuk Diri Nya

Jika Pins mendegar kata generasi sandwich atau sandwich generation apa  yang  akan terlintas di b

Uncategorized
Uncategorized 7 Tips Menyisihkan Uang untuk Beli Hunian Idaman

Membeli hunian idaman adalah impian banyak orang. Namun, prosesnya tidak selalu mudah, terutama dal

Panduan Beli Properti
Panduan Beli Properti 6 Strategi Negosiasi Harga Beli Properti

Gajian sebentar lagi dan Ramadhan baru saja usai. Beberapa diantara kamu mungkin sudah punya rencan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia